Home & HouseTips

Sistem Dilatasi Bangunan / Pemisah Struktur Terlengkap

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Terlalu panjang bikin mereka terpaksa harus berpisah. Bukan bangunannya, tapi strukturnya. Kenapa gitu? Supaya kalau ada gempa atau tanah bergerak, strukturnya tidak mudah patah akibat dimensinya sendiri! Simak dibawah ini yuk agar lengkap penjelasannya tentang Pemisah Struktur ini.

pemisah struktur

Apa Itu Dilatasi Bangunan?

pemisah struktur

Dilatasi Bangunan ini adalah pemisahan struktur yang biasa ditemui dibangunan besar dan luas. Berfungsi untuk memisahkan struktur yang terlalu panjang, supaya kalau ada gempa atau tanah bergerak, strukturnya tidak mudah patah akibat dimensinya sendiri.

Baca Juga : 3 Cara Cepat Menghitung Kebutuhan Keramik

Letak Pemisah Struktur

dilatasi bangunan

Biasanya ada dipertemuan antara bagian bangunan yang rendah dengan bangunan yang tinggi. Dilatasi ini juga bisa ditmeui di pertemuan bagian bangunan yang menyiku, misal pada bangunan letter U, letter H, letter T, letter L, atau letter O dengan inner court.

Baca Juga : Detail, Fungsi, dan 10 Jenis Kabel Berkualitas Terlengkap

Jadi, Bangunannya Terpisah?

dilatasi bangunan

Sebenernya, yang dipisah adalah struktur yang monolit dan kontinyu, bukan bangunannya yang terpisah. Pada bagian dilatasi ini, ada beberapa sistem untuk menyambungkan kedua bagian bangunan yang dipisahkan dilatasi.

Baca Juga : Denah, Model & Desain Kamar Mandi Minimalis Modern

Dilatasi Bangunan Dengan 2 Kolom

dilatasi bangunan

Permisah struktur 2 kolom ini biasanya digunakan untuk ‘memutus’ bangunan yang panjangnya lebih dari 30meter. Di bagian dilatasi ini ada pertemuan 2 kolom, dan biasanya disatukan dengan damper seperti karet expansion joint, sehingga kalau ada gempa, kolom ini tidak bertabrakan.

Baca Juga : Jenis, Tipe, dan Ukuran Pintu Sesuai Standart Lengkap

Pemisah Struktur Dengan Balok Kantilever

pemisah struktur

Pada jenis ini, yang saling bertemu bukan kolom, tapi baloknya, oanjang balok kantilevernya maksimal 1/3 dari bentang yang seharusnya. Karena inilah, biasanya dibagian dilatasi ini, jarak antar kolomnya jadi lebih pendek dari yang lain, jadi hanya sekitar 2/3 dari bentang seharusnya.

Baca Juga : 5 Tahap Membangun Ruang Bawah Tanah Terlengkap

Berapa Jarak (Gap) Pada Dilatasi Ini?

pemisah struktur

Jarak dilatasi bangunan ini harus diperhitungkan supaya saat terhadi pergerakan bangunan, struktur tidak saling membentur satu sama lain. Perhitungkan juga kemungkinan adanya kebocoran akibat gap pada dilatasi ini ya.

Baca Juga : 7 Alat Pengukur Tanah dan Fungsinya Terlengkap

Mungkin pada teori tentang Sistem Dilatasi Bangunan / Pemisah Struktur Terlengkap ini sangat mudah. Tapi jangan salah, ternyata dilapangan ternyata pusingnya bukan maen, so perhitungkan dengan matang ya sobat. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button