Home & HouseTips

Cara Pemasangan Aluminium Foil Atap (Radiant Barrier)

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Matahari memancarkan panasnya melalui radiasi. Radiasi ini mengenai atap dan bangunan kita, dan bikin isi dalam bangunan kita jadi panasss. Tapi ada cara lho buat memantulkan panas matahari ini supaya tidak terlalu panas, namanya Radiant Barrier / Aluminium Foil Atap.

atap aluminium foil

Apa itu Radiant Barrier atau Aluminium Foil Atap?

aluminium foil untuk atap

Radiant Barrier atau Aluminium Foil Atap adalah material yang bisa memantulkan panas matahari, jadi panas dari matahari gak masuk lebih jauh ke dalam bangunan. Material ini terbuat dari bahan yang reflektif, seperti aluminium foil. Kalau insulasi panas biasanya memperlambat konduksi panas, radiant barrier mengurangi pemanasan akibat radiasi matahari. Karena itulah material ini sangat efektif di iklim tropis.

Baca Juga : Jenis & Cara Membangun Pondasi Rumah Panggung Terlengkap

Cara Kerja Radiant Barrier

aluminium foil atap

Radiasi matahari membuat material atap jadi panas. Material atap yang panas ini memancarkan panasnya ke loteng melalui radiasi, dan inilah yang bikin loteng jadi panas banget. Radiant barrier membuat radiasi panas dari material atap ini memantul dan tidak meneruskan panasnya ke ruangan di bawahnya.

Baca Juga : Ukuran & Cara Pemasangan interlocking brick / Bata Lego

Dimana Kita Bisa Memasang Aluminium Foil Atap?

aluminium foil atap

Atap adalah bagian bangynan yang paling lama terpapar sinar matahari. Nah radiant barrier ini bsia dipasang di bagian bawah atap, dengan bagian foil yang menghadap ke arah atap. Jangan lupa, beri jarak anatara bagian bawah atap sekitar 5cm sebagai air gap. Air gap ini adalah ruang udara dimana panas yang dipantulkan oleh radiant barrier bisa berkumpul dan tidak turun ke loteng.

Baca Juga : Beton Bertulang Bambu Adalah Inovasi Yang Membahayakan

Ingat! Harus Ada Jarak (Gap) Antara Penutup Atap & Radiant Barrier

radiant barrier

Radiant barrier atau biasa disebut Aluminium foil atap ini bisa memantulkan panas yang merambat lewat radiasi, dalam hal ini adalah radiasi dari material atap yang panas. Jadi metode ini efektif kalau ada jarak antara material atap dan radiant barriernya.

radiant barrier

Kalau gak ada jaraknya, panas dari material atapnya merambat lewat konduksi ke radiant barrier yang terbuat dari aluminium foil, dan diradiasikan ke loteng, jadi panasnya malah gak bisa keluar lagi.

Baca Juga : Kelebihan & Kekurangan Dak Keraton (Keramik Beton)

Sudah tahu kan Cara Pemasangan Aluminium Foil Atap (Radiant Barrier) ini. Jadi jangan sampai salah pasang ya, kalau salah pasang ntar malah tambah panas huhu. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button