Home & HouseTips

Jenis Jenis Atap Genteng Berkualitas Terlengkap

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Genteng atap adalah komponen dari atap yang menutupi permukaan bagian atas, yang terdiri dari bagian-bagian yang tersusun saling bertindih (overlapping). Atap dapat dibuat dari berbagai jenis bahan seperti kayu, batu, tanah liat, serat, aspal, plastik, asbes, dan logam tergantung kebutuhan dan biaya pembangunan.

Jenis Jenis Atap Genteng

Memang secara tidak langsung pemilihan genteng menjadi komponen penting dalam membangun rumah idaman. Penyesuaian dengan kebutuhan yang ditawarkan melalui keunggulan yang diklaim oleh masing masing jenis genteng sampai keinginan untuk mempercantik rumah idaman dg warna dan tipe yang tersedia. Nah ada beberapa Jenis Jenis Atap Genteng nih yang detailnya bisa kamu cek dibawah ini ya, biar ga salah pilih jenis genteng pas besok waktu mau bangun rumah.

1. Atap Genteng Beton

Biasanya, Jenis Atap ini sering dipakai dirumah bertema minimalis. Jenis genteng ini banyak sekali modelnya, mulai dari bergelombang hingga datar. Kualitasnya dan awetnya sudah teruji. Meskipun bobotnya lumayan berat dan harganya ya lumayan mahal sih.

Jenis Jenis Atap Genteng

Baca Juga : Jenis Jenis Beton Terlengkap

2. Atap Genteng Tanah Liat

Jenis atap ini sudah umum dipakai di indonesia. Cara pasangnya pada atap yang miring dengan menerapkan sistem saling mengikat dan mengunci. Harganya ekonomis, ringan dan cukup kuat. Teapi butuh ketelitian lebih dalam pemasangannya agar tidak bocor, dan rentan terhadap jamur dan lumut.

3. Atap Gentang Keramik

Ternyata meski keramik, ini masih dibuatdari tanah liat loh, dan pada proses akhirnya terdapat penambahan lapisan pewarna glaztur. Jenis ini bisa tahan lama. Tapi harus dipasang secara teliti agar tidak terjadi kebocoran.

Jenis Jenis Atap Genteng

Baca Juga : Jenis Balok Konstruksi

4. Atap Genteng Metal atau Logam

Bentuknya lembaran mirip seng. Cara pemasanagannya harus ditanam pada balok gording rangka atap dengan sekrup. Selain hemat material jenis ini dilapisi bahan anti karat dan terbuat dari amterial anti pecah yang membuat aman dari kebocoran.

5. Atap Genteng Aspal

Terbuat dari campuran aspal dan bahan kimia lainnya. Meskipun dari aspal tetapi lebih ringan daripada metal dan keramik. Juga bisa menahan api dan angin kencang. Tetapi, membutuhkan kerangka yang kuat untuk menpang beban, tentunya harganya sangat mahal.

Jenis Jenis Atap Genteng

Baca Juga : Jenis Jenis Excavator Terlengkap

6. Atap Genteng Kayu Uli atau Kayu Besi

Digunakan oleh rumah rumah sederhana yang ingin terlihat mewah. Bentuknya memanjang dengan lancip segitiga ini adalah tampilannya yang terkesan alami serta mengalirkan sirkulasi udara dengan baik. Namun harganya relatif mahal juga.

7. Atap Genteng Kaca

Hanya dipasang dibeberapa area terentu yang membuthkan penerangan alami saja, terkesan mdern, dan melindungi dinding ruangan dibawahya dari kelembapan dan jamur. Tapi jenis ini mudah pecah dan membuat suhu ruangan naik jika dipakai berlebihan.

Jenis Jenis Atap Genteng

Baca Juga : 17 Jenis Jenis Kapal Laut Terlengkap

8. Atap Genteng Asbes

Terbuat dari 6 gabungan mineral silikat alam, harganya pun relatif murah. Mudah dipasang karena tidak memerlukan banyak kayu reng. Tetapi serat asbes dalam bentuk partikel yang mudah terlepas sehingga bisa diterhirup oleh manusia dan bisa menyebabkan kanker paru paru.

9. Atap Genteng Metal Pasir

Berbahan dasar Zinc Alume yang bagian bawahnya dilapisi back coat zinc aluumunium coating, primary epoxy, dan masih banyak lagi. Jenis ini mempunyai kemampuan dalam meredam panas matahari serta meredam suara hujan.

Jenis Jenis Atap Genteng

Baca Juga : Jenis Jenis Batu Alam Berkualitas

10. Atap Genteng Seng

Nah jenis ini cocok buat kamu yang sedang mencari opsi paling ekonomis. Harganya murah, bahannya ringan, jadi mudah sekali dipasang. Namun bahannya bersifat menyerap panas jadi bisa bikin ruangan dibawahnnya terasa sangat gerah. Dan hanya tahan beberapa tahun saja.

Baca Juga : Jenis Jenis Plastik Terlengkap

So anda sekarang lebih paham tentang Jenis Jenis Atap Genteng Berkualitas kan? itu dia macam atap genteng yang ada disekitar kita. Seorang teknik sipil harus paham yaa, karena ini basic sekali jadi saya rasa kalian semua sudah tahu hehe.  Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button