Home & HouseTips

Denah, Model & Desain Kamar Mandi Minimalis Modern

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Kamar mandi adalah ruangan yang digunakan untuk kebersihan pribadi dan terdiri dari kelengkapannya seperti wastafel, toilet, bak kamar mandi dan shower. Tata letak kamar mandi harus mempertimbangkan ruang tambahan yang diperlukan, aksesori kamar mandi seperti gantungan handuk, cermin, dan penyimpanan, sambil juga menyediakan jarak yang aman dan aman untuk pergerakan dan penggunaan umum.

Denah Kamar Mandi

Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Untuk Merancang Denah Kamar Mandi

Desain Kamar Mandi akan dibatasi oleh ukuran ruang dan pada akhirnya harus menempatkan fungsi di atas dalam ukuran prioritas. Tata Letak Model Kamar mandi akan berkisar pada toilet, maksimalisasi ruang, dan fungsionalitas semua elemen. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah jumlah pengguna reguler, peraturan dan standar, pencahayaan yang memadai, ventilasi yang efisien, dan penyimpanan.

Baca Juga : Beton Bertulang Bambu Adalah Inovasi Yang Membahayakan

Istilah Kamar Mandi Jack and Jill

Denah Kamar Mandi jack and jill mengacu pada kamar mandi yang ditempatkan di antara dua kamar tidur. Itu dapat masuk melalui kedua pintu di kedua kamar tidur, biasanya dengan kunci di bagian dalam dan luar untuk memastikan privasi saat digunakan. Ini memiliki satu bak mandi/pancuran dan toilet untuk digunakan bersama, dan dapat memiliki lebih dari satu wastafel sesuai dengan dua kamar.

Denah Model Desain Kamar Mandi

1. Accessible Residential Bathrooms

Desain Kamar mandi yang dirancang untuk pengguna kursi roda dizona perumahan yang menyediakan ruang lantai yang cukup untuk kursi roda berputar. Ruang lantai harus cukup untuk kursi roda untuk berbelok 180 derajat, harus memiliki lingkaran putar berdiameter 60” (152,5 cm). Pintu harus memiliki lebar minimum 32” (81,3 cm).

Tipe Kamar Mandi

Mirip dengan desain kamar mandi lainnya, kamar mandi yang dapat diakses memiliki beberapa tata letak yang dibedakan berdasarkan perlengkapan split atau samping dan bervariasi dalam ukuran dengan panjang minimal antara 8,4”-9,8” (2,54-2,95 m) dan lebar dalam kisaran 5,4”-6,10” (1,63-2,08 m).

Baca Juga : Kelebihan & Kekurangan Dak Keraton (Keramik Beton)

2. Corner Shower Bathrooms

Model Kamar Mandi ini adalah bak mandi tiga perempat yang terdiri dari toilet, wastafel, dan bilik pancuran. Dengan variasi denah kamar mandi yang secara konsisten menempatkan bilik panccuran di sudut yang dilanjutkan dengan pilihan tata letak lorong tengah atau samping, kamar mandi ini populer untuk kamar tamu ata kamar mandi khusus.

Desain Kamar Mandi

Desain kamar mandi ini lebih efisien dengan denah lantai 1,8m x 1,6m yang lebih rapat, sedangkan shower sudut dengan lorong tengah lebih besar, cocok pada denah lantai 1,98m x 2,18m.

Baca Juga : Cara Pemasangan Aluminium Foil Atap (Radiant Barrier)

3. Full Bath – Side

Tipe Kamar Mandi dengan tata letak samping terdiri dari kombinasi toilet, wastafel, dan bathtub atau shower dengan perlengkapan yang terletak di sepanjang satu dinding. Umumnya berukuran dengan lebar berdasarkan bak mandi.

Desain Kamar Mandi

Seperti tata letak pusat kamar mandi penuh, tata ruang samping kamar mandi penuh sering kali dirancang dengan panjang tipikan 2,44m x 1,52m.

Baca Juga : 8 Tahap Membuat & Bangun Kolam Renang Terlengkap

4. Full Bath Center Bathrooms

Desain Kamar Mandi Lengkap dengan tata letak sentral yang membagi kamar mandi ke dua dinding, perlengkapan terpisah yang memasangkan toilet dan wastafel di satu sisi dan bak mandi di sisi lain. Biasanya berukuran seperti ukuran lebar bak mandi.

Desain Kamar Mandi

Seperti tipe sisi kamar mandi penuh, tata ruang tengah kamar mandi penuh biasanya dirancang dengan panjang 2,44m x 1,52m.

Baca Juga : Letak & Fungsi Sloof dan Tie Beam Terlengkap

5. Half-Baths | Utility Bathrooms

Model Kamar Mandi

Tipe Kamar Mandi Half-bath juga dikenal sebagai kamar mandi utilitas yaitu kamar mandi minimum yang memiliki dua dari empat perlengkapan kamar mandi utama biasanya (biasanya toilet dan wastafel). Digunakan terutama untuk pengunjung jangka pendek. Half-bath dirancang dengan berbagai denah yang dapat dibedakan sebagai rencana liner, dinding tunggal atau split.

Baca Juga : Memahami Detail dan Ukuran Tangga Terlengkap

6. Split Bathrooms

Model Kamar Mandi Split dirancang untuk lebih memisahkan penggunaan kamar madi menjadi wastafel utama, area masuk, zona bak mandi dan toilet yang lebih pribadi. Dibagi dengan saku tengah atau pintu ayun, kamar mandi ini sangat ideal untuk kamar mandi bersama di mana satu pengguna menginginkan privasi tambahan tanpa membatasi akses orang lain ke area wastafel.

Model Kamar Mandi

Dengan beberapa strategi denah kamar mandi yang berdasarkan tata letak perlengkapan samping atau terpisah, kamar mandi split memiliki panjang antara 3,37m – 3,71m dan lebar masing masing antara 1,52m – 2,13m.

Baca Juga : Layout, Model & Desain Dapur Minimalis Modern Mewah

7. Split Entry Bathrooms

Denah Kamar Mandi

Model Kamar Mandi ini dirancang untuk memisahkan kamar mandi menjadi dua kompartemen terpisah untuk fungsi terpisah. Terbagi menjadi zona kamar mandi lengkap basah dan area penyimpanan dan pintu masuk kering. Lebih kecil dari kamar mandi split, kamar mandi split entry memiliki panjang minimal 2,48m dan lebar 2,13m.

Baca Juga : Pengertian, Kelebihan & Jenis Sandwich Panel Lengkap

Nahh kan bisa menjadi inspirasi kalian tentang Denah, Model & Desain Kamar Mandi Minimalis Modern ini. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button