Tips

Avtur? Inilah Jenis Bahan Bakar Pesawat Terlengkap

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Siapa bilang bahan bakar pesawat tu hanya avtur? Eits itu tidak benar lohh, ternyata banyak jenis bahan bakarnya selain avtur. Bahan bakar memang dibutuhkan sebagai kunci jalannya kendaraan pesawat, tapi bagi industri penerbangan bahan bakar sendiri menjadi sebab salah satu penentu keselamatan lohh.

Bahan Bakar Pesawat

Hal itu menjadi alas mengapa jenis bahan bakar selalu dimodifikasi dan diperbahai sesuai pekembangan pesawat yang dibuat. Karena semakin canggih invoasi mesin pesawat maka Bahan Bakar Pesawat pun semakin bermacam macam, yuk simak Jenis Bahan Bakar Pesawat di bawah ini yaww hehe.

1. Avgas dan Aviation Kerosine

Bahan Bakar Pesawat

Avgas (Aviation Gasoline) sendiri merupakan bahan bakar oploasan minyak tanah dengan hidrokarbon cair yang kisarannya antara 32-220 derajat celcius, biasana digunakan untuk pesawat bermesin piston. Sedangkan Aviation Kerosine sendiri berada pada derajat yang lebih tinggi yakti antara 144-252 deraja celcius. Jenis ini cocok digunakan untk pesawat yang menggotong mesin turbin.

Baca Juga : Macam Jenis Jenis Dinding Pada Konstruksi Terlengkap

2. Avtur

Bahan Bakar Pesawat

Kalau yang satu ini pasti sudha tidak asing lagi bukan?? Hehe avtur ternyata sering disebut waktu sekolah ini mahh hehe. Rupanya seiring berjalannya waktu jenis ini dianggap tidak mampu menggenjot mesin untuk menerabas batas kecepatan subsonik. Jika pesawat ingin lebih ngebut tentu saja membutuhkan bahan bakar khusus yang menghasilkan panas lebih tinggi seperti Avtiation Kerosine. Oleh karenanya kini avtur terus dimodifikasi dan diatur komposisinya

Baca Juga : Macam Jenis Gas Beracun Yang Mematikan

3. Avtag, Avcat, dan JPTS

Bahan Bakar Pesawat

Jenis jenis ini merupakan moderenisasi komposisi avtur oleh negara negara maju. Avtag biasa dikenal dengan Jet B atau Avtag, atau dalam dunia militer lebih dikenal dengan JP-5 atau F-44. Untuk Avcat sendiri biasa digunakan penerbangan angkatan laut amerika yang rentan air sehingga dibutuhkan versi yang lebih canggih ini. sedangkan jenis pesawat intai milik amerika memiliki bahan bakar khusus yaitu jet propellan thermally stable (JPTS). JPTS ini memiliki titik beku yang rendah lohh.

Baca Juga :  Perusahaan Minyak Terbesar di Indonesia

Ngaku, siapa nih yang baru tau ada banyak jenis bahan bakar selain avtur?? Btw semoga bisa paham ya tentang Bahan Bakar Pesawat Terlengkap ini. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button