Home & HouseTips

Jenis Jenis Excavator Dalam Konstruksi Terlengkap

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Beberapa Jenis Excavator yang wajib anda ketahui dalam dunia konstruksi terutamanya pada batu bara, akan tetapi jenis jenis excavator dibawah ini sering ditemukan pada proyek pembangunan disekitar lingkungan kita, lalu ada berapa macam sih Jenis Excavator? Simak dibawah ini yuk.

Jenis Jenis Excavator

Baca Juga :  Harga Dan Jenis Besi Beton

1. Bucket Wheel Excavator

Jenis Jenis Excavator

Merupakan alat yang digunakan di penambangan terbuka. Fungsi Excavator ini adalah sebagai mesin pengeruk atau penggali skala besar dan kontinu, BWE mirip dengan bucket-chain scavator, namun dibedakan dengan penggunaan roda yang memiliki banyak “ember” (bucket) di sisi sisinya yang digunakan untuk mengeruk secara bergantian.

Baca Juga : Jenis Jenis Tumpuan Struktur Bangunan

2. Dragline Excavator

Jenis Jenis Excavator

Untuk yang jenis ini berfungsi untuk menggali tanah dan memuatkan pada alat alat angkut. Misalnya truk atau ke tempat penimbunan yang dekat dengan tempat galian. Umunya power shovel sampai dengan kapasitas 2.5 cu-yd, dapat diubah menjadi dragline dengan melepas boom shovel diganti boom dan bucket dragline.

Baca Juga : Jenis Jenis Kolom Konstruksi

3. Shovel Excavator

Jenis Jenis Excavator

Jenis Excavator ini mempunyai kemampuan dan fungsi penggalian yang lebih baik ketimbang lainnya. gak heran kenapa banyak tambang yang pakek nih excavator, ya kan.

Baca Juga : Jenis Jenis Beton Terlengkap

4. Long Arm Excavator

Jenis Jenis Excavator

Excavator ini mempunyai jangkauan 30 meter panjangnya. Sangat cocok banget digunakan untuk penggalian yang luas dan sulit dijankau. Biasanya kalau ditambang dipakai untuk pembuatan parit, normalisasi saluran air, dll.

Baca Juga : Jenis Balok Konstruksi

5. Backhoe Excavator / Crawler Excavator

Jenis Jenis Excavator

Kadang disebut dengan Crawler Excavator. Alat berat ini sering banget digunakan, soalnya merupakan jenis excavator paling standart digunakan pada proyek. Excavator ini sering digunakan pada medan yang tidak rata, karena roda penggaraknya menggunakan rantai.

Baca Juga : 17 Jenis Jenis Kapal Laut Terlengkap

So anda sekarang lebih paham tentang Jenis Jenis Excavator kan? seorang teknik sipil harus paham dan memahami secara betul tentang excavator yang akan digunakan saat proses perencanaan pembangunan, proyek penambangan, penggalian, pengurukan dan lain lain, karena ada proyek khusus yang hanya bisa dilalui oleh excavator tertentu, maka itu kalian harus paham yaa.  Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button