Tempat WisataTempat WisataWisata Jawa TimurWisata Malang

80 Tempat Wisata di Batu Malang Terbaru, Paling Hitz, dan Biaya Masuk

80 Tempat Wisata di Batu Malang Terbaru, Paling Hitz, dan Biaya Masuk – Banyak wisatawan sepakat bila Indonesia adalah negeri yang paling indah di dunia. Salah satu propinsi yang menjadi tujuan utama adalah jawa timur. Dimana, propinsi paling ujung di jawa ini mempunyai beberapa tempat wisata nan elok. Sehingga, tak heran bila banyak pengunjung memilih tempat ini sebagai alternatif menghabiskan waktu libur mereka.

Di Jawa Timur ada satu wilayah yang memang mengesankan dan menggemaskan. Tempat tersebut mempunyai keindahan dan namanya memang sudah di kenal di seluruh penjuru nusantara serta dunia. Pantai, bukit, gunung, air terjun, museum adalah sajian yang disuguhkan oleh Malang dan Batu.

Tempat Wisata di Malang

Sejak berpisah dari kota Batu, Malang pun mempunyai berbagai macam pariwisata yang tidak kalah menariknya dan bisa dijadikan rekomendasi bagi anda saat berkunjung ke tempat ini. Mari kita simak, hasil penjelajahannya di bawah ini,

Wisata Pantai di Malang

Baiklah, mari kita mulai dari objek wisata yang berhubungan dengan pantai. Perlu diakui bila Malang saat ini sedang naik daun dengan pesona pantainya,

1. Pantai Tiga Warna

  • Alamat: Jl. Sendang Biru, Area Sawah/Kebun, Tambak Rejo, Sumber Manjing, Malang, Jawa Timur, 6517
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Pertama kali menginjakkan kaki disini anda akan melihat Pantai dengan 3 warna sekaligus. Oleh karena itu, nama dari tempat wisata di malang dan batu ini adalah Pantai Tiga Warna. Keadaannya sangat bersih dan asri, tidak akan terlihat sedikit pun sampah-sampah berserakan.

Sumber Instagram @suhendar20

Jadi, saat berada di tempat ini, jangan lupa untuk membawa semua sampah yang telah anda bawa dan buang ke tempatnya ya. Selain kebersihannya, anda juga bisa menikmati pasir putihnya nan mengesankan. Ombaknya yang cukup besar memang sedikit berbahaya. Tetapi, anda tetap aman untuk berenang dan menikmati dunia bawah lautnya.

Disini anda juga harus sedikit berhati-hati karena, banyak sekali ubur-ubur yang berkeliaran. Menikmati pantai tiga warna juga bisa dengan camping di area sekitar yang sudah disiapkan. Nah, bagi anda yang ingin pergi kesini. Mungkin harus menggunakan guide dengan membayar 100 ribu rupiah saja.

2. Pantai Sendang Biru

  • Alamat: Pantai Sendang Biru, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur 65176
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: Free
  • Maps: Klik Disini

Pemandangan nan mengesankan akan menyapa anda bila pergi ke tempat ini. Saking terpesonanya, banyak sekali komunitas fotografi akan datang dan pergi ke tempat ini apalagi, bila pada hari minggu. Tidak hanya komunitas ini saja tetapi, banyak juga pengunjung yang memanfaatkannya untuk pre-wedding.

Sumber Instagram @lingkarmalang

Cara menikmati tempat wisata di Malang dan Batu ini pun bisa dengan menyewa perahu dengan harga mulai dari 50 ribu rupiah. Anda bisa memanfaatkan perahu ini untuk berkeliling kesana, kemari. Tidak hanya berkeliling saja tetapi, anda juga bisa berkunjung ke Pulau Sempu.

Selain digunakan untuk objek wisata, pantai sendang biru juga digunakan untuk beberapa acara adat. Biasanya akan dilaksanakan pada bulan September. Pesta tersebut bernama pelik laut. Biasanya berlangsung kurang lebih selama 1 minggu lamanya. Ada berbagai macam pertunjukkan dan juga tumpeng besar.

3. Pantai Goa Cina

  • Alamat: Dusun Tampak Awu, Sitiarjo, Sumbermanjing, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65176
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Pasir Pantainya nan mempesona, di sepanjang bibir hadir dengan pohon cembirit dan juga ketapang.  Tidak hanya itu saja, tebing-tebing pun juga tampak di pinggir-pinggir pantai. Nama dari Goa Cina ini sendiri ternyata berasal dari pertapaan sebuah biksu yang dilakukan di sebuah Goa yang ada di pinggir pantai.

Sumber Instagram @lingkarmalang

Menuju ke goa ini pun anda juga harus berhati-hati. Karena, tempat wisata di malang dan batu ini pun mempunyai jalur yang cukup sempit, serta beberapa bebatuan karang. Nah, Goa ini sendiri berada di 50 meter yang berada di sisi kanan. Menariknya lagi, Pantai Goa Cina mempunyai arus yang bisa bikin geregetan.

Terdapat arus dari tiga arah yang saling bertabrakan, dan menimbulkan suara gemuruh yang sangat kental. Disini, anda juga bisa menikmati malam dengan berkemah di camping areanya.  Jangan lupa pula untuk menikmati berbagai macam menu makanan nan lezat.

4. Pantai Balekambang

  • Alamat: Jl. Balekambang, Srigonco, Batur, Malang, Jawa Timur 65179
  • HTM: Rp 15.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Berada di tempat ini pasti anda akan berpikir bila tempat wisata di malang dan Batu ini akan terlihat seperti di Tanah Lot, Bali. Hadir dengan sebuah pura nan esoktis dan mengesankan. Menuju ke tempat ini pun akan hadir dengan jembatan panjang yang bisa digunakan untuk spot selfie nan menggemaskan.

Sumber Instagram @malang_mbois

Walaupun, sedikit ke dalam. Namun, pesona di tempat ini memang benar-benar mampu mengalihkan dunia anda. Karang-karangnya dan kebersihannya adalah daya tarik utama yang tidak boleh dilewatkan. Ada Juga beberapa pulau seperti anoman, Wisanggeni, dan Ismoyo yang bisa dinikmati yang dihubungkan dengan sebuah jembatan.

Awalnya pantai balekambang adalah sebuah semak belukar yang rimbun dan tidak bisa untuk lewat. Tetapi, perangkat desa mencoba membuka jalan dan menemukan sosok Pantai Balekambang nan indah ini. Tidak jauh dari Pantai ada sebuah makam yang akan ramai dikunjungi pada bulan menjelang ramadhan.

5. Pantai Ngliyep

  • Alamat: Desa Kedungsalam, Hutan Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur 65167
  • HTM: Rp 15.000,-
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Pantai Ngliyep adalah tempat dengan pesona dan pemandangan nan menarik. Apalagi, bila harus dijelajahi. Menikmati birunya pantai dan semilir angin sepoi-sepoi. Selain itu, Tempat wisata di Malang dan batu ini mempunyai spot selfie yang bisa di bilang berbeda dari pantai lainnya.

Sumber Instagram @malangchannel

Disini pun sudah menyediakan fasilitas nan menarik seperti layanan tenda bagi para pengunjung yang ingin menginpa di camping area. Harganya pun mencapai 100 hingga 200 ribu rupiah, sudah full fasilitas. Disini pula anda juga bisa menikmati keindahan dari teluk putri yang mampu menghentikan sejenak waktu anda.

Selain digunakan sebagai objek fotografi. Pantai ngliyep terkadang juga digunakan untuk tempat prewedding. Nah, setiap tanggal 14 rabiul awal, anda bisa menikmati sajian adat istiadat yang terus dijalakan turun-temurun.

6. Pantai Kondang Merak

  • Alamat: Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Tempat wisata di malang dan batu ini mempunyai bibir pantai kurang lebih 800 meter. Dimana, hadir dengan banyak sekali karang-karang. Pada saat ombak-ombak datang menerjang. Ombak ini akan terpecahkan dengan sendirinya oleh karang-karang. Sehingga, bermain disini tidak terlalu berbahaya.

Sumber Instagram @danangsetia_Traveller

Di sela-sela karang ini anda bisa menikmati gurita kecil, ikan-ikan, kerang, dan kepiting,  Tidak hanya itu saja, anda juga bisa menikmati berbagai macam aktifitas seperti diving dan snorkeling. Menikmati bebatuan karang-karang ini memang mengesankan dan sebuah kewajiban bila anda berada di Kondang merak.

Mau berkeliling wilayah pantai? Beberapa perahu milik nelayan ini pun juga bisa di sewa  selain itu, bagi para backpacker, bisa memanfaatkan area camping yang sudah disediakan. Selain menghemat pengeluaran, menikmati malam di tempat ini memang selalu menyenangkan.

7. Pantai Sipelot

  • Alamat: Desa Pujiharjo, Tirtoyudo, Malang, Jawa Timur, 65182
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Pada zaman dahulu, pantai sipelot digunakan untuk persinggahan. Sedangkan nama sipelot sendiri berasal dari bahasa Belanda yang artinya adalah persinggahan. Nah, tempat ini juga disebut dengan pujiharjo. Lantaran, tempat ini berada di wilayah desa pujiharjo.

Sumber Instagram @amazingmalang

Ada berbagai macam pepohonan yang tumbuh di sekitar area pantai.  Sehingga, suasana dan nuansanya akan terasa sangat asri dan menyejukkan. Sepanjang perjalanan di tempat ini memang sedikit jauh. Hanya saja, selama perjalanan anda akan ditemani oleh berbagai macam keindahan.

Seperti perkebunan kopi dan pisang. Ada juga tambak udang  Nah, selain bisa menikmati pantai. Anda juga bisa menikmati pesona alam lainnya yaitu air terjun yang memang mempesona. Letaknya berada di sebelah barat pantai dengan ketinggian mencapai 10 meter.

8. Pantai Gatra

  • Alamat: Sendang Biru, Sitiarjo, Malang, Jawa Timur
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Banyak yang bilang tempat wisata di malang dan batu ini pesonanya sangat mengesankan. Apalagi, hadir dengan berbagai macam karang-karang. Sehingga, akan di bawa ke sebuah pemandangan yang mirip dengan Raja Ampat. Sungguh mengesankan memang melihat kekayaan alam Malang.

Sumber Instagram @aycilukman

Pantai Gatra juga digunakan sebagai wilayah konservasi yang dilindungi. Sehingga, anda tidak diizinkan untuk membuang sampah sembarangan. Airnya sangat bersih dan jernih sehingga, anda bisa menikmati perahu kano untuk berkeliling di area sekitar. Hanya cukup membayar 25 ribu rupiah saja lho.

Di sini juga hadir hutan mangrove dengan suasanan dan nuansa yang sangat sejuk. Anda bisa berjalan-jalan, selfie serta merasakan kedamaian dan ketenangan luar biasa. Dijamin, berada di hutan mangrove akan membuat lupa waktu.

9. Pantai Clungup

  • Alamat: Sendang Biru, Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur,
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Berada di tempat ini anda akan merasakan kesejukan dan keasrian yang luar biasa. Oleh karena itu, tidak heran bila banyak pengunjung yang menyebut bila Pantai Clungup ini adalah surga wisatanya kota Malang. Selain menikmati ombaknya yang menyenangkan, anda juga bisa menikmati bagaimana keindahan dunia bawah lautnya.

Sumber Instagram @lingkarmalang

Harganya hanya 15 ribu saja untuk menyewa berbagai macam peralatan seperti baju pelampung, alat bantu napas, dan juga kacamata. Jangan lupa menikmati kawasan mangrove di pantai clungup ini. Anda juga berkesempatan untuk berkeliling ke area Pantai

10. Pantai Wonogoro

  • Alamat: Dusun Sukorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
  • HTM: Fee
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Deretan pepohonan akan terlihat begitu asri. Ombaknya cukup besar sehingga, anda yang ingin berenang disarankan untuk hati-hati. Jangan terlalu menengah, agar tidak terseret arusnya. Menariknya disini adalah adanya pasir besi yang berkilau. Oleh karena itu, Pantai Wonogoro masih dijadikan sebagai tempat persengketaan. Antara masyarakat sekitar dengan seorang pengusaha.

Sumber Instagram @malang_mbois

Tempat wisata di Malang dan Batu ini pun juga hadir bagi anda yang menyukai aktifitas memancing. lantaran, tidak jauh dari area pantai akan hadir arus sungai yang airnya sangat jernih, berbagai jenis ikan berada di dalamnya.

11. Pantai Ngantep

  • Alamat: Dusun Sukorejo, Tumpakrejo, Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Daya Tarik dari tempat ini adalah hamparan pasir yang sangat luas panjangnya sampai 1 km. Ombaknya memang sangat besar, oleh karena itu Tempat wisata di Malang dan batu ini dimanfaatkan untuk area surfing. Panorama ini memang mengesankan apalagi, tempat ini memang belum banyak dikunjungi oleh pengunjung lain.

Sumber Instagram @senimankawul

Bagi anda yang ingin belajar surfing, tempat ini adalah salah satu tempatnya. Berada disini memang sangat menyenangkan. Lantaran, kebersihannya benar-benar terjaga dengan sangat baik. Walaupun, banyak yang mengatakan bila Pantai Ngantep ini banyak mitos dan angker.

12. Pantai Lenggoksono

  • Alamat: Purwodadi, Tirtoyudo, Malang, Jawa Timur 65182
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Punya hobi berselancar, mungkin anda bisa berkunjung ke pantai lenggoksomo ini. Hanya saja, menikmati olahraga ekstrem  ini hanya bisa dilakukan di musim-musim tertentu saja.  Dari sini pun anda bisa memanfaatkan perahu nelayan untuk berkeliling ke pantai sekitar dari lenggoksono.

Sumber Instagram @indotravel.official

Untuk sewa perahu anda harus merogoh kocek sebesar 50 ribu per orang dan nikmati pengalaman yang berbeda di tempat ini. Tidak jauh dari lenggoksono, hadir dengan teluk kletek’an dimana anda bisa menikmatinya dengan snorkeling dengan kedalaman mencapai 5 meter.

13. Pantai Wedi Awu

  • Alamat: Balearjo, Purwodadi, Titoyudo, Malang, Jawa Timur 65182
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Pantai wedi awu adalah tempat wisata di Malang dan Batu yang paling mengesankan bagi anda yang ingin menikmati ombak besar dengan berseluncur. Bisa dibilang tempat ini menjadi surganya para peselancar. Pasir disini pun sangat putih sehingga, tampak sekali mengesankannya.

Sumber Instagram @pantaiwediawu

Nah, disinilah satu-satunya tempat surfcamp sehingga, bila berkunjung ke sini, anda tidak perlu ragu untuk menginap. Karena, fasilitas di surf camp ini memang sangat lengkap dan beragam seperti, tenda, kasur yang sangat empuk, toilet bersih, dan masijh banyak lagi.

Mau mencoba olahraga ini? Anda bisa mengunjungi tempat ini dan belajar dengan komunitas-komunitas Surfing yang datang hampir setiap minggu. Selain surfing, menikmati tempat ini pun bisa dengan snorkeling, diving dan masih banyak lagi.

14. Pantai Bolu-Bolu

  • Alamat: Gunung, purwodadi, Tirtoyudo, Malang, Jawa TImur 65182
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Seperti halnya berada di pantai lenggoksono, di sini pula anda juga bisa menikmati perahu untuk berkeliling kesana-kemari. Harganya pun 50 ribu rupiah dengan kapasitas 11 hingga 12 orang. Menariknya, anda bisa menggunakan pelampung sebagai salah satu safety.

Sumber Instagram @malang_mbois

Menariknya lagi, anda juga bisa melihat bagaimana indahnya tempat wisata di malang dan batu ini. Bersihnya memang juara. Sehingga, saat berada di sini uahakan untuk membawa kembali sampah anda dan dibuang pada tempatnya. Jangan meninggalkan apa pun selain kenangan.

Janga lupa pula untuk melakukan aktifitas snorkeling. Lantaran, ikan-ikan dan karangnya sangat ramah untuk dikunjungi. Bahkan, mereka juga bisa diajak untuk foto bersama lho. Jangan lewatkan kesempatan ini ya.

15. Pantai Modangan

  • Alamat: Desa Sumberejo, Rt.41/Rw.10, Kecamatan Donomulyo. Kabupaten Malang, Jawa Timur 65167
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Nama pantai modangan beberapa bulan terakhir sedang menjadi perbincangan para nitizen di media sosial. Lantaran, keindahannya yang ternyata mampu melebihi pantai balekambang. Pantai ini berada di daerah perbatasan malang dengan blitar. Masih dalam satu wilayah area. Hanya saja, bila di blitar bernama jolosutro.

Sumber Instagram @yoiki_malang

Berada di sini anda akan betah untuk berlama-lama dan terasa enggan untuk beranjak pergi. Kebersihannya memang juara, tidak ada satu pun sampah terlihat di tempat ini. Ada sebuah tebing besar menjulang dan terus menghantam ombak. Selain itu, bebatuan andesit menambah keindahan tempat ini.

Tempat wisata di Malang dan Batu ini pun anda akan menemui pasir hitam yang terjadi akibat dari letusan gunung berapi. Oleh karena itu, tak heran bila banyak pengunjung yang menyebutnya sebagai hawainya Malang. Sungguh mengesankan dan sangat mempesona.

16. Pantai Tamban

  • Alamat: Kp. Pantai, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur, 65176
  • HTM: Rp 6.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Pantai Tamban, salah satu dari sekian banyak pantai yang ramah bagi anda yang menyukai kegiatan memancing. Biasanya di jam-jam tertentu banyak warga membawa senjata lengkapnya dan siap-siap mencari ikan. Bagi anda yang ingin menikmatinya, bisa bergabung langsung dengan mereka lho.

Sumber Instagram @romeohereaji

Disini pun juga hadir dengan dengan perahu wisata nan mengesankan. Jadi, anda bisa berkeliling pantai dengan menggunakan perahu wisata yang bisa di sewa. Kapasitasnya kurang lebih 12 penumpang. Dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit ditarik dengan harga kurang dari 15 ribu hingga 20 ribu rupiah.

Konon katanya, tempat ini adalah sebuah tempat pengobatan. Sehingga nama tamban dalam bahasa Indonesia ini berarti pengobatan. Disini pun anda juga bisa menikmati penginapan kayu yang unik untuk bermalam dengan harga yang sangat bersahabat.

17. Pantai Bantol

  • Alamat: Dusun Sumberceleng, Desa Banjarejo, Donomulyo, Malang, Jawa Timur 65167
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Nama Pantai Bantol memang belum terlalu mencuat ke permukaan. Tetapi, bagi warga Donoloyo, Malang. Tempat wisata di Malang dan Batu ini mempunyai potensi wisata yang sangat epik untuk dikunjungi. Saat pertama kali menginjakkan kaki disini, anda akan disambut dengan gelombang yang tenang.

Sumber Instagram @amazingmalang

Selain itu, di bagian sisi pantai anda juga bisa menikmati pemandangan indah hutan bakau. Cobalah berkunjung ke tempat ini dan rasakan kesegaran udara yang benar-benar mempesona. Di tempat ini pula terdapat sebuah danau air payau yang mengesankan untuk dinikmati.

Jangan lupa pula untuk mengunjungi Goa batu kapur. Dimana, goa ini merupakan bagian dari pegunungan gamping di malang. Atau anda juga bisa berkolaborasi dengan penduduk setempat untuk menangkap ikan, terutama lobster. Ada berbagai jenis lobster yang bisa anda temukan disini.

18. Pantai Kondang Iwak

  • Alamat: Desa Tulungrejo, Kecamatan Donomulyo, Malang, Jawa Timur
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Sudah sampai di Pantai Goa Cina berarti anda juga harus sampai di tempat ini pula. Karena, jaraknya tidak jauh. Jalan menuju ke sini sendiri memang tidak mudah, membutuhkan kejelian dan konsentrasi tinggi. Lantaran, kondisi jalan yang kurang bersahabat.

Sumber Instagram @visnu.narayana

Tetapi, bila sudah sampai di titik lokasi, anda akan menikmati hamparan pantai yang sangat luas. Tidak salah rasanya, bila banyak yang mengatakan bila tempat ini seperti di Kuta Bali. Pasir pantainya memang esoktis ditambah dengan pemandangan pasir besi hitam yang seakan berkilauan.

Di pantai Kondang iwak juga sekitar 50 meter, anda bisa menikmati  batuan karang yang cukup besar. sehingga, berada disini membuat anda lupa diri dan juga lupa waktu. Nah, Batu karang ini disebut oleh warga dengan nama pulau lawang.

19. Pantai Jembatan Panjang

  • Alamat: Desa Sumber Bening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Pesona yang dimiliki oleh tempat wisata di Malang dan Batu ini adalah kondisi hutan yang masih sangat alami, hamparan pasir putihnya memang sangat luas. Sehingga, anda bisa melakukan banyak aktifitas disini. Seperti melihat keindahan ombak pantai selatan yang tidak berhenti bergemuruh.

Sumber Instagram @exploremalangku

Selian itu, anda juga bisa melakukan berbagai macam kegiatan olahraga seperti sepak bola, bola voli dan masih banyak lagi. Nah, disini ada kehadiran sebuah ikon dari objek wisata yaitu jembatan panjang, Maka tak heran beberapa pengunjung pasti akan selfie disini.

Ternyata keindahan tempat ini tetap diselingi sebuah mitos tentang jembatan tersebut. Dimana, jembatan ini sudah berkali-kali direnovasi. Hanya saja, tidak pernah berhasil. Konon katanya, tidak disetujui oleh penghuni jembatan panjang ini yang berupa makhluk halus. Ada pula tempat pertapaan di sekitar area.

20. Pantai Batu Bengkung

  • Alamat: Jalan Jalur Lintas Selatan, Rt.42/Rw.5,Gedangan, Gajahrejo, Hutan, Malang, Jawa Timur 65178
  • HTM: Rp 7.500,-
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Objek wisata di tempat ini memiliki pesona karang-karang nan elegan. Sehingga, saat surut anda bisa menikmati kolam renang alami. Nah, nama dari batu bengkung ini sendiri berasal dari gugusan bebatuan berbentuk lengkunang. Bila dilihat lebih dalam lagi anda akan melihat sebuah wanita yang sedang dibekung.

Sumber Instagram @lingkarmalang

Oleh karena itu, nama pantai ini dijuluki batu bengkung. Di sudut pantai anda juga akan disuguhkan dengan sebuah panorama nan mengesankan. Berupa tebing, jika anda memiliki jiwa petualang. Maka anda bisa naik ke atas tetapi, harus berhati-hati ya, lantaran memiliki kemiringan kurang lebih 90 derajat.

Disini pula, sudah disediakan sebuah tali bagi anda yang ingin memanjat ke atas. Nah, di atas tebing ini selain melihat sunset dan sunrise. Anda juga bisa menikmati area perkemahan yang mengesankan. Jangan lupa juga untuk menikmati berbagai macam kuliner berupa olahan seafood yang rasanya pun menggemaskan.

21. Pantai Sendiki

  • Alamat: Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur, 65148
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Beberapa pengunjung memang belum terlalu mengenal pantai sendiki. Oleh karena itu, jangan heran bila berkunjung ke sini, suasananya masih sangat asri nan mengesankan. Disini, hadir pula hutan yang cukup lebat bagi anda yang ingin bersantai-santai dan terhindar dari panas.

Sumber Instagram @devimonicas

Tempat wisata di Malang dan Batu ini memang paling tepat untuk berjemur. Dengan rona pasir pantainya yang berwarna putih sehingga terlihat sangat esoktis. Selain keindahannya. Tempat wisata ini juga mempunyai cerita mitos dan legenda yang menarik untuk disimak lho.

Konon katanya dulu ada empat sahabat, mereka berbagi lahan dengan menancapkan  patok kayu sebagai penanda. Kemudian, mbah singo lelono menjadi yang terakhir. Beliau pun bertanya “ Nggonaku Seng Ndi Ki?” atau dalam bahasa Indonesia, “Punyaku yang mana ini?” Konon cerita ini menjadi asal-usul diberikannya nama sendirki. Cerita ini pun menjadi semakin menarik karena di kiri pantai ada makam mbah singo lelono.

22. Pantai Teluk Asmara

  • Alamat: Tambak, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Sepertinya, anda tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke papua bila ingin menikmati indahnya gugusan pulau seperti raja ampat. Karena, di Pantai teluk asmoro ini, pemandangannya sudah seperti raja ampat. Gugusan pulau-pulau kecilnya memang sangat mempesona.

Sumber Instagram @tentang_ngalam

Selain itu, anda juga bisa menikmati pesona dunia bawah lautnya dengan snorkeling. Ada berbagai macam terumbu karang dan ikan-ikan kecil nan menggemaskan di tempat ini. mereka bisa diajak berkenalan dan juga bisa diajak foto lho. Tempat wisata di malang dan Batu ini juga menghadirkan sebuah goa-goa kecil.

Nah, goa ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk berteduh. Jangan lupa pula untuk menikmati keindahan sunsetnya. Pasti, berada disini anda akan semakin jatuh cinta dan lupa waktu.

23. Pantai teluk Ngudel

  • Alamat: Jl. Lintas Selatan, Area Gunung Sidurejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur 65178
  • HTM: Rp 15.000,-
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Mau berkunjung ke tempat sepi dengan pemandangan nan esoktis. Mungkin, Pantai Ngudel adalah tempatnya. Disini, kondisinya masih sepi sehingga, berada di tempat wisata di malang dan batu ini seperti milik anda sendiri. Semua kepenatan dan tuntutan pekerjaan akan menghilang seketika.

Sumber Instagram @basukisukmono

Selain itu, anda juga bisa menikmati tempat ini untuk berkemah. Rasakan bagaimana keseruan mendengarkan seruan ombak yang menjadi sebuah melodi. Selain itu, anda juga bisa menikmati pantai teluk ngudel ini dengan memancing.  Anda bisa memancing di atas karang sembari menunggu keindahan matahari terbenam.

Mau menikmatinya dengan cara lain. Anda bisa trek-trekan dengan motor trail. Atau juga mobil off road yang bisa bikin anda geregetan. Bila anda lelah, jangan lupa untuk memanfaatkan gazebo yang sudah ada di area sekitar.

24. Pantai Seling Ombo

  • Alamat: Desa Bajarejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional:
  • Maps: Klik Disini

Tempat wisata di Malang dan Batu ini memang paling menyenangkan. Karena, masih sepi pengunjung sehingga, berada di tempat ini anda akan merasakan kesegaran alami. pasir putihnya yang lembut memang mampu membuai anda untuk berlama-lama disini. ombaknya pun cukup tenang. Seperti sebuah melodi nan merdu.

Sumber Instagram @jatimku

Sayangnya tempat ini memang belum terlalu banyak warung-warung yang berdiri sehingga, anda wajib membawa perbekalan sendiri bila berada di tempat ini. Bila berada disini, jangan lupa membawa perlengkapan tenda. Karena, belum pergi ke tempat ini bila belum berkemah disini.

25. Pantai Selok

  • Alamat: Kandangmerak, Sumberbening, Batur, Malang, Jawa Timur 65179
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Pertama kali menginjakkan kaki di sini, anda akan menikmati berbagai macam karang nan esoktis. Banyak sekali bentuknya, bahkan ada juga yang berbentuk seperti katak lho. Saking instagramablenya. Tempat ini pun sering dijadikan sebagai tempat untuk foto prewedding.

Sumber Instagram @ngalamkipa

Mengabadikan momen di tempat wisata di malang dan batu ini memang bisa dijadikan sebagai tempat kenangan dalam foto dan gambar. Selain itu, anda juga bisa menikmati berbagai macam olahraga pantai seperti sepak bola atau juga voli pantai. Jangan lupa untuk menikmati malam yang indah di objek wisata ini ya.

Saat pagi hari, anda akan menikmati deruan ombak di pantai yang sangat tenang. Sehingga, bisa untuk mandi dan juga berenang. atau juga melihat sang fajar perlahan-lahan akan naik dan menyinari bumi.

26. Pantai Mbehi

  • Alamat: Sumberrejo, Bandungrejo, Bantur, Malang, Jawa Timur 65179
  • HTM: Rp 100.000,- (untuk 10 orang)
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Pantai Mbehi memang memiliki berbagai macam keindahan dan kesempurnaan. Bahkan bisa dibilang objek wisata ini adalah sebuah surga yang tersembunyi. Hadir dengan lubang karang yang berada di tengah. Jika, air sedang pasang, maka air laut ini akan menyemburkan air layaknya sebuah naga. Mengesankan sekali memang berada di sini.

Sumber Instagram @arek.malang_trans

Tidak sampai disini, di Pantai Mbehi juga hadir yang namanya teluk bidadari. Dimana, pesonanya memang terletak pada gradasi warna biru kehijauan. Banyak orang yang sepakat bila tempat ini lebih mirip dengan angel billabong yang berada di Bali. Pantai mbehi juga menyajikan pesona bagi anda yang memang suka akan tantangan.

Bagi anda  pecinta fotografi maka, tempat ini adalah salah satu area yang bisa dijadikan sebagai hunting foto. Setiap background yang ada disini memang sangat mengesankan. Sehingga, tepat untuk untuk masuk dalam salah satu galeri di media sosial anda.

27. Pantai Tanjung Sirap

  • Alamat: Sumber bening, Bantur, Malang, Jawa Timur
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini
Sumber Instagram @malangchannel

Menuju ke tempat ini memang wajib melewati pantai kondang merak dan juga pantai balekambang. Pantai Tanjung sirap memang masih sepi. Sehingga, anda bisa menikmatinya dengan puas. Biasanya Pantai Tanjung Sirap paling tepat untuk mencari inspirasi.

28. Pantai Licin

  • Alamat: Lembakharjo, Ampelgading, Malang, Jawa Timur, 65183
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Mengapa dinamakan dengan nama pantai licin, lantaran, dahulu tempat ini memang sangat licin.  Banyak sekali lumut dan bebatuan. Ciri khas utama dari tempat wisata di malang dan batu ini adalah pasirnya berwarna hitam. Walaupun, hitam tempat ini tetap sangat esoktis dan memanjakan mata.

Sumber Instagram @malang_mbois

Selain itu, anda juga bisa menikmati berbagai macam pemandangan seperti karang-karang yang kokoh berdiri. Sungguh, pemandangan yang sangat unik dan mengesankan sekali. Di tempat ini terkenal dengan hasil ikannya yang cukup melimpah. Dan biasanya ikan-ikan hasil tangkapan akan dijadikan sebagai olahan sarden dengan rasa yang nikmat dan lezat.

29. Pantai Weden Ciut

  • Alamat: Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur, 65167
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini
Sumber Instagram @ululalbab_r

Pesona weden ciut memang belum banyak yang tahu. Tetapi, saat anda berada di tempat ini, anda bisa menikmati berbagai macam keindahan seperti pesona birunya air laut dan karang-karang yang bisa anda nikmati dengan menggunakan kamera dslr. Karena eloknya tempat ini memang wajib diabadikan ke dalam dan gambir.

30. Pantai Pulodoro

  • Alamat: Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur, 65167
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Bibir pantai disini memang terlihat sangat luas. Tempat ini anda akan disajikan dengan perpaduan sempurna antara air laut yang biru dengan langit yang sangat cerah. Seperti sebuah lukisan tangan-tangan ternama. Di objek wisata ini, anda sebuah karang besar. dimana, saat karang ini diterjang oleh ombak maka, akan menyemburkan sebuah pesona alam nan menggemaskan.

Sumber Instagram @cahyokriswantoro

Banyak pengunjung selalu menantikan momen romantis saat berada di pantai pulodoro. Momen di kala matahari hampir tenggelam ke dasar laut dan langit pun berubah dengan warna senja nan mempesona. Anda juga bisa menikmati perjalanan untuk mengelilingi pantai pulodoro.

Menariknya lagi di objek wisata ini hadir beberapa komunitas panjat tebing, yang mencoba menyalurkan hobinya untuk menikmati menanjak ke atas. Jangan lupa untuk menikmati area hutan dan spot malam yang memang bisa membuai anda sekalian.

Wisata Taman di Malang

Tidak hanya pantai saja. Malang pun juga mempunyai beberapa wisata Taman nan mempesona. Ayo lanjutkan penjelajahannya di bawah ini,

31. Taman Merbabu

  • Alamat: Jalan Merbabu, Malang, Jawa Timur
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Taman merbabu memang masih belum terkenal di telinga para pengunjung. Objek wisata ini memiliki beberapa fasilitas wisatawan yang bisa digunakan untuk semua umur. Mulai dari pasir, jungkat-jungkit, perosotan, ayunan dan masih banyak lagi arena permainan ini.

Sumber Instagram @nurrochmaningrum

Fasilitas lainnya adalah hadirnya jogging track, pedestrian khusus kaum difabel, ada juga lapangan futsal mini bagi anda yang ingin olahraga. Bagi para lansia, tempat ini sudah sangat ramah yang hadir dengan fasilitas dan lapangan khusus untuk menggerakan badan mereka agar tetap sehat. Serta Fasilitas free wifi. Asyik sekali bukan berkunjung ke tempat ini.

32. Hutan Kota Malabar

  • Alamat: Jl. Malabar, Oro-Oro Dowo, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, 65119
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Inilah dia hutan kota malang yang mempunyai udara yang sangat sejuk. Burung-burung tampak berkicau menyambut anda saat melewati pintu masuk.

Sumber Instagram @mtbmalang

Sebagai paru-paru kota menjadikan hutan kota Malabar wajib dijadikan sebagai salah satu daftar kunjungan anda. Dijamin, berada di tempat ini anda akan sulit move on.

33. Taman Slamet Ijen

  • Alamat: Jl. Slamet – Malang, Malang, Jawa timur
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Banyak pengunjung yang memanfaatkan Taman Slamet ijen ini untuk istirahat dari lelahnya hari. Cobalah berkunjung pada malam hari dimana, anda bisa menyaksikan keindahan yang lain dari tempat ini yaitu bentuk lorong yang bejumlah 6.

Sumber Instagram @malangmbois

Banyak beredar cerita katanya 6 ini adalah jumlah gunung yang ada di sini. konon katanya, taman slamet ini merupakan hadiah dari hari jadi ke 102 kota malang.

34. Taman Buring

  • Alamat: Jalan Buring Kota Malang
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Pertama kali anda menginjakkan kaki disini, suguhan mengesankan berupa labirin kecil akan tersaji di depan mata.

Sumber Instagram @damianusandrian

Tidak hanya itu saja, anda juga akan disuguhkan dengan sebuah monumen musik yang instgramable. Sehingga tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati taman dengan cara yang berbeda.

35. Alun-Alun Bunder Tugu

  • Alamat: Jl. Tugu, Kiduldalem, Klojen, Malang, Jawa Timur
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Taman ini dekat dengan stasiun malang. Sehingga, bila anda turun di stasiun ini dan membutuhkan tempat untuk relaksasi dari lelahnya perjalanan inilah tempatnya.

Sumber Instagram @infomalangraya

Disini anda bisa melihat hamparan teratai nan elegan dan juga esoktis. Cobalah datang pada saat malam hari, maka anda bisa melihat berbagai macam lampu berbentuk bunga yang menambah kecantikan tempat ini.

Wisata Museum di Malang

Kurang lengkap rasanya bila kita tidak menikmati berbagai macam pesona sejarahnya. Karena, Malang pun hadir dengan berbagai bangunan bersejarah dan museum seperti ini,

36. Museum Malang tempoe Doeloe

  • Alamat: Jl. Gajahmada, No. 2, Kidul Dalem, Kota Malang, Jawa Timur, 65119
  • HTM: Rp 10.000,- – Rp 25.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 17;00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 0341 6802301

Museum malang tempoe doeloe ini memang sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Anda akan bisa menikmati berbagai macam zaman seperti ilmu paleontology, prasejarah, sejarah, hingga perang kemerdekaan. Disini pun juga hadir diorama sejarah kota malang.

Sumber Instagram @ririnj_puspitasari

Mau melihat arca purbakala? Tempat Wisata di Malang dan Batu ini menghadirkan aneka benda purbakala dan dilengkapi dengan ruang bawah tanah. Pengunjung yang datang kesini juga bisa menyentuh tembikar yang usianya mencapai ratusan tahun lho. Atau, anda juga bisa merasakan bagaimana berada di antara kerajaan-kerajaan masa lalu, seperti kerajaan singasari, Kediri, dan kanjuruhan.

37. Museum Brawijaya

  • Alamat: Jl. Ijen No. 25 A, Gading Kasri, Klojen, Malang, Jawa Timur 65115
  • HTM: Rp 3.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 17:00
  • Maps: Klik Disini

Tempat wisata di Malang dan Batu ini memang menghadirkan berbagai macam sarana edukasi.

Sumber Instagram @malang_mbois

Museum ini merupakan museum perjuangan dengan berbagai macam koleksi  benda-benda bersejarah dari hasil perjuangan rakyat Indonesia pada agresi militer belanda ke 1.

38. Museum Kesehatan Jiwa

  • Alamat: RSJ Dr. Radjiman Wedjodiningratan, Krajan Utara, Sumber Porong, Lawang, Malang, Jawa Timur 65216
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: Senin – Jum’at 08:00 – 15:15
  • Maps: Klik Disini

Malang memang menghadirkan berbagai macam pesona nan elok dan mengesankan. Dimana, tempat wisata di Malang dan Batu ini adalah sebuah museum kesehatan jiwa. Ada kurang dari 700 koleksi benda-benda bersejarah dalam dunia kesehatan jiwa yang tersusun sangat rapi di tempat ini.

Sumber Instagram @aj_arsk

Menariknya koleksi yang bisa anda lihat adalah barang-barang inventaris milik RSJRW. Barang-barang ini sengaja dikumpulkan untuk bahan pembelajaran anda yang mengunjungi tempat ini.  selain itu, anda juga bisa menikmati pasung yang digunakan khusus bagi mereka yang mengalami gangguan sangat parah.

39. Museum Musik

  • Alamat: Jl. Raya Ir. Soekarno, No.144, Beji, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur
  • HTM: Rp 50.000,-
  • Jam Operasional: 11:00 – 22:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 0341 597777

Museum musik Indonesia terlatak di kota Malang dan menariknya lagi, tempat ini merupakan satu-satunya museum tentang dunia permusikan di Indonesia.

Sumber Instagram @olin_nada

Koleksi tempat wisata di Malang dan Batu ini berasal dari tahun 80 an hingga sampai saat ini. ada kurang lebih 25 ribu koleksi berupa rekaman dari Indonesia maupun mancanegara. Seperti halnya kaset, piringan hitam, dan CD.

40. Museum Mpu Purwa

  • Alamat: Jl. Soekarno Hatta Perumahan Griya Samta Blk. B No.210, Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, 65141
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 07:30 – 15:30
  • Maps: Klik Disini

Tempat wisata di Malang dan Batu ini menyimpan berbagai macam artefak yang bisa bikin anda geregetan. Museum ini diresmikan pada 2 mei 2004. Dengan nama resminya adalah Balai penyelamatan Benda Purbakala Mpu Purwa. Koleksinya pun beragam mulai dari zaman pra sejarah hingga zaman hindu budha.

Sumber Instagram @novanofficial

Ada beberapa hal menarik lainnya seperti peninggalan berbagai macam prasasti. Nah, tempat ini pun sudah dilengkapi dengan scan barcode. Sehingga, para pengunjung  bisa mengakses setiap informasi mengenai benda purbakala lebih detail lagi.

41. Masjid Tiban

  • Alamat: Jl. Anggur, Sananrejo, Turen, Malang, Jawa Timur
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Siapa yang tidak tahu mengenai mitos masjid tiban. Dimana, banyak yang mengatakan bila tempat wisata di Malang dan Batu ini adalah buatan jin. Tempat ini memang sangat terkesan dengan gaya dan arsitektur khas timur tengah.

Sumber Instagram @infiatravel

Dengan menara kubah yang berwarna-warni. Karya yang sangat megah ini merupakan destinasi wisata religi yang wajib anda kunjungi bila berada di kota Malang.

Wisata Air Terjun di Malang

Mungkin mendengar nama air terjun anda pasti kaget. Ya, Malang memang mempunyai pesona ini dengan pemandangan nan elok. Mau tahu mana saja, mari kita lihat di bawah ini,

42. Curug Supit Urang

  • Alamat: Madiredo, Pujon, Wiyurejo, Malang, Jawa Timur 65392
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 07:00 – 16:00
  • Maps: Klik Disini

Coban supit urang ini mempunyai dua buah air terjun. Nah, untuk bisa mencapai tebingnya, anda harus berjalan dengan menggunakan tenaga. Tempat wisata di Batu dan Malang berada di antara bebatuan yang menyerupai benteng nan kokoh. Selain itu, ada pula pepohonan yang menjulang tinggi. Sehingga, suasana dan nuansanya tampak sangat asri.

Sumber Instagram @bahrulclevo

Sayangnya, Coban ini termasuk dalam coban musiman. Sehinnga, debit air yang dihasilkan tergantung dari musimnya. Bila di musim penghujan, maka debitnya akan semakin deras. Tetapi, bila dimusim kemarau debitnya sedikit. Hanya saja, tetap mempesona untuk dikunjungi.

43. Coban Nirwana

  • Alamat: Gedangan, Malang, Jawa Timur 65178
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 07:00 – 16:00
  • Maps: Klik Disini

Nama lain dari Coban ini adalah Gedangan lantaran, berada di daerah Gedangan. Tidak hanya itu saja, ada nama lain dari tempat wisata di Malang dan Batu ini yaitu curug Mbok Karimah. Bisa dikatakan tempat ini pun tergolong masih baru, oleh karena itu, berada di sini pun masih sepi.

Sumber Instagram @insta_malang

Nuansa dan suasananya memang sangat asri. Lantaran masih banyaknya pepohonan menjulang tinggi di sekitar area. Jangan lupa untuk membawa kamera mumpuni. Lantaran, tempat ini pun hadir dengan pesona spot foto yang sangat mengesankan.

44. Coban Tundo

  • Alamat: Dusun Sidoasri, Desa Tambaksari, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur 651818
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 07:00 -17:00
  • Maps: Klik Disini

Tempat wisata di Malang dan Batu ini memang sangat unik. Karena, mempunyai 3 curug sekaligus. Dan lokasinya pun tidak terlalu jauh. Menuju ke Coban Tundo 1, 2, dan 3 memang tidak mudah. Sehingga, disarankan untuk anda benar-benar melihat kendaraan anda. Berkelok dan cukup curam.

Sumber Instagram @malangchannel

Di bawah aliran air terjun ini pun hadir dengan sebuah kolam yang cukup jernih. Biasanya banyak pengunjung yang memanfaatkan tempat ini untuk berenang. atau cobalah untuk meloncat dari ketinggian. Atau berbagai macam kegiatan nan menarik di tempat ini.

45. Coban Pelangi

  • Alamat: Dusun Ngadas, Ngadas, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur, 65157
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 07:00 – 17:00
  • Maps: Klik Disini

Mendengar nama ini mungkin anda akan bingung mengapa di sebut dengan air terjun pelangi. Bila anda berkunjung ke tempat ini dan menikmatinya secara mendalam. Maka Tempat wisata di Batu dan Malang ini akan menghadirkan sebuah pelangi diantara derasnya air yang terjun.

Sumber Instagram @ahmad_anjarwicaksono

Lokasi ini tepatnya berada di taman nasional Bromo, Tengger, Semeru. Menuju ke tempat ini memang sedikit sulit. Tetapi, setelah melewati pintu masuknya, jalanan sedikit ramah. dan melewati sebuah jembatan yang terbuat dari kayu.

46. Coban Kethak

  • Alamat: Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Malang, Jawa Timur, 65393
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 16:00
  • Maps: Klik Disini

Objek wisata ini tegolong masih baru. Karena, dibuka oleh pemerintah Malang pada tahun 2014 lalu. Tinggi dari air terjun ini pun mencapai 25 meter. Sehingga, keindahannya memang maksimal. Saat berada di tempat ini, anda akan disuguhkan dengan begitu banyaknya bebatuan yang licin lantaran tanpa hentinya terkena air.

Sumber Instagram @dolan.malang

Di sepanjang jalan menuju ke curug, anda juga akan melihat banyaknya pohon durian yang rasanya sangat manis. Anda bisa menikmatinya saat musim durian dan memilih sendiri buahnya. Dijamin, harganya lebih murah daripada anda membelinya di luar. Rasanya pun sangat luar biasa.

47. Sumber Pitu Tumpang

  • Alamat: Krajan, Duwet Krajan, Tumpang, Malang, Jawa Timur
  • HTM:  Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 18:00
  • Maps: Klik Disini

Tempat wisata di malang dan batu ini memang sangat menarik untuk dikunjungi. Lantaran, tempat ini hadir dengan tujuh sumber pancuran dalam 1 mata air nan mengesankan.

Sumber Instagram @ganartimur

Sumber dari tempat ini berasal dari sungai yang berada di lokasi bawah tanah. Berada di sini anda akan merasakan suasana dan nuansa yang begitu alami dan sangat segar.

48. Coban Ringin Gantung

  • Alamat: Desa Duwert Krajan, Kecamatan, Tumpang, Kabupaten Malnag
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 07:00 – 18:00
  • Maps: Klik Disini

Nama dari ringin gantung ini memang tidak sembarangn lantaran, di samping air terjun hadir pohon beringin yang tumbuh subur. Diantara tebing-tebingnya yang cadas. Dengan ukurannya sangat besar. Ukuran dari tempat wisata di malang dan batu ini memiliki ketinggian kurang lebih 70 meter.

Sumber Instagram @pergipedia

Hijaunya pemandangan menjadi sajian utama. Bersama dengan derasnya air terjun nah, menuju ke curug ini anda harus mempersiapkan kekuatan penuh lantaran, memiliki tantangan yang begitu berat dan medan yang memang menggemaskan. Jadi, jangan heran bila Curug Ringin Gantung hanya direkomendasikan untuk mereka yang menyukai tantangan dan petualangan.

49. Coban Ciblungan

  • Alamat: Desa Purwoharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 18:00
  • Maps: Klik Disini

Indahnya di tempat ini memang sangat mengesankan. Tempat wisata di malang dan Batu ini memang belum di kenal oleh banyak orang. Sehingga, bila anda berada di tempat ini jangan heran kalau suasananya memang masih sangat alami dan anda akan merasa seperti berada di tempat sendiri.

Sumber Instagram @wandi_ngaprak

Aliran dari air terjun ini berasal dari sebuah sungai yang berada di atasnya. Hadir juga berada di dalam tanah yang juga mengalir kebawah. Unik sekali bukan menikmati segala sajian yang ada di tempat ini.

50. Coban Cinde

  • Alamat: Benjor, Tumpang, Malang, Jawa Timur
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Nama dari coban cinde berasal dari bentuknya air terjun yang mirip dengan cinde. Dalam bahasa Indonesia cinde sendiri adalah syal. Aliran dari tempat wisata di malang dan batu ini berasal dari air sungai yang berada diatasnya. Coban cinde sendiri memiliki dua buah air terjun nan mengesankan.

Sumber Instagram @muilchariri.13

Mempunyai tinggi kurang lebih 30 meter, yang menjadi air terjun utama. Menuju ke curug ini memang membutuhkan kekuatan dan tenaga ekstra lantaran sulitnya medan yang harus di tempuh. Tetapi, saat anda sampai di titik lokasi, anda akan menikmati pesona nan menggemaskan.

Bagi anda yang pusing dengan beban hidup yang selama ini terus menyiksa. Mungkin, berkunjung ke coban cinde adalah salah satu hal wajib untuk dilakukan. Disini, anda pasti betah untuk berlama-lama dan pastinya membuat anda lupa waktu.

51. Coban Trisula

  • Alamat: Ngadas, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Tempat wisata di Malang dan Batu ini memiliki tiga terjunan sekaligus. Oleh karena itu dijuluki oleh curug trisula. Walaupun, sebenarnya trisula adalah sebuah senjata dalam pewayangan. Air terjun utamanya memiliki ketinggian mencapai 35 meter. Dengan sumber mata air nya langsung berasal dari sungai laijing.

Sumber Instagram @lingkarmalang

Di bawah air terjun utama pun hadir juga sebuah coban yang diberi nama coban tengah. Memiliki ketinggian hanya 2,5 meter saja nah, terakhir berada di bawahnya dengan ketinggian kurang lebih 11 meter. Di bawah coban ini pun hadir beberapa situs bersejarah.

Berupa batu meja kecil, batu tubu, dan juga perbukitan yang menyerupai kubah kecil. Konon katanya, dari sekian banyak batu ini tersimpan sebuah cerita mitos dan juga legenda yang sebenarnya menarik untuk disimak.

52. Coban Siuk

  • Alamat: Desa Taji, Kecamatan Tabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Pesona tempat ini pun memiliki tinggi kurang lebih 90 meter. Dengan derasnya suara yang terdengar.

Sumber Instagram @yona,angga

Selain bisa menikmati derasnya air terjun. Anda juga bisa melihat goa peninggalan jepang. Nah, dalam setengah perjalanan menuju ke Coban siuk, anda akan menikmati coban lain dengan ketinggian 12 meter.

53. Coban Parang Tejo

  • Alamat: Dusun Princi, Desa Gading Kulon, Kecamatan Dau Malang,
  • HTM: Rp 15.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Berada di Objek wisata Parang Tejo memang sesuatu yang paling menyenangkan. Walaupun, menuju ke sana memang membutuhkan kekuatan dan keringat yang banyak. Tetapi, semua itu akan terbayarkan setelah anda sampai di titik lokasi. Nah, selama perjalanan siap kameramu, lantaran banyak sekali spot selfie nan unik bisa kamu manfaatkan.

Sumber Instagram @fadlisih_

Selain titik selfie, anda juga kan disuguhkan dengan permainan nan menyenangkan seperti sebuah ayunan yang cukup membuat jantung anda berdebar kencang. Tetapi, sangat menyenangkan untuk dilakukan. Hadir pula dengan panorama hutan pinus dengan sebuah jembatan panjang yang biasanya dimanfaatkan untuk menikmati pemandangan ini.

Masih kurang? Tenang, Coban Parang Tejo juga hadir dengan playground yang instagramable banget. Anda pun juga bisa melihat pemandangan air terjun langsung dari atas tebing. Sungguh memukau sekali apa yang ada di tempat ini.

54. Coban Naga Gintung

  • Alamat: Sindorenggo, Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Menyusuri Ampelgading memang sangat menyenangkan. Karena, tempat ini mempunyai 4 air terjun sekaligus dalam satu area. Nah, coban Goa Naga Gintung ini merupakan satu diantaranya, memiliki pesona nan mengesankan. Siapa pun pasti setuju akan keindahan tempat ini.

Sumber Instagram @didin_emelu

Disini pula, konon katanya ada sebuah goa purba yang ditempati oleh sekawanan kelelawar. Bila anda berani mengunjungi, mungkin tidak ada salahnya untuk datang ke goa purba ini. Atau menikmati Coban Naga Gintung yang terkadang bisa menghadirkan rona pelangi.

55. Coban Baung

  • Alamat: Desa Gendogo Gunung Kawi, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Jawa Timur 67164
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 06:00 – 17:00
  • Maps: klik Disini

Inilah tempat wisata di Malang dan Batu yang tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan nusantara saja melainkan, wisatawan mancanegara pun juga meliriknya. Satu kata yang pantas diucapkan bila anda mengunjungi tempat ini adalah Fisik. Maklum saja, menuju ke coban baung memang tidaklah mudah.

Sumber Instagram @malang_mbois

Anda akan melewati bebatuan yang sangat licin bila datang musim penghujan. Tetapi, saat sampai di titik lokasi, semua itu akan terbayarkan. Debit airnya sangat deras, dibawahnya hadir sebuah kolam yang sayangnya, anda dilarang untuk berenang. Maklum saja, arus yang deras memang sangat berbahaya.

56. Coban Kodok

  • Alamat: Dusun Gumul, Desa Sukamulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang
  • HTM: Rp 5.000.-
  • Jam Operasional: 07:00 – 18:00
  • Maps: Klik Disini

Namanya memang lucu, Coban Kodok tetapi, keindahanya yang ditawarkan disini bunkanlah sebuah lelucon. Benar-benar nyata dan sangat mengesankan. Ada dua air terjun yang bisa anda nikmati hanya jaraknya terpisah kurang lebih 400 meter saja. Nah, untuk air terjun pertama mempunyai tinggi kurang lebih 70 meter. Sementara yang kedua mempunyai tinggi kurang lebih 40 meter.

Sumber Instagram @my_roadtrip_diaries

Jangan lupa membawa perbekalan lengkap di bawa seperti makanan, air minum, dan obat-obatan karena, menuju ke tempat ini membutuhkan tenaga yang cukup ekstra. Bila terjadi cuaca buruk harap anda tidak nekat untuk berkunjung karena, sangat berbahaya.

57. Coban Kedung Malang

  • Alamat: Sentor, Bantur, Malang, Jawa Timur
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 17:00
  • Maps: Klik Disini

Coban Kedung Malang adalah perpaduan dua nuansa alam menjadi satu. Coban artinya air terjun sedangkan, kedung adalah aliran sungai. Karena letaknya berada di Malang maka, nama dari tempat ini adalah Coban kedung Malang. Tinggi dari objek wisata ini kurang lebih 20 meter dengan lebar 25 meter.

Sumber Instagram @malangchannel

Bentuk aliran yang akan disajikan terlihat melebar. Berbeda dengan aliran di tempat lain. Dengan debit yang tidak terlalu deras tetapi, malah menyajikan sebuah rona yang menggemaskan. Tempat wisata di malang dan Batu ini masih dikelola secara mandiri oleh penduduk sekitar.

58. Coban Manten

  • Alamat: Krajan, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Nama dari Coban Manten ini diambil dari dua sepasang kekasih yang berada di satu tempat. Seperti halnya tempat wisata di Malang dan Batu ini. hadir dengan dua buah curug dalam satu tebing. Coban ini termasuk yang jarang dijamah oleh orang. Lantaran, tempatnya sedikit tersembunyi.

Sumber Instagram @pandubudiman

Oleh karena itu, pergi ke tempat ini anda akan merasakan sebuah keasrian dan alami luar biasa. Tinggi coban maten mencapai 85 meter. Sehingga, terlihat sekali bagaimana keindahan saat anda berada di tempat ini. Paling direkomendasikan bagi anda yang mungkin penat dengan segala aktifitas.

Objek wisata ini berada di atas ketinggian 1300 mdpl. Menuju ke tempat ini anda bisa menuju ke coban rondo terlebih dahulu. Kemudian, berhenti di buper coban rondo anda bisa mengikuti papan petunjuk yang sudah tersedia.

Tempat Wisata di Batu

Sudah tahu tentang Malang bukan? Saatnya anda menikmati Kota Batu yang terkenal dengan udara dinginnya. Baiklah tanpa perlu berlama-lama mari kita simak ada pesona apa saja di Kota Batu ini,

 

Wisata Air Terjun di Batu

Berada di atas ketinggian membuat Kota Batu mempunyai pesona air terjun yang sangat menggemaskan. Penasaran bukan? Ayo  kita lanjutkan penelusurannya,

59. Curug Putri

  • Alamat: Desa Tiekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur
  • HTM: Rp 8.000.-
  • Jam Operasional: 07:00 – 18:00
  • Maps: Klik Disini

Tempat wisata di Malang dan Batu ini mempunyai keunikan sendiri daripada curug-curug lainnya. Dimana, curug putri berada di antara lembah dan di bawah perbukitan nan mengesankan. Nah, tempat ini memang belum banyak pengunjung yang tahu sehingga, anda bisa merasakan keindahan luar biasa.

Sumber Instagram @hanif_hawari

Berada di tempat ini seperti berada di tempat sendiri karena, memang kondisinya yang sangat sepi apalagi saat week day. Disini, hadir dengan berbagai pepohonan yang menjulang tinggi. Sehingga, tepat sekali bila anda menggunakan hammock. Jangan lupa mengunjungi sebuah gardu pandang raksasa.

Nikmati pemandangan esoktisnya. Bila datang waktu libur, gardu pandang ini akan ramai dikunjungi. Ada juga fasilitas ayunan dan beberapa spot foto bagi anda yang menyukai kegiatan selfie.

60. Sumber Pitu Pujon

  • Alamat: Desa Pujon Kidul, Pujon, Krajan, Pandesari Kota Batu, Jawa Timur
  • HTM: Rp 5.000.-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Sama halnya seperti sumber pitu yang ada di kecamatan tumpang. Sumber pitu ini pun juga hadir di wilayah batu, Pujon. Memiliki 7 air terjun dengan ketinggian 50 meter. Menuju ke titik lokasi, anda akan disuguhkan dengan pemandangan nan mengesankan.  Dari para petani lokal yang memetik sayurannya di kebun.

Sumber Instagram @azkingnorgay

Sebelum mencapai titik lokasi, anda akan menemukan sebuah aliran sungai yang berasal dari mata air ini. setelah dari sini, anda perlu menguras tenaga dengan naik ke atas lagi kurang lebih 100 meter. Menuju ke tempat ini harus berhati-hati lantaran areanya yang cukup licin.

61. Coban Talun

  • Alamat: Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65336
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 07:00 – 17:00
  • Maps: klik Disini

coban ini terletak di atas ketinggian 950 mdpl. Dengan tinggi coban kurang lebih 75 meter. Debit airnya pun cukup deras. Sehingga, berada di titik lokasi anda akan merasakan kesejukan dan keindahan yang luar biasa. Dengan suhu rata-rata mencapai 18 – 23 derajat celcius.

Sumber Instagram @mafrukhahs

Menuju ke Tempat wisata di Malang dan Batu ini dari pintu masuknya kurang lebih 1 km. perjalanan yang akan anda lewati memang membutuhkan tenaga serta keringat. Tetapi, hamparan hutan pinus dan berbagai macam suara satwa akan menemani anda. Setiap jejak langkah mulai dari awal hingga akhir.

Tidak hanya air terjun saja, coban talun pun hadir pula dengan taman bunga nan mengesankan. Anda pun juga bisa menginap di apache camp. Dimana, tempat ini sudah di desain mirip dengan perkampungan indian. Lengkap dengan kostum dan topi kepala suku khas indian.

Anda juga bisa menikmati penginapan sangkar burung yang disebut dengan pagupon. Di area ini sudah lengkap tersedia dengan kantin, musholla, toilet dan peralatan ramah untuk wisatawan.

62. Coban Rondo

  • Alamat: Jl. Coban Rondo, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur, 65391
  • HTM: Rp 30.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disimi

Mengunjungi Coban Rondo memang salah satu kewajiban bila berkunjung ke Batu. Keindahan tempat ini sangat mempesona hati dan pikiran dengan tinggi kurang lebih 84 meter. Nah, menuju ke titik lokasi memang tidak terlalu jauh dari titik parkir. Tetapi, anda juga harus berhati-hati.

Sumber Instagram @mr.realsyah

Jangan membawa makanan berlebih. Lantaran tempat ini masih berada di area hutan. Sehingga, kera-kera ekor panjang yang selalu hijau dengan makanan akan datang bergerombol. Debit air nya memang sangat deras. Sehingga, jarak 400 meter saja anda akan merasakan angin yang sangat deras dengan percikan airnya.

Berada disini, anda juga sudah di tunggu dengan beberapa fasilitas untuk anda. Seperti Camping ground, Outbond, Café, dan masih banyak lagi. Perlu diketahui bila coban rondo ini di buka pada tahun 1980.

63. Coban Rais

  • Alamat: Jalur lingkar Barat, Dusun Dresel, Desa oro-oro ombo. Kecamatan Kota Batu, Jawa Timur 65316
  • HTM: Rp 7.500,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Coban rais adalah satu diantara coban yang wajib untuk dikunjungi selama berada di kota Batu. Keindahannya memang super sekali, hal tersebut tidak terlepas dari alur perjalanan menuju ke Coban Rais yang memang panjang mencapai 2 km. Sehingga, membutuhkan tenaga dan keringat untuk mencapainya.

Sumber Instagram @firmandahidayah

Rute menuju ke titik lokasi memang sangat terjal dan curam. Sehingga, disarankan anda untuk benar-benar mempersiapkan fisik serta perbekalan. Objek wisata ini berada di ketinggian 1.025 mdpl sehingga, memiliki suasana dan suhu yang sangat menyegarkan. Tidak hanya itu saja tinggi dari coban ini mencapai 75 meter dengan sudut kemiringan mencapai 90 derajta.

Tempat wisata di Malang dan batu ini juga sudah memberikan fasilitas berupa café yang mempunyai berbagai macam menu kuliner nan mengesankan. Jadi, jangan lupa untuk mampir dan menikmati cita rasanya ya.

Wisata Taman di Batu

Objek wisata di Kota Batu memang tidak bisa dipisahkan dari taman dan juga wahana theme park yang seakan menjadi ikon. Nah, mana saja sih wahananya,

64. Taman Selecta

  • Alamat: Jl. Raya Selecta No.1, Bumiaji, Tulungrejo, Kota Batu, Jawa Timur 65336
  • HTM: Rp 30.000,-
  • Jam Operasional: 06:00 – 17:00
  • Maps: Klik Disini

Siapa yang tidak mengenal Taman selecta. Dimana, objek wisata ini sejak dahulu terkenal dengan pesona tamannya yang sangat special. Mempunyai luas kurang lebih 20 hektar. Selain taman, anda juga bisa menikmati berbagai macam fasilitas lainnya seperti, kolam renang, taman bermain dan juga restoran.

Sumber Instagram @indoflashlight

Di taman selecta anda juga bisa berburu spot foto nan menarik. Dimana, hadir sebuah jembatan yang dibawahnya adalah sebuah kolam. Ada banyak ikan yang membuat tempat ini menjadi semakin mempesona. berada di taman selecta memang tidak bisa berlama-lama.

Nah, untuk permainannya pun cukup beragam mulai dari labirin, flying fox, hingga kekinian seperti skybike. Area hijau dan warna-warninya memang sangat mengesankan sehingga, anda  bisa menikmati setiap sudut yang penuh dengan panorama.

65. Museum Angkut

  • Alamat: Jl. Terusan Sultan Agung Atas No.2, Desa Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315
  • HTM: Rp 70.000,- – Rp 100.000,- + Rp 25.000,- (Bawa Kamera)
  • Jam Operasional: 12:00 – 20:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp : 0341 597777

Siapa yang tidak tahu museum angkut malang. Tempat paling ikonik di Batu ini menghadirkan berbagai macam pesona tiada tara. Mulai dari mobil-mobil yang di pajang hingga suasana dan nuansanya. Sayangnya, berada di tempat ini bagi yang membawa kamera dslr wajib nambah uang tiket.

Sumber Instagram @isnadseptiana

Nah, disini hadir dengan berbagai macam pesona seperti mobil-mobil masa lalu dari berbagai macam negara di dunia. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa menikmati berbagai macam alat transportasi dari zaman ke zaman. Mulai dari kereta kuda, sepedha onthel hingga mobil zaman sekarang.

Tempat wisata di Malang dan Batu ini pun juga menghadirkan suasana pesawat kepresidenan yang dibuat semirip mungkin. Jadi, anda bisa naik dan melihatnya langsung. Selain itu, anda bisa merasakan langsung bagaimana rasanya naik kereta masa lalu lengkap dengan getarannya.

66. Pasar Apung Nusantara

  • Alamat: Komplek Museum Angkut, Jl. Terusan Sultan Agung Atas No.2, Desa Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 12:00 – 20:00
  • Maps: Klik Disini

Sebelum menikmati museum angkut, anda wajib menikmati tempat ini terlebih dahulu. Sayangnya, pasar apung ini berbeda dengan pasar apung yang ada di Banjarmasin atau floating market yang hadir di Bandung. Jadi, hanya beberapa penjual saja yang membawa perahu untuk berjualan.

Sumber Instagram @ilovemalangnet

Selebihnya berada di gubug-gubug di atas sebuah air. Nah, disini pula anda bisa menikmati fasilitas perahu dengan harga 10 ribu rupiah saja. anda bisa berkeliling ke seluruh pasar apung. Nah, di minggu sore, akan ada pertunjukan tari-tarian yang diadakan di salah satu pondok.

Jangan lupa untuk menikmati berbagai macam sajian kuliner nan mengesankan di tempat ini. harganya pun cukup murah dengan menggunakan kartu elektronik yang bisa anda  dapatkan di dekat dermaga.

67. Kusuma Agrowisata

  • Alamat: Kawasan Wisata Kusuma Agro, Jalan Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • HTM: Mulai dari 25.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 17:00 (Weekday), 08:00 – 18:00 (Weekend)
  • Maps: Klik Disini

Kota Batu memang dikenal dengan buah apelnya yang sangat nikmat dan menyegarkan. Nah, untuk itu, anda wajib mengunjungi kusuma agrowisata. Karena, tempat wisata di Malang dan batu ini anda bisa menikmati berbagai macam sajiannya. Termasuk pesona memetik apel.

Sumber Instagram @syafrianzamorano

Tidak hanya apel saja melainkan, ada juga sayur-mayur yang menyegarkan. Maklum saja, tempat ini pun mempunyai ketinggian kurang lebih 1000mdpl. Menikmati apel disini memang sangat nikmat. apalagi, memetik langsung dari pohonnya memang selalu menjadi incaran wisatawan.

Selain wahana petik apel anda juga bisa menikmati beberapa wahana lain seperti. War game, air softgun, wahana outbond, dan ATV. Rasakan pengalaman dan keseruan maksimal tempat ini.

68. Labirin Coban Rondo

  • Alamat: Jurangjero, Pandesari, Pujon, Kota Batu, Jawa Timur 65391
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 17:00
  • Maps: Klik Disini

Berada di coban rondo jangan lupa untuk menunjungi labirin ini. tempatnya cukup luas dengan tembok yang terbuat dari rerumputan. Disini juga hadir gardu pandang sehingga, anda bisa memandu teman-teman yang sedang bingung mencari jalan menuju ke sebuah taman nan mengesankan dengan air mancur.

Sumber Instagram @destinasinusantara

Selain labirin, di sekitar tempat ini juga sudah hadir berbagai macam taman yang mempunyai spot terbaik untuk hunting foto. Jadi, jangan lewatkan segala sajian yang hadir di tempat ini tanpa sebuah kamera. Karena, setiap sudutnya memang mempunyai pemandangan elok luar biasa.

69. Batu Flower Garden

  • Alamat: Oro-Oro Ombo, Kehutanan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65151
  • HTM: Rp 25.000,-
  • Jam Operasional: 09:00 – 15:00
  • Maps: Klik Disini

Bila anda mengunjungi Coba Rais, maka tidak ada salahnya untuk berkunjung pula ke Batu Flower Garden ini. Karena, letaknya tidak begitu jauh. Tempatnya asik dan mempesona, mengesankan sekali memang berada di Batu Flower Garden. Lantaran, hampir semua spot foto tersedia disini.

Sumber Instagram @traveler_indo20018

Berada di atas ketinggian 1000 mdpl dan mengusung konsep gardu pandang. Sehingga, anda bisa menikmati sajian pemandangan khas kota Batu dengan pepohonan dan hijaunya alam yang terkadang berpadu dengan kabut tipis. Sayangnya, Batu Flower Garden termasuk objek wisata yang paling mahal.

Karena, semua spot selfie ini anda harus bayar kurang lebih 10 ribu rupiah. sehingga, berada disini anda harus minimal membawa uang 250 ribu rupiah untuk bisa puas menikmati semuanya.

70. Batu Night Spectacular

  • Alamat: Jl. Hayam Wuruk No.1, Oro-oro ombo No.1, Kota Batu, Jawa Timur 65316
  • HTM: Mulai dari Rp 30.000,0
  • Jam Operasional: 15:00 – 23:00 (Senin- Kamis), 15:00 – 00:00 (Jumat – Sabtu)
  • Maps: Klik Disini

Batu memang tiada habisnya, bila dituruti seakan satu hari mengeksplore batu mungkin kurang. Karena, tidak hanya pagi atau siangnya saja yang mempesona. tetapi, malamnya pun tidak kalah eloknya. satu diantaranya adalah Batu Night Spectacular dengan berbagai wahana malam nan menyenangkan.

Sumber Instagram @amazingmalang

Disini, anda akan disuguhkan dengan taman lampion yang sangat romantis. Tidak hanya itu saja, berbagai macam permainan seperti trampoline, rumah hantu, rumah kaca, go kart juga tersedia disini. Untuk melengkapi fasilitas kepada pengunjung, pihak pengelola sudah membangun sarana kantin dengan konsep foodcourt.

Kantin ini sudah dilengkapi dengan panggung hiburan. Di hari-hari tertentu anda bisa menyaksikan tampilan menarik. tidak hanya itu saja, berkunjung ke Batu night Spectacular salah satunya adalah melihat air mancur menari. Pesonanya memang terlihat aduhai dengan warna-warni seperti pelangi.

71. Jatim Park 2

  • Alamat: Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Desa Temas, Kota Batu, Jawa Timur 65315
  • HTM: Rp 95.000,- (Weekday), Rp 125.000 (Weekend)
  • Jam Operasional: 10:00 – 18:00
  • Maps: Klik Disini

Setelah sukses dengan Jatim Park 1, akhirnya pihak pengelola jatim park membangun kembali wahana jatim park 2. Tempatnya tidak jauh dari kawasan pertama. Konsepnya pun berbeda dengan yang pertama. Disini anda akan disuguhkan dengan eduwisata, pengetahuan tentang lingkungan alam.

Sumber Instagram @rafiprachaya

Disini pula anda akan disuguhkan dengan kincir angin raksasa yang mempunyai diameter sekitar 30 meter. Selain itu, jatim park 2 juga menghadirkan batu secreet zoo, yang dibagi menjadi beberapa kawasan ada area reptilian, aquarium, savannah, dan masih banyak lagi.

Nah, di jatim park 2 ini anda juga bisa mengelilingi wisata ini dengan menggunakan perahu wisata yang sudah disediakan. Anda akan berjumpa berbagai macam hewan seperti bangau yang sedang berenang kesana-kemari, siamang, dan kera ekor panjang.

72. Museum Tubuh

  • Alamat: Jalan Kartika No.2, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, 65314
  • HTM: Rp 40.000,- (Weekday). Rp 60.000,- (Weekend)
  • Jam Operasional: 08:30 – 16:30
  • Maps: Klik Disini

Mau menjelajah seluruh bagian isi tubuh? Di kawasan Jatimpark 1 hadir museum tubuh yang akan membawa anda menjelajahi ke seluruh bagian tubuh mulai dari gigi, paru-paru, jantung, ginjal. Anda juga akan menikmati pembelajaran tentang bagian-bagian tubuh ini.

Sumber Instagram @linipurplemon

Selain itu, di museum ini pula sudah tersedia beberapa tenaga untuk cek kesehatan anda gratis mulai dari mata, darah, dan lain sebagainya. Museum tubuh juga menghadirkan berbagai macam alat kesehatan. Jadi, semua tentang tubuh dan penanggulannya bisa anda ketahui disini.

Bentuknya pun juga sangat mirip dengan organ tubuh kita hlo. Jadi, jangan sia-siakan tempat ini untuk mengabadikannya ke dalam foto dan juga gambar. Dijamin, berada di museum ini membuat waktu anda berjalan dengan sangat cepat.

73. Alun-Alun Batu

  • Alamat: Jl. Diponegoro, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, 65314
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Dimana pun tempatnya alun-alun memang menjadi sebuah tempat wisata nan menyenangkan. Bahkan, dengan kahadiran tempat ini menjadi ragam pilihan bagi wisata. nah, di alun-alun batu ini bisa dibilang menjadi favorit kebanyakan wisatawan apalagi bila menjelang senja.

Sumber Instagram @_meizda

Ada berbagai macam sarana hiburan sudah disiapkan di tempat ini seperti, bianglala yang terlihat sangat mengesankan. Tidak hanya itu saja anda juga akan disuguhkan dengan berbagai macam menu  kuliner. Jangan ditanya soal rasa karena memiliki cita rasanya yang sangat menggemaskan.

Disini pula hadir menu kuliner khas batu yang konon katanya sudah berdiri sejak tahun 1920an. Namanya adalah ketan legenda. Ada berbagai macam jenis ketan dan juga varian rasa yang bisa anda nikmati. Untuk bisa menikmati kuliner ini, anda harus ekstra sabar, karena sore hari saja antriannya sudah seperti antrian sembako.

74. Jatim Park 3

  • Alamat: Jl. Raya Ir. Soekarno No. 144, Beji, Junrejo, Kota Batu, Jawa timur
  • HTM: Rp 100.000,-
  • Jam Operasional: 11:00 – 21:00
  • Maps: Klik Disini

Setelah menikmati jatim park 1 dan 2, saatnya anda untuk menikmati jatim park 3 yang konon katanya menjadi tempat paling hits di Batu dan wajib dikunjungi oleh keluarga. Disini, anda akan disuguhkan dengan zaman prasejarah dengan hadirnya dino park. atau anda juga bisa menikmati zoa ice age yang cukup dingin.

Sumber Instagram @amazingmalang

Mau mandi cahaya, mungkin infinite world adalah tempat paling menyenangkan. Anda akan dimanjakan dengan berbagai macam cahaya yang super keren. Mau yang sedikit menyeramkan, cobalah menikmati zona zombie. Atau mau bertemu dengan para tokoh dunia, anda wajib mengunjungi the legend star.

Selain itu masih banyak lagi zona yang bisa anda nikmati disini. jadi, jangan sampai terlewatkan untuk berbagai macam pesona yang ada di tempat ini.

75. Taman Kelinci

  • Alamat: Samaan, Klojen, Pandesari, Pujon, Kota Batu, Jawa Timur
  • HTM: Rp 10.000,- (Bergabung dengan Taman Strawberry)
  • Jam Operasional: 08:00 – 17:00
  • Maps: Klik Disini

Batu memang memiliki berbagai macam pesona dan pemandangan yang indah. Satu diantaranya berada di Taman kelinci yang ada di Desa Pujon. Nah, disini anda bisa bermain dengan kelinci-kelinci nan imut dan menggemaskan. Anda juga bisa menikmatinya dengan berbagai macam spot selfie yang bisa bikin geregetan.

Sumber Instagram @rendyleosandia

Selain itu, dengan uang 5 ribu rupiah anda bisa menikmati bagaimana rasanya memberi makan pada kelinci-kelinci ini. pada saat sore hari, anda bisa menyaksikan bagaimana kelici ini akan masuk ke dalam rumahnya. Tidak hanya kelinci, ada berbagai macam souvenir yang bisa di beli di tempat ini.

Mungkin bermain-main dengan kelinci akan membuat anda lapar. Tenang, masih di sekitar area ini ada sebuah restoran yang menyediakan sate kelinci dan juga sate landak yang empuk dan rasanya memang sangat nikmat. Jadi, jangan sampai terlewatkan ya.

Wisata Gunung dan Perbukitan di Batu

Pesona dari Kota batu yang terakhir adalah pegunungan dan perbukitan. Bagi anda yang menyukai petualangan, pasti wisata ini selalu anda cari. Inilah dia wisata Gunung dan perbukitan, di Kota Batu,

76. Omah Kayu

  • Alamat: Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, 65337
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 09:00 – 17:00
  • Maps: Klik Disini

Bisa dibilang inilah tempat wisata di malang dan batu dengan konsep yang berbeda. Anda bisa menikmati bagaimana rasanya berada di rumah kayu yang berada di atas pohon.

Sumber Instagram @dillaaa_09

Tidak hanya digunakan sebagai tempat selfie. Tetapi, omah kayu ini juga digunakan sebagai sarana penginapan. Nikmatilah pemandangan malam yang sanagt esoktis, romantis di tempat ini.

77. Bukit Paralayang

  • Alamat: Jalan Songgokerto, kelurahan Songgokerto, Kota Batu, Jawa Timur
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Bukit paralayang gunung banyak memang tempat yang mempesona untuk menikmati pemandangan kota Batu. Disini ada beberapa spot foto yang bisa anda manfaatkan untuk berbagai macam pose. Selain itu, anda bisa mencoba olahraga paralayang dengan harga 350 ribu saja.

Sumber Instagram @mas_iewan

Fasilitas dari harga ini anda akan di bawa kembali ke bukit paralayang dengan menggunakan kendaraan dari titik mendarat. Disini, sudah ada instruktur yang akan memandu anda dan memberikan aba-aba. Nikmati hijaunya alam batu sungguh, rasa takut akan ketinggian, seakan purna seketika.

Anda pun akan dibuat rindu dan ingin mencobanya lagi. Bila malam minggu tiba, bukit ini akan banyak dikunjungi oleh pengunjung yang ingin menikmati bagaimana indahnya sunset dari sini.

78. Goa Pinus Gunung Banyak

  • Alamat: Gg. Mabh Ba’I, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini
Sumber Instagram @amazingmalang

Sebelum menjadi goa pinus, objek wisata ini adalah sebuah penambangan pasir. Setelah tidak digunakan, oleh warga sekitar dirubah menjadi sebuah objek wisata andalan. tempatnya yang mengesankan membuat semua spot selfie disini menjadi yang terbaik. Tinggi goa ini hanya 1 meter saja lho.

79. Gunung Paderman

  • Alamat: Gunung Paderman, Kota Batu, Jawa Timur
  • HTM: Rp 7.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Ini adalah objek wisata bagi anda yang seorang pendaki dan mempunyai jiwa petualang yang tinggi. Gunung Paderman berada di ketinggian 2.045. dan menjadi Gunung favorit para pendaki untuk mengalahkan diri mereka sendiri. Ada dua jalur pendakian yang bisa anda pilih yaitu, desa pesanggrahan dan Jalur Curah Banteng.

Sumber Instagram @ind_mt

Selama perjalanan anda akan disuguhkan dengan berbagai macam pemandangan termasuk pula gagahnya gunung Arjuna. Total waktu yang harus ditempuh dari titik pendakian menuju ke puncaknya adalah 3 jam 30 menit hingga 5 jam. Tergantung dari kecepatan anda selama mendaki.

80. Taman Langit

  • Alamat: Jalan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 07:00 – 19:00
  • Maps: Klik Disini

Satu lagi, spot selfie di gunung banyak yaitu taman langit. Keindahan spotnya memang tidak kalah dengan omah kayu dan banyak lagi yang ada disini. Tempat wisata di Malang dan Batu ini pun masih tergolong Baru. Tetapi, beberapa fasilitasnya pun sudah cukup mumpuni.

Sumber Instagram @malala_bro

Bagaimana dengan kedua tempat wisata di batu malang ini? Sama-sama menghadirkan pemandangan nan esoktis bukan? Pasti saat ini anda bingung mau berkunjung ke mana bila berlibur di kota ini? Kalau boleh saran sih, jelajahi semua dan rasakan keseruannya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button