Home & HouseTips

Pahami Yuk ! Fungsi Piston Pada Kendaraan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Menurut Wikipedia, Torak atau piston adalah sumbat geser yang terpasang di dalam sebuah silinder mesin pembakaran dalam silinder hidraulik, pneumatik, dan silinder pompa. Ha Piston? Iya piston itu yang bentuknya panjang, bagian mesin. Masa sih belum tau? Coba bongkar dulu deh mesin kendaraan kalian baru deh ntartau yang mana itu piston. Nah terus Fungsi Piston apasih?

Fungsi Piston

Baca Juga : Jenis Jenis Batu Alam Berkualitas

1. Mengatur Volume Pada Silinder

Fungsi Piston

Fungsi Piston yang utama yaitu mengatur volume silinder. Dapat dikatakan bahwa fungsi dari ring piston ini yang paling utama daripada yang lain. Seperti pompa manual, ketika anda mau mengambil udara / menarik ke atas, maka volume didalamnya menjadi lebih banyak dan luas. Ketika anda menarik ketas, maka semakin banyak yang dihisap dan semakin banyak pula volume yang ada didalam tabung.

Baca Juga : Jenis Jenis Plastik Terlengkap

2. Menghisap Udara Kedalam Silinder

Fungsi Piston

Piston mempunyai fungsi dapat menghisap material pembakaran dari luar supaya masuk kedalam silinder.

Baca Juga : Jenis Jenis Atap Genteng Berkualitas

3. Mengkompresi Material Didalam Silinder

Fungsi Piston

Piston juga berfungsi untuk mengkompresi atau menekan material pembakaran yang sebelumnya sudah terhisa[ supaya lebih mudah teerbakar dan daya pembakarannya lebih besar.

Baca Juga : Jenis Jenis Batu Bara

4. Mengkonveri Daya Ekspansi Pembakaran Menjadi Gerakan Energi Mekanik

Fungsi Piston

Selanjutnya, Fungsi Piston yaitu mengubah energi ekspansi menjadi energi mekanik yang bisa dilihat oleh mata.

Baca Juga : Jenis Jenis Minyak Bumi

5. Mendorong Gas dari Sisa Pembakaran Keluar Silinder

Pada gerakan momen piston saat terdorong dari titik mati bawah ke titik atas, terdapat mekanisme engkol yang menggerakan energi dalam komponen ini agar dapat bergerak. Saat piston bergerak ke titik mati atas lalu mengakibatkan pengecilan volume silinder. Sehingga, Katup buang terbuka maka gas dari sisa pembakaran dapat terdorong keluar.

Baca Juga : Jenis Jenis kaca Terlengkap

Jadi udah tau kan tentang Fungsi Piston Pada Kendaraan roda dua maupun roda empat. sebenarnya ini adalah pengetahuan basic seorang teknik mesin karena akan jenis jenis mesin pada kendaraan yang perlu lebih diketahui lagi, pada intinya tanpa piston kendaraan tidak akan bisa jalan. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button