Home & HouseTips

Macam Jenis Jenis Beton Berkualitas Terlengkap

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Kamu harus tau nih macam dan jenis jenis beton sebelum anda membangun. Perlu diketahui komponen beton sangat amat penting dalam saat perencanaan pembangunan dan pelaksanaan pembangunan. So jangan salah pilih jenisnya yaa, yuk simak Jenis Jenis Beton dibawah ini.

Jenis Jenis Beton

Baca Juga : Arti Warna Helm Proyek

1. Beton Mortar

Terdiri atas mortar, pasir, dan air. Pada beton ini dipasangi anyaman dari tulangan baja atau yang disebut dengan ferro cement. Dan sering dipakai pada konstruksi bangunan.

2. Beton Ringan

Jenis Beton ini Dibuat menggunakan agregat yang sangat berbobot ringan atau juga bisa ditambahkan dengan zat aditif sejens foam agent yang bisa membentuk gelembung gelembung udara didalam beton.

Jenis Jenis Beton

Baca Juga : Campuran Semen Pasir Terbaik

3. Beton Non Pasir

Proses pembuatan beton non pasir sama sekali tidak menggunakan pasir, melainkan hanya kerikil, semen, dan air. Agar terbentuknya rongga udara di celah celah kerikil hingga total berat jenisnya pun lebih rendah

4. Beton Hampa

Khusus untuk bangunan konstruksi dengan spesifikasi khusus. Disebut hampa karena dalam pembuatannya dilakukan penyedotan air pengencer adukan beton memakia alat vaccum khusus.

5. Beton Bertulang

Tercipta dari perpaduan adukan beton dan tulangan baja. Dan tulangan baja sengaja ditanamkan kedalamnya agar kekuatan beton tersebut terhadap gaya tarik meningkat. Jenis beton ini sangat umum digunakan dalam kalangan masyarakat luas saat membangun rumah, gapura, pos dan lain lain.

Jenis Jenis Beton

Baca Juga : Jenis Jenis Kolom Konstruksi

6 Beton Pra-Tegang

Pembuatan beton pra tegang mirip sekali dengan beton bertulang. Perbendaanya hanyalah terletak pada tulangan baja yang bakal dimasukkan kedalam beton harus ditegangkan terlebih dahulu.

7. Beton Pra Cetak

Biasanya dibuat untuk bidang konstruksi bangunan dan proyek pengerjaannya seperti saluran air atau lainnya. beton ini tentu tidak dibuat ditempat pengerjaan proyek namun dikerjakan ditempat pabrik khusus pembuatan beton.

8. Beton Massa

Beton massa biasanya sesuai dengan kebutuhan, Beton masa memiliki dimensi ukuran diatas 60cm. Dan digunakan untuk pembuatan bendungan, pilar bangunan dan pondasi bangunan.

Jenis Jenis Beton

Baca Juga :  Jenis Balok Konstruksi

9. Beton Siklop (Cyclop Concrete)

Merupakan beton yang menggunakan agregat cukup besar sebagai bahan pengisi tambahannya. Beton siklop seringkali dibangun pada bendungan, jembatan, dan bangunan air lainnya.

10. Beton Serat

Jenis Jenis Beton

Beton serat dibuat dengan menambahkan serat tertentu kedalam adukan beton. Contoh contoh serat yang bisa dipakai yaitu asbestos, plastik, kawat baja, hingga tumbuhan. Agar menaikkan daktailitas pada beton tersebut sehingga tidak mudah mengalami keretakan.

Baca Juga :  Harga Dan Jenis Besi Beton

So anda sekarang lebih paham tentang Jenis Jenis Beton Terlengkap kan? seorang teknik sipil harus paham dan memahami secara betul tentang macam beton yang digunakan untuk perencanaan sebuah bangunan, karena ada bangunan khusus yang harus menggunakan tipe beton tertentu. Jika salah di perencanaan dalam metode penggunaan jenis beton maka bisa dipastikan akan terjadi kegagalan dalam konstruksi.  Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua ya. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button