Misteri Gunung

6 Misteri dan Ketinggian Gunung Bawakaraeng

6 Misteri dan Ketinggian Gunung Bawakaraeng  – Gunung bawakaraeng adalah gunung yang ada di provinsi sulawesi selatan, tepatnya di daerah Gowa. Di daerahnya gunung ini sangatlah ramai oleh pendaki hingga gunung yang tingginya lebih dari 2500 meter ini dikatakan mirip dengan gunung semeru. Kalian pastinya sudah tak asing dengan gunung semeru karena gunung ini adalah gunung favorit pada pendaki.

Sumber Instagram @ekaindriya

Demikian dengan gunung bawakaraeng, gunung yang letaknya di daerah gowa ini adalah gunung favorit para pendaki dari berbagai daerah. Namun, agaknya semua gunung pasti menyimpan misteri. Apa kira kira kisah misteri dibalik gunung bawakaraeng ini? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Misteri Gunung Bawakaraeng Sulawesi Selatan

1. Gunung ‘Mulut Tuhan’

Nama sering mengundang maksut tersendiri. Demikian dengan nama yang diberikan kepada gunung bawakaraeng sulawesi selatan ini. Menurut asal katanya, bawa artinya mulut sedangkan karaeng adalah tuhan. Gabungan dari kedua kata tersebut adalah mulut tuhan. Tentunya ada satu alasan tersendiri karena gunung bawakaraeng ini dulunya sering digunakan untuk tempat berkumpul para wali yang menyebarkan agama islam di daerah gowa. Itulah mengapa gunung dijuluki sebagai bawakaraeng atau mulut Tuhan.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Agung Bali

2. Gunung Tempat Ritual

Jika dahulunya gunung bawakaraeng sering menjadi tempat para wali untuk dekat dengan Tuhan. Nyatanya, banyak masyarakat sekitar gunung yang berusaha melestarikan adat tetapi agak sedikit melenceng. Di puncak gunung bawakaraeng kini banyak digunakan sebagai tempat untuk menjalankan ritual. Entah apa ritual yang dijalankan. Pastinya ritual tersebut selain untuk menghormati gunung, juga untuk kepentingan diri sendiri, contohnya untuk menambah kekuatan.

Baca Juga : 3 Misteri Gunung Argopuro

3. Gunung yang Suci

Bawakaraeng dikenal sebagai gunung suci gowa karena gunung tersebut dulunya sering digunakan oleh penyebar agama islam untuk tempat medekatkan diri kepada sang pencipta. Di sana pula, tempat para wali berkumpul untuk berdiskusi tentang dakwah yang dijalankannya. Oleh sebab itu, tak heran jika warga masyarakat sekitar bawakaraeng kini menyebut gunung tersebut sebagai gunung suci karena di sanalah Tuhan lebih dekat dengan para walinya. Untuk mengenang masa masa itu, masyarakat akan mengadakan ritual secara rutin di puncak bawakaraeng, salah satunya diadakannya ritual pada tanggal 10 dzulhijah.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Arjuno

4. Gunung yang Angker

Mungkin sebutan gunung angker bagi gunung bawakaraeng ada hubungannya dengan ritual yang diadakan setiap tahunnya. Pernahkah kalian mendengar bahwa sebuah ritual yang diadakan di puncak gunung biasanya akan memerlukan tumbal? Masyarakat desa gowa agaknya percaya akan hal itu karena hampir setiap tahunnya pasti ada kejadian pendaki yang hilang atau meninggal di gunung bawakaraeng. Meski mungkin karena apes tetapi menurut orang pintar hilangnya pendaki tersebut ada hubungannya dengan gunung bawakaraeng yang meminta tumbal.

Baca Juga : 6 Misteri Legenda Dan Sejarah Gunung Batur Bali

5. Banyak pendaki yang hilang

Gunung bawakaraeng yang terkenal membuat para pendaki penasaran ingin menaklukkannya. Sayangnya, menurut kisah yang beredar tentang misteri gunung bawakaraeng, gunung tersebut sering menghilangkan nyawa para pendakinya. Atau, jika mereka sedikit beruntung, mereka hanya akan dibuat tersesat saja. Biasanya, hal itu dapat terjadi jika pendaki dirasa kurang menjaga adab dalam pendakian. Tetapi, tak ada salahnya waspada karena bawakaraeng cukup terkenal dengan kemistisannya menghilangkan orang.

Baca Juga : 6 Misteri dan Fakta Gunung Batutara

6. Misteri Noni

Noni adalah seorang perempuan belanda tetapi noni yang disangkut pautkan dengan misteri bawakaraeng adalah gadis belanda yang bernama noni. Dahulunya, noni adalah seorang pendaki perempuan yang sering mendaki bersama pacarnya di gunung bawakaraeng sulsel. Sayangnya, karena alasan putus cinta, noni akhirnya memutuskan untuk mendaki dan bunuh diri di pohon yang berada di pos tiga. Sampai sekarang hantu noni sering menghantui para pendaki. Meski ada yang mengatakan bahwa hantu noni kadang juga baik hati karena menunjukkan arah pendakian tetapi sebagian besar yang sudah mengalami hantu noni akan membuatnya tersesat atau berada dalam bahaya, terutama jika mereka adalah pendaki laki laki.

Baca Juga : 6 Mitos dan Informasi Gunung Batusibela

Cerita misteri dan Ketinggian dari  Gunung bawakaraeng memang menimbulkan ketakutan tersendiri bagi para pendaki. Namun, kita sebagai manusia hanya perlu menjadikan cerita itu sebagai kewaspadaan saja. Tidak ada yang harus ditakuti apalagi hantu noni karena hanya Tuhanlah yang harusnya membuat manusia takut, bukan makluk apalagi gunung. Sekian cerita misteri dari ihategreenjello tentang gunung bawakaraeng. Semoga bisa menjadi pelajaran untuk para pembaca.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button