Misteri Gunung

6 Misteri Gunung Burangrang Paling Mencekam

6 Misteri Gunung Burangrang Paling Mencekam – Gunung Burangrang merupakan sebuah gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi yang memiliki ketinggian sekitar 2.064 meter di atas permukaan laut yang terletak di Bandung Utara, Jawa Barat. Gunung ini terbentuk akibat dari letusan Gunung Sunda yang sangat hebat dan sering dikaitkan dengan legenda sangkuriang. Gunung ini sering dijadikan sebagai tempat untuk mendalami pendidikan dan dasar-dasar untuk mencintai alam bagi para pecinta alam.

Sumber Instagram @rizkiiarr

Salah satu kegiatan yang disukai para pecinta alam adalah mendaki gunung karena gunung-gunung di Indonesia terkenal dengan keindahan panorama alamnya dan para pendaki lebih merasa tertantang dengan kesulitan saat melakukan pendakian. Namun, gunung-gunung di Indonesia juga terkenal dengan hal mistis dan angker.

Tak jarang banyak kejadian-kejadian aneh yang menimpa para pendaki bahkan ada juga larangan-larangan atau pantangan saat mendaki gunung. Terkadang kejadian aneh terjadi diluar akal sehat manusia sehingga sering dikaitkan dengan hal-hal mistis. Kali ini akan dibahas mengenai cerita misteri di Gunung Burangrang.

Misteri Gunung Burangrang yang Tidak Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah

Dibalik keindahan alam yang disuguhkan, Gunung Burangrang sering dikaitkan dengan hal-hal mistis apalagi didukung dengan banyaknya kuburan-kuburan para tentara kerajaan Mataram yang konon katanya kabur dari penjajahan kolonial Belanda dan berlindung di gunung ini.

1. Keterkaitan Gunung Burangrang Dengan Legenda Sangkuriang

Dalam cerita legenda sangkuriang, sangkuriang yang gagal menyelesaikan perahunya marah dan kemudian menendang perahunya. Perahu yang terbalik ini adalah yang kita kenal sekarang sebagai Gunung Tangkuban Perahu, sementara ranting-ranting pohon sisa yang digunakan untuk membuat perahu itu berubah menjadi Gunung Burangrang.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Agung Bali

2. Sejarah terbentuknya Gunung Burangrang Menurut Ahli Sejarah

Pada masa lampau 3 juta tahun yang lalu, terjadi letusan hebat Gunung Sunda. Akibat dari letusan tersebut maka terbentuklah beberapa gunung salah satunya Gunung Burangrang. Gunung-gunung lainnya yang terbentuk antara lain Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Bukit Tunggul, dan Gunung Manglayang.

Baca Juga : 3 Misteri Gunung Argopuro

3. Misteri Curug Cijalu

Curug Cijalu merupakan air terjun di Gunung Burangrang yang terletak pada ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, curug cijalu merupakan tempat bersemedi orang-orang sakti. Sedangkan menurut kepercayaan suku Tionghoa, curug cijalu merupakan tempat mandi para bidadari.

Selain curug cijalu, terdapat juga air terjun lain yaitu curug putri. Para warga mengibaratkan bahwa curug cijalu merupakan laki-laki dan curug putri merupakan perempuan dimana mereka adalah pasangan yang serasi.

Baca Juga : 6 Misteri Legenda Dan Sejarah Gunung Batur Bali

4. Jatuhnya Setiap Pesawat yang Melintas di Atas Gunung Burangrang

Mitos Gunung Burangrang yang satu ini masih belum bisa dijelaskan penyebabnya. Setiap pesawat yang melintas di atas Gunung Burangrang tepatnya di atas makam-makam para tentara Mataram, pesawat akan jatuh tanpa sebab. Pesawat yang tercatat pernah jatuh adalah helikopter milik Departemen Kehutanan, pesawat Cessna 172 milik Nusa Flying International, dan pesawat lainnya.

Namun keanehan yang terjadi bukan sampai di sana saja. Menurut penuturan warga setempat, cuaca saat dilakukan pencarian pesawat yang jatuh selalu sama yaitu gelap, mendung, hujan dan ditutupi kabut seolah-olah sengaja untuk menghambat para pencari.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Arjuno

5. Kejadian Menyeramkan yang Dialami Para Pendaki

Kejadian menyeramkan Gunung Burangrang yang satu ini sudah sering dialami oleh para pendaki bahkan tak jarang penduduk sekitar mengaku pernah mengalaminya. Para pendaki sering diganggu oleh makhluk halus yang memanggil-manggil nama pendaki dengan berulang-ulang.

Ada juga yang katanya pernah melihat sesosok perempuan dengan baju putih terbang di atas pohon-pohon. Terkadang juga ada suara-suara seperti binatang buas yang melengking dan terdengar mengerikan menemani perjalanan para pendaki.

Baca Juga : 6 Misteri Gunung Bromo

6. Gunung Burangrang Sudah Dihuni Manusia Sejak Ribuan Tahun Lalu

Menurut ilmuwan dan ahli sejarah, ada masyarakat yang menetap di Kawasan sekitar Gunung Burangrang. Masyarakat ini hidup dengan bergantung pada alam seperti berburu hewan, bercocok tanam, memetik buah-buahan yang ada dan sebagainya.

Legenda sampai mitos yang telah dibahas oleh ihategreenjello di atas mengenai Misteri Gunung Burangrang yang sampai sekarang masih menjadi misteri. Namun percayalah kepada Allah SWT karena atas kuasa-Nya kita masih dapat menikmati keindahan gunung ini.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button