Tips

Daftar Barang Penting yang Perlu Dibawa Saat Naik Kereta

Hello kali ini ihategreenjello akan memberikan info menarik seputar barang bawaan yang harus di bawa saat naik kereta nih hehe. Sering tampak sepele, namun ternyata ada lho barang-barang penting yang perlu kamu bawa saat naik kereta api. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan saat bepergian, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

Perjalanan naik kereta api jarak jauh umumnya memakan waktu beberapa jam sehingga kamu perlu memikirkan kenyamanan diri saat bepergian. Misalnya saja, ketika naik kereta api rute Jakarta-Bandung yang biasa ditempuh selama 3 jam. Nah, agar kamu merasa lebih nyaman naik kereta api dari Jakarta ke Bandung, jangan lupa bawa barang-barang berikut ini ya.

Baca Juga : 100 Tempat Wisata di Jogja

1. Masker cadangan, hand sanitizer & face shield

Naik kereta api di masa pandemi ini mengharuskan kamu menggunakan alat pelindung diri sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Masker wajib dipakai di seluruh area stasiun dan tidak boleh dilepas saat berada di dalam gerbong. Hand sanitizer juga penting untuk membersihkan tangan secara praktis. Sedangkan face shield tergolong sebagai barang yang tidak diwajibkan, namun bisa tetap kamu pakai untuk perlindungan ekstra pada diri sendiri.

sumber klikdokter.com

Selain itu jangan lupa untuk membawa masker cadangan serta tisu basah dan tisu kering untuk mengelap tangan, membersihkan meja, kursi kompartemen dan sebagainya. Ada baiknya juga membawa desinfektan kecil ukuran travel dan menyemprotkannya di kursi dan bagian jendela sebelum duduk.

Baca Juga : 60 Tempat Wisata di Bandung

2. Bantal leher

Kursi kereta api saat ini memang sudah tergolong lebih empuk dan nyaman. Namun jika kamu tipe yang mudah tidur selama perjalanan, ada baiknya untuk membawa bantal leher sebagai support saat kamu tidur. Jadinya kepala kamu tidak menekuk dengan aneh yang bisa membuat leher terasa kaku dan sakit.

Jika kamu bukan tipe orang yang suka tidur selama perjalanan, bantal leher bisa menjadi penyangga bagian kepala agar posisinya pas sehingga kamu lebih rileks di sepanjang perjalanan.

Baca Juga : 70 Tempat Wisata di Semarang

3. Tas kecil

Meski kamu membawa koper atau tas ransel saat naik kereta, pastikan juga kamu membawa tas kecil untuk menyimpan barang-barang penting. Contohnya saja tiket kereta, smartphone, dompet, obat-obatan, masker cadangan, hand sanitizer maupun buku jika doyan membaca di perjalanan.

Baca Juga : 80 Tempat Wisata di Batu Malang

4. Obat-obatan

Meski saat berangkat kamu dalam kondisi sehat, namun jangan ragu untuk selalu membawa obat-obatan darurat di dalam tas kecil kamu ya. Misalnya minyak angin, obat mabuk darat, obat sakit kepala, demam dan masuk angin. Hal ini sebagai antisipasi pertolongan pertama jika tiba-tiba kamu merasa tidak enak badan saat di perjalanan.

Baca Juga : 75 Tempat Wisata di Bali

5. Powerbank dan kabelnya

Di dalam gerbong kereta api memang terdapat colokan listrik di setiap baris tempat duduk. Tapi ingat untuk bergantian dengan teman sebaris selama perjalanan. Sebagai antisipasi colokan yang tidak berfungsi, tak ada salahnya kamu membawa powerbank sendiri untuk mengisi baterai smartphone selama perjalanan. Jangan lupa juga membawa kabelnya ya.

Baca juga : 80 Tempat Wisata di Surabaya

6. Charger

Benda kecil ini memiliki peran penting untuk menjaga smartphone kamu tetap punya baterai dan on sebagai teman perjalanan lho. Bepergian naik apapun tanpa membawa charger rasanya kurang pas karena meski kamu punya powerbank, namun dayanya terbatas. Namun jika bawa charger, kamu bisa mengisi baterai smartphone kamu kapan saja selama ada colokan tersedia.

Baca Juga : Tempat Wisata di Flores

7. Headset

Benda yang satu ini juga tak kalah pentingnya untuk dibawa saat naik kereta api. Fungsinya sangat besar untuk menghibur diri selama perjalanan. Dengan alat ini kamu bisa menonton film, mendengarkan lagu maupun bermain game tanpa mengganggu kenyamanan orang lain.

Nah, pastikan kamu membawa barang-barang di atas sebelum bepergian naik kereta api ya. Kamu juga harus ingat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Kamu juga harus tahu aturan naik kereta api selama pandemi agar perjalanan kamu lebih aman dan meminimalkan risiko penularan COVID-19 di perjalanan.

Beberapa di antaranya adalah kamu dilarang berbicara atau mengangkat telepon saat di gerbong, wajib pakai masker selama perjalanan hingga tiba di stasiun tujuan dan wajib membawa surat keterangan negatif atau non-reaktif COVID-19 lewat PCR, rapid antigen atau GeNose. Selamat bepergian!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button