Misteri Gunung

Keindahan Gunung Cikuray Dengan 6 Misteri Cikuray

Gunung Cikuray Dengan 6 Misteri Gunung Cikuray – Gunung Cikuray merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat. Ketiga gunung lainnya adalah Gunung Ciremai, Gunung Pangrango dan Gunung Gede. Gunung Cikuray memiliki ketinggian sekitar 2.821 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia tepatnya terletak di perbatasan kecamatan Bayongbong.

Sumber Instagram @yudikurnia15

Gunung Cikuray juga merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Garut sehingga kaki gunung Cikuray sering digunakan oleh stasiun TV sebagai pemancar. Gunung Cikuray sering didaki oleh para pecinta alam, mereka sering menyebut gunung ini sebagai “Samudera di Atas Awan” karena ketika kita berada di puncak gunung, akan terlihat gumpalan awan di bawah kita.

Sejarah Tentang Gunung Cikuray

Konon, gunung Cikuray disebut sebagai gunung Srimanganti atau Srimanganten oleh beberapa ahli sejarah. Pada abad ke-17, lereng gunung Cikuray dijadikan sebagai pusat para pendeta bertapa yang dikenal dengan pemukiman para pendeta atau dinamakan dengan mandala. Tempat ini juga dijadikan sebagai tempat untuk menuntut ilmu dan tempat ditulisnya tentang Kerajaan Padjadjaran.

Pada masa itu, mandala adalah tempat ditulisnya naskah kuno yang juga menyebut gunung Cikuray sebagai gunung Srimanganti atau Srimanganten. Naskah kuno inilah yang dipakai oleh para ahli dalam melakukan penelitian. Sampai sekarang, bukti tertulis tentang naskah kuno dan mandala masih ada dan tersimpan di situs cagar budaya Ciburuy di Kecamatan Cigedug.

Peninggalan sejarah lainnya selain naskah kuno juga berada di situs Ciburuy. Peninggalan sejarah tersebut antara lain trisula, keris, tombak, kujang, bende, dan tulisan Jawa Kuno yang ditulis di atas daun lontar dan daun nipa oleh Prabu Kian Santang.

Misteri Gunung Cikuray

Banyak dari para pendaki dan teman teman dari ihategreenjello sendiri yang mengalami kejadian mistis saat mendaki gunung Cikuray mulai dari diganggu makhluk tak kasat mata mulai dari suara dan penampakan, kesurupan, kecelakaan, hilang, bahkan sampai tewas namun kejadiannya terbilang aneh dan tidak masuk akal. Berikut akan dibahas mengenai kejadian-kejadian aneh di gunung Cikuray.

1. Kabut yang Tebal

Dari pengalaman pendaki, katanya kabut tersebut tiba-tiba muncul dan hilang begitu saja ditemani dengan suara-suara aneh yang menyebabkan mereka sering kehilangan arah bahkan terpisah dari rombongan padahal sedang berjalan bersama.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Agung Bali

2. Diubah Menjadi Sebatang Kayu

Menurut warga di sekitar gunung Cikuray, salah satu kejadian gaib di gunung Cikuray sering terjadi pada saat para pendaki sedang beristirahat di tenda. Konon katanya para jin yang jahil suka mengubah anda yang sedang tertidur menjadi kayu kecil. Bukan mengubah secara bentuk fisik tetapi teman-teman akan melihat anda sebagai batang kayu, bukan sebagai seorang manusia.

Baca Juga : 3 Misteri Gunung Argopuro

3. Penampakan

Bagi mereka yang baru pertama kali mendaki ke gunung Cikuray pasti selalu melihat penampakan yang menyeramkan, bahkan yang sudah sering mendaki pun masih melihat penampakan. Konon katanya yang sering terlihat dan menampakkan diri adalah seorang perempuan dengan berpakaian putih dengan muka gelap.

Baca Juga : 6 Misteri Legenda Dan Sejarah Gunung Batur Bali

4. Suara Aneh

Sering terdengar suara-suara aneh pada saat subuh sudah menjadi hal yang biasa bagi para pendaki yang sedang berkemah di gunung Cikuray. Terkadang ada suara orang memakai sendal sedang berjalan-jalan di luar tenda, suara orang berbicara, ataupun suara seperti sedang melempar barang-barang padahal tidak ada orang di luar tenda.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Arjuno

5. Kesurupan

Kesurupan sudah menjadi hal yang sering terjadi di tempat-tempat mistis seperti ini. Namun di gunung Cikuray, yang sering mengalami kesurupan adalah mereka para wanita terutama yang sedang menstruasi. Konon katanya raganya akan dimasuki dan ia akan menjerit histeris dan meminta untuk dipulangkan ke rumah.

Baca Juga : 6 Misteri Gunung Bromo

6. Hilangnya Pendaki

Cerita misteri di gunung Cikuray yang paling terkenal adalah hilangnya reni pada tahun 2009 yang belum ditemukan sampai sekarang. Konon katanya hantu yang berpakaian putih dengan muka gelap yang sering mengawasi para pendaki dan masuk ke tubuh para pendaki perempuan adalah reni.

Baca Juga : 6 Misteri Gunung Burangrang

Memang kejadian mistis yang terjadi sangatlah menyeramkan, bahkan banyak juga yang takut dan memilih untuk tidak mendaki ke Gunung Cikuray. Namun jika anda memilih untuk mendaki dan menikmati keindahan dan juga Misteri Gunung Cikuray, jangan lupa untuk selalu berdoa dan ingatlah kepada Allah SWT maka anda akan dijauhkan dari bahaya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close