Home & HouseTips

Cara Hemat Renovasi Dapur Minimalis Terlengkap 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Rumah subsidi adalah salah satu program pemerintah yang diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR. Pada saat memilih dijual rumah minimalis biasanya memiliki ciri khas bentuk dan desain yang sama antara satu dan yang lainnya. Untuk melakukan Renovasi Dapur pada rumah subsidi juga tidak boleh sembarangan.

Cara Hemat Renovasi Dapur Minimalis

Pasalnya, rumah dengan tipe ini memiliki berbagai ketentuan yang berbeda dengan rumah tinggal lainnya. Walaupun demikian, kamu tetap bisa melakukan renovasi ringan, salah satunya adalah dengan melakukan perubahan desain pada dapur.

Adapun biaya yang dikeluarkan bisa dibilang tidak terlalu besar, yakni sekitar 2 jutaan saja. Namun, biaya tersebut tentunya hanya estimasi saja. Berikut beberapa cara merenovasinya.

Desain Dapur Minimalis

Pada dasarnya, dijual rumah minimalis umumnya memiliki ukuran yang relatif kecil. Untuk menyiasatinya, penggunaan desain minimalis bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ruangan kecil di rumah, seperti dapur.

Layout Dapur

Desain minimalis dapat membuat ruangan dapur terlihat lebih luas dan lapang dengan penggunaan dekorasi dan perabotan yang simpel dan tetap fungsional.

Baca Juga : Memahami Detail dan Ukuran Tangga Terlengkap

Gunakan Batu Tempel & Meja Granit

Selanjutnya, kamu dapat mengubah tampilan dapur pada rumah subsidi yang minimalis dengan sentuhan batu tempel dan meja dapur berbahan batu granit.

Penggunaan batuan granit pada rumah biasa tentunya akan membuat  harga rumah di Malang menjadi lebih tinggi ketika dijual. Namun, karena rumah subsidi maka tidak bisa sembarangan dalam menjualnya.

Dari tampak depan, kita nantinya bisa langsung dimanjakan oleh tampilan batu tempel pada dapur tersebut dan untuk meja memakai granit dengan area pinggirnya yang diperhalus. Kamu juga dapat menyesuaikan warna dan corak meja dapur berbahan batu granit yang sesuai dengan keinginan.

Mengganti Kompor & Bak Cuci

Dapur pada rumah subsidi minimalis biasanya mempunyai desain yang sederhana. Selain itu, peralatan yang dipakai juga standar atau biasa saja.

Namun, kamu bisa mengganti beberapa peralatan yang dirasa memiliki fungsi yang kurang baik. Misalnya saja, kamu dapat mengganti area atau meja kompor biasa dengan kompor tanam serta mengganti bak cuci yang ada di dapur.

Baca Juga : 3 Cara Cepat Menghitung Kebutuhan Keramik

Menambahkan Kitchen Set atau Kabinet Dapur

Selain menambahkan granit, bata tempel, serta mengganti beberapa peralatan pelengkap dapur, kamu bisa menambahkan kitchen set atau kabinet. Dapur yang ada di rumah subsidi tidak menyediakan kitchen set atau kabinet. Kamu bisa menempatkan kitchen set, kabinet atau model lemari dapur minimalis pada bagian bawah meja.

Model Dapur

Selain sebagai perabotan fungsional, keberadaannya juga menghemat tempat dan tidak akan membuat dapur terasa sesak. Setelah jadi, tentunya akan membuat harga rumah di Malang menjadi lebih tinggi bila ada keinginan untuk dijual.

Baca Juga : Jenis Bahan Peredam Suara Pada Bangunan Terlengkap

Biaya Renovasi Dapur Minimalis Rumah Subsidi

Bila kamu tertarik melakukan renovasi di rumah minimalis atau subsiddi, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan dana untuk renovasi. Ternyata, biaya yang dibutuhkan untuk merenovasinya terbilang murah. Berikut estimasi daftar biaya yang perlu dipersiapkan untuk melakukan renovasi dapur minimalis.

NoDeskripsiJumlahBiaya/Harga SatuanTotal Biaya
1Tenaga tukang5 hariRp100.000Rp500.000
2Granit meja2 dusRp375.000Rp750.000
3Keramik dinding1 dusRp350.000Rp350.000
4Besi 82 lonjorRp35.000Rp70.000
5Kawat1 buahRp20.000Rp20.000
6Semen2 sakRp45.000Rp90.000
7Pasir1 sakRp300.000Rp300.000
8Bata tempel2 dusRp125.000Rp250.000
9Batu bata30 buahRp850Rp25.500
10Bak cuci1 buahRp300.000Rp300.000
11Nat khusus hitam1 sasetRp15.000Rp15.000
TotalRp2.670.500

Bagaimana? Sudah ada ide untuk merenovasi dapur rumahmu? Segera cari dijual rumah minimalis yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu ya! Jangan lupa cek segala kelengkapannnya juga. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button