Tempat WisataTempat WisataWisata DKI JakartaWisata Jakarta BaratWisata Jakarta PusatWisata Jakarta SelatanWisata Jakarta TimurWisata Jakarta Utara

80 Tempat Wisata di Jakarta Terbaru, Paling hitz dan Biaya Masuk

80 Tempat Wisata di Jakarta – Jakarta adalah ibu kota Indonesia. Gerbang masuk negeri ini bila ingin mengunjungi berbagai tempat wisata lain di Nusantara. Sebagai kota terbesar di negeri ini, Jakarta memang mempunyai banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi. Walau, kurang sedikit ramah kepada wisatawan tetapi, pesona Jakarta tidak kalah eloknya dibandingkan dengan kota lain.

Taman, Pulau, Pantai, Museum dan masih banyak lagi tersembunyi di Jakarta. Ada yang sudah punya nama. Tetapi, ada juga yang belum bisa muncul ke permukaan. Mungkin, soal waktu dan bagaimana anda mempromosikan tempat tersebut ke khalayak ramai.

80 Tempat Wisata di Jakarta

Baiklah, tidak perlu berlama-lama dan basa-basi lagi, mari kita simak hasil penjelajahan beberapa Tempat Wisata di Jakarta,

1. Pulau Gosong

  • Alamat: Pulau Gosong, Kepulauan Seribu, Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Salah satu pulau yang berada di tempat wisata jakarta ini terbentuk dari sendimentasi, penumpukan dari endapan batuan koral, kerang, dan hewan laut, dan membentuk sebuah pulau kecil yang tidak dihuni oleh masyarakat. Disebut sebagai pulau gosong lantaran anda bisa menikmati sajian sinar matahari pagi dan sore. Maka, kulit anda akan berubah menjadi coklat kegosongan.

Sumber Instagram @ali_alhusayn13

Hamparan pasir pulau ini memang tidak terlalu luas dan bisa di bilang sangat kecil. Tetapi, inilah pesonanya dimana, anda akan merasakan seperti berada di tengah laut. Pemandangannya memang sangat mengesankan perpaduan warna nan sempurna antara birunya air laut dan langit. Sungguh keindahan yang tidak bisa terdustakan.

2. Pulau Harapan

  • Alamat: Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Bagi anda yang sudah pernah menjelajah kepulauan seribu, pasti tahu betul mana pulau harapan. Mengunjungi tempat wisata ini, anda akan melihat beberapa pemandangan pulau-pulau di kepulauan seribu nan esoktis. menuju ke tempat wisata di jakarta ini anda bisa menggunakan kapal speed boat dan membutuhkan waktu 4 jam.

Sumber Instagram @kodok97eko

Menariknya di objek wisata ini, anda akan disajikan dengan berbagai macam fasilitas menarik seperti penginapan yang sudah memiliki standar AC. Ada juga signal yang sangat ramah dan bersahabat. Bila kesini, jangan lupa untuk mengunjungi dunia bawah lautnya. Benar-benar seperti sebuah surga laut yang sangat mempesona.

3. Pulau Dolphin

  • Alamat: Pulau Dolphin, Kepulauan Seribu, Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Jakarta memang mempunyai banyak sekali keindahan tersembunyi. Tidak semua pesonanya tereksplore dengan baik. Salah satunya adalah pulau dolphin. Dimana, anda bisa menyaksikan sebuah pulau yang tidak dihuni oleh manusia. Tetapi, memiliki beberapa wahana permainan menarik untuk dilakukan.

Sumber Instagram @infiatravel

Salah satunya adalah snorkling. Menariknya berada di dunia bawah laut pulau ini. anda bisa berkesempatan bertemu langsung dengan nemo diantara bebetuan karang yang masih hidup ini. selain itu, penyu-penyu pun juga terkadang hadir mondar-mandir kesana-kemari menambah eloknya pulau satu ini.

Jangan lupa untuk menyempatkan diri menginap di camping area yang sudah disediakan. Banyak para pengunjung yang ketagihan dengan ikan-ikan di laut pada malam hari. Serta, gradasi warna yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata sekalipun.

4. Pulau Tidung

  • Alamat: Pulau Tidung, kepulauan Seribu, Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional:
  • Maps: Klik Disini

Siapa yang tidak mengenal pulau tidung, diantara gugusan kepulauan seribu, Pulau tidung adalah salah satu tempat paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Karena, segala macam fasilitas air tersedia disini. Sangat menyenangkan dan benar-benar menghasilkan keceriaan maksimal.

Sumber Instagram @avratta_agung

Selain itu, di pulau tidung juga hadir dengan mitosnya yang berada di sebuah jembatan yang disebut dengan jembatan cinta. Dimana, bila anda menyeberangi jembatan ini dengan pasangan anda, membuat hubungan menjadi langgeng. Kemudian, bagi yang meloncat dari jembatan menuju ke bawah akan membuang semua pikiran kotor.

Di ujung pulau terdapat sebuah tempat angker yang konon katanya tidak boleh dikunjungi oleh wisatawan. Banyak orang yang ingin pergi kesana tetapi, dilarang lantaran kawasan yang cukup berbahaya. Daripada mengunjungi tempat tersebut. Lebih baik anda bermain banana boat.

5. Pantai Bira

  • Alamat: Pantai Bira, Kepualauan Seribu, Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Diisni

Pulau ini mendapatkan julukan sebagai surga yang tersembunyi. Lantaran, mempunyai berbagai macam keindahan. Nah, Tempat wisata di Jakarta ini mempunyai dua wilayah. Satu, pulau bira kecil dan besar. Mengunjungi tempat ini paling tepat saat sore hari, menikmati senja yang berpadu dengan eloknya langit nan mempesona.

Sumber Instagram @vebbyputri

Biasanya mereka menunggu pesona sunset nan cantik ini dan mengabadikannya ke dalam foto dan gambar. Disini pula tersedia sebuah menara bernama mercusuar pulau sabira yang memiliki ketinggian 42 meter, dibangun pada tahun 1869.

Pulau bira banyak dikunjungi lantaran keindahan biota lautnya yang konon mengalahkan keindahan pesona karimun jawa. Saat berada disini, anda disarankan untuk berhati-hati. Karena, banyak sekali bulu babi berkeliaran kesana kemari.

6. Pulau Macan

  • Alamat: Pulau Macan, Kepulauan Seribu, Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Tempat wisata di Jakarta ini memang mempunyai pesona nan elegan. Disini, anda bisa menikmati pulau macan yang membuat anda merasa seperti pulau sendiri. Keunggulan dari pulau macan adalah zona bawah lautnya yang memang membuat anda terkesan dan terkesima.

Sumber Instagram @pulaumacan

Menariknya di tempat ini, anda akan disediakan beberapa fasilitas seperti life jacket, masker, peralatan snorkel dan masih banyak lagi. selain snorkeling, anda juga bisa menikmati wisata perahu kano. Dimana, menyusuri pantai ini sangat menyenangkan, apalagi dengan semilir angin yang berhembus.

Mau hal yang berbeda di sini? anda bisa trekking dan menyusuri setiap sudut di pulau macan. Terakhir, anda bisa berjemur dan melakukan aktifitas selfie apalagi saat matahari perlahan turun dan tenggelam. Inilah pesona yang selalu ditunggu oleh semua pengunjung yang datang ke tempat ini.

7. Pulau Ayer

  • Alamat: Jl. KH. Samanhudi, No. 47-49, Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI. Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Satu keunikan dari tempat wisata di Jakarta ini adalah hadirnya cottage mengapung. Anda bisa menikmati sebuah penginapan yang berbeda dari biasanya. Dimana, saat anda terbangun, seruan ombak menjadi melodi alam yang sangat mengesankan apalagi, dengan pemandangan dan keindahannya.

Sumber Instagram @juaraopentrip

Disini, anda bisa melakukan jogging track di pinggiran pantai. Atau bisa menyewa sepeda dan berputar-putar mengelilingi pulau. Bisa dibilang pulau ini memiliki taman bermain. Sehingga, putra-piutri anda bisa bebas bermain kesana-kemari.

Mau olahraga cukup ekstrem. Tenang, ada jetski, banana boat, surf bike. Tempat ini pun sangat ramah bagi mereka yang menyukai kegiatan memancing. ikan-ikan di pulau ayer ini memang begitu menggemaskan untuk di pancing. Jadi, jangan lewatkan momen ini ya.

8. Pulau Bidadari

  • Alamat: Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, DKI. Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Siapa yang tidak mengenal pulau ini, tempat wisata di Jakarta ini selalu menjadi tujuan utama bagi wisatawan untuk melepas penat dengan menikmati segala sajian yang dihadirkan. Selain teduhnya suasana, dengan berbagai macam pepohonan. Anda juga akan disuguhkan dengan berbagai macam peninggalan sejarah.

Sumber Instagram @traveler_ntt

Seperti halnya, reruntuhan meriam yang dahulu pernah digunakan untuk berperang. Tidak hanya sampai di situ, anda bisa menikmati benteng Martello. Di bangun dengan bentuk melingkar. Sementara meriam diletakkan tepat di tengah. Nah, meriam ini pun bisa berputar 360 derajat dalam membidik musuh.

Saat anda berada di tengah-tengah benteng, nuansa masa lalu akan sangat terasa. Apalagi, bangunan ini pun masih berdiri kokoh. Biasanya, para pengunjung menggunakan bangunan ini sebagai background foto. Tidak jauh dari tempat ini, ada sebuah prasati, menarik untuk di simak lantaran, prasasati ini dibuat langsung oleh Dinas museum dan sejarah pemprov DKI.

Pulau bidadari merupakan tempat tersembunyi bagi beberapa pepohonan langka. Seperti pohon glondokan, kosambi, kayu hitam, dan kelumpang atau kepuh. Mengesankan sekali memang berkunjung ke tempat ini.

9. Pulau Semak daun

  • Alamat: Pulau semak Daun,  Kepulauan seribu, DKI. Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Tempat wisata di Jakarta ini memang belum memiliki nama, seperti beberapa pulau diatas. Bukan berarti, anda tidak wajib mengunjungi tempat ini. Di jamin rugi, bila sudah sampai di Jakarta tidak mampir ke pulau semak daun. Tempat ini merupakan sebuah pulau yang sangat ramah untuk wisatawan apalagi, bagi mereka yang sangat senang akan alam dan petualangan.

Sumber Instagram @pulauseribuofficial

Disini, sudah tersedia fasilitas camping area. Cobalah menikmati malam dengan taburan bintang-bintang nan menggoda. Selain itu, anda juga bisa menikmati pasir pantai nan halus. Ombak ini pun cukup tenang, sehingga aman untuk menikmati air nya dengan berenang, walau masih tersedia anjuran untuk tidak perg ke tengah.

Jangan lupa pula untuk berkenalan dengan penghuni dunia bawah lautnya. Lantaran, ikan-ikan dan terumbu karang ini selalu menunggu kedatangan anda. Mereka akan menyapa anda saat masuk ke bawah. Untuk menyewa peralatan snorkeling ini tidak terlalu mahal hanya, 75 ribu rupiah saja.

10. Pulau Pari

  • Alamat: Pulau Pari, Kepulauan seribu, DKI. Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini anda akan disuguhkan dengan pesona hamparan putih nan mengesankan. Disarankan bila mengunjungi pulau ini anda menggunakan jasa tour. Agar kepuasan akan terasa maksimal. Biasanya fasilitas yang diberikan terasa sangat lengkap.

Sumber Instagram @volpewhereareyou

Seperti penginapan, peralatan snorkeling bagi anda yang ingin berkenalan dengan terumbu karang dan ikan-ikan nan imut. Kemudian, hadir pula dengan kamera underwater untuk mengabadikan setiap gambar saat anda berada di bawah laut. Fasilitas lain yang akan anda dapatkan adalah bersepeda mengelilingi pulau.

Biasanya, kegiatan ini bisa anda nikmati pada sore hari. Saat matahari akan berubah menjadi senja dan tenggelam. Nuansanya memang juara. Sehingga, anda wajib untuk melakukannya.

11. Pulau Pramuka

  • Alamat: Pulau Pramuka, Kepulauan seribu, DKI. Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Sebelum di kenal sebagai pulau pramuka, nama tempat wisata di Jakarta ini adalah pulau elang. Nah, alasan mengapa lebih terkenal dengan nama pulau pramuka lantaran, dahulu banyak sekali kegiatan pramuka yang dilakukan di kawasan ini. Sehingga, Banyak pengunjung yang lebih mengenal tempat ini sebagai pulau pramuka.

Sumber Instagram @natharahap

Luas tempat ini kurang lebih 16,73 hektar. Di huni oleh beberapa penduduk dengan berbagai macam suku dan agama. Mereka, berada disini saling mengharga satu sama lain, sehingga terciptalah sebuah pemandangan kerukunan nan mempesona. Benar-benar mencerminkan bhineka tunggal ika.

Tempat ini mempunyai garis pantai yang panjang sehingga, anda akan melihat betapa eloknya, pantai pramuka ini. Daya tarik lainnya adalah disini anda bisa menikmati penangkaran penyu dan juga ikan hiu. Tidak hanya itu saja, ada beberapa hewan langka berada disini dan dilindungi. Mau menjelajah seluruh pulau, anda bisa menyewa sepeda dengan harga 15 ribu saja, Murah sekali bukan?

12. Pulau Kotok

  • Alamat: Pulau Kotok. Kepulauan seribu, DKI. Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Pulau ini masih bagian dari kepulauan seribu yang mempunyai keindahan menarik dengan warna air yang sangat jernih. Nah, menariknya disini, anda bisa menikmati resort kelas atas.

Sumber Instagram @myindogirl

Dengan berbagai macam fasilitas menggoda dan mengesankan. Rasakan menginap dan pada saat pagi hari, anda akan disuguhkan dengan pesona sang fajar yang perlahan hadir menyinari bumi.

13. Pulau Putri

  • Alamat: Pulau Putri, Kepulauan seribu, DKI. Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Ada banyak yang bisa anda nikmati di pulau putri ini. seperti, menikmati indahnya matahari terbenam dan matahari terbit. Cobalah untuk sejenak berdiam diri dan melihat betapa langit senja itu berubah warna menjadi oranye, mewarnai langit yang berpadu dengan awan putih.

Sumber Instagram @richiaan

Hadir pula  berbagai macam permainan seru dan bisa bikin geregetan. Jangan lupa untuk menginap di cottage yang hadir dengan berbagai macam fasilitas nan menyenangkan. Dijamin, berkunjung ke pulau ini mampu membuat liburanmu terasa sangat lengkap dan menyenangkan.

14. Pulau Sepa

  • Alamat: Pulau sepa, kepulauan seribu, DKI. Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Banyak yang bilang bila tempat ini adalah Bali kecilnya Jakarta. Karena, bila anda mengunjungi tempat ini. Anda akan menikmati berbagai macam pesona nan indah, rasanya seperti berada di Bali. Nah, julukan lain untuk tempat ini adalah The paradise for diver in Jakarta.

Sumber Instagram @abdfaiz

Jangan lewatkan dua aktifitas wajib seperti snorkeling dan juga scuba diving. Nikmati, eloknya ikan-ikan dan terumbu karang pulau sepa. Uniknya ikan disini adalah mereka akan bergerombol sehingga, membentuk sebuah kelompok yang cukup mengesankan.

15. Kidzania Jakarta

  • Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, No. 52-53, Rt.02/Rw.03, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI. Jakarta 12190
  • HTM: Rp 50.000 – Rp 100.000 (Usia 2- 3 tahun), Rp 225.000 – Rp 275.000 (4 – 16 tahun), Rp 175.000 – Rp 225.000 (Diatas 16 tahun)
  • Jam Operasional: 09:00 – 16:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 021 5154888

Inilah dia tempat wisata di Jakarta yang khusus untuk anak-anak. Menariknya disini adalah sebuah kota mini, dengan berbagai macam peralatan seperti dokter, koki, penyanyi, ilmuwan dan masih banyak lagi ragam permainan sesuai dengan profesinya ini.

Sumber Instagram @manualdeumamae

Di sini, anak anda akan belajar berakting di acting academy selama kurang lebih 30 menit. Selanjutnya, anak anda akan menjadi seorang sejarawan dengan menemukan benda-benda sejarah di masa lalu. Bisa juga, menjadi seorang chef berkreasi dengan berbagai macam bahan makanan yang sudah disediakan untuk dijadikan santapan lezat.

Mau mengetahui bagaimana caranya menjadi seorang dokter. Coba manfaatkan berbagai macam alat-alat kesehatan yang telah tersedia disini. Saatnya, untuk menguji mental anda dengan berada di depan kamera dan berpura-pura menjadi seorang reporter handal dalam sebuah berita. Masih banyak lagi profesi yang bisa anda nikmati

16. Museum Layang-Layang

  • Alamat: Jl. Haji Kamang No.19, Rt.01/Rw.01, Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, DKI. Jakarta 12450
  • HTM: Rp 15.000,-
  • Jam Operasional: 09:00 – 16:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 021 7658075

Inilah dia tempat paling tepat untuk menikmati berbagai macam layang-layang nan menarik. Nah, sebelum melihat begitu banyak layang-layang ini, anda akan disambut dengan pepohonan nan menggemaskan dan membuat suasanan menjadi asri. Anda akan disuguhkan dengan ruang video yang berkapasitas kurang lebih 33 orang dengan durasi 15 menit.

Sumber Instagram @museumlayanglayangindonesia

Video ini menyajikan tentang sejarah museum layang-layang berdiri. Menariknya dari tempat wisata di Jakarta ini adalah anda bisa menikmati berbagai macam suguhan layang-layang tidak hanya dari nusantara saja. melainkan hadir juga dari berbagai penjuru dunia.

17. Kebun Binatang Ragunan

  • Alamat: Jl. Harsono No.1, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI. Jakarta
  • HTM: Rp 4.000,-
  • Jam Operasional: 07:30 – 16:00
  • Maps: Klik Disini

Bisa dibilang tempat ini adalah wisata tertua di Jakarta dan kebun binatang tertua di Indonesia. Karena, didirikan pada tahun 1864. Dengan luas 140 hektar. Merupakan kebun binatang pertama yang didirikan di Indonesia, membuat tempat ini begitu mengesankan untuk dikunjungi.

Sumber Instagram @rommy_herwindho_kusuma

Menariknya lagi, Kebun binatang ragunan mempunyai satwa alam paling banyak di dunia. Selain itu, tempat ini juga digunakan sebagai tempat penelitian. Selain bisa berkenalan dengan beberapa hewan, anda pun juga bisa menggunakan beberapa wahana seperti kuda tunggang. Onta tunggang, perahu angsa dan kereta keliling. Nikmati, pengalaman menarik di objek wisata ini.

18. Danau Setu Babakan

  • Alamat: Jl. Mohammad Kahfi II, Srengseng sawah Jagakarsa, Rt.10/Rw.08, Jakarta selatan, DKI. Jakarta 12630
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 07:00 – 23:00
  • Maps: Klik Disini

Objek wisata ini didirikan pada tanggal 18 Agustus 2000. Tujuan utama didirikannya objek wisata ini adalah sebagai pembudidayaan untuk budaya betawi yang perlahan semakin tergerus. Awal dari tempat wisata di Jakarta ini adalah sebuah pemukiman masyarakat betawi.

Sumber Instagram @chica.riza

Setelah mengalami pembangunan, tempat ini pun hadir dengan banyak warga dari berbagai daerah. Nah, sebelum di bentuk sebagai objek wisata, kampung ini sudah punya danau nan cantik. Hanya saja, banyak cerita aneh dan angker menyelimuti tempat ini.

Seiring berjalannya waktu, tempat ini pun sudah berkembang dan hadir dengan berbagai wahana menarik seperti bebek air yang bisa di kayuh seperti sepeda. Berkeliling danau dengan wahana ini memang sangat menyenangkan. Kapasitas perahu ini hanya 2 orang saja.

Bagi anda yang ingin menikmati danau dengan romobongan sudah disediakan perahu naga dengan kapasitas kurang lebih 20 orang. Dengan harga hanya 10 ribu rupiah untuk sekali jalan. Jangan lupa pula menikmati berbagai macam menu kuliner di tempat ini seperti kerak telur dan toge goreng.

19. Taman Langsat Mayestik

  • Alamat: Jl. Barito,  Mayestik, Rt. 03/Rw. 01, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12130
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 06:00 – 18:00
  • Maps: Klik Disini

Masih ingat dengan film horor dengan judul taman langsat mayestik. Ya, film tersebut bercerita tentang keangkeran tempat ini. Taman langsat memang di kenal dengan cerita-cerita horror bahkan, pukul 5 sore saja tempat ini sudah akan ditutup. Walaupun, penuh dengan berbagai misteri. Namun, tempat wisata ini pun mempunyai cerita indah juga.

Sumber Instagram @Fiveone.decoration

Tempat wisata di Jakarta ini mempunyai fasilitas jogging track dengan panjang lintasan kurang lebih 750 meter. Menariknya lagi, tempat ini memiliki perbukitan kecil di sepanjang taman. Objek wisata yang juga disebut dengan Hidden park ini mempunyai fasilitas untuk pengunjung lanjut usia lho.

Objek wisata ini pun juga banyak dikunjungi lantaran mereka menginginkan spot foto. Ada banyak sekali spot sehingga, banyak pengunjung yang memanfaatkan tempat ini untuk lokasi prewed. Karena, lokasinya seperti berada di luar negeri lho. Menarik sekali bukan.

20. Museum Satria Mandala

  • Alamat: Jl. Gatot Subroto No. 14, Rt. 8/Rw.01, Kuningan Barat, Mampang, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
  • HTM: Rp 2.500,-
  • Jam Operasional: 09:00 – 14:30
  • Maps: Klik Disini

Bila anda ingin mengunjungi tempat unik di Jakarta, mungkin museum satria mandala inilah solusinya. Dimana, anda bisa melihat berbagai macam replika dan juga diorama menarik. tentang perjuangan kemerdekaan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sumber Instagram @ben_drian

Peperangan 10 november di Surabaya pun juga hadir di tempat ini. diorama selanjutnya adalah detik-detik proklamasi tahun 17 agustus 1945. Luas area tempat ini kurang lebih 56.670 meter persegi.  Museum ini pun dibangun pada tahun 1971 dan diresmikan oleh presiden soeharto pada tahin 1972.

Berada disini, anda akan disuguhkan dengan masa kemerdekaan. Benar-benar kuat dan juga kental apalagi banyak sekali replika-replika menarik. Ada juga gambar teks proklamasi dengan ukuran 12 R. dengan hasil tulisan langsung dari bapak proklamator Indonesia.

21. Museum Reksa Artha

  • Alamat: Lebak bulus I, kelurahan Cilandak Barat, kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 09:00 – 16:00
  • Maps: Klik Disini

Inilah dia tempat menarik di Jakarta yang jarang dikunjungi oleh pengunjung. Dan seakan terlupakan. Museum reksa ini memiliki berbagai macam koleksi menarik seperti, barang-barang bersejarah tentang mesin pencetakan uang. Menariknya lagi, anda tidak akan melihat uang seperti saat ini.

Sumber Instagram @museumceria

Melainkan uang seperti zaman dahulu, pada zaman kemerdekaan saat pertama kali alat pembayaran ini sah diresmikan oleh presiden. Disini, anda akan melihat mesin pencetakan uang dan juga alat potongnya yang dibuat di inggris.

22. Taman Ayodya

  • Alamat: Jalan Lamandau III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Mari melihat sejenak kebelakang dimana, dahulunya tempat ini adalah sebuah tempat bagi para penjual ikan hias dan juga penjual bunga berkumpul. Banyak sekali pengunjung mengunjungi tempat ini.  luas taman ini mencapai 7.500 meter persegi. Dan ditengahnya ada sebuah danau buatan dengan luas 1500 meter persegi.

Sumber Instagram @khusnul_khotimah031

Daya tarik lain dari tempat ini adalah hadirnya fasilitas internet nirkabel dan juga hotspot. Fasilitas lainnya adalah sudah ramahnya tempat wisata di Jakarta ini untuk para penyandang cacat. Anda juga bisa menikmati danau-danau yang sangat indah tidak hanya itu saja. Ada beberapa fasilitas menarik seperti jogging track dan juga bersepeda.

Anda pun juga bisa menikmati permainan sepatu roda. Cobalah untuk menikmati taman ayodya dengan memberi makan kepada ikan-ikan di danau ini. Atau juga menikmati air mancur nan mengesankan.

23. Museum Macan

  • Alamat: AKR Tower level MM, Jalan panjang No.5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11530
  • HTM: Rp 50.000 ( Dewasa). Rp 40.000 (Lansia dan Pelajar), Rp 30.000,- (Anak-anak)
  • Jam Operasional: Selasa – Minggu, 10:00 – 19:00
  • Maps: Klik Disini
  • No.Telp: 021 2212 1888

Inilah dia tempat wisata museum baru di Jakarta yang wajib anda kunjungi. Memang sedikit mahal dari harga museum lainnya. Pesonanya memang sangat mengesankan. Nah, singkatan dari macan ini adalah museum of modern and contemporary art in nusantara. Bisa dibilang museum macan adalah museum pertama di Indonesia yang memiliki koleksi seni modern.

Sumber Instagram @museummacan

Kurang lebih menampilkan sekitar 90 karya seni rupa modern Indonesia dan juga kontemporer dari seluruh dunia. Hadir pula infinity mirrored room yang sangat mengesankan yang berasal dari seniman jepang. Anda pasti akan terbuai berada di tempat ini.

24. Wisata Kota Tua

  • Alamat: Kawasan Kota Tua, Jl. Taman Fatahilah No. 1, Rt.07/R2.07, Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11110
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Siapa yang tidak mengenal kota tua. Wisata ini hadir di beberapa kota besar di Indonesia seperti di Semarang dan juga Surabaya. Dan menariknya kota wisata di Jakarta ini, anda akan melihat sebuah kawasan yang cukup luas dengan berbagai bangunan tua dan bersejarah tersaji di depan mata.

Sumber Instagram @awang5

Tidak hanya itu saja, anda juga bisa menikmati berbagai macam wahana seperti sepeda hias. Atau juga bisa foto dengan orang-orang yang sudah merubah dirinya menjadi manusia zaman kemerdekaan. Saat sore hingga malam tempat ini akan selalu ramai dikunjungi. Bahkan, wisata kota tua ini seakan tidak pernah tidur selalu saja ada pengunjung datang silih berganti ke tempat ini.

Selain bisa menikmati suasana kota lama anda juga bisa menikmati berbagai macam kuliner nan menarik seperti kerak telor. Ada juga rumah makan padang yang bumbu dan cita rasanya benar-benar asli padang. Menuju ke tempat wisata di Jakarta ini, anda bisa menggunakan commuter line turun di stasiun Jakarta kota dan berjalan kaki kurang lebih 500 meter.

25. Museum Fatahilah

  • Alamat: Kawasan Kota Tua, Jl. Taman Fatahilah No. 1, Rt.07/R2.07, Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11110
  • HTM: Rp 5.000,- (Dewasa), Rp 3.000,- (Pelajar), Rp 2.000,- (Anak)
  • Jam Operasional: 09:00 – 16:00
  • Maps: Klik Disini

Museum fatahilah berada di kawasan kota tua. Dan sering juga dijadikan sebagai latar belakang foto nan menarik. Disini anda bisa menikmati sebuah prasasti bersejarah yang begitu mengesankan yaitu prasati ciaruteun yang merupakan peninggalan dari kerajaan tarumanegara.

Sumber Instagram @yukianggia

Selain itu, anda juga akan disuguhkan dengan meriam si jagur, patung dewa hermes, sel tahanan dari untung suropati. Serta pangeran diponegoro yang ditahan pada tahun 1830. Disini pula anda bisa melihat berbagai macam peralatan pertukangan pada zaman dahulu.  Begitu pula dengan koleksi persenjataannya.

26. Museum Wayang

  • Alamat: Jl. Pintu Besar Utara No. 27, Rt.07/Rw.06, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11110
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 09:00 – 17:00
  • Maps: Klik Disini

Wayang adalah budaya asli Indonesia. Di berbagai daerah ada beberapa wayang dengan jenis yang berbeda. Nah, di tempat ini anda akan disuguhkan dengan beberapa koleksi wayang nan menarik untuk disimak. kurang lebih ada 5500 koleksi di dunia perwayangan yang bisa anda nikmati.

Sumber Instagram @_iqlab

Setelah melewati pintu masuk anda akan disambut dengan wayang golek gatot kaca yang bertubuh besar dan bersanding dengan istinya yang bernama pergiwa. Nah, wayang golek adalah wayang asli sunda. Dengan ciri khas berbentuk seperti boneka dan terbuat dari kayu.

Ada juga wayang golek khas kota bogor yang ditenpatkan di sebuah lemari kaca. Hadir pula wayang golek asli bandung. Hadir pula sebuah ruang terbuka bekas makam yang hadir dengan berbagai macam prasasti nama para pejabat belanda yang dimakamkan di tempat tersebut.

Ada juga boneka wayang yang berasal dari sumatera, yang berbentuk tanpa kepala.  Boneka tersebut di beri nama si gale-gale. Menariknya, di gale ini hanya dimainkan waktu upacara kematian saja lho. Wayang ini merupakan wayang asli dan merupakan sumbangan dari gubernur sumatera utara.

27. Museum Keramik dan Seni rupa

  • Alamat: Jl. Pos Kota Rt.9/Rw.02, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11110
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 17:00
  • Maps: Klik Disini

Objek wisata ini di bangun pada tahun 1870. Pada waktu itu digunakan pada masa kolonial belanda sebagai lembaga peradilan. Pada masa penjajahan jepang tempat ini pun dialih fungsikan sebagai asrama militer. Lalu, pada tahun 1967 digunakan sebagai kantor Walikota Jakarta.

Sumber Instagram @marthe_basarida

Kemudian, di tahun 1968 hingga 1975. Digunakan sebagai kantor dinas museum dan sejarah DKI. Selanjutnya di 20 agustus 1976 gedung ini digunakan sebagai gedung balai seni rupa. Dan juga digunakan sebagai museum keramik yang diresmikan oleh gubernur Ali sadikin. Lalu, mulai dari tahun 1990 sampai saat ini terus digunakan sebagai museum seni rupa dan keramik.

Disini, ada kurang lebih 500an koleksi seni rupa dengan bahan serta teknik yang dibuat berbeda. Seperti patung, totem kayu, grafis, dan juga sketsa, selanjutnya ada juga batik tulis nan menggoda siapa saja untuk membelinya.

28. Toko Merah

  • Alamat: Jl. Kali besar barat No. 11, Pinangsiang, Tambora, Rt.7/Rw.3, Roa Malaka, Jakarta Barat, DKI Jakarta, 11230
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 09:00 – 16:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 021 91633429

Dilihat dari bentuk bangunannya, toko merah memang sangat artistik. Dengan gaya akulturasi tionghoa dan juga klasik. Semua bangunan ini pun berwarna merah hati nan unik.

Sumber Instagram @yulianyp

Adanya ukiran-ukiran serta hiasan menarik yang berwarna merah. Di tempat ini anda akan disuguhkan dengan tiga lantai dengan berbagai kamar tersedia di setiap lantainya.

29. Museum Tekstil

  • Alamat: Jl. Aipda Ks Tubun Raya, No.18A, Rt.4/Rw.2, Kota Bambu Selatan, palmerah, Jakarta Barat 11420
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 09:00 – 15:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 021 5606613

Luas area museum tekstil kurang lebih 16.410 meter persegi. Resmi di buka pada 18 juli 1976. Tempat wisata di Jakarta ini merupakan museum tekstil terbesar di Indonesia. Kebanyakan anda akan disuguhkan dengan berbagai macam koleksi tekstil nan menarik untuk dijadikan sebagai latar belakang foto.

Sumber Instagram @sophie_tobelly

Nah, koleksi tekstilnya ini dibagi menjadi beberaoa bagian seperti, kain batik, koleksi peralatan untuk membuat kain, koleksi kain tenun dan juga koleksi campuran. Saat anda berada di golongan Batik, anda bisa menikmati berbagai macam batik dari berbagai daerah seperti Yogyakarta, pekalongan, solo, Madura, riau, dan berbagai macam daerah.

30. Atlantis Water Advanture

  • Alamat: Ancol, Lodan Timur, No.7, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14430
  • HTM: Rp 180.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 18:00 (Weekday), 07:00 – 20:00 (Week end)
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp : 021 29222222

Berada di tempat ini memang sangat menyenangkan. Karena, para pengunjung akan dihibur dengan berbagai macam wahana menarik dan juga asik. Diantaranya adalah dragon slide.

Sumber Instagram @imacesa16

Slide ini merupakan pengembangan dari yang ada di kanada. Dragon slide terdiri dari 3  putaran dan ditambah dengan 2 bagian bulat yang berbentuk seperti bola. Ada juga papan seluncuran yang bisa memacu adrenalin pengunjung semua. Menariknya, disini anda wajib menggunakan ban besar yang berisi 4 orang.

Kurang dengan adrenalin diatas? tenang saja, disini pun hadir dengan wahana bernama Crazy the highest and the longest slide. Dari namanya saja, anda pasti sudah bisa mengenalinya, bila wahana ini adalah sebuah papan luncur. Tertinggi dan terpanjang, dengan ketinggian 18, 6 meter dan 22, 8 meter. Panjang papan luncurnya mencapai 122 meter dan 149 meter.

Selanjutnya adalah atila, wahana kolam arus dengan arusnya yang cukup deras. Disini, anda hanya di tuntut untuk berada di atas ban. Kemudian, mengalir begitu saja menggunakan arus air. Selanjutnya adalah kolam ombak Poseidon. Nah, disini sangat menarik lantaran anda akan menikmati bagaimana rasanya di gulung ombak dahsyat di lautan.

Ombak buatan ini mempunyai tinggi 2 meter. Dengan jadwal ombaknya akan hadir pada pukul 13:00, 15:00, dan 17:00. Dengan durasinya kurang lebih 15 menit. Tidak lupa pula hadir kiddy pool 1 dan 2 untuk permainan anak-anak dijamin seru dan menyenangkan.

31. Ocean Dream Samudra

  • Alamat:  Jl. Lodan Timur No. 7, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14430
  • HTM: Rp 95.000,- (Weekday), Rp 130.000,- (Weekend)
  • Jam Operasional: 09:00 – 18:00
  • Maps: Klik Disini

Inilah dia theme park di Jakarta yang saat ini sedang populer. Hadir dengan oseanarium terbesar. Hadir dengan sekawanan lumba-lumba, singat laut, aneka satwa, kemudian, ada juga akuarium air tawar dan air laut.  Selain bisa menikmati berbagai macam pesona binatang laut. Anda juga bisa menikmati berbagai macam pertunjukan spektakuler.

Sumber Instagram @oceandreamsamudra

Seperti, sinema 4D, underwater theater dan masih banyak lagi. jangan lupa untuk cek jadwal pertunjukannya ya. Menariknya lagi di pertunjukkan scorpion pirates anda akan disuguhkan dengan setting luar biasa layaknya melawan bajak laut sungguhan. Disajikan dengan special effect nan fantastis. Sungguh, anda pasti akan sangat terkesan.

32. Alive Museum

  • Alamat: Jl. Ancol Beach City, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14430
  • HTM: Rp 100.000,-
  • Jam Operasional: 10:00 – 19:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 021 29388143

Berkunjung ke museum memang paling membosankan. Tetapi, tidak bila anda mengunjungi alive museum ini. Tempat wisata di Jakarta ini menghadrikan berbagai macam trik ilusi 3d nan mengesankan. Dibagi menjadi berbagai macam zona, seperti Fantasi, dark road, horror dengan berbagai macam kengerian di dalamnya.

Sumber Instagram @ancoltamanimpian

Zona ekstrim, sirkus, dan travel dengan monumen nasional yang menjadi ikon kota Jakarta tampak selalu diburu. Menariknya lagi, alive museum tidak hanya hadir di Indonesia saja. melainkan, hadir juga di berbagai negara. Saat ini sudah ada di 12 negara di Asia. Disini pula anda juga bisa menyaksikan patung lilin.

Konon katanya, patung lilin ini di ambil dan di buat langsung dari korea lho. Ada beberapa tokoh dunia yang di buat disini. Cobalah untuk foto bersama hasilnya pasti akan terlihat sangat nyata, sungguh mengesankan sekali memang berada di objek wisata ini.

33. Pantai Ancol

  • Alamat: Pantai Ancol, Jakarta Utara, DKI Jakarta
  • HTM: Rp 25.000,-
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Jakarta memang kota nan panas tetapi, disini pula tersembunyi objek wisata pantai nan mengesankan. Pantai ancol adalah tempat wisata di Jakarta yang selalu jadi tujuan warga Jakarta untuk menghabiskan hari libur. Dibagi menjadi beberapa bagian, membuat tempat ini memang tidak boleh dilewatkan.

Sumber Instagram @hermawan.julianto

Biasanya pada saat momen tertentu, kawasan pantai ancol ini akan digunakan untuk acara dengan menghadirkan berbagai artis nasional. Disini pula, anda bisa menikmati bagaimana indahnya pemandangan matahari terbenam nan romantis.

34. Hutan Mangrove Pantai Indah kapuk

  • Alamat: Jl. Garden House Rt.8/Rw.1, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, DKI Jakarta, 14470
  • HTM: Rp 25.000,-
  • Jam Operasional: 07:00 – 18:00
  • Maps: Klik Disini

Taman wisata alam angke jakarta ini menjadi salah satu alternative bagi anda yang membutuhkan tempat dengan nuansa alam nan elegan. Udara sejuk dengan hembusan angin sepoi-sepoi akan menyambut anda saat menginjakkan kaki untuk pertama kalinya. Luas dari mangrove sendiri kurang lebih 99 hektar.

Sumber Instagram @liefukpau

40 persen dari luas tempat ini digunakan sebagai konservasi bakau. Di area ini anda akan menemukan jembatan penyeberangan terbuat dari kayau dan sedikit renggang. Berjalan disini memang membuat jantung berdebar. Tetapi, cukup menyenangkan. Tidak heran bila beberapa pengunjung akan datang kesini untuk mengambil beberapa spot foto.

Tidak hanya untuk spot selfie saja. Melainkan, digunakan juga untuk tempat prewedding. Tidak berlebihan memang lantaran pesonanya sungguh amat mengesankan. Pihak pengelola pun juga sudah menyediakan perahu bagi anda yang ingin pergi berkeliling hanya dengan membayar 250 ribu rupiah untuk 6 orang.

35. Rumah Si Pitung

  • Alamat: Jl. Kampung Marunda Pulo, Rt.02/Rw.07, Cilincing, Jakarta Utara, DKI Jakarta
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 17:00
  • Maps: Klik Disini

Siapa yang tak kenal si pitung. Jawara silat berasal dari Betawi ini memang semakin popular setelah difilmkan. Nah, saat ini si pitung pun mempunyai rumah yang dijadikan sebagai objek wisata. Dimana, mempunyai arsitektur bergaya bugis. Bentuknya adalah rumah panggung sesuai dengan kondisi Jakarta utara yang ternama dengan banjir rob nya.

Sumber Instagram @kaniatami

Rumah ini pada tahun 1972 di beli oleh pemerintah DKI dan dijadikan sebagai cagar budaya. Isi dari interior disini hanya lah sebuah replika semata. Lantaran, rumah si pitung aslinya sudah hancur dan lapuk dimakan oleh waktu. Maklum saja, rumah ini sudah ada sejak zaman penjajahan belanda.

36. Pelabuhan Sunda Kelapa

  • Alamat: Jl. Maritim I, Rt.11/Rw.8, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14430
  • HTM: Rp 2.500,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Pada abad ke 12 pelabuhan sunda kelapa menjadi pelabuhan terbesar karena, mengangkut banyak barang dagangan dari dan ke luar negeri. Berlatar belakang sejarah panjang itulah membuat kawasan sunda kelapa saat ini banyak dikunjungi oleh pengunjung.

Sumber Instagram @ihsansam

Biasanya adalah mereka komunitas fotografi. Pesona kapal-kapal yang besandar di tempat ini memang tidak boleh untuk dilewatkan. Kapal phinisi, dan berbagai jenis lainnya hadir mengesankan betapa megahnya sunda kelapa.

37. Waduk Pluit

  • Alamat: Jl. Inspeksi No. 281, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, DKI. Jakarta 14450
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Siapa yang tidak mengenal waduk pluit? Tempat wisata di Jakarta ini ternyata mempunyai rona nan mengesankan. Nah, adakah yang tahu sejarah nama dari tempat wisata di Jakarta ini? nama pluit sendiri ternyata diambil dari  bahasa belanda yait fluitschip.

Sumber Instagram @kou.sidjabat

Artinya adalah kapal layar dengan bentuk panjang dan juga lunas yang ramping. Nah, waduk ini sendiri ternyata sudah di bangun sejak zaman colonial belanda. Sebelum menjadi sebuah waduk, tempat ini adalah sebuah rawa. Kemudian, oleh pemerintha belanda dibangun supaya lebih rapid an enak dipandang.

Kemudian, pemerintah belanda meletakkan kapal het white  paert yang sudah tidak layak lagi. karena kehadiran kapal tersebut. Tempat ini pun dinamakan dengan pluit. Tahun 2009 waduk pluit kembali diperhatikan dengan pembersihan enceng gondok. Dibangun dan diberi beberapa fasilitas tambahan yang bisa digunakan untuk masyarakat sekitar dan objek wisata baru.

38. Taman Mini Indonesia Indah

  • Alamat: Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta,
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 07:00 – 22:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 021 87792078

Taman Mini Indonesia Indah adalah objek wisata yang namanya sudah terkenal hingga ke penjuru nusantara. Bahkan, tempat ini menjadi tujuan utama study tour beberapa siswa-siswi baik menengah pertama maupun menengha ke atas. Menariknya disini hadir dengan anjugan daerahnya.

Sumber Instagram @rdhkhpsr

Ada kurang lebih 33 rumah adat dari 33 propinsi di Indonesia. Sebagai replika dari indonsia ada sebuah danau arsipel yang menunjukkan luas wilayah negeri ini yang kaya akan lautnya.  Selain itu, anda juga bisa menikmati taman rekreasi yang hadir dengan berbagai macam wahananya.

Ada taman kaktus dengan berbagai jenis pohon kaktus nan esoktis. atau juga dengan taman apotek hidup. semua obat-obatan herbal yang diperlukan oleh tubuh tersedia disini. Mau melihat keseluruhan tmii dari atas ketinggian. Jangan lewatakan fasilitas kereta gantung yang menjadi favorit sebagian besar pengunjung yang datang ke tempat ini.

Mau melihat harumnya Bungan melati, silahkan berkunjung ke taman melati. Disini pula kerap digunakan sebagai tempat untuk pesta kebun lantaran mampu menampung kurang lebih 500 an orang.  Selain itu, anda juga bisa belajar bagaimana caranya menanam pohon melati dan membudidayakannya.

Apalagi, melati sudah ditetapkan sebagai bunga nasional atau puspa bunga pada tahun 1994. Nikmati juga kolam air mancur, patung dewi melati, serta bangku taman.

39. Rumah Si Doel

  • Alamat: Gg. Musholla, Rt.12/Rw.3, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12440
  • HTM: Sukarela
  • Jam Operasional: Minggu – Kamis (08:00 – 16:00)
  • Maps: Klik Disini
Sumber Instagram @nurogoteguh

Masih ingat dengan sinetron fenomenal si doel? Nah, lokasi syuting si doel dengan rumah khasnya itu sekarang bisa dikunjungi lho. Lengkap dengan oplet dan juga sepeda. Saat anda berkunjung ke sini, suasana dan nuansa sinetron si doel akan sangat terasa sekali.

40. Cibugary

  • Alamat: Jl. Peternakan Raya Blok C, No. 12, Rt.01/Rw.02, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13680
  • HTM: Rp 25.000,- – Rp 40.000,-
  • Jam Operasional: 09:00 – 17:00
  • Maps: Klik Disini

Sebelum menjadi agrowisata tempat ini dahulunya adalah peternakan sapi. Dimana, pemiliknya bernama pak rhamat mendapatkan sebuah warisan dengan mengelola kurang lebih 2 ribu sapi setiap harinya. Kemudian, dari sapi-sapi ini pak rahmat menyetor sususnya ke berbagai macam koperasi.

Sumber Instagram @cibugary

Nah, seiring bertambah pesatnya dunia pariwisata, pak rahmat pun mencoba untuk membangun agrowisata. Tujuannya adalah untuk memberikan edukasi kepada para pengunjung bagaimana susu sapid an cara pemeliharaannya. Disini, anda akan dituntut menjadi seorang peternak sungguhan.

Dengan memberikan mkan kepada sapi, memandikannya. Tidak hanya sapi potong saja, di cibugary juga tersedia sapi perah. Sehingga, anda bisa membedakan kedua jenis sapi ini. di tempat ini sudah ramah dengan fasilitas untuk anak-anak lho, seperti pemainan perosotan ayunan dan masih banyak lagi.

41. Museum Asmat

  • Alamat: Ceger, Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13820
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 09:00 – 16:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 021 8409213

Indonesia memang mempunyai berbagai macam suku bangsa. Termasuk suku asmat yang berada di Papua. Nah, di tempat taman mini Indonesia Indah. Sudah hadir sebuah wahana baru dengan nama museum asmat.

Sumber Instagram @AnitaMaylani

Museum ini terdiri dari, tiga bangunan utama yang menyerupai rumah panggung segi delapan. Disini anda bisa menyaksikan ruang pamer benda dan kebudayaan asli dari suku asmat. Ada alat bercocok tanam, alat dapur, alat pemujaan, seni ukir, dan juga berbagai macam alat musik.

42. Taman Reptilia

  • Alamat: Jl. Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13820
  • HTM: Rp 25.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 16:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 021 8409307

Disinilah anda bisa menikmati berbagai macam satwa langka. Mulai yang masih hidup atau juga sudah diawetkan sehingga, hanya berbentuk sebuah replika saja. Disini pula anda bisa menikmati seekor komodo yang telihat sangat baik dan jinak. Ada juga gajah, harimau dan juga beruang.

Sumber Instagram @luvputri

Tidak hanya itu saja tetapi, ada juga kupu-kupu, keong, kerang, kepiting, yang diambil dari seluruh penjuru nusantara. Jangan juga melewatkan hewan beruas seperti, kaki seribu, laba-laba dan juga kalajengking.

43. Taman Banjir Kanal Timur

  • Alamat: Jl. Kolonel sugiono no. 107, Rt. 18/ Rw. 6, Pondok bambu, duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13430
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: klik Disini

Tempat wisata di Jakarta ini bukan hanya digunakan sebagai penangkal banjir saja. tetapi, hadir juga sebagai sarana pariwisata. Memiliki luas 207 meter persegi.

Sumber Instagram @banununab

Cobalah datang pada sore hari. Karena, pesona dan pemandangannya akan sangat mengesankan. Selain itu, sudah tersedia para penjual makanan dan juga minuman nan menarik untuk dinikmati.

44. Museum Air Tawar dan Dunia Serangga

  • Alamat: Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta13820
  • HTM: Rp 30.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 17:00
  • Maps: Klik Disini
Sumber Instagram @tamanrekreasi_wiladatika

Saat berada di tempat ini anda akan disuguhkan dengan berbagai macam ikan air tawar di dalam sebuah akuarium besar. seperti ikan wader dan tapah. Tidak hanya dari dalam negeri saja melainkan juga dari luar negeri seperi ikan piranha, kupu-kupu.  Dengan luas kurang lebih 5 hektar. Ada juga danau buatan yang terletak di samping danau ini.

45. Tugu Monas

  • Alamat: Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 22:00
  • Maps: Klik Disini

Inilah dia ikon dari kota Jakarta. Tugu monas yang konon katanya apinya di balur dengan  emas 24 karat. Nah menariknya, tempat ini dulunya menjadi pertentangan oleh beberapa mahasiswa pada zamannya. Waktu itu mereka berpikir bahwa tugu ini merupakan sebuah pemborosan negara.

Sumber Instagram @d_file

Selain itu, nama dari tugu monas ini beberapa kali sempat melakukan pergantian seperti lapangan gambir, lapangan ikada, lapangan merdeka dan masih banyak lagi. emas yag berada di puncaknya ini merupakan sumbangan dari saudagar yang berasal dari aceh. Beliau, menyumbang kurang lebih 28  kilogram.

Menariknya lagi, anda bisa melihat seluruh pemandangan kota Jakarta dari atas tugu ini. walau, untuk meraihnya begitu sulit lantaran antrian panjang akan tersaji di depan mata. sungguh luar biasa sekali memang daya magis objek wisata ini.

46. Taman Suropati

  • Alamat: Jl. Taman Suropati, Rt.05/Rw.5, Menteng, DKI Jakarta 10310
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Taman di Jakarta ini memang esoktis dengan konsep taman tropis yang berada di tengah kota. Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam tanaman seperti, mahoni, chrysophilium, sawo kecik, terminalia, pohon ketapang, pohon tanjung, pohon bungur, pohon khaya.

Sumber Instagram @iamfernandoreza

Luas taman ini sendiri mencapai 16.328 meter persegi. Dibagi menjadi 1.173 meter perseginya adalah tanaman hias. Dimana, ada patung diponegoro yang berdiri gagah disana. Tempat wisata di Jakarta ini mengalami renovasi dengan ditambahnya jogging track dan pemasangan bangku-bangku, agar semakin memanjakan para pengunjung yang datang kemari.

47. Museum Gajah

  • Alamat: Jl. Merdeka Barat No. 12, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta
  • HTM: Rp 5.000,- (Dewasa), Rp 2.000,- (Anak)
  • Jam Operasional: 08:00 – 16:00 (Senin – Jumat), 08:00 – 17:00 (Sabtu dan Minggu)
  • Maps: Klik Disini

Dinamakan sebagai museum gajah karena di depan museum terdapat sebuah patung gajah yang merupakan pemberian dari Raja Thailand pada tahun 1872. Disini, anda bisa melihat berbagai macam arca dari berbagai zaman kerajaan masa lampau. Dirancang dengan menggunakan gaya klasisme yang merupakan adaptasi dari bangunan bergaya eropa.

Sumber Instagram @veronika.desi

Karena berisi arsip-srsip nasional baik dari zaman kemerdekaan hingga mundur kebelakang sampai zaman pertama kali kerajaan ada di Indonesia. Maka, nama museum gajah pun diganti dengan museum nasional.

48. Pasar Baru

  • Alamat: Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Inilah dia pusat perdagangan tertua yang ada dijakarta, maklum saja, pasar ini sudah hadir sejak zaman VOC. Daya tarik dari tempat ini adalah sebuah gapura yang konon katanya usia sudah ratusan tahun lho. Oleh Karena itu, jangan heran bila banyak pengunjung akan foto didepannya.

Sumber Instagram @aldy_yansyahh18

Disini, anda akan dihibur dengan wisata belanja yang begitu lengkap. Hadir berupa kios-kios dengan harga yang mungkin masih bisa anda tawar. Kualitasnya pun tidak perlu di tanya. Sudah tentu bagus. Dan dijamin awet serta fashionable. Tidak hanya untuk kaum muda saja, tetapi kaum tua pun tersedia lengkap.

49. Museum Sumpah Pemuda

  • Alamat: Jalan kramat Raya No. 106, kwitang, Senen, Rt.02/Rw.09, Jakarta Pusat 10420
  • HTM: Rp 2.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 16:30
  • Maps: Klik Disini

Masih ingat dengan momen sumpah pemuda bukan? Nah, saat ini anda bisa mengenang dan belajar banyak tentang sejarah momen ini di museum sumpah pemuda. Disini, anda akan disuguhkan dengan diorama, video, gambar bagaimana perjalanan para pemuda berjuang memperjuangkan kemerdekaan.

Sumber Instagram @street_potret21

Pada pintu pertama, anda akan disuguhkan dengan pengenalan dari museum. Kemudian, memasuki pintu kedua anda akan disuguhkan dengan organisasi kepemudaan. Di ruang pengenalan anda sudah di bawa ke zaman dimana para pemuda ini berkumpul ke sebuah rumah untuk mencetuskan sumpah pemuda.

50. Taman Ismail Marzuki

  • Alamat: Jl. Cikini raya No. 73, Menteng, Cikini, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, 10330
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 07:00 – 16:00 (senin – kamis), 07:00 – 16:30 (jumat)
  • Maps: Klik Disini

Berdiri pada tahun 10 november 1968 silam. Nama dari taman ini memang diambil dari seorang komponis nasional bernama ismail marzuki. Luas lahan ini kurang lebih 9 hektar dengan total luas 72000 meter persegi. Nah, disini anda bisa menikmati sejuknya udara di tengah kota.

Sumber Instagram @amazing_jakarta

Dilengkapi pula dengan berbagai macam pertunjukkan hewan dan juga menjadi cikal bakal dari berdirinya taman ragunan. Tempat ini pun saat ini dijadikan sebagai pusat kesenian di Jakarta. Dan juga pusat pagelaran seni yang ada di Jakarta.

51. Planetarium dan Obsevatorium Jakarta

  • Alamat: Jl. Cikini Raya No. 73, Rt.8/Rw.2, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10330
  • HTM: Rp 10.000,- (Umum), Rp 5.000,- (Pelajar/Mahasiwa)
  • Jam Operasional: 08:00 – 15:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 021 2305146

Kawasan ini didirikan pada tahun 1964. Disini anda akan menyaksikan berbagai macam koleksi benda-benda angkasa. Ada juga berbagai macam foto dan gambar yang lengkap  dari berbagai bentuk galaksi. Anda juga bisa meniikmati  berbagai macam teori tentang galaksi.

Sumber Instagram @azizah_juli02

Anda juga bisa menyaksikan berbagai macam benda langit, ada juga berbagai macam teleskop, atau juga teropong bintang. Disini ada juga area observatorium yang digunakan sebagai tempat untuk penelitian. Dan memberikan berbagai macam informasi kepada wisatawan.

52. Taman Plokamator

  • Alamat: Jl. Proklamasi No. 56, Rt.10/Rw.2, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10320
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 06:00 – 21:00
  • Maps: Klik Disini
Sumber Instagram @taliutam

Tugu ini  berada di tanah lapang yang berada di kompleks taman proklamasi. Disinilah pertama kali naskah proklamasi dibacakan. Di tengah-tengah dua patung proklamator ini dengan lempengan batu marmer hitam. Susunan tersebut dibentuk mirip dengan  naskah ketikan aslinya.

53. Museum Taman Prasasti

  • Alamat: Jl. Tanah Abang I No. 1, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Kota, DKI Jakarta
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 09:00 – 15:00
  • Maps: Klik Disini

Memang tempat ini bisa dibilang cukup menakutkan tetapi, juga mengesankan lantaran museum ini masih banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan. Pertama kali yang akan dilihat pengunjung adalah dua kereta jenazah. Setelah melewati pintu masuk anda akan melihat berbagai macam bentuk nisan.

Sumber Instagram @rigbymordecay

Ada juga sebuah lonceng, nah, menurut para penjaga di museum ini. lonceng ini merupakan sebuah lonceng kematian. Disini pun juga hadir tugu jepang. Nah, di depan tugu ini, ada sebuah batu nisan yang berbentuk seperti sebuah rumah. Ini adalah makam dari A.J.W. Van Delden yang merupakan ketua perdagangan VOC dan juru tulis Indonesia Timur.

54. Wisata Balai Kota Jakarta

  • Alamat: Jl. Merdeka Barat Selatan No 8-9, Rt.11/Rw.2, Gambir, Jakarta Pusat, 10110
  • HTM: Rp 2.000,-
  • Jam Operasional: 09:00 – 17:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 021 3822255

Mau melihat lebih dekat bagaimana aktifitas gubernur. Nah, manfaatkan saja wisata Balai Kota Jakarta ini. Di tempat wisata jakarta ini, anda bisa menikmati berbagai macam arsitektur bergaya belanda.

Sumber Instagram @witassutarli

Di tempat wisata jakarta ini anda akan disuguhkan dengan Ruang transit, Ruang Penerimaan Tamu, kemudian Ruang Kerja Gubernur, Ruang Galeri foto, dan juga Ruang serbaguna. Ada pula ruang rapat pimpinan, Balai Agung, Jakarta Smart City Lounge,

55. Kampung Main Cipulir

  • Alamat: Masjid Nurul Yaqin, Jl. Gang H Sairi, No. 1A, Rt.5/Rw.12, Grogol Selatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12220
  • HTM: Rp 7.000
  • Jam Operasional: 08:00 – 16:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 021 7202868

Inilah dia tempat rekreasi yang sangat cocok bagi anak-anak untuk belajar sekaligus rekreasi. Ada berbagai macam permainan dan outbond. Menarik seperti, Flying fox, outbond area, perahu paddler, Camping gorund, serta labirin yang sangat mengesankan seperti halnya labirin yang ada di malang.

Sumber Instagram @kampungmaincipulir

Ada juga atv, tunggang kuda, water playgorund,  kolam renang, kolam pancing, serta lapangan futsal bagi mereka yang menyukai olahraga tersebut.  Tempat ini, juga hadir berbagai macam fasilitas menarik seperti saung-saung untuk anda bersantai.

56. Dufan

  • Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, Rw. 10, Kota Tua, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14430
  • HTM: Rp 200.000 (Reguler weekday), Rp 295.000,- (Weekend)
  • Jam Operasional: 10:00 – 18:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 021 29222222

Inilah dia theme park yang sangat menarik untuk dinikmati. Ada berbagai macam wahana permainan seperti roller coaster. Sudah dibuka pada tahun 29 agustus 1985. Nah, tempat ini juga menghadirkan berbagai macam promo nan menarik untuk para pengunjung.

Sumber Instagram @infodufan

Ada beberapa kawasan yang bisa dinikmati seperti, kawasan kalila, kawasan Indonesia,Kawasan eropa, kawasan hikayat, kawasan fantasi yunani, Amerika, istana, dan juga Asia.

57. Taman Situ Lembang

  • Alamat: Jl. Lembang Terusan D-59, Rt.06/Rw.05, Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta12910
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini
Sumber Instagram @rossyrostiawati

Taman ini berada di tengah kota dengan suasana dan nuansa yang sangat mempesona. Disini pun anda juga bisa menikmati berbagai macam pemandangan tersaji. Ada hamparan rumput hijau nan mengesankan akan terhampar luas disini. Hadir juga pemandangan danau yang benar-benar menyejukkan mata.

58. Kalijodo Park

  • Alamat: Jalan Bidara Raya No.18, Rt.4/Rw.5, Penjagalan, Penjaringan, Angke, Tambora, Jakarta utara, DKI Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Pembangunan dari taman ini memang digunakan untuk ruang terbuka hijau di Jakarta. Nah, menariknya lagi tempat in memiliki fasilitas bus gratis menuju ke tempat ini. Disini, anda juga bisa menikmati berbagai macam wahana permainan permainan skate. Taman ini memang juga sangat menarik untuk anak-anak karena, banyaknya permainan anak seperti jungkat-jungkit, perosotan, dan juga ayunan.

Sumber Instagram @stevoro

Nah, tempat wisata di Jakarta ini pun dijadikan sebagai kawasan kuliner nan nikmat pada saat siang hari. Lantaran hadir dengan berbagai macam pedagang asongan yang hadir dengan berbagai macam menu makanan nan lezat dan nikmat.

59. Pantai marunda

  • Alamat: Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14150
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini
Sumber Instagram @vhian_photoart

Pantai ini merupakan objek wisata baru. Hadir dengan berbagai macam aktifitas menarik seperti area pemancingan. Disinilah, anda juga bisa menikmati pesona sunset nan mempesona. Cobalah untuk duduk di hamparan pasirnya, dan eloknya langit sore nan mengesankan.

60. Pantai pasir perawan

  • Alamat: Pulau Pari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini
Sumber Instagram @exploredolan.id

Hamparan pasir ini memang sangat lembut dan halus bagaikan sutera. Menariknya lagi, di tempat ini adalah banyak yang belum tahu, sehingga berada di tempat ini pun anda akan menikmati suasana nan berbeda. Sepertinya, pantai ini milik anda sendiri dengan pesona laut biru membiru.

61. Taman Catellya

  • Alamat: Jl. Letjen S. Parman No.99, Rt.15/Rw.1, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11430
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Luas taman ini kurang lebih 3 hektar ditumbuhi dengan berbagai macam pohon, tanaman, bunga dan juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas umum nan menarik. sebutan lain bagi tempat ini adalah taman tomang. Banyak anak-anak yang datang dan berkumpul di taman Catellya ini.

Sumber Instagram @issal74

Biasanya banyak pengunjung memanfaatkan tempat wisata di Jakarta ini sebagai tempat untuk olahraga. Selain itu, anda juga akan disuguhkan dengan fasilitas kesehatan serta kebugaran dan semua itu gratis untuk anda. Menuju ke tempat ini pun sangat mudah, anda bisa menggunakan bus way agar tidak kesasar.

62. Taman Hutan tebet

  • Alamat: Jalan Tebet Barat Raya No.41, Tebet Rt.1/Rw.4, Tebet Barat, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12810
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 05:00 – 22:00
  • Maps: Klik Disini

Taman hutan tebet adalah sebuah taman kota yang ramah bagi mereka yang ingin bersantai dan juga berolahraga. Tak jarang bila saat pagi hari, banyak pengunjung datang dengan jersey olahraga mereka. Tidak jarang pula, anak-anak kecil dengan membawa sepeda menghiasi tempat ini.

Sumber Instagram @cahyakusdinar

Pepohonan tinggi dan sedikit rapat membuat suasana di tempat wisata di Jakarta ini terasa sangat sejuk dan meneduhkan. Apalagi, bila anda mencoba berkunjung pada siang hari. Sinar matahari enggan masuk lantaran lebatnya pepohonan ini. berada di bawahnya akan menghadirkan kesejukan yang abadi.

63. Taman Menteng

  • Alamat: Jl. HOS Cokroaminoto, Rt.3/Rw.5, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310
  • HTM: Rp 2.000,-
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Berada di pusat kota membuat taman menteng selalu menjadi pilihan kunjungan warga Jakarta. Terletak di luas lahan 2 hektar membuat para pengunjung bisa melakukan berbagai macam aktifitas nan menyenangkan. Diresmikan pada tanggal 28 april 2007. Ada 1000 pohon dengan 30 jenis tanaman hias di tanam di sini.

Sumber Instagram @_meizda

Disini juga di bangun kurang lebih 44 sumur yang digunakan sebagai sebuah resapan air. Inilah salah satu cara pula pemerintah DKI mencegah banjir di wilayah ibukota. Selain pemandangannya nan elok. Taman menteng juga dilengkapi dengan aneka macam kuliner nan menarik dan dijamin membuat anda semakin rindu dengan taman menteng.

Fasilitas lain yang bisa anda manfaatkan di sini adalah hadirnya lapangan futsal untuk pengunjung yang ingin bermain futsal. Tidak suka futsal, disini juga sudah dibangun lapangan basket. Ada juga rumah kaca yang digunakan untuk pameran seni lukis. Arena bermain, tempat nongkrong yang hanya diizinkan sampai pukul 11 malam.

Kemudian, hadir juga jogging track, kolam ikan dan air mancur, wifi, menariknya lagi, taman menteng pun dijadikan sebagai tempat untuk prewedding lho.

64. Taman Spatodheya

  • Alamat: Jl. Kebagusan Raya, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 07:00 – 17:30
  • Maps: Klik Disini

Saat pertama kali menginjakkan kaki disini, anda akan melihat berbagai macam pepohonan menjulang tinggi dan tampak sekali kemegahannya. Di hari minggu dan libur, tempat ini akan dipenuhi dengan berbagai pengunjung mulai dari anak-anak, remaja, bahkan sampai lansia.

Sumber Instagram @sirraazura

Menariknya di taman ini adalah hadirnya fasilitas gym gratis yang bisa anda manfaatkan untuk mengerakkan badan dan membentuk badan supaya lebih kekar. Sarana gym ini merupakan sumbangan dari sebuah perusahaan swasta. Jadi, jangan berharap lebih ya. Tetapi, tetap masih oke untuk digunakan.

Untuk menambah pemandangan menjadi lebih indah, hadir sebuah danau dan juga jembatan. Di danau ini, ada beberapa ikan-ikan nan imut lho. Seperti ikan mas, mujair, gabus, gurame, dan juga patin.

65. Snowbay Waterpark

  • Alamat: Kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jln Pintu II, Jakarta Timur, DKI Jakarta
  • HTM: Rp 140.000 (Week day), Rp 180.000 (Week end)
  • Jam Operasional: 09:00 – 18:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 021 877 835 30

Inilah dia salah satu tempat favorit bila anda mengunjungi taman mini Indonesia indah. Ada berbagai macam wahana di sini yang bisa ada nikmati bersama dengan keluarga seperti, tube coaster. Wahana ini memang menuntut adrenalin anda. Dimana, anda akan meluncur dari ketinggian kurang lebih 14 meter.

Sumber Instagram @snowbaywaterpark

Dengan menggunakan sebuah ban dan berkecepatan tingg. Bisa sendiri atau juga berdua dengan teman. Selanjutnya adalah snow beach. Kolam besar dengan kedalaman kurang lebih 2 meter ini memiliki 7 gelombang nan berbeda. Mau memacu adrenalin yang lebih lagi. cobalah untuk merasakan pesona wahana hurricane. Masih banyak lagi wahana-wahana menarik dan memaksa jantung anda untuk bekerja dengan cepat.

66. Museum bahari

  • Alamat: Jl. Pasar Ikan No.1, Rt.11, Rw.4, Penjaringan, Jakarta Utara, 10120
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 09:00 – 16:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. telp; 021 6693406

Museum bahari adalah tempat wisata di Jakarta yang mempunyai berbagai macam koleksi. Kurang lebih ada 126 koleksi benda-benda sejarah kelautan. Khusunya kapal-kapal dagang internasional di masa lalu. Anda juga bisa menyaksikan kurang lebih 19 perahu yang masih asli serta 7 buah miniatur.

Sumber Instagram @agramphotowork

Disini pula anda bisa menyaksikan teks lirik lagu masa lalu dengan judul nelayan satu Madura. Ada juga miniatur kapal pinisi nusantara, nah kapal ini adalah kapal tradisional yang dimiliki oleh suku bugis. Selain kapalnya, anda juga bisa menikmati teropong, radar, dan juga kompas.

67. Museum Tengah Kebun

  • Alamat: Jl. Kemang timur raya No.66, Rt.7, Rw.3, Bangka, Mampang, Jakarta Selatan, DKI  Jakarta 12730
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 021 7196907

Banyak pengunjung yang tidak tahu bila di jakarta mempunyai museum ini. maklum saja, karena, mengunjungi tempat ini anda wajib melakukan reervasi terlebih dahulu. Minimal 7 orang dan maksimal adalah 12 orang. Disini anda akan disuguhkan dengan luas kebun yang mencapai 60 meter dengan lebarnya mencapai 7 meter.

Sumber Instagram @althesia

Nah, di taman ini anda akan melihat berbagai macam tanaman nan menarik. hijaunya tempat ini memang mampu mencuci mata anda. Oleh Karena itu, ada yang menyebut tempat ini sebagai lorong waktu.  Disini pun hadir dengan berbagai macam fosil pohon nan mengesankan yang berasal dari massa Triassic yang hadir 248 juta tahun yang lalu.

68. Museum Keprajuritan

  • Alamat: Taman Mini Indonesia Indah, Jl. Raya Taman Mini, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13820
  • HTM: Rp 4.000,-
  • Jam Operasional: 09:00 – 16:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 021 8401080

Museum ini berdiri pada tanggal 5 juli 1987. Latar belakang dibangunnya museum ini adalah untuk mengenang jasa para pahlawan kepada generasi penerus. Luas museumnya mencapai 4,5 hektar. Luas bangunannya kurang lebih 7.545 meter persegi.  Di tempat ini anda bisa menikmati kurang lebih 23 patung.

Sumber Instagram @isnawati_wati

Hadir pula meriam tiruan serta patung pahlawan yang telah memperjuangkan segala darahnya untuk negeri ini.  kondisi perang zaman dahulu bisa anda nikmati dengan melihat berbagai macam diorama yang sudah disuguhkan di tempat ini. perang-perang besar seperti perang Lombok, perang bali dan masih banyak lagi. Nah, di tempat ini pun juga hadir dengan berbagai macam cerita misterinya lho.

69. Pondok Indah waterpark

  • Alamat: Pondok indah Mall, Jl. Metro Pondok Indah, Rt.01/Rw.16, Kelurahan Pondok Pinang, kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12310
  • HTM: Rp 100.000,- (Weekday), Rp 150.000,- (Week end)
  • Jam Operasional: 06:00 – 21:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 021 7506750

Waterpark selanjutnya adalah pondok indah yang mempunyai berbagai macam wahana permainan nan mengesankan. Seperti halnya, Olympic pool. Di wahana ini anda akan disuguhkan dengan kolam renang yang mempunyai panjang 50 meter dengan kedalaman kurang lebih 114 hingga 146 cm.

Sumber Instagram @cheltagram

Selanjutnya adalah aqua play, wahana ini memang dikhususkan untuk anak-anak dengan kedalaman kurang lebih 0,3 meter. Wahana ini di buat cukup unik dengan kepala Viking. Berukuran raksasa dengan nuansa biru. Selanjutnya adalah tube slide. Anda bisa meluncur dari ketinggian 5 meter dengan berbagai macam kelokan. Dan panjang lintasannya mencapai 100 meter.

Whizzard slide jangan sampai dilupakan ya, karena ada 4 slide yang bisa anda nikmati disini pula anda juga bisa balapan seluncur lho. Ada juga lazy river dimana, anda hanya akan berada di sebuah ban dan mengikuti arus air. Dan masih ada banyak lagi wahanan menarik yang bisa dinikmati.

70. Taman Tabebuya

  • Alamat: Jl. Moh Kahfi, No.1, Rt.1/Rw.2, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12830
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Taman ini memang sangat cantik dan fantastik. Hadir dengan danau yang ditumbuhi dengan pohon teratai. Disini sudah disediakan berbagai macam gazebo bagi anda yang ingin beristirahat dan mungkin bercengkrama dengan sahabat atau juga keluarga.

Sumber Instagram @nanibram

Hadir juga dengan berbagai macam fasilitas bagi anda yang ingin melakukan olahraga seperti yoga, perlatan fitness dan juga jogging track. Tempat ini memang sangat mengesankan. Saking mengesankannya banyak pengunjung yang terkadang menggunakan tempat wisata di Jakarta ini sebagai lokasi prewedding.

71. Klenteng Jin De Yuan

  • Alamat: Jl. Petak Sembilan Rt.1/Rw.6, Kota Tua, Pinangsia, Taman sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11230
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini
Sumber Instagram @vandaanindita

Bisa dibilang klenteng inilah yang menjadi klenteng tertua di Jakarta. Di bangun pada tahun 1650. Didirikan oleh letnan tionghoa bernama kwe hoen. Nah, klenteng ini pun dihiasi dengan warna emas dan juga merah. Sehingga, sangat pas sekali bila dijadikan sebagai salah satu tempat selfie.

72. Museum Pusaka

  • Alamat: Taman Mini Indonesia Indah, Jl. Raya Taman Mini, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13820
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 16:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 021 8404155

Berada di museum ini, anda bisa menikmati salah satunya adalah keris. Seperti diketahui bila, senjata ini sudah ditetapkan unesco sebagai warisan dunia. Selain keris anda juga bisa menikmati berbagai macam benda pusaka dari berbagai daerah. Luas museum ini sendiri mencapai 3.800 hektar dengan koleksi yang mencapai 5000 keris.

Sumber Instagram @kuntumfarmfiled

Satu keunggulan dari museum pusaka ini adalah koleksi keris dari majapahit. Yang terbuat dari besi, baja, dan juga batuan meteor dengan berat 160 gram dengan panjang kurang lebih 34 cm.

73. Jakarta Aquarium

  • Alamat: Jl. Letjen S Parman, Kav. 28, Rt.03/Rw.05, Tanjung Duren Selatan. Grogo; Petambunan, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11470
  • HTM: Rp 125.000 – Rp 150.000,- (Anak), Rp 150.000,- – Rp 200.000,- (Dewasa)
  • Jam Operasional: 10:00 – 20:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 021 1500212

Luas dari tempat ini adalah 7000 mter persegi. Dimana, anda akan disuguhkan dengan berbagai macam atraksi menarik yang dikemas dengan sangat modern. Dan sangat edukatif. Selama berada di tempat ini anda akan ditemani dengan 2000 satwa cantik  dari 600 jenis satwa endemik.

Sumber Instagram @jakartaaquarium

Nah, disini pula anda bisa menikmati secara langsung pertunjukan menarik dari satwa-satwa ini di atas panggung, melihat apa yang mereka lakukan memang sangat mengesan kan sekali. Rasanya enggan untuk beranjak dari tempat ini.

74. Taman Wisata Lebah

  • Alamat: Kompleks Buperta Cibubur, Jakarta Timur, DKI Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 08:00 – 16:00 (Minggu – Kamis), 08:00 – 13:00 (Jumat)
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 021 8445104
Sumber Instagram @faniika22

Disini anda akan disuguhkan bagaimana caranya membuat madu langsung dari lebahnya. Hadir pula dengan 5 saung yang biasa dimanfaatlan untuk para pengunjung membuat madu. Semua pengtahuan tentang lebah akan anda nikmati saat mengunjungi tempat ini.

75. Pulau Kelor

  • Alamat: Pulau Kelor, Kepulauan seribu, DKI Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Inilah dia, gugusan dari kepulauan seribu yang tidak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke Jakarta. Menariknya dari pulau kelor adalah hadirnya sebuah dermaga yang biasanya digunakan untuk persinggahan kapal.

Sumber Instagram @tarinaminusta

Nah, mengapa bisa pulau ini disebut dengan kelor. Coba anda ambil drone dan tepatkan drone tersebut tepat di atas pulau ini. maka, anda akan melihat sebuah penampakan daun kelor. Oleh karena itu, tempat ini disebut dengan pulau kelor.

Pasir putihnya memang sangat mengesankan. Jangan lupa membawa kamera mumpuni karena, setiap sudut di tempat ini memang benar-benar luar biasa indahanya. Karena rugi sekali bila tidak anda masukan ke dalam foto dan gambar.

76. Pulau Onrust

  • Alamat: Pulau Onrust, Kepulauan Seribu. DKI Jakarta
  • HTM: Free
  • Jam Operasional:24 jam
  • Maps: Klik Disini

Satu lagi pulau yang memang harus dikunjungi saat berada di kota Jakarta, memang sih, pulau onrust sedikit terpincil. Tetapi, pesonanya tidak kalah elok dengan berbagai macam pulau di Jakarta.  Bahkan bisa dibilang tempat ini memang sangat mengesankan. Dan akan membuat anda tercengang.

Sumber Instagram @infiatravel

Menariknya di sini adalah hadir dengan 19 titik selam. Mengesankan bukan? Dimana, bawah lautnya pulau onrust memang sangat mempesona. Terumbu karang, dan ikannya terkadang mampu anda ajak kenalan atau juga bisa daiajak foto. Sungguh, semua orang pasti akan tertegun bila melihatnya.

77. Taman Tanjung

  • Alamat: Jl. TB. Simatupang No. 111, Rt.01/Rw.08, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12520
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 05:00 – 19:00
  • Maps: Klik Disini
Sumber Instagram @dulaz_wickson

Inilah dia taman di Jakarta selatan yang sering dikunjungi oleh pengunjung apalagi saat datang sore hari. Mereka akan menikmati tempat wisata di Jakarta dengan berolahraga dan bermain bersama teman dan juga keluarga. Ada juga nuansa hijau nan mengesankan yang bisa anda jadikan salah satu background foto.

78. Istana Anak Indonesia

  • Alamat: Taman Mini Indonesia Indah, Jalan Taman Mini Indonesia indah, Cipayung Rw.2, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 09:00 – 16:00
  • Maps: Klik Disini

Ada berbagai macam permainan seru dan juga menggemaskan disini. seperti istana boneka yang diresmikan pada 20 april 1986. Disini, anda akan disuguhkan dengan berbagai macam wayang, serta peragaan aneka permainan tradisional yang mungkin saat ini sudah mulai dilupakan oleh anak-anak.

Sumber Instagram @griselda_anggrek

Di bagian belakang, anak-anak akan dihibur dengan rumah bola, terlpon ceria, keraeta api kelinci, air terjun buatan yang bikin geregetan,  dan kolam renang sendang sejodo yang mempunyai kedalaman kurang lebih 90 cm dan juga 95 cm. Serta hutan buatan yang membuat anda merasa di hutan beneran lho.

Luas tempat wisata di Jakarta ini mencapai 4 hektar. Sehingga, untuk mengelilingi tempat ini sudah disiapkan kereta kelinci yang harus merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah saja.

79. Museum perangko

  • Alamat: Taman Mini Indonesia Indah, Jalan Taman Mini Indonesia indah, Cipayung Rw.2, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 16:00 (Week day), 08:00 – 17:00 (Week end)
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 021 8409286

Dari segi namanya saja, pasti anda sudah bisa mengira bahwa disini anda bisa menyaksikan apa saja. ya, berbagai macam koleksi perangko dari zaman dahulu hingga saat ini ada disini. bahkan, koleksi perangko yang harganya mencapai miliaran rupiah pun hadir disini.

Sumber Instagram @haishacollections

Menariknya lagi, selain digunakan sebagai sebuah museum, tempat wisata di Jakarta ini juga digunakan untuk acara pernikahan lho. Sudah banyak yang membuktikan bila menikah di tempat ini memang sangat mengesankan. Karena nilai sejarahnya yang begitu tinggi.

80. Museum Transportasi

  • Alamat: Taman Mini Indonesia Indah, Jalan Taman Mini Indonesia indah, Cipayung Rw.2, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 16:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 021 84004842

Inilah dia letak dimana anda bisa melihat berbagai macam alat transportasi yang pernah digunakan di Indonesia sejak zaman dahulu. Museum ini di bangun pada tahun 1985 dan diresmikan oleh presiden soeharto pada tahun 1991.  Tempat wisata di Jakarta ini berdiri diatas lahan kurang lebih 6 hektar.

Sumber Instagram @nerdontravel

Didirikannya museum ini agar masyarakat bisa belajar bagaimana perkembangan alat transportasi di Indonesia. Pada halaman utama, anda akan disambut dengan sebuah helikopter  berwarna kuning. Dibelakangnya terdapat pesawat garuda. Menariknya, anda bisa masuk ke dalamnya lho dengan membayar uang sebesar 3 ribu rupiah.

Disini, anda bisa layaknya menjadi seorang penumpang. Duduk di kursi penumpang, menuju ke ruang kokpit dan seakan menjadi seorang pilot yang siap membawa mereka terbang ke angkasa. Hadir juga kereta api yang jadi saksi dari sejarah.

Dimana, kereta ini dahulu sempat digunakan oleh presiden soekarno untuk memindah ibukota dari jakarta menuju ke Yogyakarta. Di belakang kereta ini telah bertulis slogan yang pada saat itu mampu melecut semangat para pejuang yaitu “merdeka atau mati”.

Bagaimana lengkap sekali bukan apa yang direkomendasikan ihategreenjello untuk anda? Lengkap dan pas dijadikan sebagai salah satu daftar liburan untuk menghabiskan waktu di hari libur besama dengan teman, sahabat, saudara dan keluarga. Nah, kalau anda mau pilih kemana nih, bila berada di Jakarta? atau baca juga tentang tempat wisata di bali terbaru 

Tags

Related Articles

3 Comments

  1. artikel mengenai Tempat Wisata di Jakarta ini memang sangat lengkap dan akurat lokasinya. trimakasih mas adi atas infonya yang sangat membantu saya dalam berkeliling tempat wisata di jakarta.

  2. artikel mengenai Tempat Wisata di Jakarta ini sangat membantu saya sekali untuk berpergian dan liburan di jakarta, artikel tempat wisata di jakarta ini juga dilengkapi dengan lokasi dan tempatnya jadi sangat lengkap sudah. trimakasih mas adi

  3. Tempat Wisata Di Jakarta yang sangat menarik dan terlengkap yang pernah saya lihat, terimakasih atas artikel tentang tempat wisata jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close