Home & HouseTips

13 Jenis Batu Alam Berkualitas dan Menarik !

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Batu alam ini identik digunakan sebagai material untuk konstruksi bangunan. Fungsinya untuk memberikan kesan alami serta tampilannya yang dekoratif menjadi salah satu alasan orang untuk memilih material ini untuk dekorasi rumah. Yuk simak Jenis Jenis Batu Alam dibawah ini.

jenis jenis batu alam

Baca Juga :  Harga Dan Jenis Besi Beton

1. Batu Palimanan

Jenis Batu Alam ini asalnya dari kecamatan Palimanan, Cirebon. Batu ini diproduksi dari gunung Ciremai loh, terkenal akan kekuatannya dan awetnya, cocok nih buat rumah kamu

2. Batu Gamping

Kalau batu ini kamu dah gak asing pasti. Ada yang bilang juga batu kapur, terkenal dengan daya tahan terhadap cuaca dan suhu, serta kekohona yang dimiliki batu gamping ini.

jenis jenis batu alam

Baca Juga : Jenis Jenis Tumpuan Struktur Bangunan

3. Batu Marmer (Batu Marble)

Jenis batu alam ini sering dipakai soalnya mudah dibentuk, apalagi batunya kayak ada motifnya gitu kan. Tapi jangan dipakai untuk dinding rumah soalnya sensitif kalau kena matahari langsung.

4. Batu Granit

Granit ya bukan granat wkwkwkw. Umumnya sih dipakai untuk lantai, terasa lebih dingin dan tidak mudah licin. Mempunyai sifat yang kuat dan tahan cuaca, sehingga anti gores dan anti jamur loh!.

5. Batu Candi

Batu ini berbeda ya, bukan batu yang dibuat orang dahulu untuk bikin candi. Komposisi batu ini berbeda dengan batu andesit. Batu ini mempunyai pori pori yang lebih terbuka jadinya lebih mudah dirawat.

jenis jenis batu alam

Baca Juga : Jenis Jenis Kolom Konstruksi

6. Batu Andesit

Sering dipakai untuk bahan pembangunan dinding rumah. Mempunyai karakteristik yang kuat, tahan terhadap cuaca ekstrim dan mudah dipasang.

7. Batu Templek

Jenis Batu Alam ini bentuknya lempengan tipis sih, tapi termasuk bebatuan yang keras loh. Sering dipakai untuk hiasan dinding karena teksturnya yang gak beraturan akhirnya keliatan indah, dan gak gampang berlumut juga.

8. Batu Sukabumi

Batu Sukabumi ya, kalo sukakamu itu aku wkwkw. Termask batu langka didunia loh. Warnanya hijau jadi sering banget untuk dasar lantai kolam renang. Punya sifat yang anti licin, sejuk, anti air, dan memiliki senyawa zeoilit yang bisa menjernihkan air.

jenis jenis batu alam

Baca Juga : Jenis Jenis Beton Terlengkap

9. Batu Paras Jogja

Batu Produksi jogja ini bisa dipakai untuk material penutup dinding rumah. Batu ini permukannya cukup kasar dan berwarna terang, sehingga perlu perawatan khusus. Kalau gak gitu batu ini gampang berlumut.

10. Batu sabak

Batu ini dikenal dengan batu kali. Sering dipakai untuk eksterior rumah. Batu ini punya ketahanan yang sangat kokoh bahkan bisa jadi pondasi bangunan juga. Kalau kamu mau pakek nih batu, usahakan punya alatnya karena cukup susah untuk dipotong.

jenis jenis batu alam

Baca Juga : Jenis Balok Konstruksi

11. Batu Koral

Siapa sih yang gak asing sama batu ini. Batu ini bisa dibilang serba guna fungsinya. Bisa buat hiasan bangunan, bahkan buat lantai juga bisa. Gak hanya hiasan doang sih, kalau kamu pasang pada lantai bisa sekaligus memijit telapak kaki kamu hehe dan merilekskan otot otot yang tegang.

12. Bluestone

Kalo yang ini hasil import dari Amerkia Serikat. Memiliki tekstur yang hampir kayak batu templek, tapi beda warna. Batu blusetone berwarna biru gelap dan terlihat mengkilap. Gak hanya buat rumah tapi bisa juga buat ukiran hiasan berahrga.

jenis jenis batu alam

Baca Juga : Jenis Jenis Excavator Terlengkap

13. Batu Karang

Dengan batu ini dijamin deh rumah kami bakalan nambah nilai aksen tropisnya. Kayak suasana pantai gitu, kamu juga bisa buat hiasan diaquarium atau kolam. Bahkan bisa buat dinding dan hiasan juga loh. Sifatnyapun tahan air dan bisa bertahan lama dicuaca ekstrim.

Baca Juga : 17 Jenis Jenis Kapal Laut Terlengkap

So anda sekarang lebih paham tentang Jenis Jenis Batu Alam Berkualitas kan? seorang teknik sipil harus paham dan memahami secara betul tentang jenis batu alam sehingga dalam pengaplikasian pada bangunan bisa mewujudkan tingkat estetika suatu bangunan.  Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button