Home & HouseTips

Wajib Tahu Sebelum Membangun di Lahan Miring!

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Banyak orang yang takut ketika ingin membangun rumah dilahan miring. Akan tetapi rumah ditanah miring itu biasanya memiliki pemandangan yang indah, siapa yang tak mau coba? namun, perlu kamu ketahui bahwa membangun rumah di tanah miring memang tak mudah, karena proses perencanaan yang lebih rumit tentunya. Akan tetapi hal tersebut bukan berarti mustahil. Strukstur yang dibangun di tanah miring justru memiliki daya tarik sendiri. Berikut hal yang wajib kamu ketahui dalam membuat Rumah di Tanah Miring.

Membangun Rumah di Lahan Miring

1. Keuntungan Membangun Rumah di Tanah Miring

Membangun Rumah di Lahan Miring

Perlu diketahui bahwa membangun rumah di tanah miring itu memiliki keuntungan juga loh sobat, pengen tahu? simak dibawah ini yaa.

  • Harga tanah di tanah miring itu relatif lebih murah daripada tanah yang rata.
  • Rumah yang dibangun pada tanah miring biasanya memiliki desain yang unik.
  • Biasanya memiliki nilai seni yang tinggi karena bisa mendapatkan view yang bagus.
  • Jika sudah dibangun rumah biasanya harga jualnya akan lebih tinggi.

Baca Juga : Kelebihan & Kekurangan Struktur Beton Bertulang dan Baja

2. Kualitas Tanah

Membangun Rumah di Tanah Miring

Pada umumnya tanah miring itu memiliki tekstur tanah yang tidak stabil dan lembek. Maka dari itu wajib diperhatikan apabila ingin dibangun rumah, karena saat membangun rumah itu dibutuhkan tanah padat dan liat.

Baca Juga : Pengertian dan Rumus Poisson Ratio Pada Suatu Benda

3. Tingkat Kemiringan Tanah

Membangun Rumah di Tanah Miring

Hal yang wajib diperhatikan juga adalah tingkat kemiringan maksimum yang mimin rekomendasikan untuk dibangun sebuah rumah adalah sebesar 9%.

Baca Juga : Sistem Polder Pengendali Banjir di Perkotaan Terlengkap

4. Desain Bertingkat

Membangun Rumah di Tanah Miring

Jika ingin membangun rumah di tanah miring biasanya menggunakan desain rumah yang bertingkat karena dianggap lebih kuat dan dapat mengurangi biaya pengerukan tanah. Perbedaan muka tanah akibat kemiringan dapat dijadikan bangunan bertingkat dimana tiap ruangan dihubungkan oleh tangga yang landai.

Baca Juga : 8 Prospek Kerja Bidang Drafter Paling Dicari

5. Pondasi Kuat

Membangun Rumah di Tanah Miring

Hal satu ini sangat saya sarankan menggunakan pondasi tiang pancang agar dapat menopang bangunan dengan kuat dan kokoh, agar meminimilaisir kerubuhan bangunan tersebut.

Baca Juga :  Standar, Tipe, Fungsi Rel Kereta Api Terlengkap

6. Dinding Penahan

Membangun Rumah di Lahan Miring

Biasanya dinding penahan itu menggunakan batu kali atau batu belah, dinding penahan diletakaan dibelakang rumah itu guna membantu bangunan tersebut semakin kuat dan tidak mudah runtuh ketika terjadinya bencana alam baik itu longsor atau hal lain. Namun yang perlu diketahui bahwa hal ini hanya dapat dilakukan dengan tanah miring dengan ketinggian maksimal 2 meter sobat.

Baca Juga : Fungsi Batu Kerikil / Ballast di Rel Kereta Api Terlengkap

Kamu tertarik membangun rumah dilahan miring? yapp bisa aja membangun disana tapi harus ada beberapa hal yang Wajib Tahu Sebelum Membangun Di Lahan / Tanah Miring ini.. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button