Home & HouseTips

Beton Bertulang Bambu, Inovasi Yang Membahayakan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Selama ini kita mengetahui kalau beton diperkuat dengan tulangan besi, sehingga disebut dengan beton bertulang. Tapi, di youtube banyak sekali video yang merekomendasikan pemakaian bambu sebagai tulangan pengganti besi, terus bisa disebut Beton Bambu gitu? Ini bener nggak sih sobat ihategreenjello?

Beton tulangan Bambu

Ini Tidak Benar Ya!

Bambu sebagai bahan untuk tulangan memang masih dalam taham penelitian dan uji coba kelayakan oleh para ahli. Menurut penelitian, bambu memiliki kekuatan tarik yang cukup besar. Samapai saat ini belum ada paten maupun SNI yang menyabut bambu benar benar bisa dijadikan pengganti besi sebagai tulangan beton. Lalu mengapa bambu tidak cocok dijadikan tulangan beton?

Baca Juga : Pengertian dan Tipe Spillway (Bangunan Pelimpah)

1. Bambu Bisa Menyerap Air Dari Beton

Beton Bambu

Bambu memiliki pori pori yang bisa menyerap air di dalam adonan beton. Kalau air dalam beton ini terserap, FAS (Faktor Air Semen) bisa berubah rasionya, dan beton jadi lebih rapuh. Sehingga sangat berbahaya sekali untuk daya tahan beton tersebut, alhasil akan mudah patah dan rubuh. Mengerikan bukan?

Baca Juga : Desain & Cara Membuat Tangga Melayang Terlengkap

2. Bambu Bisa Rusak Karena Kelembaban dan Rayap

Beton Bambu

Seperti halnya kayu, jika tidak di treatment khusus, bambu itu bisa rusak karena kelembaban dan rayap. Bambu bisa saja rusak terkena kelembaban saat menunggu adukan beton mengering. Nah kan dari sini saja kita bisa melihat banyak sekali kekurangan bambu dari beton, next selanjutnya.

Baca Juga : Jenis & Pengertian Sistem Struktur Bentang Lebar Terlengkap

3. Bambu Tidak Bisa Dibengkokkan Seperti Besi

Beton tulang Bambu

Pada pembesian beton bertulang, akan banyak bagian tulangan yang harus dibengkokkan dan dikaitkan. Kalau bambu dijadikan tulangan, maka bambu tidak akan bisa dibengkokkan seperti besi tulangan dan pastinya akan patah, karena bambu tidak memiliki kelenteran seperti baja.

Baca Juga : Jenis & Cara Membangun Pondasi Rumah Panggung Terlengkap

4. Permukaan Bambu Licin

Beton dari Bambu

Permukaan bambu yang licin membuat beton dan bambu jadi tidak bisa melekat sempurna, dan tentunya akan mempengaruhi kekuatan beton, dan kemungkinan besar akan mudah rapuh jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga : Ukuran & Cara Pemasangan interlocking brick / Bata Lego

Jika masih sayang dengan nyawa anda jangan dicoba coba ya sobat mimin, ternyata Beton Bertulang Bambu Adalah Inovasi Yang Membahayakan. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button