Home & HouseTips

Fungsi Semen & Jenis Semen Pada Konstruksi Lengkap

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Jangan salah, jenis semen yang dibuat bangunan ini ternyata banyak macamnya loh, dan masing masing fungsi semen itu beda beda loh. Apa km ngiranya adanya cuman semen campuran aja?? Engga kok, macam semen itu ada banyak dan fungsi semen bermacam macam lohh hehe. Btw ada juga jenis semen yang bisa membuat semua ambyar lohh, yaitu semen-jak dia nggak ada kabar huhu wkwk. Yaudah jangan banyak cengcong simak dibawah jenis jenis semen yaaw.

Fungsi Semen & Jenis Semen

1. Semen Portland

Fungsi Semen & Jenis Semen

Jenis Semen ini biasanya sering dipakai sama masyarakat umum, dan ada beberapa jenis semen portland yaitu portland I, Portland II, Portland III. Portland IV, dan Portland V. dibawah ini saya jelaskan kegunaan masing masing semen portland ya

  • Semen Portland I, biasa digunakan untuk bangun rumah dan jalan raya.
  • Semen Portland II, biasa digunakan untuk konstruksi rawa, pinggir laut, bengundan, dan saluran irigasi.
  • Semen Portland III, biasa digunakan untuk gedung pencakar langit, bandara, dan jalan tol.
  • Semen Portland IV, biasa digunakan untuk bangunan dengan kondisi temperatur sangat berpengaruh dengan bangunan tersebut, contohnya seperti bandungan, dan bangunan laut lainnya.
  • Semen Portland V, biasa digunakan untuk proyek dengan kandungan sulfat yang sangat tinggi, contohnnya bangunan PLTN.

Baca Juga :  Jenis Jenis Pasir Dalam Konstruksi

2. Semen Portland Pozzolan

Fungsi Semen & Jenis Semen

Jenis Semen ini tuh buatnya dengan cara menggiling terak, bahan pozzalan, dan gypsum. fungsi semen ini itu sering dipakai untuk membuat bangunan konstruksi yang membutuhkan ketahan sulfat dan tingkat panas sedang seperti dermaga dan jembatan.

Baca Juga : 8 Jenis Tanaman Hias Dalam Rumah / Indoor Terindah & Asri

3. Semen Putih

Fungsi semen ini biasanya dipakai buat dekorasi atau finishing sebuah bangunan atau ruangan.seringnya sih dipakai buat sambungan keramik / nat dan permukaan teras.

Fungsi Semen & Jenis Semen

4. Semen Sumur Minyak

Kalo ini sih udah keliatan dari namanya sering dipakai pada proyek pengeboran minyak dan gas yaa.

Baca Juga :  7 Jenis Tanaman Hias Dalam Rumah / Indoor Paling Unik

5.Semen Super Masonry

Biasanya fungsi jenis semen ini dipakai untuk digunakan dalam konstruksi hollow block, tegel, dan paving block.

Fungsi Semen & Jenis Semen

6. Semen Portland Composite

Jenis semen ini terbuat dari hasil penggilingan terak, bahan nonorganik dan gypsu. Bisa digunakan untuk membuat beton pracetak, konstruksi beton pada umumnya dan paving block.

Baca Juga : Jenis dan Ukuran Container Terlengkap

7. Semen Campuran

Eitss jenis semen ini tidak dijual bebas dipasaran, fungsi semen ini biasanya dipakai untuk membangun konstruksi di lingkungan air laut seperti jembatan laut suramadu.

Fungsi Semen & Jenis Semen

8. Semen Antibakteri

Wahhh sangat higienis jenis semen satu ini wkwk. Jadi semen ini terbuat dari campuran semen portlan dan bahan antibakteri. Biasanya untuk lantai pabrik makanan, kolam renang, dan kolam ikan.

Baca Juga : Jenis Jenis Rumput Taman Kekinian Dan Mudah Dirawat

9. Semen High Alumina

Fungsi Semen & Jenis Semen

Semen ini dibuat agar tahan terhadap serangan asam. Namun dia gak bisa nahan serangan alkali ya. Fungsi Semen high alumnia biasanya digunakan untuk membuat beton tahan api, korosi, dan panas.

Baca Juga : Macam Jenis Lantai Pada Konstruksi Terlengkap

Gimana nihh anak anak teknik sipil udah paham belum tentang Fungsi & Jenis Jenis Semen Terlengkap ini. Harusnya sih udah paham yaa karena materi ini sebenerna sepele cuman kadang sering diabaikan yaa, padahal hal ini sangat vital lohhh. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button