Home & HouseTips

Ukuran, Cara Pemasangan interlocking brick / Bata Lego

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Selain bata biasa, ternyata ada juga bata yang bisa saling mengunci, jadi bisa lebih hemat semen! Bata ini namanya interlocking brick. Bata ini bisa disusun ke atas dengan mekanisme kuncian yang ada di batanya.

Bata Interlocking

Apa itu Interlocking Brick?

Bata Interlocking

Seperti namanya, Interlocking Brick atau bata lego ini adalah material dinding yang memiliki mekanisme penguncian seperti lego. Mekanisme penguncian ini biasanya berupa lekukan yang saling mengunci dan lubang lubang yang bisa dimasukkan besi dan semen.

Baca Juga :  Jenis Jenis Rumput Taman Kekinian Dan Mudah Dirawat.

Ukuran Bata Interlocking

Bata Lego

Bata Lego ini ada dalam 3 jenis, yaitu bata penuh, bata setengah, dan bata kanal. Bata penuh ini berukuran panjang 25cm, lebar 12,5cm dan tebal 10cm. Bata setengah ukurannya setengah panjang bata penuh, yaitu 12,5 x 12,5 x 10cm. Bata interlocking kanal biasanya memiliki ukuran yang sama dengan bata penuh, tapi bentuknya berbeda.

Baca Juga : Pengertian dan Tipe Spillway (Bangunan Pelimpah)

Cara Pemasangan Bata Lego

Interlocking Brick

Bata Interlock ini bisa dipasang seperti bata biasa. Untuk pasangan pertama di atas sloof, kita tetap menggunakan semen untuk memastikan pasangan bata tetap pada tempatnya. Di laspisan selanjutnya, bata ini bisa dipasang dengan sedikit semen karena bata sudah saling mengunci. Untuk bagian pertemuan dinding seperti kolom praktis, kita bisa memasukkan tulangan baja ke lubang lubang yang ada di interlocking brick ini.

Baca Juga : Desain & Cara Membuat Tangga Melayang Terlengkap

Keuntungan Interlocking Brick

Interlocking Brick

Kita hanya butuh sedikit semen untuk perekat antar bata, karena bata sudah dipasang kuncian sehingga saling mengunci satu sama lain. Kalau kita ingin menggunakan finishin ekspos, kita tidak perlu memplester Bata Interlocking karena finishingnya sudah halus dan rapi. Kita jadi bisa menghemat pemakaian semen.

Baca Juga : Jenis & Pengertian Sistem Struktur Bentang Lebar Terlengkap

Pertimbangan Bata Interlocking

Bata Lego

Sayangnya, model ini tidak disarankan untuk tumpukan yang sangat tinggi. Kecuali kita menggunakan struktur beton bertulang, kita Cuma bisa menumpuk bata ini setinggi 2 lantai. Karena minim menggunakan semen, kita butuh perlakuan khusus untuk finishingnya supaya air tidak merembes dari celah bata.

Baca Juga : Jenis & Cara Membangun Pondasi Rumah Panggung Terlengkap

Alternatif Pemakaian Bata Lego

Interlocking Bata

Interlocking brick memang belum diadopsi secara luas sebagai material dinding utama pengganti bata merah. Tapi, kita bisa memangaatkan model ini menjadi material dekoratif seperti dinding bata ekspos, atau secondary skin yang disusun dari bata, seperti desain yang ada pada gambar di atas.

Baca Juga : Dak Bata Ringan Adalah Inovasi Yang Salah Kaprah

Nahh jadi harus dipikirkan secara matang ya sobat, akhirnya sobat mimin jadi tambah wawasan kan tentang Ukuran & Cara Pemasangan interlocking brick / Bata Lego ini. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button