Home & HouseTips

Jenis Jenis Kolom Dalam Konstruksi Terlengkap

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Jenis kolom beton bertulang,Kolom berfungsi untuk memikul beban dari balok. Kekuatan kolom sangat ditentukan dari bahan yang menyusunnya yaitu besi dan beton. Sesuai dengan SK SNI T-15-1991-03 tentang Tata Cara Perhitungan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung, adapun yang dimaksud kolom adalah komponen struktur bangunan yang tugas utamanya menyangga beban aksial tekan vertikal dengan bagian tinggi yang tidak ditopang paling tidak tiga kali dimensi lateral terkecil.

Jenis Jenis Kolom

Baca Juga :  Cara Menghitung Volume Sloof dan RAB

Kolom merupakan elemen struktural yang berfungsi memikul beban dari balok. Kolom struktur dalam kolom terbuat dari besi dan beton. Kedua bahan ini memiliki sifat gabungan yang cukup baik dimana besi merupakan material yang tahan tekanan. Terdapat tiga jenis kolom beton bertulang. Apa saja Jenis Kolom? Simak yuk penjelasannya.

1. Kolom Ikat (Tie Column)

Jenis Jenis Kolom

Kolom ikat menggunakan sengkan lateral. Penulangannya memanfaatkan sebuah batang tulangan pokok memanjang pada jarak spasi tertentu, yangdiikat dengan sengkang ke arah lateral.

Baca Juga :  Harga Dan Jenis Besi Beton

2. Kolom Spiral (Spiral Column)

Jenis Jenis Kolom

Kolom ini memanfaatkan pengikat spiral. Perbedannya dengan kolom ikat terletak pada pengikat tulangannya, yaitu dengan tulangan spiral dililit keliling dan berbentuk heliks menerus disepanjang kolom.

Baca Juga : Cara Menghitung PBB

3. Kolom Komposit (Composite Column)

Jenis Jenis Kolom

Struktur kolom komposit umumnya diperkuat dengan menggunakan gelagar baja profil atau bisa juga pipa.

Baca Juga :  Jenis Balok Konstruksi

Merujuk SK SNI T-15-1991-03, fungsi kolom adalah sebagai penerus beban seluruh bangunan ke pondasi. Beban sebuah bangunan yang dimulai dari atap akan diterima oleh kolom. Seluruh beban yang diterima oleh kolom kemudian didistribusikan ke permukaan tanah di bawahnya.

So anda sekarang lebih paham tentang Jenis Jenis Kolom Konstruksi kan? seorang teknik sipil harus paham dan memahami secara betul tentang metode ini sehingga tidak mengalami kekeliruan saat menentukan jenis kolom yang akan digunakan dalam struktur perencanaan pembangunan, sehingga seorang teknik sipil dalam proses perencanaan tidak salah menggunakan metode jenis kolom dalam penguncian balok.  Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua ya. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button