Misteri Gunung

6 Mitos dan Informasi Gunung Batusibela

6 Mitos dan Informasi Gunung Batusibela – Gunung batusibela, dilihat dari namanya gunung ini begitu indah dan cantik. Pada kenyataannya, gunung batusibela merupakan gunung yang memiliki panorama indah dan gunung itu selalu dapat memikat para mata yang memandangnya.

Sumber Instagram @winmilano

Bagi kalian yang mungkin masih asing mendengar namanya, gunung batusibela ini adalah salah satu gunung yang letaknya di pulau halmahera, maluku utara. Jadi, untuk kalian yang berminat untuk berkunjung ke daerah timur indonesia, tak ada salahnya kalian mengenal batusibelia dari dekat. Sayangnya, gunung yang dikenal dengan pesonannya yang masih asri ini juga memiliki misteri yang membuat bulu kuduk merinding. Seperti apa ya kira kira?

Misteri Gunung Batusibela Maluku Utara

1. Kental dengan Aura Mistis

Saat kalian mengatakan bahwa kalian adalah pendaki gunung, itu artinya kalian sudah siap untuk bersinggungan langsung dengan hal hal yang berbau mistis. Seperti halnya saat kalian mendaki gunung batusibela. Memang benar jika gunung itu cantik tetapi para pendaki yang pernah kesana sering dibuat merinding karena aura mistis sangat kental dirasakan. Yang paling sering membuat bulu kuduk para pendaki merinding adalah suara suara yang entah dari mana datangnya. Jika kalian pemberani mungkin hal tersebut tak akan menjadi masalah, tetapi untuk bagi yang nyalinya kecil, suara yang didengar dapat semakin membuat nyali menciut.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Agung Bali

2. Sering membuat orang tersesat

Jika dinalar dengan logika, ketinggian gunung batusibela yang tidaklah terlalu tinggi akan kecil kemungkinannya jika seorang pendaki akan tersesat. Pada kenyataannya, banyak pendaki yang kehilangan arah saat menaiki gunung di pulau halmahera itu. Ada yang mengatakan bahwa rute pendakiannya yang sulit, terutama bagi seorang pemula. Tetapi, ada pula yang percaya bahwa tersesatnya mereka saat mendaki di gunung batusibela ada hubungannya dengan penunggu gunung. Saat pendaki mulai lelah dan tidak fokus, penunggu akan mudah sekali menggodanya.

Baca Juga : 3 Misteri Gunung Argopuro

3. Membuat orang kehilangan nyawa

Meski tidak sering terjadi tetapi kejadian ini pernah dialami oleh pendaki di gunung batusibela. Pada awalnya pendaki tersebut berangkat dengan rekannya. Namun, di tengah perjalanan, ia merasa lelah sehingga memilih melanjutkan perjalanan. Setelah pulih dari penatnya, ia pun mendaki seorang diri. Pada pendakiannya, ia bertemu kakek tua yang mengarahkan jalan untuk lebih dekat sampai ke puncak. Karena dirasa membantu, akhirnya pendaki itu mengikuti saran si kakek. Sayangnya, kakek yang ditemuinya hanyalah seorang makhluk halus yang menyesatkannya. Dan malangnya, saat melewati jurang, ia tergelincir dan masuk ke jurang.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Arjuno

4. Jangan bilang lelah

Yang namanya mendaki gunung, pastilah lelah akan kalian dera. Namun ada mitos di gunung batusibela yang hingga kini menjadi kepercayaan para pendaki. Konon katanya, meski pendaki merasa lelah, jangan sekali kali mengeluh karena apabila pendaki mengeluhkan soal kelelahannya yang ada ia akan merasa lama sekali untuk mencapai puncak gunung batusibela. Padahal seperti yang kalian ketahui, gunung itu tidak terlalu tinggi. Hanya karena pendaki mengeluh capek, keluhan itu malah menjadi doa yang membuatnya tak kunjung sampai ke tujuan.

Baca Juga : 6 Misteri Legenda Dan Sejarah Gunung Batur Bali

5. Jangan sembarangan kencing atau meludah

Melakukan pendakian tidaklah semudah ketika pergi piknik atau rekreasi. Saat kalian mendaki, kalian tidak akan mudah menemukan tempat untuk buang air. Tetapi, jangan sekali kali kalian sembarangan karena bisa membahayakan diri kalian. Seperti yang terjadi di gunung batusibela, ada seorang pendaki yang sengaja membuang air sembarangan. Karena penunggu gunung batusibela merasa tidak dihormati, akhirnya si pendaki tersebut mengeluhkan sakit pada organ vitalnya. Ada pula yang sembarangan meludah hingga akhirnya ia malah kesulitan bicara.

Baca Juga : 6 Misteri dan Fakta Gunung Batutara

6. Misteri buaya putih

Buaya putih mungkin hanya ada di dongeng belaka. Namun, buaya putih itu ternyata ada dan hidup di danau yang ada di gunung maluku utara. Buaya putih itu hanya akan menampakkan moncongnya saja. Itupun tak semua orang dapat melihatnya karena hanya orang yang dibuka mata batinnya yang dapat bersua dengannya. Konon katanya, buaya putih itu adalah penunggu dari danau. Ia tidak akan mengusik ketika ia tidak diganggu. Makanya, tidak ada satu pun pendaki yang berani mendekat ke danau meski hanya untuk mengambil air.

Sebenarnya yang namanya gunung pastilah memiliki segudang cerita misteri yang dapat kita ambil pelajarannya. Yang terpenting, jika ingin selamat, dimanapun kalian mendaki, jagalah adab dan etika pendakian. Saat kalian tidak mengindahkannya, maka bersiaplah bahaya akan datang di depan mata. Begitupun saat kalian tahu tentang mitos gunung batusibela yang di share ihategreenjello ini, tak perlu takut akan mitos. Percayalah Tuhan akan menjaga kalian asalkan kalian berserah pada Tuhan, termasuk ketika kalian mendaki gunung batusibela maluku utara.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close