Tempat WisataTempat WisataWisata BaliWisata Jembrana

Daya Tarik Objek Wisata Makepung di Negara Jembrana Bali

Keindahan Wisata Objek Wisata Makepung di Negara Jembrana Bali

Informasi Umum

Objek Wisata Makepung di Negara Jembrana Bali adalah salah satu tempat wisata yang berada di Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali, Indonesia. Objek Wisata Makepung di Negara Jembrana Bali adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan. Tempat ini sangat menarik dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Objek Wisata Makepung di Negara Jembrana Bali memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Jembrana tidak mengunjungi Objek Wisata Makepung di Negara Jembrana Bali yang mempunyai keunikan yang tiada duanya tersebut.

Objek Wisata Makepung di Negara Jembrana Bali sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya.  Objek Wisata Makepung di Negara Jembrana Bali ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Objek Wisata Makepung di Negara Jembrana Bali di kota Jembrana.

Lokasi

Dimana lokasi Objek Wisata Makepung di Negara Jembrana Bali ? seperti yang tertulis di atas lokasi terletak di Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali, Indonesia. Tetapi jika anda masih bingung di mana lokasi atau letak Objek Wisata Makepung di Negara Jembrana Bali saya sarankan anda mencari dengan mengetik Objek Wisata Makepung di Negara Jembrana Bali di search google maps saja. Di Google maps sudah tertandai dimana lokasi yang anda cari tersebut.

Daya Tarik

Kawasan Bali Barat atau Kabupaten Jembrana masih memiliki atraksi serta tradisi unik yang dinamakan Makepung, atau disebut juga balapan kerbau. Tempat lainnya balapan seperti ini juga diadakan di wilayah Buleleng dikenal dengan nama sapi Gerumbungan
, sedangkan di Madura bernama Karapan Sapi. Nah yang diselenggarakan di
Negara ini adalah pacuan  kerbau, sepasang hewan ini dipacu dan
ditunggangi oleh seorang sais atau joki, melecut hewan pacuannya untuk
bisa meraih kemenangan.

Diantara bulan Juli sampai November disetiap
tahunnya pacuan ini diadakan bertepatan dengan panen raya, sebuah
tontonan wisata menarik. Makepung sendiri dalam bahasa Bali berarti berkejar-kejaran, tradisi ini sudah berkembang di Kabupaten Jembrana
dari tahun 1930-an, berkembang lestari serta mendarah daging sampai
sekarang.

Awal perkembangannya pada saat mereka bersantai setelah selesai
bergotong royong menyelesaikan pekerjaanya membajak sawah, secara iseng
mereka mencoba mengadu kerbaunya untuk berpacu untuk menarik bajak di
atas persawahan penuh lumpur. Oleh teman-teman lainnya ini menjadi
tontonan menarik dan mulai banyak yang ikut, sehingga menjadi acara
rutin.

Tradisi ini bisa dijadikan agenda tahunan dalam kunjungan tour
saat wisata di Bali. Sebelum memulai pertandingan
ritualpun diadakan, agar mengurangi gangguan dari hal-hal negatif dan
semuanya bisa berjalan lancar. Dalam pacuan, sais tidak menggunakan
cambuk biasa, tapi menggunakan cambuk paku dalam melecut kerbaunya,
terlihat sedikit ekstrim, namun konon penyembuhan akan lebih cepat
menggunakan pecut paku tersebut ketimbang yang biasa. Penentuan
pemenang tentu siapa yang terdepan, namun disini ada aturan berbeda,
harus mampu juga menjaga jarak dengan peserta yang berada dibelakangnya
sampai 10 meter, jika ternyata peserta yang dibelakangnya bisa
mempersempit jarak hingga kurang dari 10 meter, maka peserta
dibelakangnya tersebut layak sebagai pemenang.

Sungguh unik memang
tradisi Makepung ini. Keragaman ini menjadi aset penting bagi pariwisata
di Bali, oleh sebab itu patut dilestarikan serta perlu adanya
aturan-aturan ketat agar hewan-hewan tersebut tidak merasa tersakiti.

Fasilitas

Objek Wisata Makepung di Negara Jembrana Bali bisa dibilang sebuah Objek Wisata Makepung di Negara Jembrana Bali yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut : – Area Parkir kendaraan – Rumah Makan – Kamar mandi / MCK – Tempat Istirahat – Rumah Penginapan – dan masih banyak lainya

Transportasi

Bagi wisatawan asal kota Jembrana sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi wisata . Objek Wisata Makepung di Negara Jembrana Bali Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri, tentu mereka bingung dan takut kesasar. Tapi jangan khawatir bagi wisatawan luar kota Jembrana saya mempunyai solusinya agar anda semua tidak kesasar. Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Objek Wisata Makepung di Negara Jembrana Bali dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke Objek Wisata Makepung di Negara Jembrana Bali di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum. Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di terminal bus kota Negara. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju lokasi Objek Wisata Makepung di Negara Jembrana Bali tersebut.

Saran dan Tips

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat Objek Wisata Makepung di Negara Jembrana Bali , yaitu pantaulah cuacanya terlebih dahulu supaya tidak menghalangi liburannya. Anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan seperti membawa beka, air minum dan lainnya. Serta beberapa barang tambahan seperti  kamera karena anda pasti ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman – teman anda. Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, tissue basah, obat-obatan, antiseptik). Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati – hati.

Peta Lokasi

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Objek Wisata Makepung di Negara Jembrana Bali yang dapat saya informasikan di web https://ihategreenjello.com. Semoga bisa menginspirasi anda semua untuk mencoba berwisata ke Objek Wisata Makepung di Negara Jembrana Bali Sebagai referensi inilah kumpulan wisata wisata terindah di kota Jembrana Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk anda semua.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button