Tips

Fungsi Batu Kerikil / Ballast Pada Rel Kereta Api

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Pernah nggak sih kalian berfikir kenapa banyak sekali batu kerikil di sepanjang rel kereta api? Sebenernya apa sih fungsi batu kerikil pada rel itu? Batu kerikil merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sistem instalasi dari jalan rel. Secara teknis dalam dunia kereta api, bebatuan itu biasa disebut ballast yang ditempatkan di bawah, di sekitar, di antara jalur rel hingga drainase kanan kiri rel kereta api. Lalu fungsi batu kerikil pada rel apa sih?

Fungsi Batu Pada Rel

1. Menjaga Kestabilan Rel

Fungsi Batu Pada Rel

Fungsi ballast yang paling utama itu adalah agar dapat menahan getaran dan mengurangi guncangan kereta api saat melintas dijalur rel. Jika tidak ada ballas, maka akan mengakibatkan terjadinya pergesaran / perubahan bentuk pada rel kereta api. Ada memang beberapa rel yang tidak menggunakan ballast, tetapi konstruksinya sudah direncanakan dan dihitung dengan matang.

Baca Juga :  Standar, Tipe, Fungsi Rel Kereta Api Terlengkap

2. Menyalurkan Beban

Sudah tahu belum kalau ballast juga berfungsi untuk menyalurkan beban kereta api kepada bantalan rel.

Fungsi Krikil Pada Rel

3. Mencegah Tumbuhnya Tanaman Liar

Tahu nggak sih ternyata Batuan Ballast juga berfungsi untuk menghambat tanaman liar yang tumbuh di sekitar rel kereta api, karena dapat dikhawatirkan tanaman liar itu dapat menghambat laju kereta api.

Baca Juga : 8 Prospek Kerja Bidang Drafter Paling Dicari

4. Mencegah Erosi

Fungsi Ballast

Perlu diketahui bahwa ballast itu juga menjadi salah satu pencegahan terjadinya suatu erosi tanah yang diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi ataupun banjir / rob yang menyebabkan jalan rel hilan / anjlok / ambles / anjlok.

Baca Juga : Sistem Polder Pengendali Banjir di Perkotaan Terlengkap

Perawatan Pada Ballast

Fungsi Ballast

Perawatan pada ballast itu sangat diperlukan sekali agar ballast tidak tercampur dengan tanah ataupun situ. Bila jumlah batu krikil atau kricak berkurang dari standart yang sudah ditetapkan perlu dilakukan penambahan dan perbaikan batu krikil atau krical agar menjaga ketinggian jalur di sepanjang lintasan.

Baca Juga : Pengertian dan Rumus Poisson Ratio Pada Suatu Benda

Nahh itulah sekelumit materi tentang Fungsi Batu Kerikil / Ballast di Rel Kereta Api Terlengkap ini. Yap tak dipungkiri bekerja pada BUMN KAI emang sangat menjanjikan sekali, maka dari itu saya memberikan kalian materi agar bisa mengetahui dan mempelajari tentang rel, walau hanya sedikit hehe. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button