Jalur Pendakian GunungTempat Wisata

5 Jalur Pendakian Gunung Merbabu dan Estimasi Biaya

5 Jalur Pendakian Gunung Merbabu dan Estimasi Biaya – Pesona Indonesia memang tiada duanya. Tidak hanya di bawah airnya saja yang mengesankan. Melainkan, hadir pula diatas ketinggian yang memiliki rona menggemaskan. Maklum saja, paku bumi ini membentang dari ujung Sumatera hingga Papua dengan ketinggian yang beragam dan pemandangannya pun mampu mengalihkan dunia.

Sumber Instagram @mmuklasrizali

Bahkan, namanya tidak hanya terdengar di seluruh penjuru nusantara saja. Melainkan, sudah sampai ke seluruh penjuru dunia. Beberapa sudah menjadi ikon wisata wajib yang harus dikunjungi bila berkunjung ke Indonesia. Membanggakan sekali bukan.

Diantara beberapa Gunung yang ada di Ibu Pertiwi. Satu diantara Gunung terfavorit adalah Merbabu yang terletak di Jawa Tengah. Secara administratif berada di Kabupaten Boyolali, Kabupaten Magelang, Kabupaten Semarang, dan Salatiga.

Dimana, mendaki Gunung ini kita harus sedikit berhati-hati lantaran terkenal dengan Badainya yang dahsyat. Bisa-bisa anda akan terpental karena anginnya.

Baca Juga : 5 Jalur Pendakian Gunung Sumbing

Mengenal Gunung Merbabu

Gunung Merbabu cukup terkenal di kalangan para pendaki. Dimana, mereka percaya bila Gunung ini sangat ramah bagi para pemula yang ingin mencoba sensasi mendaki. Karena, tracknya yang cukup ramah walau, membutuhkan tenaga ekstra.

Sumber Instagram @kiss_woro

Gunung yang mempunyai ketinggian mencapai 3.142 mdpl ini namanya berasal dari bahasa jawa yaitu meru yang artinya Gunung dan Babu artinya adalah wanita. Disini pula kita bisa melihat 5 kawah sekaligus yaitu Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab dan Sumbernyowo.

Di balik keindahan dan pesonanya ternyata, kawasan ini juga terselip sebuah mitos.yang dipercaya oleh sebagian besar penduduk sekitar. Mengenai sebuah kerajaan yang cukup besar yang masih berhubungan dengan Mataram Kuno dan tersembunyi di balik Gunung Merapi dan Merbabu.

Selain itu, disini pula hadir pasar setan. Dimana, banyak sekali pendaki yang mendengar suasana seperti sebuah pasar tetapi, bila dilihat suasananya sepi. Mereka yang mendapati pasar setan pasti setuju bila nuansanya benar-benar riuh seperti halnya jual beli dan saling tawar menawar.

Gunung ini memiliki 7 puncak. Pertama adalah puncak syarif yang memiliki ketinggian kurang lebih 3.119 mdpl. Dan, puncak kenteng songo yang merupakan puncak tertinggi yaitu 3.142 mdpl. Ada pula gegersapi, watugubuk, watutulis, ondorante

Sejarah Meletusnya

Sebelum kita berbagi informasi mengenai titik pendakiannya. Mari kita simak terlebih dahulu mengenai sejarah meletusnya. Bisa di bilang Gunung Merbabu merupakan gunung tidur. Dimana, kondisinya masih aktif tetapi, sudah lama tidak meletus.

Menurut catatan gunung ini pernah meletus pada tahun 1560 dan juga 1797. Banyak wisatawan yang setuju mengenai pemandangan yang dihasilkan gunung ini. Sungguh, semua keringat dan air mata yang sudah tertumpah akan terbayarkan saat kaki melangkah menapaki jejak langkah menuju ke atas puncak.

Harga Tiket Masuk

Untuk mendaki Gunung ini anda akan dikenakan harga tiket masuk adalah 15 ribu rupiah saja. Sudah termasuk asuransi bila terjadi hal yang tidak dinginkan. Bagi anda yang ingin menggunakan porter maka, anda akan dikenakan biaya sebesar 250 ribu rupiah untuk satu orang porter sekali naik.

Disana, anda juga akan didirikan tenda sekalian. Keberadaan porter ini memang sangat membantu bagi anda yang memang kesusahan membawa beberapa barang yang berat di dalam tas.

Apalagi, merbabu juga menjadi salah satu cara menggantungkan hidup para warga sekitar. Untuk tarif parkir sendiri akan dikenakan biaya 3 ribu rupiah untuk kendaraan bermotor dan 10 ribu rupiah bagi yang menggunakan mobil.

Titik Pendakian

Gunung Merbabu mempunyai 6 jalur pendakian yang bisa anda pilih dan dijadikan titik awal menuju ke atas puncak.

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Kopeng

Bagi anda yang berasal dari kota Semarang dan sekitarnya, anda bisa memulai titik pendakian dari Salatiga. Kopeng memiliki dua jalur yang bisa anda pilih disini pertama melalui Kopeng Cunthel dan Kedua, melalui Kopeng Thekelan. Baiklah, mari kita bahas satu persatu.

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Kopeng Cunthel

Bila anda menempuh dari titik ini maka estimasi waktu yang akan anda butuhkan adalah 8 hingga 10 jam. Dan untuk waktu turun kurang lebih 4 hingga 7 jam saja. Bila anda dari Semarang membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 40 menit. Dengan jarak yang ditempuh adalah 78 km.

Menuju ke tempat ini anda bisa menuju ke pengapon lalu kearah Ronggowarsito. Lanjutkan kembali menuju ke jalan Komodor laut yos sudarso. Kemudian, masuk ke jalan raya pantura sejauh 2,2 km. Lalu, arahkan kendaraan menuju ke Jl Tol Tanjungmas – srondol sejauh 13 km.

Ambil jalan menuju ke Ungaran, masuk ke jalan raya salatiga – solo, lalu ke jalan Magelang- Salatiga hingga Magelang-kopeng. Terus lurus menuju ke Umbul Songo hingga kita akan sampai di titik Pendakian.

Dari Basecamp menuju ke pos 1 kita akan menempuh perjalanan kurang kebih 1 jam. Dimana, jalanan masih terdapat bonus. Nah, bonus ini sendiri adalah sebutan bagi para pendaki bila mendapatkan jalan lurus seperti jalan tol.

Dari pos 1 menuju ke pos 2 membutuhkan waktu 1 jam. Naik lagi ke pos 3 akan memakan waktu kurang lebih 45 menit hingga 1 jam pula. Di pos ini merupakan, pos yang cukup favorit karena, kita akan melihat batu besar yang bernama watu gubuk.

Lanjutkan kembali ke atas, dimana jalanan sudah mulai menyenangkan dengan track yang semakin menanjak dan tenaga benar-benar akan terkuras disini. menuju ke pos 4 membutuhkan waktu 1 jam hingga 2 jam.

Biasanya di pos 4 ini ada beberapa yang mendirikan tenda. Nah, dari sini titik jalur pendakian gunung merbabu ini akan mencapai sudut kemiringan yang menggemaskan. Oleh karena itu membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam hingga 2 jam. Tetapi, pemandangan elok nan sempurna akan menemani anda dan menjadi obat penawar yang paling mujarab.

Dari pemancar menuju ke puncak syarif membutuhkan waktu 1,5 jam. Dan bila anda ingin naik ke puncak kenteng songo membutuhkan waktu 1 jam. Dari sini, kita harus sedikit berhati-hati karena, jalanan sudah mulai sempit. Dan oksigen juga sedikit menipis. Tetapi, pemandangan akan semakin elok dengan bintang-bintang yang bersinar semakin memukau.

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Kopeng Thekelan

Jalur ini menuntut anda untuk lebih kuat lagi dalam menghadapi tanjakan yang ada karena, jarak tempuhnya hanya 6 hingga 8 jam saja. Waktu turun kurang lebih 3,5 jam hingga 5 jam. Semua berawal dari pos pending menuju ke Gumuk dengan waktu tempuh 1,5 jam.

Dari sini pepohonan sudah menjulang tinggi. Seakan matahari enggan untuk menyengat anda. Dari Gumuk menuju ke Lempong sampan membutuhkan waktu 1,5 jam. Dari sini menuju watu gubug membutuhkan waktu 1 jam. Nah, sebelum sampai di watu gubug kita akan menemukan sebuah area yang cukup luas.

Area ini bisa anda jadikan sebagai tempat mendirikan camp. Karena, di pos watu gubug sendiri banyak bebatuan sehingga akan sulit mendirikan tenda. Dari sini menuju ke pos pemancar kurang lebih 1 jam.

Pos pemancar adalah sebuah pemancar yang sengaja di bangun walau gagal. Bagi anda yang ingin mendirikan tenda disini diharapkan berhati-hati apalagi pada saat musim penghujan. Karena, petir yang menyambar lebih memilih tower ini.

Dari sini, kita bisa mendaki lagi menuju ke helipad dengan waktu tempuh 1 jam dan menuju ke puncak syarif 1 jam perjalanan pula.

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Suwanting

Selanjutnya adalah via suwanting, tepatnya berada di Dusun Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Jalur ini dibuka pada tahun 1990 kemudian, pada tahun 1998 ditutup dan dibuka kembali pada tahun 2015.

Dari basecamp menuju ke pos 1 kita akan menempuh waktu kurang lebih 30 hingga 50 menit. Jalan yang harus dilalui masih relatif datar dan melewati beberapa ladang tanaman milik warga. Kemudian, menuju ke pos 2 agak sedikit menanjak dengan waktu tempuh 1,5 jam.

Menuju ke pos 3 membutuhkan waktu 2 jam. Disini, kita akan menemui sebuah sumber mata air bernama sendang dampo awang. Dari titik ini, kebanyakan para pendaki mendirikan tenda dan di pos ini pula kita bisa melihat betapa indahnya gunung merapi yang tampak berdiri kokoh disana.

Tidak hanya sampai disitu saja, kita juga bisa melihat pemandangan indah sindoro –sumbing yang elok di pandang mata. Dari titik pendakian menuju ke kenteng songo atau triangulasi membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Nah, disini kita akan menikmati sabana-sabana yang menarik dan pesonanya membuat kita rindu.

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Wekas

Ingin menantang diri anda? Mungkin pemilihan jalur via wekas bisa menjadi selusinya. Dimana, jalanan yang harus anda lalui memang mampu memacu adrenalin. Tetapi, keindahan yang akan anda dapatkan benar-benar elok dan mempesona. Dari titik ini anda akan membutuhkan waktu 8 jam hingga 10 jam dengan waktu turun 4 jam hingga 5 jam.

(Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Wekas) Sumber Instagram @hanzanul30

Dari basecamp menuju ke pos 1 kurang lebih 4 jam. Dimana, pos 1 sudah tidak lagi digunakan. pesonanya sudah hadir sejak awal denga air terjun kecil yang mengesankan. Beberapa pohon tumbang, dan area bekas kebakaran.serta, jalur landai yang berbentuk terowongan.

Dari pos ini kita akan menemukan pesimpangan dimana anda bisa memilih jalur dari kethelan belok ke kiri atau jalur dari selo belok ke kanan. Setelah itu perjalanan akan sama dengan titik pendakian diata.

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Selo

Selo adalah titik pendakian terakhir yang disajikan oleh Gunung Merbabu. Titik ini menjadi favorit para oendaki yang hendak naik ke atas merbabu. Terletak di Desa Selo, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Tetapi, perlu diketahui bila menuju ke base camp. Akan ada beberapa pajak liar mulai dari 5 ribu rupiah. Ada kurang lebih 3 titik yang menjadi pungli disini.

Sayangnya, banyak keluhan para pendaki tetapi, tidak ditanggapi secara serius. Nah, disini pula ada jalur melalui Gancik. Dimana, tracknya hampir sama seperti di wekas. Sayang jalur ini masih illegal. Jadi, tidak disarankan melalui titik tersebut.

Bila anda memutuskan untuk memulai dari titik jalur pendakian gunung merbabu ini maka waktu yang akan anda tempuh adalah 8 jam hingga 10 jam dan saat turun membutuhkan waktu 4 jam hingga 6 jam. Dimana, jalanan yang akan kalian temui cukup landai dan juga menggemaskan. Sayangnya, di titik ini tidak ada sumber mata air. Sehingga, perbekalan air harus benar-benar terjaga dengan baik.

Dari basecamp menuju ke pos 1 kurang lebih 2,5 jam. Di pos satu kita sudah mendapati beberapa kera ekor panjang yang siap mengintai makanan anda. Menuju ke pos dua membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.

Disini, kita juga akan menemui pos bayangan yang biasanya digunakan para pendaki untuk mengatur nafas sebelum melanjutkan perjalanan. Dimana, jalanan sudah mulai menanjak. Dari pos 2 menuju ke pos 3 membutuhkan waktu 1,5 jam.

Biasanya, banyak pendaki yang akan beristirahat di pos ini dan menikmati pemandangan gunung Merapi yang sangat indah. Tidak hanya itu saja. di pos 3 pun mereka sudah mulai memasak dan mengisi tenaga.

Mengingat setelah ini perjalanan sebenarnya akan dimulai. Cobalah anda lihat ke atas dimana, menuju sabana 1 yang jaraknya tidak terlalu jauh tetapi, membutuhkan waktu 1,5 jam. Jalanan terjal sudah menanti anda benar-benar, menggemaskan memang dari titik ini. Langkah kaki untuk mendaki benar-benar harus kuat. Pengaturan nafas menjadi poin penting disini.

Dari sabana 1 menuju ke sabana 2 membutuhkan waktu 30 menit sampai 1 jam dengan track yang tidak jauh berbeda. Dari titik ini menuju ke puncaknya membutuhkan waktu sekitar 1 jam hingga 2 jam perjalanan. Jalanan cukup terjal, jadi, berhati-hatilah jangan lupa membawa lampu senter yang benar-benar terang agar perjalanan anda semakin nyaman.

Pesona Merbabu

Keunikan dari gunung satu ini adalah jarang terlihat matahari terbit. Karena, kabutnya lebih banyak dan badai juga akan datang secara tiba-tiba. Tetapi, pemandangan gunung-gunung disekitarnya akan terlihat sangat mempesona.

Sumber Instagram @imdadrr

Mereka adalah Sindoro, Sumbing, telomoyo, merapi, Ungaran hingga gunung lawu pun akan terlihat dari sini walau hanya kecil. Biasanya menuju ke puncak kita akan digoda dengan angin yang cukup kencang.

Menuju ke merbabu disarankan untuk naik diantara pukul 10 hingga pukul 1 siang, usahakan sampai di sabana 2 sebelum maghrib. Agar anda siap untuk mendaki ke atas puncak esok harinya.

Siapkan perbekalan berupa makanan dan air minum. Obat-obatan serta berbagai perlengkapan kesehatan lainnya. Perlu diakui bila sabana yang ada disini memang juaranya. Saat anda lihat dari puncak anda akan melihat pemandangan yang benar-benar sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata.

Disarankan untuk turun secara perlahan karena, jalanan merbabu terkadang melenakan diri anda. Apalagi, dari puncak menuju ke sabana 2. Kabut-kabut akan datang menyerang yang membuat kita sedikit susah melihat jalanan.

Itulah pesona Gunung Merbabu yang menjadi titik favorit bagi para pendaki. Disini, ada beberapa titik yang bukan titik pendakian asli. Atau hanya di buat oleh beberapa orang. Disarankan bagi anda tidak menggunakan  jalur ini. Lantaran, banyak sekali hewan buas yang masih berkeliaran di antara hutan-hutan merbabu yang siap menerjang.

Lagi pula bila terjadi hal yang tidak diinginkan para petugas Sar akan kesulitan menemukan anda. Ayo datang dan uji dirimu untuk menaklukkan Jalanan Merbabu yang menantang dan juga ramah.

LIhatlah keindahan matahari terbit dari atas puncaknya yang sangat mengesankan. Jangan lupa untuk membawa sampah anda ya. Karena, kalau bukan kita yang membawanya lalu siapa lag? Ingat, sampah mampu merusak lingkungan alam, membuat Gunung Merbabu menjadi tak ramah lagi. Oleh karnea itu, mari kita rawat bersama pesona dari Jawa Tengah ini.

Nah telah sampai pada akhirnya Ihategreenjello menyusuri jalur pendakian gunung merbabu yang indah ini, pada akhir kata saya ucapkan terimakasih telah setia pada website ini. see u on top bro hehe

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close