Tips

Mengenal Fungsi dan Manfaat Digital marketing bagi UMKM

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Sebagai metode yang sedang banyak digandrungi oleh pelaku bisnis, digital marketing juga bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM atau bisnis rumahan yang punya visi misi ingin berkembang.

domainesia

Misalnya, jika kamu tertarik untuk memulai bisnis Reseller Domain dan Beli Domain Murah, kamu bisa mulai dengan melakukan strategi pemasaran digital untuk membangun brand serta menarik calon konsumen sesuai target pasar yang diincar.

Penasaran dengan Manfaat Digital Marketing dan fungsi lain digital marketing bagi UMKM? Langsung saja, berikut pembahasan selengkapnya.

Fungsi dan Manfaat Digital Marketing untuk UMKM

Ada banyak Fungsi Digital Marketing bagi pelaku UMKM. Mulai dari membantu membangun reputasi brand, menarik lebih banyak calon pelanggan, hingga menghemat biaya marketing.

1. Membantu Menjangkau Calon Pelanggan yang Lebih Luas

domainesia

Fungsi digital marketing yang pertama adalah membantu UMKM menjangkau calon pelanggan yang lebih luas. Tidak bisa dipungkiri, saat ini digital marketing menjadi teknik pemasaran yang cukup efektif karena tidak ada batasan wilayah serta lokasi yang bisa dijangkau, seperti halnya pemasaran konvensional.

Alhasil, kamu bisa memanfaatkan digital marketing untuk menjangkau pasar baru yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan. Contohnya, kamu bisa melayani para pembeli di kota-kota seluruh Indonesia melalui jasa pengiriman, menyediakan website e-commerce untuk melakukan transaksi secara real time, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, digital marketing bisa dikembangkan dengan sangat fleksibel jika kamu tertarik untuk menjangkau lebih banyak orang.

2. Mampu Menghemat Biaya Marketing

domainesia

Berbeda dari sistem pemasaran konvensional yang perlu banyak sumber daya manusia, serta materi iklan seperti brosur, baliho, pamflet, dan lainnya. Digital marketing bisa dijalankan dengan bermodalkan desain digital dan copywriting, tanpa perlu dicetak secara fisik dalam jumlah besar.

Inilah salah satu alasan yang membuat banyak pengusaha semakin tertarik untuk mengadopsi digital marketing, karena biaya produksinya lebih murah dan ramah lingkungan. Kemudian, sisa ongkos produksi juga bisa dialihkan sebagai budget promosi agar iklan bisa tayang lebih lama.

3. Mendongkrak Angka Penjualan

Tujuan dari semua teknik pemasaran adalah untuk mendatangkan pelanggan. Nah, digital marketing sendiri juga bisa menjalankan fungsi tersebut, asalkan semua tahapannya dikerjakan secara baik dan benar.

Lantas, bagaimana cara menjalankan strategi digital marketing yang baik dan benar? Salah satunya, kamu bisa memulai dari menetapkan target pasar, membuat produk yang lebih menarik dari kompetitor, hingga menentukan budget iklan yang ingin digunakan.

Racikan strategi setiap bisnis pada dasarnya tidak selalu sama. Jadi, pastikan kamu terus melakukan trial and error, serta mempelajari hal-hal baru yang sedang berkembang agar tidak kalah saing dengan kompetitor.

4. Digital Marketing Lebih Mudah Dijalankan

Proses pemasaran untuk mendapatkan hasil maksimal memang tidak gampang, namun untuk mulai menjalankan strategi digital marketing kamu tidak harus punya skill IT yang wah atau gelar sarjana.

Digital marketing bisa dipelajari dan dijalankan dengan lebih mudah karena diluar sana sudah ada banyak tutorial serta informasi yang bisa kamu gunakan.

Jika menemui kendala, kamu juga bisa memanfaatkan forum diskusi atau pelatihan dalam bentuk bootcamp online yang bisa diakses mulai dari ratusan ribu rupiah saja. Sangat menarik, bukan?

5. Memudahkan Interaksi Brand dan Pelanggan

Berikutnya, kamu juga bisa memanfaatkan digital marketing sebagai jembatan untuk lebih dekat dengan pelanggan. Seperti kita ketahui, digital marketing sendiri punya banyak pilihan kanal pemasaran, mulai dari sosial media, website, hingga penelusuran organik untuk membuat calon pelanggan tidak lupa dengan brand yang kita kelola.

Memiliki brand yang dikenal banyak orang mungkin bukan menjadi target utama bagi para pelaku UMKM, tapi tidak ada salahnya mempromosikan brand agar lebih dikenal, meskipun usahanya masih dalam skala UMKM.

Siapa tahu, jika brand kamu sudah terkenal akan ada investor yang tertarik untuk melakukan investasi modal sehingga usaha bisa lebih cepat berkembang.

6. Bisnis Lebih Bisa Bersaing dengan Kompetitor

Persaingan di era digital memang semakin ketat. Maka dari itu, tidak heran jika semakin banyak bisnis baru yang tumbang ditengah jalan atau bahkan hanya beberapa bulan setelah diperkenalkan.

Salah satu penyebabnya adalah tidak melakukan riset kompetitor dan target pasar dengan baik dan benar. Alhasil, meskipun produk mereka bagus dan bisa menyelesaikan masalah yang dialami calon pelanggan, mereka tetap tidak bisa bertahan karena aktivitas promosi kurang gencar.

Kamu bisa mengatasi hal ini dengan lebih memperhatikan promosi digital. Pasalnya, metode ini lebih mudah dijalankan dan hasilnya bisa dipantau secara real time.

7. Membantu Membangun Reputasi Usaha

Terakhir, digital marketing juga bisa berfungsi untuk membangun reputasi bisnis para pelaku UMKM. Seperti kita ketahui, mayoritas konsumen akan membeli produk atau jasa dari brand yang sudah familiar. Selain kualitasnya sudah terjamin, mereka juga tahu harus melapor kemana jika ada masalah.

Itulah beberapa Fungsi Digital Marketing Bagi UMKM yang bisa kamu manfaatkan untuk mambangun kesuksesan bisnis diera serba teknologi seperti sekarang. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button