Tempat WisataTempat WisataWisata Jawa TimurWisata Jember

41 Daftar Tempat Wisata di Jember Jawa Timur Harus Anda Kunjungi

41 Daftar Tempat Wisata di Jember Jawa Timur Harus Kamu Kunjungi – Jember adalah Kota atau kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur Pulau Jawa. Sebelum membahas keindahan wisata kota Jember lebih baik kita harus tau sejarah nama kota Jember dulu. Sejarah kota atau kabupaten Jember Kelompok pertama dari suku Jawa berkata,”Nang kene ae, lemahe sik jembar”. Artinya, disini saja tanahnya masih luas. Kelompok kedua dari suku Madura juga berujar, “Iyeh, neng dinnak beih, tananah gik jembher”. Artinya, Iya disini saja, tanahnya masih luas. Begitulah awal terjadinya akulturasi. Percampuran kebudayaan.

Seiring dengan berjalannya waktu, kata kata jembar dan jembher berevolusi menjadi seperti yang kita tahu sekarang, JEMBER.

Di Jember Lagi Hits Wisata Alam seperti pantai dan air terjun, Wisata Anak seperti pemandian atau wahana permainan anak, Wisata Edukasi seperti bisnis bisnis lokal yang inspiratif, Wisata Sejarah seperti candi atau bendungan. Sekali lagi saya katakan bahwa memang kota Jember kaya sekali akan Destinasi wisatanya yang indah dan alami. Jika anda mendengar kota Jember kota ini sangat identik dengan Jember yang menjadikan ciri khas keindahan wisata kota Jember tersebut. Bahkan saking indahnya wisata di Jember mampu menarik para selebritis untuk menggunjungi keindahan wisata Jember yang sudah terekspose di dalam dan di luar negeri. Suasana Alam Kota Jember bisa di bilang masih belum banyak di eksplorasi oleh para ahli, sehingga masih banyak kekayaan alam yang masih tersembunyi. Yang mau lihat Daftar tempat wisata di kota Jember yang lagi hits lengkap sambil jalan santai, ini ada destinasi wisata baru di Jember. Asyiknya tuh terasa seperti di kampung pelosok Nusantara beneran. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal, pengrajin dan musisi tradisional. Bagusnya lagi semua dibungkus dalam kronologi sejarah masa lalu hingga masa depan. Jadi bangga deh menjadi penduduk asli indonesia yang punya kebudayaan yang kaya begini. Kayaknya kita diingatkan kalau Indonesia akan cepat maju jika berani mengembangkan kebudayaan sendiri. Jember merupakan destinasi wisata dunia yang di akui memiliki keindahan alam dan budayanya yang unik. keindahan pantai pantai di Jember pun menjadi pantai terindah di indonesia bahkan di dunia seperti berikut ini : Pantai Papuma, Pantai Watu Ulo, Pantai Payangan dan Pantai Paseban. Biasanya para wisatawan berkunjung itu ingin melihat keindahan objek wisata pantai dan ingin mengabadikan keindahan sunrise dan sunset. Tak heran objek wisata pantai sangat ramai di penuhi para wisatawan lokal dan mancanegara terutama pantai yang terdapat di kota Jember Selain pantai di kota Jember terkenal akan sungai dan air terjunnya yang bagai oase di padang pasir bagaimana bisa kalian tidak makin cinta dengan negeri yang kaya akan keindahan alam ini. Sudah sewajibnya kita bersyukur akan nikmat keindahan wisata alam kota Jember diantara air yang jernih beserta udaranya segar belum tercemar yang mampu menghilangkan rasa lelah setelah sibuknya aktivitas sehari hari. Inilah wisata kota Jember yang wajib kita jaga dan lestarikan keindahannya.

1. Pesona Keindahan Wisata Puncak Bukit Teluk Love Jember

Teluk Love adalah salah satu tempat wisata andalan kota / kabupaten Jember. Jika anda sedang ngebolang atau traveller di kota jember anda wajib mendatangi Teluk Love. Teluk Love Terletak bibir pantai kecamatan Ambulu ini sedang menjadi buruan para traveller dari dalam maupun luar kota bahkan sampai dari manca negara. Kehebohan dan pesona alam Teluk Love yang masih alami menjadi daya tarik yang sangat kuat bagi para traveller indonesia.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya saat pertama mendaki Teluk Love memang terasa berat akan tetapi rasa capek dan lelah akan hilang saat kita mencapai puncak Teluk Love. kita akan  di sajiakan pemandangan Teluk Love yang menyejukan mata dan hati. Mata ini terkagum kagum akan pesona keindahan Teluk Love, dan Hati ini bergetar begitu indahnya ciptaan allah SWT.

Sebaiknya kalo datang ke Teluk Love pada musim gugur atau  musim semi ? jawaban adalah pada saat musim semi, karena saat musim semi di puncak Teluk Love terdapat banyak tempat untuk bersantai dan berteduh dari teriknya sinar matahari. Siapkan kamera atau hp anda masalah klasiknya biasanya baterai kamera / hp anda kehabisan daya, biar tidak kehabisan baterai terjadi pada anda.

2. Pesona Keindahan Wisata Pantai Watu Ulo Jember

Keindahan Wisata dan Misteri Pantai Watu Ulo Ambulu Jember Jawa Timur. Pantai Watu Ulo Terletak di tengah tengah pusat wisata pantai jember. di sebelah timur terdapat pantai payangan yang di pantai payangan tersebut terdapat bukit Teluk Love, dan Di Sebelah barat Pantai Watu Ulo terdapat Pantai pasir putih Papuma Ambulu. Letaknya yang berada di tengah tengah menjadikan Pantai Watu Ulo sebagai pantai yang strategis dalam tata letak.

Pantai Watu Ulo memiliki mitos penting sampai sekarang naga yang telah besar itu masih bertapa di pantai laut selatan, tetapi tubuhnya tidak lengkap lagi karena dipotong penduduk untuk kayu bakar, tinggal kepalanya ada di Banyuwangi, badannya di pantai selatan Jember, dan ekornya di Jawa Tengah. Bagian-bagian tubuh itu mengeras seperti batu, dan sampai sekarang masih bisa ditemukan batu-batu seperti sisik kulit ular di pantai selatan Jember.

Oleh penduduk, pantai itu disebut pantai “Watu Ulo” (Batu Ular) karena batu-batunya tersusun seperti sisik kulit ular. Konon pada saatnya naga itu akan berubah menjadi manusia yang sakti dan akan menjadi pemipin dan penguasa di tanah Jawa atau Indonesia. Versi ini ada dalam buku Mitos dalam Tradisi Lisan Indonesia, karya Dr Sukatman M.Pd.

Dan saat ini, di pinggir pantai Watu Ulo, terdapat gugusan batu yang seperti anatomi tubuh ular yang sangat besar. Panjang serta berlekuk, permukaannya pun seperti sisik. Menarikbukan? Itulah Legenda dibalik wisata pantai Watu ulo yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

3.  Pesona Keindahan Wisata Pantai Pasir Putih Papuma Jember

Keindahan Pasir Putih Papuma Beach Di Kota Jember  Jawa Timur, wisata pasir putih papuma merupakan salah satu obyek wisata yang terkenal di kota Jember Jawa Timur, karena memang pemandangan sangat bagus dan juga masih alami ,pasir putih papuma ini terletak di pesisir pantai selatan tepatnya di desa lojejer , Wuluhan Jember  Jawa Timur.

Selain itu pasir putih papuma juga memiliki kelebihan lain yaitu terdapat berbagai macam hewan hewan yaitu ayam hutan ,dan juga ada hewan yang sudah langka contohnya saja trenggiling, biawak, dan berbagai macam burung – burung dan masih banyak hewan lainnya. selain itu di pasir putih ini juga tersedia penginapan bagi para wisatawan yang hendak berlibur untuk waktu yang lama .wisata pasir putih ini juga biasa di sebut dengan nama Tanjung Papuma.

Di pinggir wisata papuma beach ,birunya laut yang membuat para wisatawan ingin berenang di dalamnya , di pinggir pantainya terdapat pasir yang berwarna putih bersih. Apalagi ada perahu yang bisa di sewa oleh para pengunjung bila ingin berkeliling ke tengah laut dengan menaiki perahu motor dan ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk menikmati keindahan laut yang mempesona.

4. Pesona Keindahan Wisata Pantai Payangan Jember

Pantai payangan ini termasuk pantai yang indah karena terdapat tiga buah buah bukit yang mengelilinginya, selain itu juga memiliki hamparan sabana yang sangat luas ini bisa di gunakan untuk membuat tenda bagi para pengunjung yang suka bermalam di dekat pantai , pantai payangan ini terletak di desa payangan kecamatan Ambulu kabupaten Jember Jawa Timur.

Selain memiliki pemandangan yang cantik di pantai payangan ini pengunjung juga bisa menyaksikan atau membeli ikan segar hasil tangkapan penduduk payangan yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan. Selain itu pengunjung juga bisa menyaksikan proses pembuatan jaring yang sering di gunakan nelayan sebagai alat untuk menangkap ikan.

Di lihat dari kejauhan pantai payangan sunguh terlihat sangat indah , apalagi dari dekat , walaupun pasir yang terdapat di pantai payangan ini berwarna hitam namun memiliki tekstur yang lembut sehingga para pengunjung khususnya anak – anak pasti suka bermain pasir . selain itu ombak laut di pantai payangan ini tidak terlalu besar dan tidak berbahaya ( namun harus melihat kondisi angin ).

Fasilitas yang di sediakan juga cukup memadai , ada kamar mandi dan toilet serta ruang ganti bagi para pengunjung , area parkir juga di sediakan sehingga para pengunjung tidak perlu khawatir memikirkan kendara’an yang di bawanya. Karena sudah warga setempat sudah memarkirkan di tempat yang telah disediakan.

5. Pesona Keindahan Wisata Pantai Pancer Puger Jember

Keindahan Pantai Pancer Puger Jember Jawa Timur ,tentu anda sudah sering mendengarnya bukan tentang kedahsyatan ombak di pantai pancer puger ini, untuk para pembaca yang belum tahu mengenai pantai pancer puger terus ikuti perkembangannya di sini . Pantai pancer merupakan kampung nelayan yang terletak di Kecamatan Puger Kabupaten Jember Jawa Timur.

Kenapa di sebut sebagai kampung nelayan , karena puger merupakan central penghasil ikan terbaik di Kota Jember , selain memiliki keindahan pantainya pantai pancer puger ini juga memiliki mercusuar yang sangat tinggi itu menjadi ciri khas pantai pancer puger. Tarif yang di tarik di Pantai Pancer Puger cukup murah yaitu Rp 5000 saja dan parkir sepeda motor Rp 2000 cukup murah dan terjangkau kan.

Setelah para pengunjung lelah berjalan jalan di pantai pancer pengunjung  bisa mampir di TPI ( tempat pelelangan ikan ) di sinilah hasil tangkapan para nelayan di kumpulkan , dan hasil ikannya beraneka ragam antara lain ada ikan tongkol , ikan tuna , ikan lemuru , ikan cumi – cumi , udang dan masih banyak lainya , jadi para pengunjung di jamin tidak akan kecewa karena di tpi ini selalu menyediakan ikan yang segar hasil tangkapan para nelayan.

6. Pesona Keindahan Wisata Pantai Paseban Kencong Jember

Keindahan Pantai Paseban Kencong Jember Jawa Timur , halo semua kembali saya datang lagi untuk mengulas mengenai keindahan pantai paseban kencong jawa timur , pantai paseban terletak di desa paseban kecamatan kencong ,kabupaten jember jawa timur. Pantai ini tidak berbahaya bila para pengunjung ingin mandi, karena ombaknya yang tenang ini cocok sekali di buat memancing , cocok sekali untuk anda yang hobi memancing bisa liburan sambil memancing.

Di tambah lagi dengan keindahan tenggelamnya matahari banyak para pengunjung mengabadikannya lewat handpond  , di tambah lagi harga tiket masuknya yang murah meriah membuat pantai paseban ini rame pengunjungnya di akhir pekan , anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 5000 saja itu untuk orang dewasa , untuk anak – anak tidak di punggut biaya, murah meriahkan, dengan biaya irit anda bisa melepaskan kepenatan setelah  seharian bekerja.

Selain itu banyak sekali keindahan yang terdapat di pantai pasir putih paseban kencong jember jawa timur ,di antaranya birunya air laut di tambah lagi ombaknya yang tenang membuat para wisatawan ingin segera mandi di pinggir pantai , walaupun pasir di paseban kencong berwarna hitam namun memiliki tekstur yang lembut sehingga membuat anak – anak senang sekali bermain di pasir pantai. Banyak juga wisatawan menantikan moment indah itu .

7. Pesona Keindahan Wisata Pantai Bandealit Jember

Keindahan Pantai Bandealit Jember Jawa Timur , pantai bandealit jember jawa timur terletak di taman nasional Meru Betiri , kabupaten Jember bagian selatan. Pantai bandealit ini memiliki kelebihan yaitu kondisi pantainya yang sangat bersih di tambah lagi suasananya yang masih alami ,di tambah lagi di bagian pantai sebelah timur terdapat vegetasi mangrove yang luasnya sekitar 8 ha, karena itu di pantai bandealit ini sunguh sejuk dan nyaman , dan di pantai bandealit ini juga terdapat penangkaran rusa timor.

Dipantai Bandealit ini juga terdapat penginapan yang menghadap ke hutan mangrove dan di atas danau , walaupun dekat dengan pantai namun airnya tawar karena di ambil langsung dari pegunungan, jadi untuk wisatawan yang ingin menginap di wisata pantai bandealit di jamin akan puas.

Pantai Bandealit jember jawa timur ini juga memiliki kelebihan lainnya yaitu ombaknya yang tergolong tenamg dan teratur sehingga  di manfa’at kan untuk  bodysurfing dan alatnya juga sudah di sediakan di sini, untuk pengunjung yang suka bunga anggrek, anda bisa menikmati bunga anggrek karena di sini juga ada green house anggrek , jadi para pengunjung bisa menikmati bunga anggrek yang tidak ada di tempat lain bisa di nikmati di sini .

8. Pesona Keindahan Wisata Air Terjun Tancak Jember

Keindahan Panorama Air Terjun Tancak Jember Jawa Timur , halo semua kembali saya datang lagi kali ini saya akan mengulas mengenai keindahan panorama Air Terjun Tancak yang berada di kota Jember Jawa Timur , wisata air terjun ini   berada di  desa Suci Kecamatan Panti, Kabupaten Jember  Propinsi Jawa Timur. Air terjun Tancak jember ini memiliki ketinggian 82 meter dengan  debit 150 meter kubik perdetik.

Wisata ini cocok sekali untuk para petualang karena memang untuk menjangkau tempat ini di perlukan perjuangan yang keras , 16 km dari arah barat daya kota jember , tepatnya di daerah gunung pasang , panti , selain itu posisi air terjun ini di kelilinggi oleh hamparan perkebunan kopi yang luas. Setelah sampai di gunung pasang tidak bisa melanjutkan perjalanan dengan kendara’an , sepeda motor harus di titipkan ke salah satu rumah penduduk di gunung pasang itu , karena medan yang harus di lalui tidak bisa menggunakan kendara’an bermotor , harus berjalan kaki sekitar 4 kilo meter.

Namun selama berjalan kaki pengunjung di suguhi dengan argo wisata kopi yang sangat luat , beserta pemetik kopi tentunya. namun walaupun butuh perjuangan yang keras akan terbayar setelah melihat keindahan panorama Air Terjun Tancak Jember Jawa Timur , karena pemandangan yang masih alami dan di tambah banyak nya pepohonan yang membuat para pengunjung  merasa nyaman di tempat ini.

9. Pesona Keindahan Wisata Pemandian Patemon Tanggul Jember

Keindahan Pemandian Patemon Tanggul Jember Jawa Timur , Tentu bagi anda yang tinggal di kota jember sudah tidak asing lagi mendengar nama pemandian patemon yang terletak di kecamatan Tanggul Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur. Di pemandian patemon tanggul ini terkenal dengan kesegaran airnya , karena berasal dari mata air alami yang konon katanya berasal dari mata air Gunung Argopuro.

Pemandian patemon memang banyak memiliki kelebihan diantaranya katanya setelah mandi di pemandian patemon badan terasa segar ,dan adalagi mitos mengatakan kalau meminum air dari pemandian patemon bisa menghilangkan berbagai macam penyakit , tapi itu hanya mitos masalah percaya atau tidak terserah anda. Selain memeng tempatnya yang bagus , airnya yang jernih juga airnya bisa di minum secara langsung itu merupakan kelebihan dari pemandian patemon tanggul.

Menurut salah satu ahli mengatakan kenapa air di pemandian Patemon bisa di minum secara langsung karena kandungan TDS nya rendah TDS singkatan dari Total Dissolved Solid yaitu unsur logam mineral yang larut dalam air , unsur logam mineral lainnya yaitu alumunium , besi , perak , seng , dan mangan. dan kandungan yang terdapat 28 ppm karena itu bisa di minum secara langsung.

10. Pesona Keindahan Wisata Pemandian Rembangan Jember 

Keindahan Wisata Pemandian Rembangan Jember Jawa Timur , di kota jember memang banyak sekali wisata pemandian contohnya , wisata pemandian patemon , wisata pemandian oleng si butong , Wisata Pemandia Botani , namun kali ini saya akan mengulas mengenai Keindahan Wisata Pemandian Rembangan Jember Jawa Timur.

Pemandian di rembangan ini cukup terkenal di kota jember dan sekitarnya , namun untuk yang belum mengenal ikuti terus perkembangannya di sini , pemandian rembangan terletak di 12 km utara kota jember , tepatnya di bawah kaki gunung Argopuro , dengan lahan seluas 13 , 45 hekto are dengan ketinggian 650 mdpl  , terletak di desa Kemuning lor kecamatan Arjasa Kabupaten Jember propinsi Jawa Timur,

Pemandian Rembangan ini sekaligus memberikan dua keindahan yaitu pemandian yang bagus dan bersih serta pemandangan puncak yang sungguh menakjubkan. Selain memberikan pemandangan yang menakjubkan pemandian Rembangan ini juga di kelilinggi kebun buah naga ,dan juga kebun kopi , oleh karena itu oleh – oleh yang khas dari pemandian Rembangan ini adalah Buah Naga , yang bisa langsung di petikdari pohonnya.

Halaman 1 2 3 4 5

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button