Home & HouseTips

Macam Jenis Beban Struktur Bangunan Terlengkap

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Udah tau kalau beban struktur itu gak cuma 1 macam jenis aja? Eh gak cuman di kehidupan ya ternyata beban itu. Di pembangunan juga ada loh wkwkw. Dalam proses pembangunan, struktur yang dirancang harus bisa menahan semua jenis beban struktur bangunan yang mungkin dihadapi selama siklus hidup bangunan tersebut. Simak yuk Jenis Beban Struktur Bangunan.

Beban Struktur Bangunan

1. Beban Hidup atau Live Load

Beban Struktur Bangunan

Yang Pertama untuk Beban Struktur yaitu Beban hidup, eh ini maksudnya bukan kamu beban saat hidup. Tapi beban struktur bangunan yang hidup bisa bergerak kesana kemari, umumnya bersifat sementara, dinamis, dan dapat berubah ubah. Beban hidup bisa dikonsentrasikan atau didistrubusikan, selain itu beban hidup bisa bertambah akibat terjadinya getaran, benturan, dan percepatan. Contohnya yaitu orang dijalan atau yang punya rumah atau penghuni, furnitur, dan lalu lalang lintas kendaraan.

Baca Juga : Fungsi dan Jenis Jenis Pasir Dalam Konstruksi.

2. Beban Mati atau Dead Load

Beban Struktur Bangunan

Beban yang dominan terkait dengan berat struktur itu sendiri, yang tetap diam, dan relatif konstan dari waktu ke waktu. Dapat Dihitung dengan cara menilai berat bahan dan jenis bahan yang ditentukan oleh perencana dan volume struktur seperti yang terhitung pada rencana pembangunan. Dan bisa dihitung loh pokoknya dengan tingkat akurasi yang baik.

Baca Juga : Jenis dan Ukuran Container Terlengkap

3. Beban Lingkungan atau Environmental Load

Beban Struktur Bangunan

Beban bangunan yang ketiga ada Beban lingkungan atau Environmental Load dapat bekerja pada struktur akibat kondisi topografi daerah tersebut dan cuaca sekitar yang sangat berpengaruh langsung pada kondisi bangunan secara langsung ataupun tidak langsung. Beban lingkngna lebih sulit dihitung secara akurat karena harus melalui riset yang panjang. Contohnya sih ada hujan, panas, salju, dan kamu tau ada fenomena hujan es batu yang sangat sulit untuk diketahui penyebabnya yang tiba tiba muncul saja. Nggk kayak kamu yang tiba tiba hilang tanpa pamit, ahh mimin jadi sedihh haha.

Baca Juga :  Jenis Jenis Pasir Dalam Konstruksi

Ada lagi Jenis Beban Struktur Bangunan yang belum disebutin? Jangan bilang kalau beban hidupmu belum disebutin ihategreenjello yaa haha, maap maap bukan bermaksud nyindir tapi ngece aja sih wkkw, pisss. Oke oke semoga ilmu ini bemanfaat lah ya buat sobat sobat teknik ataupun sobat sobat awam lainnya, karena ini sangat penting lohh. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button