Home & HouseTips

7 Alat Pengukur Tanah dan Fungsinya Terlengkap

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Sebelum membangun gedung dan bangunan kita harus mengerti ukuran tanah yang akan dibangun tersebut, nah alatnya pun ada beraneka ragam. Mulai dari yang sederhana hingga modern, lalu apa saja sih Alat Pengurkur Tanah itu?

Alat Ukur Tanah
Sumber Instagram @Tutorteknik

1. Meteran

Alat Ukur Tanah
Sumber Instagram @Tutorteknik

Alat Ukur Tanah ini bisa juga disebut dengan pita ukur dengan bentuk seperti pita dengan panjang terntu, eitss tapi ini masih ada 3 jenis meteran lagi loh sobat, apa saja sih :

  • Meteran Kain (metallic cloth)
  • Meteran Baja
  • Meteran Baja Alloy (steel alloy)

Baca Juga : Detail, Fungsi, dan 10 Jenis Kabel Berkualitas Terlengkap

2. Kompas

Selain digunakan untk menentukan arah mata angin, alat pengukur tanah ini juga bisa digunakan sebagai penentu arah satu titik ke titik lainnya yang ditunjukkan pada besaran azimut, membuat siku siku, dan mengukur sudut horizontal.

Alat Ukur Tanah
Sumber Instagram @Tutorteknik

3. Klinometer

Alat Ukur Tanah ini sering digunakan untuk mengukur sudut elevasi antara garis datar dengan garis yang menghubungkan sebuah titik pada garis datar dengan titik puncah sebuah objek.

Baca Juga : Denah, Model & Desain Kamar Mandi Minimalis Modern

4. Theodolit

Digunakan untuk menentukan tinggi dari tanah pengukuran sudut. Eitss thedolit itu ternyata ada 3 jenis loh sobat, cekidotttt.

  • Theodolit Reterasi
  • Theodolit Repetisi
  • Theodolit Elektro Opis
Alat Ukur Tanah
Sumber Instagram @Tutorteknik

5. Waterpass

Berfungsi untuk mengukur perbedaan tinggi dari satu titik atau lebih, atau lebih tepatnya mengukur tingkat kemiringin dari tanah.

Baca Juga : Jenis, Tipe, dan Ukuran Pintu Sesuai Standart Lengkap

6. Global Positoning System (GPS)

Selain digunakan untuk kepentingan militer, GPS juga banyak digunakan dalam pengukuran tanah dengan hasil gambar yang diberikan berupa gambar permukaan bumi dalam bentuk 3 dimensi (3D).

Alat Ukur Tanah
Sumber Instagram @Tutorteknik

7. Total Station

Alat Ukur Tanah Ini Berasal dari pengembangan theodolit, alat ini juga dilengkapi dengna pengukuran jarak dan sudut secara elektronik dengan bantuan dari reflektor sebagai target dan pengganti rambu ukur.

Baca Juga : 5 Tahap Membangun Ruang Bawah Tanah Terlengkap

Kali ini mimin hanya menshare ilmu sedikit saja nih tentang 7 Alat Pengukur Tanah dan Fungsinya Terlengkap ini. Kalian harus ngulik ngulik sendiri lagi ya, liat di youtube untuk cara kegunaannya ya sobat. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button