Home & HouseTips

Kegunaan dan Jenis Jenis Besi Konstruksi Terlengkap

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Tahukah kalian kalau jenis besi yang digunakan pada suatu konstruksi bangunan memiliki jenis yang berbeda-beda loh. Perbedaan ini ditentukan sesuai dengan fungsi dari suatu bangunan tersebut. Kenali yuk Jenis Jenis Besi berikut.

Macam Jenis Jenis Besi

1. Jenis Besi Beton

Siapa sih yang tidak tahu Jenis Besi yang satu ini? Kamu sering melihatnya dibanyak tempat dan sepanjang jalan ketika ada proyek yang sedang berlangsung. Hingga saat ini pembangunan proyek rumah, bangunan irigasi, jalan, jembatan dan lain lain masih menggunakan besi ini untuk menjadi strukturnya. Dan ada dua macam besi beton yaitu besi polos dan besi ulir.

Macam Jenis Jenis Besi

2. Besi Konstruksi H-beam

Nah yang kedua ada Besi H-Beam biasanya dipakai untuk pembangunan proyek gedung bertingkat dan jembatan. Tapi ada yang lebih baik lagi dari jenis ini, akan saya jelaskan di nomer 4 nanti yaaa. Biasanya besi ini digunakan untuk mempercepat pekerjaan proyek tetapi tetap dalam perhitungan perencanaan yang matang.

Baca Juga : Harga Dan Jenis Besi Beton

3. Jenis Besi Siku

Siapa sih yang nggk kenal dengan besi siku. Memiliki ukuran yang bermacam macam yaitu 2 cm, 3 cm, 4 cm, hingga 5 cm. Biasanya digunakan dalam pembuatan peralatan peralatan kecil.

Macam Jenis Jenis Besi

4. Expanded Metal

Besi ini dibuat dari plat baja yang dipotong menjadi tipis dan konturnya tanpa proses pengelasaan jadi sangat kuat namun ringan, biasanya jenis besi ini digunakan untuk pagar tapi kegunaannya sangat macam macam sih hehe.

Baca Juga : Fungsi dan Jenis Jenis Pasir Dalam Konstruksi.

5. Wide Flange

Wide Flange (WF) memiliki fungsi konstruksi yang sama seperti H-Beam akan tetapi Wide Flange (WF) jauh lebih baik dalam kekuatan, gaya tekan dan gaya tariknya, sehingga banyak konstruksi lebih memilih Wide Flange (WF) daripada H-beam karena lebih efisien dan kuat.

Macam Jenis Jenis Besi

6. Jenis Besi Hollow

Dibuat dari campuran baja dan galvanis serta lapisan luarnya yaitu dilapisi alumunium dan seng. Jenis Besi Hollow biasanya digunakan untuk material material dalam ekterior rumah contohnya pagar rumah dll, akan tetapi banyak juga yang memakainya sebagai tumpuan meja untuk pengganti kayu loh.

Baca Juga : Jenis dan Ukuran Container Terlengkap

7. Plat Besi

Biasanya Besi plat digunakan sebagai bahan mentah atau bahan baku untuk dijadikan sebuah produk ataupun barang. Karena dikenal sangat kuat dan daya tahan pada korosi sangat baik.

Macam Jenis Jenis Besi

8. Wiremesh

Wiremesh biasanya digunakan sebagai bahan pengganti dalam besi beton untuk cor dak tingkat dengan bawahnya wajib dilapisi oleh bondex. Akan tetapi banyak juga yang menggunakan Wiremesh untuk pagar.

Baca Juga :  Jenis Jenis Pasir Dalam Konstruksi

9. Besi Konstruksi CNP & UNP

Untuk Besi Konstruksi CNP & UNP sudah saya jelaskan digambar langsung yaa, besi ini sangat penting banget dalam konstruksi pembangunan.

Macam Jenis Jenis Besi

10. Pipa Besi

Eitsss biasanya kamu pakai dirumah pipa peralon pvc yaa, kalau ini tuh pipa besi biasanya sering digunakan pada pertambangan, adapun konstruksi rumah itupun sangat jarang yaa, biasanya untuk perusahaan air besar seperti PDAM, Aqua dll.

Baca Juga : Jenis Beban Struktur Bangunan

Nahh sudah tau kan tentang Kegunaan dan Jenis Jenis Besi Terlengkap. Mahasiswa atau mahasiswi teknik sipil harus tahu loh, eitss semua orang juga harus tau agar ketika dalam perencanaan pembangunan bisa menggunakan jenis besi yang sesuai dengan peruntukannya agar pembangunan tersebut bisa efektif dan efisien. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button