Home & HouseTips

Jenis Jenis Balok Dalam Konstruksi Terlengkap

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Mengenal jenis balok yang dapat digunakan pada bidang konstruksi. Balok merupakan salah satu elemen struktur pada bangunan yang sangat penting. Balok berfungsi sebagai pengikat kolom-kolom. Lalu apa saja Jenis Balok?

Jenis Jenis Balok

1. Balok Sederhana

Jenis Jenis Balok

Balok sederhana bertumpu pada kolom diujung ujungnya, dengan satu ujung bebas berotasi dan tidak memiliki momen tahan. Seperti struktur statis lainnya, nilai dari semua reaksi, pergesaran dan momen untuk balok sederhana adalah tidak tergantung bentuk penampang dan materialnya

Baca Juga : Komponen Struktur Jembatan

2. Balon Kantilever

Kantilever adalah balok yang diproyeksikan atau struktur kaku lainnya, didukung hanya pada satu ujung tetap. Kantilever menanggung bban di ujung yang tidak disangga.

Baca Juga :  Jenis Jembatan dan Konstruksi Jembatan

Jenis Jenis Balok

3. Balok Teritisan

Balok teritisan merupakan salah satu ragam balok sederhana yang memilik bentuk memanjang. Balok yang satu ini melewati salah satu kolom tumpuannya.

Baca Juga :  Cara Menghitung Volume Sloof dan RAB

4. Balok Ujung Tetap

Jenis balok yang satu ini disebut balok dengan ujung tetap karena dikaitkan kuat. Selain itu, Balok tersebut juga dibuat untuk menahan translasi dan rotasi. Pada umumnya, ujung ujung dari balok ini dikunci sedemikian kuat sehingga tidak bergerak ataupun berotasi karena momen.

Baca Juga :  Harga Dan Jenis Besi Beton

Jenis Jenis Balok

5. Balok Tersuspensi

Bentangan tersuspensi merupakan salah satu jenis balok sederhana yang ditopang oleh teristisan dari dua bentang dengan konstruksi sambungan pin pada momen nol.

Baca Juga : Cara Menghitung PBB

6. Balok Menerus

Jenis Jenis Balok

Balok kontinu atau balok menerus ini memiliki bentuk yang memanjang secara menerus serta melewati lebih dari dua kolom tumpuan. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan kekakuan yang lebih besar dan momen yang lebih kecil dari serangkaian balok tidak menerus dengan panjang dan beban yang sama pada bangunan.

Baca Juga : Cara Cor di air atau Laut

So anda sekarang lebih paham tentang Jenis Balok Konstruksi kan? seorang teknik sipil harus paham dan memahami secara betul tentang metode ini sehingga tidak mengalami kekeliruan saat menentukan jenis balok yang akan digunakan dalam struktur perencanaan pembangunan.  Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua ya. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button