Home & HouseTips

Pengertian & Jenis Jenis Batu Bara Terlengkap

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Apa itu batu bara? Pengertian Batu bara adalah batuan yang terbentuk dari hasil dekomposisi tumbuhan tumbuhan yang telah mati dan tesedimentasikan. Oleh karena itu, batu bara dianggap sebagai batuan yang bersifat organik, karena asal usulnya juga dari makhlup hidup. Lalu, apakah jenis batu bara cuman satu? Simak yuk Jenis Jenis Batu Bara dibawah ini.

Jenis Jenis Batu Bara

Baca Juga : Jenis Balok Konstruksi

1. Gambut

Jenis Batu Bara ini Dikenal sebagai peat adalah transformasi tahap pertama dari jasad tumbuhan menjadi batu bara. Memilii kandungan karbon lebih rendah dari 40 hingga 50 persen, jauh dibawah standart kualitas batu bara. Umumnya masih mengandung cukup banyak air dan parikulat partikulat ukuran kecil. Kedua hal ini membuat gambut menghasilkan banyak asap dan polusi ketika dibakar.

Baca Juga : Jenis Jenis Excavator Terlengkap

2. Lignit atau Brown Coal

Jenis Jenis Batu Bara

Dikenal sebagai lignite/brown coal adalah batu bara yang sudha bisa dimanfaatkan untuk pembakaran, namun masih berkualitas rendah. Batu bara ini memiliki kandungan karbon diantara 40 hingga 55 persen, masih tergolong sedikit namun lebih tinggi dari gambut. Memiliki warna hitam atau coklat kehitaman dan merupakan tahap kedua dari transformasi jasad tumbuhan menjadi batu bara. Saat ini, kandungan batu baranya masih cukup tinggi diatas 35%.

Baca Juga : 17 Jenis Jenis Kapal Laut Terlengkap

3. Sub-Bituminus

Batu bara sub bituminus adalah semua jenis batu bara yang memiliki kandungan karbon diantara bituminus dan lignit. Meskipun memiliki kualtias yang kurang baik, batu bara sub bituminus tersedia dalam jumlah banyak. Batu bara jenis ini umumnya digunakan sebagai bahan bakar pada pembangkit listrik tenaga batu bara.

Baca Juga : Jenis Jenis Batu Alam Berkualitas

4. Bituminus

Merupakan jenis batu bara yang paling banyak tersedia dan digunakan diseluruh dunia. Batu bara ini mengambil naa dari sejenis cairan pekat bernama bitumen, memiliki kadar karbon 60 hingga 80%, sudah cukup tinggi digunakan sebagai bahan bakar yang efisien. Selain itu, kadar karbon yang tinggi ini juga memungkinkan batu bara bituminus untuk diubah menjadi coke, bahan penting dalam industri besi dan baja.

Baca Juga : Jenis Jenis Plastik Terlengkap

5. Antrasit 

Merupakan batu bara kualitas tertinggi yang dapat terbentuk dialam. Antrasit hampir seluruhnya terdiri dari karbon, yaitu sekitar 80-90%. Karena sudah sangat murni, antrasit memiliki kadar mineral lain dan partikulat yang sangat sedikit. Kandungan air pada batu bara ini juga sangat rendah. Hal ini menyebabkan antrasit memiliki karakteristik pembakaran yang sangat baik.

Baca Juga : Jenis Jenis Atap Genteng Berkualitas 

Nah Ternyata Jenis Jenis Batu Bara sangat bermacam macam kan, gimana menurut kalian semua tentang pembahasan ini, sebenernya ini standart ya cukup masih diketahui saja karena belum sampai ke pengolahannya. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button