Home & HouseTips

Jenis Jenis Kaca Pada Konstruksi Bangunan Terlengkap

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Ternyata macam kaca yang kamu lihat disetiap bangunan mempunyai banyak macamnya loh, dan setiap jenis kaca memiliki fungsi dan kegunaan masing masing loh. Berapa banyak Macam Jenis Jenis Kaca ya? Simak dibawah yuk hehe.

Jenis Jenis Kaca

Baca Juga : Jenis Balok Konstruksi

1. Kaca Bening atau Float Glass

Jenis Jenis Kaca

Kamupasti udah tau dengan Jenis Kaca ini, soalnya udah sering dan banyak ditemui diberbagai rumah rumah sekarang. Kaca bening juga disebut sebagai Float Glass atau Kaca polos. Sifanya yang transparan dan lumayan tipis membuat kaca ini tidak cocok untuk digunakan sebagai eksterior rumah yang langsung terpapar sinar matahari secara terus menerus, seperti pada pagar. Tapi kamu bisa kok bikin sesuatu dari kaca bening seperti akuarium, hiasan dinding, lemari baju, meja kaca, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Jenis Jenis Excavator Terlengkap

2. Kaca Warna Atau Rayban

Jenis Jenis Kaca

Terbuat dari kaca bening yang ditambahkan warna dari campuran senyawa logam. Warnanya vasiasi ada hitam, biru, emas, hijau, merah, jingga, kuning, abu abu, coklat, dan lain lain. Kaca warna atau rayban banyak digunakan sebagai material pembangunan jendela, pintu, dan langit langit rumah karena sifatnya yang dapat meredam panas. Semakin pekat warna kacanya, semakin bagus kinerjanya dalam menyejukkan ruangan.

Baca Juga : 17 Jenis Jenis Kapal Laut Terlengkap

3. Kaca Cermin / Stopsol / One Way Mirrorred Glass

Jenis Jenis Kaca

Merupakan material yang dici[takan untuk terlihat transparan pada satu sisi saja, itulah mengapa jenis ini disebut sebagai one way mirrored glass. Kaca yang juga disebut sebaga kaca stopsol ini dibuat dari lapisan pemantul tipis bernama oksida logam. Cocok digunakan dikamar atau diruangan dimana kamu membutuhkan privasi yang lebih tinggi. Selain itu, kaca ini juga dapat digunakan sebagai dekorasi rumah karena tampilannya yang minimalis dan terkesan mewah.

Baca Juga : Jenis Jenis Batu Alam Berkualitas

4. Kaca Es

Jenis Jenis Kaca

Kaca Es merupakan jenis kaca yang tampilannya terlihat buram seperti es. Tekstur bagian luarnya sedikit kasar, namun pada bagian yang menghadap kedala rumah permukannya terlhat lebih mulus. Karakteristiknya tebal dan buram, dapat melindungi rumah dari sinar matahari, sehingga cahaya yang masuk ke dalam rumah tidak terlalu silau, serta terasa hangat. Selain sebagai jendela, kaca es juga bisa kamu gunakan sebagai partisi rumah, terutama untuk tempat tempat yang membutuhkan privasi seperti dinding pembatas shower.

Baca Juga : Jenis Jenis Plastik Terlengkap

5. Kaca Patri atau Stained Glass

Jenis Jenis Kaca

Kaca Patri adalah pecahan kaca warna warni yang dirakit menjadi satu dengan menggunakan timah atau kuningan. PRoses penggabungan bongkahan kaca tersebut dinamakan patrian. Kaca Patri, atau stained glass, penggunannya mulai populer semenjak era Renaissance. Orang zaman dahulu menggunakan kaca ini sebagai penghias bangunan bangunan religius seperti gereja katedral dan tempat bersejarah lainnya. Ketebalan kaca patri tidak lebih dari 2cm.

Baca Juga : Jenis Jenis Atap Genteng Berkualitas

6. Kaca Laminasi

Jenis Jenis Kaca

Kaca Laminasi merupakan tipe yang memiliki ketahanan paling tinggi. Kaca Laminasi ini tahan benturan sebanyak 3 sampai 5 kali dari jenis kaca biasa karena terbuat dari lebaran kaca yang dipanaskan dan didinginkan secara mendadak. Kaca Laminasi sering digunakan sebagai komponen bangunan yang membutuhkan pengamanan ekstra. Misalnya saja seperti lantai balkon, anak dan railing tangga, dinding lift, railing eskalator, dan sebagainya.

Baca Juga : Jenis Jenis Batu Bara

7. Kaca Tempered

Jenis Jenis Kaca

Merupakan kaca yang sama kuatnya seperti kaca laminasi, dan kaca ini sudah banyak sekali digunakan sebagai pagar balkon karena jenis kaca ini juga tahan terhadap angin, tekanan air, benturan, dan perubahan temperatur yang tinggi.

Baca Juga : Jenis Jenis Minyak Bumi

Jadi udah tau kan bahwa Jenis Jenis kaca Terlengkap dalam konstruksi bangunan sangat banyak ya. sebenarnya ini adalah pengetahuan basic seorang teknik sipil karena akan banyak material dan jenis bahan yang lebih rumit daripada jenis kaca ini hehe. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button