Home & HouseTips

Jenis Beban Struktur Pada Konstruksi Terlengkap

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Betapa penting sekali mengetahui jenis beban struktur yang wajib kamu pelajari sebelum melakukan perencanaan pemabangunan sebuah konstruksi, baik konstruksi skala besar ataupun skala kecil. Karena menghitung Beban Struktur harus sangat betul betul diperhitungkan. So lihat yuk Jenis Beban Struktur dibawah ini.

Beban Struktur

1. Beban Mati (Dead Load)

Beban Struktur

Jika kamu ingin tahu tentang ini, baik saya akan jelaskan nih hehe. Beban mati itu sangat mudah sekali dihitung, karena obyek beban mati adalah keseluruhan kaca, dinding, atap, rangka, besi, lantai dan seluruh perabotan yang tetap dan tidak dapat berubah tempatnya. Maka penghitungan ini sangat mudah karena tidak ada benda yang bergerak.

Baca Juga :  Jenis Beban Struktur Bangunan

2. Beban Hidup (Live Load)

Beban Struktur

Kalau ini menghitung beban hidup sudah dipastikan ada rumusnya yaa. Contoh dari beban hidup adalah kamu, ya kamu, maksudnya kamu manusia itu adalah termasuk Beban Struktur live load. Dimana semua benda yang dapat bergerak termasuk live load, yaitu furniture, kendaraan motor atau mobil atau pesawat atau helikopter, manusia, hewan dll.

Baca Juga : Kenali Struktur di Atas Air (Plumbing Structure) Terlengkap

3. Beban Angin (Wind Load) / Faktor Lingkungan

Beban Struktur

Sudah pernah tahu belum tentang beban struktur ini? kecepatan angin yang berada di wilayah pesisir pantai, wilayah pegunungan, dan wilayah perkotaan itu sudah pasti berbeda. Maka hal ini juga wajib diperhitungkan sebelum merencanakan pembangunan ya sobat.

Baca Juga :  Kenali Berbagai Jenis Jenis Plafon Terlengkap

4. Beban Gempa (Earthquake Load)

Beban Struktur

Hmm memang benar tidak ada yang bisa melawan alam dan kuasa Allah SWT, tetapi kita sebagai manusia harus selalu berusaha dan berikhtiar. Untuk sekarang bangunan anti gempa sudah banyak diaplikasikan loh, dan sudah melalui banyak trial and error. Tapi memang pasti costnya struktur anti gempa akan lebih mahal daripada struktur biasa ya.

Baca Juga :  Jenis Jenis Rumput Taman Kekinian Dan Mudah Dirawat.

Sudah paham kan tentang Jenis Beban Struktur Pada Konstruksi Terlengkap ini. Wajib dan harus tahu lo yaa sebelum membangun sebuah bangunan atau gedung, karena beban itu sudah pasti ada dan selalu ada. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button