Home & HouseTips

Macam, Tipe, Jenis Jenis Kabel Berkualitas Terlengkap

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Ternyata jenis kabel yang kamu lihat disetiap instalasi bangunan mempunyai banyak tipe macamnya loh, dan setiap jenis kabel memiliki fungsi dan kegunaan masing masing loh. Berapa banyak Jenis Jenis Kabel ya? Simak dibawah yuk hehe.

Jenis Jenis Kabel

Baca Juga : 17 Jenis Jenis Kapal Laut Terlengkap

1. Kabel NYM

Jenis Jenis Kabel

Biasanya jenis kabel ini gunakan pada dinding dak beton rumah ataupun dinding gedung bisa juga untuk plafon, memiliki empat inti dan dilapisi oleh isolasi PVC, sehingga kabel jeni isi memiliki daya tahan yang lebih kuat di cuaca ekstrim, panas, hujan, basah, kering atupun lembab.

Baca Juga : Jenis Balok Konstruksi

2. Kabel NYY

Jenis Jenis Kabel

Sama halnya dengan NYM, kabel jenis ini juga memiliki lapisan isolasi PVC. Biasanya kabel ini digunakan pada instalasi permanen didalam dak cor beton, didalam tanah tetapi demi keamanan perlu ditambahkan duct (pipa peralon ataupun besi). Dikarenakan bahannya sangat kuat, dan anti gigitan tikus jadi harganya lumayan mahal loh.

Baca Juga : Jenis Jenis Beton Terlengkap

3. Kabel NYA

Jenis Jenis Kabel

Berbeda dengan yang diatas, kabel ini hanya punya 1 tembaga tunggal terlapisi oleh isolator PVC. Biasanya dipasang pada pembangunan rumah rumah biasa, dan lebih baik diberi pelindung pipa peralon.

Baca Juga : Jenis Jenis Batu Alam Berkualitas

4. Kabel NYAF

Jenis Jenis Kabel

Berbeda dengan 4 kabel diatas, kabel ini memiliki inti tembaga serabut dan sangat fleksibel. Biasanya digunakan pada instalasi yang membutuhkan fleksibilitas tinggi dan rumah rumah. Tidak cocok untuk tempat yang basah.

Baca Juga : Jenis Jenis Plastik Terlengkap

5. Kabel NYYHY

Jenis Jenis Kabel

Sama dengan kabel NYAF tetapi memiliki satu atau lebih dari satu inti tembaga berserabut dan ada pengaman luar berupa isolator PVC. Kebanyakan kontraktor perumahan dan tukang tukang rumahan memakai jenis kabel ini karena fleksibel dan ada pengamannya.

Baca Juga : Jenis Jenis Atap Genteng Berkualitas

6. Kabel NYMHY

Jenis Jenis Kabel

Sama dengan kabel NYAF dan NYYHY tetapi bedanya memiliki lebih dari satu inti tembaga berserabut dan ada pengaman luar berupa isolator PVC, dan hanya untuk instalasi rumah dibawah 900watt. Memiliki tiga bagian, yaitu konduktor, isolator dalam, dan isolator luar.

Baca Juga : Jenis Jenis Batu Bara

7. Kabel NYMHYO

Sama dengan kabel NYAF dan NYYHY tetapi bedanya memiliki lebih dari satu inti tembaga berserabut dan ada pengaman luar berupa isolator PVC dan memiliki selubung luar. Biasanya untuk peralatan mesin kecil seperti audio, dll. Tidak boleh untuk arus besar, dan selubung luar tidak tahan oleh cuaca panas ataupun air.

Baca Juga : Jenis Jenis Minyak Bumi

8. Kabel BC

Jenis Jenis Kabel

Berbeda dengan semua kabel diatas, jenis kabel ini tidak ada sama sekali lapisan isolatornya, biasanya digunakan pada grounding dan penangkal petir, dan lebih baik tetap menggunakan pelindung pipa peralon.

Baca Juga : Jenis Jenis kaca Terlengkap

9. Kabel ACSR

Jenis Jenis Kabel

Kabel ini dibuat dari alumunium memiliki inti kawat baja. Bisa digunakan oleh tegangan arus tinggi PLN misalnya. Penghantar tegangan listrik berarus besar antar menara distribusi listrik yang sangat baik dan kuat. Kenapa Kabel ACSR tidak ada lapisan isolator?, karena agar kabel inti utama dapat segera menurunkan suhunya saat menghantarkan arus yang begitu besar.

Baca Juga : Fungsi Piston Pada Kendaraan

10. Kabel NYRGBY/NYFGBF/NYBY

Jenis Jenis Kabel

Hanya memiliki satu inti tembaga atau lebih dengan bahan isolator PVC, memiliki pelindung kawat baja bulat dan lilitan plat baja, serta memiliki bahan isolasi PVC di bagian terluar. Dikarenakan pelindung sudah belapis dan kuat tahan cuaca ekstrim panas dingin basah, kabel ini dapt ditanam di dalam tanah tanpa pipa peralon. Namun, kalau dibawah jalan raya tetap harus pakai pipa peralon.

Baca Juga : Fungsi dan Jenis Jenis Pasir Dalam Konstruksi

So, udah pada tau kan tentang Jenis Jenis Kabel Berkualitas. Sebenarnya ini adalah pengetahuan basic seorang teknik sipil, karena apa? Ini hanya sekelumit kecil dilapangan, karena pada akhirnya penghitungan dan perencanaan struktur pada pembangunan lebih penting. Tetapi mengetahui jenisnya juga penting jadi jangan diremehkan yaaa. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button