Home & HouseTips

Letak & Fungsi Sloof dan Tie Beam Terlengkap

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Pernah Dengar Yang Namanya Sloof? Sloof ini adalah sejenis balok beton bertulang yang biasanya ada di atas pondasi. Sloff ini punya peran penting dalam meneruskan beban bangunan dari struktur atas ke pondasi. Nah ternyata mesi sama sama di atas pondasi, ada juga namanya Tie Beam. Tie beam ini serupa tapi ga sama dengan sloof, lalu apa Fungsi Sloof dan Fungsi Tie Beam? Dan apa bedanya dari kedua elem struktur ini?

Fungsi Sloof Gantung

Apa Itu Fungsi Sloof?

Fungsi Sloof

Sloof ini tugas utamanya adalah menyalurkan beban dari struktur atas ke pondasi, misalnya beban dari plat lantai ke pondasi. Selain itu, sloof juga digunakan untuk mengikat dinding partisi berat seperti dinding bata merah/bata ringan.

Baca Juga : Cara Hemat Renovasi Dapur Minimalis

Dimanakah Letak Pemasangan Sloof?

Letak Sloof

Letak Sloof ini pasti berdekatan dengan tanah, entah di atas tanah langsung, atau tertanam seluruhnya/sebagian di atas tanah, karena sloof harus berkontak langsung dengan pondasi. Balok sloof ini biasanya bisa kita temukan di atas pondasi menerus, dan langsung menyambung dengan dinding bata merah/bata ringan.

Baca Juga : Kelebihan & Kekurangan Dak Keraton (Keramik Beton)

Lalu Apa itu Fungsi Tie Beam / Sloof Gantung ?

Fungsi Tie Beam

Tie Beam, seperti namanya adalah balok pengikat. Nah, yang diikat oleh tie beam ini adalah pondasi! Pada penggunaan pondasi setempat, tiap titik pondasi berdiri sendiri sendiri. Kalau ada gerakan tanah secara horizontal, pondasi bisa bergerak sendiri sendiri dan membahayakan struktur bangunan. Tie beam ini mengikat dan menghubungkan antar titik pondasi, sehingga menambah kekauan struktur bawah.

Baca Juga : Cara Pemasangan Aluminium Foil Atap (Radiant Barrier)

Dimanakah Letak Pemasangan Tie Beam?

Letak Tie Beam

Letak Tie beam ini dipasang di tiang pondasi dan terhubung dengan tulangan pondasi. Tie beam ini biasanya terletak langsung di atas tanah dan hanya ditumpu oleh titik pondasi satu dan dengan yang lain. Karena inilah tie beam ini dikenal sebagai sloof gantung.

Baca Juga : 8 Tahap Membuat & Bangun Kolam Renang Terlengkap

Sekarang sudah mengerti kan tentang Letak & Fungsi Sloof dan Tie Beam Terlengkap ini. Jadi jangan salah arti lagi yaa sobat, kadang tie beam ini dikenal dengan sloof gantung juga sobat. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button