Home & HouseTips

Perbandingan Campuran Semen Pasir Terbaik

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Jenis Campuran Semen dalam komposisi adukan!! Terdapat 3 jenis campuran yang disesuaikan dengan kebutuhan bangunan yang akan dibangun. 

Campuran Semen Pasir

Dalam dunia konstruksi, kita mengenal istilah campuran pasir dalam adukan material bangunan semen. Komposisi campuran semen adukan ini terdiri dari bahan bangunan semen, pasir, dan split (batu kerikil), tergantung dengan fungsi adukan tersebut. Karena fungsi yang berbeda beda, maka komposisi campuran dalam adukan tentunya berbeda pula. Berikut penjelasan jenis Campuran Semen pasir !

Baca Juga :  Cara Menghitung Volume Sloof dan RAB

1. Campuran Untuk Pasangan Bata

Campuran Semen Pasir

Campuran adukan bahan bangunan semen jenis ini terdiri dua macam, yaitu

  • Campuran terbaik perbandingan 1 : 4 (semen : pasir), untuk pemasangan dinding bata yang tertutup tanah, atau bak air agar tidak rembes.
  • Campuran terbaik perbandingan 1 : 6 (semen : pasir), untuk pemasangan dinding bata yang diatas tanah

Baca Juga :  Harga Dan Jenis Besi Beton

2. Campuran Untuk Plesteran Dinding

Campuran Semen Pasir

Untuk plesteran dinding, biasanya ada dua macam campuran, yaitu:

  • Plesteran dinding dengan campuran terbaik perbandingan 1 : 4 (semen : pasir). Untuk memplester dinding bata yang berada didalam tanah
  • Plesteran dinding dengan campuran terbaik perbandingan 1 : 6 (semen : pasir). Untuk memplester dinding bata yang berada diatas tanah.

Baca Juga :  Jenis Balok Konstruksi

3. Campuran Untuk Beton

Campuran Semen Pasir

Campuran terbaik untuk beton umumnya yang digunakan adalah 1 : 2 : 3 (semen : pasir : batu split). Akan tetapi untuk bangunan yang membutuhkan struktur khusus, maka campuran betonnya 1 : 1,5 : 2,5 (semen : pasir : batu split)

Baca Juga : Jenis Jenis Kolom Konstruksi

So anda sekarang lebih paham tentang Campuran Semen Pasir Terbaik kan? seorang teknik sipil harus paham dan memahami secara betul tentang metode ini sehingga tidak salah perbandingan saat mau ngecor beton, masang bata, atau untuk mlester dinding. Jika salah perhitungan saja bisa mengakibatkan overcost dan lemahnya adukan semen tersebut sehingga mudah timbul dan terjadi retakan rambut.  Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua ya. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button