Tempat WisataTempat WisataWisata Bali

75 Tempat Wisata di Bali Terbaru, Paling Hits Beserta Biaya Masuk

 

 

75 Tempat Wisata di Bali Terbaru, Paling Hits Beserta Biaya Masuk – Siapa yang tidak mengenal Bali. Kawasan paling esoktis di Indonesia ini mempunyai berbagai macam surga tersembunyi. Menariknya lagi, semakin di eksplore, wilayah dengan julukan pulau dewata ini tidak akan pernah habis. Terus saja menghasilkan rona baru. Sehingga, wisatawan yang datang semakin penasaran dan terus bertambah.

Pengembangan Bali sebagai kota wisata memang sudah terlihat sejak dahulu. Lantaran, Bali lebih dikenal oleh wisatawan mancanegara dibandingkan Indonesia. Esoktisnya lagi adalah Pulau Dewata ini seakan mampu menghadirkan rona wisata yang tidak hanya bergantung kepada alam melainkan kepada seni, budaya, serta adat istiadat yang sangat kental.

Daftar Tempat Wisata di Bali

Bagaimana, sudah penasaran bukan apa saja sih tempat wisata di Bali? Mari kita simak, hasil penjelajahannya di bawah ini,

1. Garuda Wisnu Kencana

  • Alamat: Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, 80364
  • Jam Operasional: 08:00 – 22:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 0361 700808

Salah satu daya tarik dari kawasan ini adalah melihat betapa megah dan agungnya patung garuda wisnu kencana. Dimana, patung ini di buat oleh seniman asal Bali bernama I Nyoman Nuarta, seniman ternama yang namanya sudah melanglang buana ke berbagai sudut dunia. Dibangun dengan tinggi 126 meter dan lebar 60 meter.

Sumber Instagram @villa.aloha

Selain menikmati indahnya Patung, tempat wisata di bali ini anda juga akan disuguhkan dengan keindahan pesona sunset nan menggoda hati. Disini pun anda juga akan disuguhkan dengan berbagai macam atraksi kesenian seperti, Tari Barong dan Tari Kecak, instrument rindik, dan masih banyak lagi pertunjukan kesenian yang bisa anda nikmati.

2. Pura Ulun Danu Beratan

  • Alamat: Danu Beratan, Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali, 82191
  • HTM: Rp 15.000,- (Anak), Rp 20.000,- (Dewasa)
  • Jam Operasional: 08:00 – 18:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 0368 2033050

Berada disini seperti berada di sebuah surga dengan ketenangan, kedamaian, luar biasa. Selain itu, anda juga akan disuguhkan dengan arsitektur pura nan mengesankan. Sangat cocok bila digunakan untuk latar belakang foto. Selain itu, anda juga bisa menikmati panorama danau bedugul yang terlihat tenang dengan kabut tipis bila anda datang di siang hari.

Sumber Instagram @para_travels

Uniknya lagi pada saat Danau ini intensitasnya naik, maka anda akan melihat pula bila pura ini seakan mengapung di atas danau. Sugguh, pemandangan yang selalu dicari oleh para pengunjung yang datang kesini. Terletak di ketinggian 1.239 mdpl, membuat apa yang disajikan disini bikin geregetan.

Uniknya lagi, disini anda bisa melihat bagaimana kawasan ini menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama.  Sebelum memasuki sebuah gapura, cobalah anda menengok kearah bangunan stupa yang masih digunakan sebagai tempat ibadah. Nah, tidak jauh dari stupa tersebut anda bisa melihat kokohnya masjid berdiri untuk ibadah umat muslim Sungguh, damai dan sejuk sekali bukan melihat keberagaman disini.

3. Pura Taman Saraswati

  • Alamat: Jl. Kajeng, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 07:00 – 17:00
  • Maps: Klik Disini

 

Pura ini dibangun sebagai wujud persembahan dan pemujaan kepada dewi ilmu pengetahuan. Mengapa disebut dengan saraswati? Karena menurut ajaran umat hindu, hari turunnya ilmu pengetahuan disebut juga dengan hari saraswati. Tempat wisata di Bali ini juga menghadirkan keindahan tari kecak yang memang sudah sangat terkenal tersebut.

 

Sumber Instagram @runawayrocia

 

Pertunjukan ini akan hadir setiap hari selasa dan kamis mulai pukul 19:30. Untuk melihat Tari kecak ini anda diwajibkan membayar uang sebesar 75 hingga 100 ribu rupiah. Selain melihat keindahan pura nan megah. Anda juga akan disambut dengan pesona teratai yang seakan hidup di tengah danau. Anda bisa menikmati di jembatan yang dibangun menuju ke pura.

Saat anda mengunjungi tempat wisata di bali ini anda akan disuguhkan dengan berbagai macam peraturan yang wajib untuk ditaati. Seperti halnya, memakai kain poleng, bagi wanita yang sedang datang bulan dilarang masuk area pura, dilarang menaiki tempat pemujaan, dan jangan membuang sampah sembarangan.

 

4. Candi Tebing Gunung Kawi

  • Alamat: Banjar penaka, Tampaksiring, Gianyar, Bali, 80552
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 17:00
  • Maps: Klik Disini

Biasanya, pura di bali letak dan lokasinya berdekatan dengan pantai. Nah, di tempat ini berbeda. Dimana, lokasinya berdekatan dengan gunung kawi yang ada di pulau dewata. Keunikan dari kawasan ini adalah Candi yang anda lihat di pahat langsung dari tebing sungai.

 

Sumber Instagram @rahel_rahma

 

Sama seperti kawasan pura lainnya, anda pun wajib mematuhi aturan dan larangan saat berada di area candi. Tempat wisata di bali yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya ini telah dibangun pada abad ke 11. Kurang lebih anda akan disuguhkan 10 candi yang dipahat langsung. Terletak di tiga lokasi berbeda.

Lima berada di sisi timur sungai tukad pakerisan dan dijadikan sebagai titik utama. Saat anda mengunjungi kawasan ini. Sedangkan dua lainnya berada di sebelah barat. Sehingga, menghadirkan rona religi dan keindahan. Berada di sini, anda akan dibuat lupa waktu karena perpaduannya sangat mengesankan.

 

5. Goa Gajah

  • Alamat: Ubud, Bedulu, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.
  • HTM: Rp 30.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 17:00
  • Maps: Klik Diisni

 

Nama dari goa gajah sendiri diambil dari kata Lwa gajah pada lontar negarakertagama. Dimana artinya adalah pertapaan para biksu umat beragama budha yang lokasinya berada di tepi sungai. Untuk mencapai ke titik lokasi pertapaan anda harus menuruni anak tangga terlebih dahulu.

 

Sumber Instagram @watermelanie

 

Di sekeliling kawasan ini anda bisa menikmati pepohonan yang hijau dan juga rindang. Sehingga, suasana di kawasan ini sangat menenangkan. Menariknya lagi, usia pepohonan ini sudah masuk ratusan tahun lho. Pada saat anda berada di atas sebelum menuruni anak tangga, anda sudah bisa melihat seluruh area kawasan ini.

Terdengar pula suara gemericik air yang mengalir dari pancuran arca. Disini pula anda bisa melihat bangunan yang dahulu pernah hancur akibat gempa dahsyat yang sempat mengguncang Bali. Nah, keunikan lain dari tempat wisata di Bali ini adalah pintu masuk yang berupa mulut goa  dan hanya bisa dilalui oleh satu orang saja.

 

6. Desa Sobangan Mengwi

  • Alamat: Sobangan, Mengwi, Kabuapten Badung, Bali, 80352
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Mau melihat kebudayaan dan adat istiadat Bali? Mungkin, tempat wisata di Bali ini adalah solusinya. Selain itu, anda juga akan disuguhkan dengan kebun bunga nan mempesona. Bunga gumitir dan bunga pacar air adalah jenis dari beberapa bunga yang bisa anda nikmati dan digunakan sebagai latar belakang foto.

 

Sumber Instagram @gek_dhiian

 

Perlu diketahu bila, desa ini merupakan pemasok utama bunga untuk upacara adat umat hindu. Sehingga. Jangan heran bila anda akan menyaksikan mata pencaharian penduduk desa adalah petani bunga. Bagi anda yang ingin mengunjunginya, anda harus meminta izin terlebih dahulu kepada sang pemilik kebun.

Disarankan untuk datang saat musim liburan anda, bisa langsung bergabung dengan mereka yang sedang asyik selfi. Selain kebun bunga nan menggemaskan, anda juga bisa menikmati indahnya sawah-sawah nan hijau. Terhampar luas dengan semilir angin sepoi-sepoi. Selain bunga, hasil bumi utama dari desa ini adalah padi. Bagaimana menarik mengunjungi desa sobangan?

 

7. Pantai Atuh

  • Alamat: Pejukutan, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali, 80771
  • HTM: Rp 10.000,- Parkir mobil, Rp 5.000,- Parkir motor
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

 

Berada di tempat wisata di Bali ini anda akan disajikan dengan pesona indah layaknya raja ampat. Lanskapnya, memang benar-benar menakjubkan, dengan gugusan pulau-pulau karang. Oleh karena itu, tidak heran bila disebut juga sebagai Raja ampatnya Pulau Bali.

 

Sumber Instagram @balitopholiday

 

Kurang kebih ada 4 pulau karang yang ada disini dan jadi daya tarik utama. Seperti, pulau batu melawang, Pulau Batu Paon, Pulau Batu Abah, dan Pulau Bukit Jineng diantara empat pulau ini, ada satu yang paling menyenangkan dan menggemaskan. Tempat tersebut ada di Pulau Batu Melawang.

Dimana, di tempat wisata di bali ini mempunyai lubang raksasa atau juga disebut dengan batu bolong.  Sedangkan nama dari atuh sendiri diambil dari nama sumber mata air yang terdapat di pantai ini.  lebih tepatnya berada di sebelah barat pura atuh.

Nah, jangan lupa pula untuk menikmati pesonan nan elegan di bukit atuh. Karena, disini sudah di sediakan fasilitas rumah pohon nan menjulang tinggi. Anda bisa menikmati pemandangan pantai atuh dari atas ketinggian. Sungguh keindahan nan menggoda mata untuk enggan berkedip.

 

8. Istana Air Taman Ujung

  • Alamat: Bnajar Ujung, Desa Tumbu, Kabupaten Karangasem, Bali
  • HTM: Rp 10.000,- + Rp 50.000,- Biaya tambahan kamera DSLR
  • Jam Operasional: 08:00 – 17:00
  • Maps: Klik Disini

 

Satu kata saat menginjakkan kaki di tempat ini adalah indah. Tempat nan mempesona ini memang hadir bagi mereka yang ingin mencari tempat asik untuk mengambil foto dan gambar. Saking indahnya, tempat ini pun dijadikan sebagai pilihan untuk prewedding lho.

 

Sumber Instagram @fennirian

 

Menurut sejarahnya dahulu, kawasan ini pun dibangun dari kolam Dirah yang artinya adalah kolam pembuangan bagi mereka yang menguasai ilmu hitam. Pembangunan kawasan ini di mulai pada tahun 1901. Keindahan arsitekturnya memang sangat mempesona..

Anda bisa naik ke atas bangunan dan disini anda akan bisa menikmati pesona luar biasa. Seperti, Bukit Bisbis, berwarna hijau nan mempesona. Selain itu, ada juga  kolam-kolam yang membuat anda merasa bahwa kawasan ini adalah sebuah istana yang hanya ada di dalam lukisan.

 

9. Bukit Belong

  • Alamat: Jl. Raya Gunaksa, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali,
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Bila sedang di Bali, anda wajib mengunjungi Bukit Belong. Tempat Wisa di bali ini sedang hits dan menjadi perbincangan para nitizen lantaran, pemandangannya yang sangat mempesona. Hamparan kebun dan sawah yang sudah dipetak-petak adalah sajian yang tidak boleh di lewatkan.

 

Sumber Instagram @yogaadikaa

 

Selain itu, anda juga bisa melihat bagaimana rumah-rumah ini berpadu dengan pepohonan dan birunya langit. Sungguh keindahan yang membuat anda enggan untuk berkedip sedetik pun.

Anda juga bisa menikmati bukit huluh yang terlihat dengan hijaunya kawasan tersebut. Bagi anda yang mungkin membutuhkan tempat untuk menggali inspirasi, mungkin kawasan ini bisa dijadikan salah satu rekomendasinya.

Satu Spot yang menarik disini adalah pohon tanpa daun nan mengesankan. Biasanya, banyak pengunjung yang akan naik ke atas kemudian, mereka foto-foto dengan latar belakangnya sangat mempesona dan instagramable.

 

10. Pura Lempuyang Luhur

  • Alamat: Bunutan, Abang, Seraya Barat, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali 80852
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

 

Keindahan dari tempat wisata di bali ini memang sudah terlihat dengan perpaduan mengesankan antara pura dan juga gunung lempuyang yang terlihat kokoh berdiri. Beberapa orang pun mengatakan bila pura ini merupakan pura tertua di Bali. Konon katanya kehadirannya sudah ada sejak zaman pra hindu budha.

 

Sumber Instagram @360bali

 

Mengunjungi kawasan ini anda akan diajak untuk berolahraga lantaran harus naik tangga berjumlah 1700. Pepohonan yang menjulang tinggi dan hewan kera adalah suguhan yang akan menemani perjalanan anda. Nah, disarankan untuk tidak membawa makanan lantaran, kera ini akan hijau bila melihat makanan.

Bila anda beruntung, anda bisa menyaksikan upacara-upacara keagamaan yang sering dilakukan di kompleks pura.  Biasanya setiap hari galungan dan waraspati. Selain itu, anda juga bisa melihat bagaimana megahnya candi penataran yang memiliki keunikan tersendiri dari candi penataran yang ada di jawa.

 

11. Marine Walk

  • Alamat: Jl. By Pass Ngurah Rai No. 204, Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali
  • HTM: Rp 700.000 (Dewasa), Rp 550.000,- (Anak)
  • Jam Operasional: 07:00 – 22:00
  • Maps: Klik Disini

 

Sumber Instagram @balimarinewalk

Berkunjung ke pulau dewata bali memang wajib menikmati keindahan dunia bawah lautnya. Dimana, hadir ikan-ikan nan menggemaskan serta terumbu karang nan elegan yang bisa diajak berkenalan dan mungkin juga foto. Di marine walk ini, anda akan disuguhkan dengan dunia bawah laut bali yang bikin hati geregetan.

 

12. Pantai Balangan

  • Alamat: Pantai Balangan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
  • HTM: Free (Rp 5.000,- parkir mobil, Rp 3.000,- Parkir motor)
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

 

Inilah yang menjadi andalan pariwisata Bali berupa pantai nan esoktis. Satu diantaranya adalah Balangan yang mempunyai pemandangan Batu karang besar nan mempesona. Menariknya lagi, nama dari Pantai Balangan masih belum mencuat ke permukaan sehingga, anda bisa menikmati tempat wisata di Bali ini sepuasnya, serasa milik sendiri.

 

Sumber Instagram @infiatravel

 

Kegiatan selanjutnya, adalah surfing. Seperti diketahui bila ombak di Pantai Balangan cukup menggila dan menggoda. Hal inilah yang biasa dimanfaatkan untuk olahraga surfing. Biasanya wisatawan mancanegara yang sering melakukan olahraga ekstrem ini.

Keindahan salah satu tempat wisata bali ini yaitu pantai Balangan memang sangat sempurna untuk setiap momen. Oleh karena itu, tidak heran bila ada beberapa pengunjung yang datang untuk melakukan kegiatan prewedding. Karena, mengabadikan momen indah di kawasan yang indah adalah sebuah kewajiban.

 

13. Bali Bird park

  • Alamat: Jl. Serma Cok Ngurah gambir, Singapadu, batubulan, Sukawati, kabupaten gianyar, Bali, 80582
  • HTM: Rp 140.000,- (Dewasa). Rp 75.000,- (Anak)
  • Jam Operasional:
  • Maps: Klik Disini

 

Dari namanya saja, pasti anda sudah bisa menebak bila kawasan ini adalah rumah bagi para burung. Berada di luas lahan 2 hektar membuat kawasan ini mampu menampung kurang ebih 1000 burung sekaligus. Dengan 250 jenis burung yang berbeda. Selain itu, anda juga bisa menikmati berbagai macam flora yang jumlahnya kurang lebih 2000 jenis.

 

Sumber Instagram @shotbyfelixx

 

Tidak hanya bisa berfoto selfie dengan burung saja melainkan, anda juga bisa menikmati aktifitas burung-burung ini mulai dari, pengembangbiakan, tidur, makan, bertelur dan masih banyak lagi. selain itu, anda juga bisa menikmati sajian menu makanan yang nikmat menggoda di sini.

 

14. Tukad Unda

  • Alamat: Jl. Tukad Yeh Unda, Semarapura Kelod kangin, kabupaten Klungkung, Bali, 80761
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

 

tempat wisata di bali ini sedang jadi perbincangan karena pada dasarnya tukad unda adalah sebuah Dam yang memiliki air sangat bersih dan juga jernih. Aliran dari air ini begitu deras sehingga, bila orang tak tahu, mereka akan berkata bila kawasan ini adalah sebuah air terjun.

 

Sumber Instagram @phaseonephoto

 

Berada disini membuat anda lupa waktu, dimana pohon-pohon berdiri dengan kokoh dan megahnya. Menghadirkan sebuah rona yang berbeda. Biasanya, Dam ini digunakan para warga untuk mandi lantaran airnya yang sangat bersih. Cobalah mandi dan rasakan kesegaran yang maksimal.

 

15. Pasih Uug

  • Alamat: Bunga Mekar, Nusa Penida, Kabupaten klungkung, Bali, 80771
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Banyak wisatawan menyebutnya dengan nama Broken Beach. salah satu tempat wisata di bali yaitu pantai pasih uug memang terlihat berbeda dengan kawasan pantai lainnya. Dimana, anda akan disajikan dengan tebing yang berlubang sehingga, menjadi aliran air. Tebing ini memiliki ketinggian 50 hingga 200 meter.

 

Sumber Instagram @awescenery

 

Bila anda mempunyai drone, cobalah lihat bentuk Pasih Uug ini. Dari atas, anda akan melihat seperti sebuah sumur raksasa. Atau sebuah gua yang selalu dialiri oleh air. Nah, menariknya lagi tebing yang berlubang ini membentuk sebuah jembatan. Sehingga, anda bisa menikmati birunya pantai. Sungguh, indah bagaikan lukisan tangan-tangan ternama.

Konon katanya, bila pengunjung beruntung, maka para pengunjung akan melihat secara langsung ikan penyu dan ikan pari manta berenang bebas di laut lepas. Pemandangan yang memang selalu ditunggu-tunggu oleh siapa pun yang datang ke tempat ini.

 

16. Angel’s Billabong

  • Alamat: Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

 

Setelah puas menikmati keindahan pasih uug, saatnya menikmati angel’s billabong. Dimana, anda harus berjalan sekitar 300 meter dari pasih uug. Bisa dibilang, tempat ini adalah kolam renang alami dengan warna air hijau tosca. Nah, bagi anda yang ingin menikmati berendam dan berenang disini anda harus menuruni tebing yang cukup tajam.

 

Sumber Instagram @2getherbackpacker

 

Selain itu, tebing ini juga cukup curam sehingga amat tepat bagi anda yang mempunyai jiwa petualang yang tinggi. Nah, nama dari angel billabong ini menurut legenda diambil dari bahasa inggris, artinya adalah ujung dari sebuah sungai yang buntu.

Nah, dikawasan ini pula anda juga bisa menikmati keindahan matahari terbenam. Sungguh perpaduan alam yang sangat sempurna. Jadi, anda wajib membawa kamera yang mumpuni agar setiap momen bisa diabadikan ke dalam foto dan gambar. Apalagi, langit sorenya benar-benar mempesona.

 

17. Pantai Nyang-Nyang

  • Alamat: Jl. Uluwatu, Br. Dinas Karang Boma, Pecatu, Kuta Badung, Bali, 80364
  • HTM: Free (Rp 5.000,- parkir mobil, Rp 2.000,- Parkir motor)
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

 

Dari segi namanya tempat wisata di Bali ini memang belum terlalu terkenal. Tetapi, pesona dan keindahannya perlahan mulai di dengar. Ada banyak sekali aktifitas yang bisa anda lakukan di kawasan ini seperti mengumpulkan kulit kerang. Anak-anak yang datang ke sini, biasanya melakukan kegiatan ini tanpa pernah bosan.

 

Sumber Instagram @wildanprakasa

 

Selain itu anda juga bisa menikmatinya dengan olahraga paraglinding.  Menikmati pantai nyang-nyang dari atas memang sangat mengesankan. Tapi ingat, bagi anda yang takut ketinggian diharapkan untuk tidak melakukan kegiatan ini ya.

Anda juga bisa melakukan olahraga lainnya yaitu surfing, ombak di pantai nyang-nyang memang sagat bersahabat bagi anda yang menyukai olahraga ekstream ini.

 

18. Bukit Campuhan

  • Alamat: Jalan Bangkiang Sidem, Kelusa, Payangan, Ubud, kabupaten Gianyar, Bali, 60571
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

 

Sumber Instagram @eriohprr_

Tempat wisata di bali ini menyajikan berbagai macam kegiatan menarik dan seru. Diantarnya adalah jogging . Dimana, anda bisa menikmati indahnya perbukitan hijau dengan jalan yang menantang. Disini juga anda bisa menyewa sepeda dan menikmati keindahan alam Bali ini.

 

19. Gunung Agung

  • Alamat: Dusun Lungutan, Desa Bebandem, Kecamatan rendang, Kabupaten Karangasem, Bali,
  • HTM: Rp 20.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

 

Bali memang indah, alamnya tidak hanya pantai saja. Melainkan ada juga gunung yang bisa didaki dan dijelajahi. Satu diantaranya adalah Gunung Agung. Dari atas puncak anda akan disuguhkan pemandangan alam Bali yang sebenarnya, apalagi golden sunrise yang hanya tercipta bila anda beruntung.

 

Sumber Instagram @gunungagung_bali

 

Selain itu, pemandangan Gunung rinjani pun bisa terlihat sangat mempesona. Lalu, pesona pulau nusa penida dan pantai sanur tidak luput dari pemandangan yang bisa anda lihat. Begitu pula dengan Danau Batur yang juga bisa anda nikmatidiatas ketinggian 3000 mdpl ini. Jalur pendakian Gunung agung juga bisa ada mulai dari Pura besakih.

Sayangnya, jalur melalui pura besakih begitu menggemaskan. Bagi anda yang masih ingin mendaki dari sini, diharapkan menggunakan jasa pemandu agar tidak tersesat dan menimbulkan korban jiwa. Anda juga bisa memulai titik pendakian dari Pura Pasar Agung dengan estimasi waktu 4 jam hingga ke puncak.

 

20. Air Terjun Aling-Aling

  • Alamat: Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 07:00 – 17:00
  • Maps: Klik Disini

Pesona lain dari pantai adalah air terjun, Mungkin, anda sedikit terkejut dengan kehadiran air terjun di Bali. Memang, pesona ini jarang sekali di dengar atau pun terdengar. Nah, di kabupaten Buleleng, hadir dengan Air Terjun Buleleng. Memiliki ketinggian kurang lebih 35 meter.

 

Sumber Instagram @tukangpesiarhttps

 

Menariknya, air terjun ini ada dua, letak keduanya pun bersandingan. Hanya saja, keduanya memiliki debit air yang berbeda. Pesona lain dari kawasan ini adalah tebing-tebing yang mengelilingi tempat wisata di Bali ini ditumbuhi dengan pepohonan hijau, menjulang tinggi hingga pesona sangat sempurna.

Di bawah air terjun ini terdapat kolam air yang bisa digunakan untuk berenang dan berendam dengan kedalam kurang lebih 4 meter. Menuju ke titik lokasi ini, anda akan melakukan perjalanan cukup jauh. Tetapi, keringat yang ada keluarkan akan terbalas dengan hilangnya kepenatan dan beban berat.

Lantaran menuju ke tempat ini memang menghadirkan kesejukan, ketenangan, dan kedamaian yang luar biasa. Disarankan bagi anda datang di musim kemarau, karena saat anda datang di musim penghujan anda akan melihat air ini keruh.

 

21. Pantai Batu Belig

  • Alamat: Jalan Batu Belig Kerobokan kelod, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali, 80361
  • HTM: Free (Rp 5.000,- Parkir Mobil, Rp 2.000,- Parkir Motor)
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

 

Daya tarik dari salah satu tempat wisata di bali ini adalah ketenangan yang akan anda dapatkan begitu luar biasa. Berada di sini, anda bisa melihat bagaimana pesona matahari terbenam yang luar biasa indahnya. Pesona ini tidak kalah indahnya dengan sunset di pantai kuta atau pantai lainnya.

 

Sumber Instagram @thelukuvillabali

 

Selain menikmati keindahan sunsetnya, anda juga bisa menikmati permainan surfing nan elegan. Maklum saja, ombak yang ada di kawasan ini begitu besar dan sangat ramah bagi mereka yang menyukai olahraga ini. di kawasan ini pula sudah hadir berbagai macam restoran, café dan warung makan yang bisa dijadikan tempat untuk nongkrong.

 

22. Air Terjun Kanto Lampo

  • Alamat: Br. Kelod Kangin, Desa Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 17:00
  • Maps: klik Disini

Satu kata untuk air terjun ini adalah unik. Dimana, tempat wisata di Bali ini terletak di dataran rendah lho. Kondisi geografis dari tempat ini memiliki suhu panas sepeti di kota. Nah, perbedaan suhu ini akan terasa bila anda sudah sampai di area sungai. Karena, ada pepohonan yang menjulang tinggi sehingga, menghadirkan udara yang berbeda dari biasanya.

 

Sumber Instagram @firdausinnimah

 

Ketinggian air terjun Kanto Lampo ini adalah 15 meter. Sesampainya di titik lokasi, biasanya anda akan menyaksikan beberapa pengunjung yang datang dan berenang, merasakan kesegaran air. Menurut cerita para warga, sumber air dari tempat ini adalah irigasi air yang berada di dalam tanah.

 

23. Sambangan Secret Garden

  • Alamat: Village Sambangan, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali, 81161
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 19:00
  • Maps: Klik Disini

 

Dari segi namanya mungkin, anda sudah bisa menebak-nebak, bila kawasan ini memang sebuah surga tersembunyi. Untuk mencapai titik lokasi memang membutuhkan perjuangan dan keringat. Sehingga, jarang sekali pengunjung yang datang ke tempat. Keunikan di tempat wisata di Bali ini anda bisa menikmati 4 air terjun sekaligus, dalam 1 kawasan.

 

Sumber Instagram @anggilfernando

 

Air terjun tersebut adalah air terjun cemara dengan tinggi kurang lebih 25 meter. Kemudian air terjun aling-aling yang memang sangat mempesona. Kemudian, hadir pula air terjun kroya, yang mengesankan dengan perosotan alaminya. Kawasan terakhir adalah Blue Lagoon atau puncak sari pool yang dijadikan sebagai ikon wisata desa ini.

 

24. Air Terjun Tembok Barak

  • Alamat: Gang Cengkeh, Sambangan, Kecamatan Buleleng, Bali
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

 

Namanya cukup unik, diambil dari suasana di sekitar air terjun. Arti nama tembok adalah dinding, dan Barak berarti merah. Bagi sebagian wisatawan mungkin masih terlihat asing dengan kehadiran tempat ini. Maklum saja karena, tempat wisata di bali ini memang masih tergolong sangat baru.

 

Sumber Instagram @idabagus_bali

 

Sehingga, beberapa fasilitas yang digunakan khusus untuk wisatawan masih dalam taraf pengembangan. Menuju ke titik lokasi anda harus berjalan kurang lebih 700 meter. Anda pun di tuntut untuk mempersiapkan tenaga dan fisik karena, menuju ke tempat ini memang akan menguras tenaga.

Tetapi, setelah sampai di air terjun anda bisa berenang dan berendam. karena, memiliki kolam yang cukup luas. Tidak hanya itu, airnya pun juga sangat menyegarkan apabila menyentuh kulit. Jadi, jangan lewatkan untuk sensasi keseruannya saat anda mengunjungi Buleleng.

 

25. Hidden Canyon Beji Guwang

  • Alamat: Jalan Sahadewa, Banjar Wangbung, Guwang, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali, 80582
  • HTM: Rp 10.000,- (Dewasa), Rp 7.000, – (Anak)
  • Jam Operasional: 08:00 – 17:30
  • Maps: Klik Disini

 

Tidak salah memang pulau dewata dijadikan sebagai kawasan wisata karena, tempat ini memiliki berbagai macam pesona. Satu diantaranya adalah Hidden Canyon Beji Guwang ini. Tempat wisata di Bali ini menyajikan keindahan tersembunyi antara sungai dan keasrian alam pedesaan.

 

Sumber Instagram @hiddencanyonbejiguwang

 

Bila kondisi alam sedang tidak memungkinkan dan terjadi banjir. Maka, secara otomatis tempat ini akan ditutup. Karena, akan sangat berbahaya bila masih ada wisatawan disini. berada disini, anda wajib menggunakan jasa pemandu. Karena, ada beberapa track yang memang sulit untuk dilalui

Berjalan di antara tepian sungai ini, anda wajib berhati-hati. Karena, sangat licin. Sebelum menyusuri sungai ini, anda akan menjalani perjalanan pemasanan sejauh 700 meter. Para pemandu ini pun juga berkewajiban menjaga kebersihan dari sampah-sampah yang menumpuk, agar tidak terjadi banjir lebih hebat.

 

26. Ladang Bunga Gemitir

  • Alamat: Desa Belok, Kecamatan Petang, Kabupaten badung, Bali
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

 

Mau berkunjung ke tempat yang instagramable, anda bisa langsung meluncur ke ladang Bunga Gemitir. Warga di desa belok ini memang terkenal sebagai petani bunga gemitir.

 

Sumber Instagram @bendesamasinn

 

Dimana, bunga ini digunakan sebagai pemujaan di berbagai acara keagamaan. Nah, biasa banyak para pengunjung yang memanfaatkan kawasan ini sebagai salah satu daftar tempat prewedding mereka.

 

27. Pantai Melasti

  • Alamat: Desa Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, 80234
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Menuju ke pantai ini anda akan menikmati pesona jalanan nan menggemaskan. Apalagi, tempat wisata di bali ini berada di balik tebing yang mempesona. Biasanya di hari-hari tertentu, anda bisa menikmati upacara melasti di sini. Nah, titik spot paling menarik ada di tebing dengan keteinggian 100 hingga 150 meter ini.

 

Sumber Instagram @liburanbali

 

Disini pun anda bisa menikmati matahari tenggelam. Pesona sunset ini pun menjadi salah satu butiran pasir putih nan menggemaskan. Pantai melasti ini pula mempunyai sebuah kolam. Anda bisa berendam, dan mengamati ikan-ikan kecil nan menggemaskan. Bagaimana penasaran dengan tempat yang menawan hati ini?

 

28. Pantai Suluban

  • Alamat: Desa pecatu, Uluwatu, Kuta selatan, Kabupaten Badung, Bali
  • HTM: Free (Rp 5.000,- Parkir Motor, Rp 10.000,- Parkir mobil)
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

 

Beberapa wisatawan mancanegara memberi nama tempat wisata di bali ini dengan nama Blue Point. Tempat surfing paling ternama di Bali, menghadirkan sebuah pesona pantai nan menggemaskan. Sebelum, anda memasuki titik lokasi, anda harus berjalan kurang lebih 500 meter.

 

Sumber Instagram @flossen.und.flipflop

 

Di sepanjang perjalanan ada beberapa warung yang menjual berbagai macam souvenir menarik seperti kain tenun nan menggoda. Disini pula, anda akan ditemani dengan kera-kera yang tidak terlalu nakal walau tetap hijau bila melihat makanan.

Setelah menuruni anak tangga, anda akan melihat bibir pantai ini tidak terlalu besar. ada pula karang yang berada di tengahnya. Nah, pesona yang dihadirkan ini membuat anda akan merasa di sebuah pulau terpencil. Nah, disini pula sudah tersedia restoran dengan menu makanan dan pemandangan yang super romantis.

 

29. Pantai Kelan

  • Alamat: Tuban, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali,
  • HTM: Free (Rp 5.000,- Parkir Mobil, Rp 3.000,- Parkir Motor)
  • Jam Operasional:24 jam
  • Maps: Klik Disini

Keindahan alam pantai kelan ini memang memukau siapa pun yang datang mengunjungi tempat wisata di Bali. Pesona air biru dan pasir putih akan terhampar di depan mata. Tidak hanya itu saja, anda pun bisa menikmati keesoktisan pantai dengan hadir kapal-kapal nelayan nan menggoda.

 

Sumber Instagram @sandipapifarell

 

Lokasi ini bisa dibilang cukup unik. Lantaran, tempat ini dekat dengan bandara ngurah rai. Menariknya lagi, pantai kelan berada di samping landasan pacu. Anda bisa melihat pesawat landing dan juga take off. Oleh karena itu, jangan heran bila anda akan mendapati suara pesawat yang begitu bising.

Banyak wisatawan yang sepakat bila menikmati sunset ini merupakan sunset terindah karena, hadirnya 100 jukung dengan warna-warni nan mengesankan.

 

30. Pantai Tegal Wangi

  • Alamat: Jl. Tegal wangi, Desa Jimbaran, Kecamatan kuta selatan, kabupaten Badung, Provinsi Bali, 80361
  • HTM: Free (Rp 5.000,- Parkir Motor, Rp 15.000,- Parkir Mobil)
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

 

Disinilah letak puri baghawan. Terletak di atas bukit, sehingga, anda bisa menikmati berbagai macam pemandangan nan elok. Di puri ini terdapat sebuah rumah adat yang berbentu mirip joglo. Biasanya, tempat ini digunakan untuk upacara pernikahan. Tidak hanya itu, di pantai tegal wangi anda juga akan disuguhkan blue laguna yang bisa digunakan untuk tempat hunting sunset.

 

Sumber Instagram @pantai_tegal_wangi

 

Airnya yang sangat jernih membuat anda bisa menikmati berbagai macam kegiatan dengan air seperti berenang, berendam. Nah, tempat ini pun sangat bersih dan terhindar dari sampah-sampah yang berceceran. Bagi anda yang berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk membawa hasil sampahnya agar tetap terjaga kebersihannya.

 

31. Kolam Teratai Candidasa

  • Alamat: Jl. Raya Candidasa, Sengkidu, Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

 

Apa jadinya bila anda disuguhkan dengan pesona teratai yang banyak dan indah. Tempat wisata di Bali ini memang menyuguhkan pemandangan kolam teratai nan elegan.

 

Sumber Instagram @waynebali87

 

Anda bisa mengambil beberapa sudut keindahan kawasan ini. oleh karena itu, jangan heran bila banyak yang datang dan langsung pergi lantaran mereka sudah bisa mengambil titik spot nan kece.

 

32. Pantai Amed

  • Alamat: Jl. Raya Amed Bunutan, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali, 80852
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

 

Memang, Bali tidak akan pernah habis dengan yang namanya pantai. Seperti halnya amed yang menyajikan berbagai macam keindahan. Diantaranya adalah pesona bawah laut. Anda bisa berkenalan dengan ikan dan terumbu karang dengan diving atau juga snorkeling.

 

Sumber Instagram @balirecom

 

Selain terumbu karang, pesona bawah laut pantai amed akan disuguhkan dengan kapal perang tentara jepang yang tenggelam dan menjadi sebuah rumah huni bagi spesies laut. Untuk menyewa peralatan snorkeling dan diving, anda akan dikenakan biaya sebesar 50 ribu rupiah.

Kegiatan selanjutnya adalah menikmati pesona matahari terbenam. Inilah sisi romantis dari pantai amed. Rasakan eloknya langit yang akan berubah menjadi oranye, dan terkadang hadir pula warna ungu. Sungguh, pemandangan nan elok yang dihadirkan di tempat ini.

 

33. Pantai Geger

  • Alamat: Pantai Geger, Bali
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Satu kata untuk pantai ini adalah tenang. Maklum saja, nama pantai geger memang masih belum terlalu tenar, Sehingga, saat mengunjungi tempat ini, anda akan menyaksikan kebebasan dan seperti berada di pantai anda sendiri. Kegiatan yang bisa anda lakukan disini adalah bermain pasir dan membangun istanan nan megah.

 

Sumber Instagram @putucavalera

 

Bila anda membutuhkan peralatan lengkap untuk bermain pasir, anda bisa menyewanya dengan harga 50 ribu rupiah. Selain, bermain pasir anda juga bisa menikmati bagaimana rasanya berjemur di tempat ini. atau juga bisa berenang lantaran, airnya sungguh menyegarkan dan membuat anda lupa waktu.

Tidak hanya itu saja, Pantai Geger juga bisa menikmati berkeliling dengan menggunakan perahu. Berada di tempat ini anda wajib membawa perbekalan sendiri. Lantaran, tempat wisata di bali ini belum ramah dengan warung-warung. Tetapi, di tepian pantai geger sudah tersedia café yang menghadirkan berbagai macam menu kuliner nan lezat.

 

34. Desa Adat Penglipuran

  • Alamat: Desa Penglipuran, Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali
  • HTM: Rp 15.000,- (Dewasa), Rp 10.000,- (Anak)
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Sebenarnya tempat wisata di Bali ini bisa anda nikmati di televisi karena, selalu ditampilkan sebagai shooting ftv. Des Adat penglipuran berada di ketinggian 600 hingga 700 mdpl sehinga, tempat ini memiliki suhu dan nuansa menggemaskan. Desa penglipura ini digunakan sebagai desa percotohan sebagai desa wisata tahun 1995.

 

Sumber Instagram @badaijihadaqisthi

 

Keunikan dari wilayah ini adalah bentuk rumah yang hampir sama mulai dari atap, gerbang, dan dinding yang hampir sama persis. Uniknta, gerbang pintu ini hanya bisa dilalui oleh satu orang saja. Selain itu, tata ruang cat tembok, pun dibuat sama dan bahkan mirip.

 

35. Taman Nasional Bali Barat

  • Alamat: jalan raya cekik Gilimanuk, Jembrana, Bali, 82253
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 18:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 0365 61060

 

Luas wilayah kawasan ini kurang lebih 19.000 hektar. Dimana, dibagi menjadi dua wilayah. Pertama memiliki luas 15.500 hektar adalah daratan. Kemudian, 3.500 hektar adalah lautan. Disini, anda bisa melihat bagaimana populasi jalak bali yang dilindungi tersebut.

 

Sumber Instagram @bali_barat

 

Hadir juga beberapa satwa langka yang dilindungi dan kehadiranya hampir punah.  Nah, dibawah lautnya, anda bisa menyaksikan kurang lebih 120 jenis terumbu karang dan ikna-ikan nan menggemaskan. Satu aktiftas yang bisa anda nikmati adalah naik sepeda menyusuti hutan nan elegan.

Setelah 60 menit menggunakan sepeda, perjalan menyusuri taman nasional ini selanjutnya adalah dengan cara trekking. Waktu tempuhnya pun juga 60 menit, sebelum sampai di konservasi jalak bali. Ada kurang lebih 25 hewan dengan kandang terpisah.

 

36. Danau Tamblingan

  • Alamat: Desa Munduk, Kecamatan Banjar, kabupaten Buleleng, Bali
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

 

Danau Tamblingan berada di ketinggian 1.000 mdpl. Oleh karena itu, jangan heran bila anda akan merasakan sebuah kesejukan dan nikmatnya berada di sini. Bahkan saking indahnya, anda akan lupa waktu. Selain itu, anda akan disuguhkan dengan kabut-kabut tipis nan elegan.

 

Sumber Instagram @bendesamasinn

 

Nah, luas dari tempat wisata di Bali ini kurang lebih 1, 15 meter persegi saja. Tetapi, jangan remehkan danau yang tidak luas ini. lantaran, anda akan menikmati bagaimana pesona sang fajar yang muncul secara perlahan menyinari bumi. Tidak hanya sampai di situ saja.

Anda juga bisa menikmati seluruh danau tamblingan ini dengan menyewa perahu milik warga. Perahu ini biasanya digunakan para warga untuk menangkap ikan dan berbentuk seperti sampan.

Sejarah nama danau tamblingan konon, dahulu ada warga sekitar danau ini terkena wabah penyakit. Kemudian, seorang yang sakti mandraguna mengambil air dari tempat ini. hingga akhirnya penyakit itu pun sembuh. Oleh karena itu, warga sekitar pun wajib untuk menjaga kesucian dari danau tamblingan.

Sehingga, danau ini pun disebut dengan nama tamblingan atau tamba yang artinya adalah obat. Cerita dari danau ini pun hadir di lontar kutara kanda Dewa Purana Bangsul.

 

37. Pantai Canggu

  • Alamat: Desa Caggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

 

Tempat wisata di Bali ini memiliki karakteristik pantai dengan pasir yang landai dan berpasir putih keemasan. Pantai Canggu merupakan pantai yang cocok untuk melihat pesona matahari terbenam atau sunset. Keindahan langit sore memang akan terlihat elok nan menggoda.

 

Sumber Instagram @dharmagonz

 

Nah, sebelum anda bisa menikmati pemandangan sunset nan aduhai ini, anda juga bisa melakukan aktifitas lainnya seperti surfing.  Berselancar di antara ombak pantai canggu memang sungguh mengesankan. Apalagi, tempat wisata di Bali ini sering mengadakan kegiatan lomba surfing kelas dunia.

Tidak hanya itu saja, bagi anda yang ingin belajar surfing bisa meminta petugas tempat ini untuk menjadi pembimbing dan guru, Para instruktur ini pun sangat ramah dan sabar. Sehingga, anda akan belajar menikmati ombak ini dengan hati senang dan tenang.

 

38. Gunung Batur

  • Alamat: Batur Selatan, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
  • HTM: Rp 75.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

 

Inilah dia, tempat wisata di Bali yang bisa di daki selain Gunung Agung. Tempat yang memiliki kaldera terbesar di dunia ini memang memiliki keindahan dan pesona untuk di daki. Ketinggian Gunung ini memang hanya 1.717 mdpl. Tetapi, saat anda mendakinya, anda akan menemukan kesan yang tidak akan pernah terlupakan.

 

Sumber Instagram @erki

 

Estimasi waktu menuju ke puncaknya kurang lebih 1,5 jam hingga 2 jam. Tergantung dari kecepatan anda mendaki. Disarankan anda untuk menggunakan jasa guide. Agar selamat sampai tujuan. Harga untuk guide adalah 550 ribu rupiah. Bagaimana, anda nego dengan beliau.

 

39. Museum Blanco Renaissance Museum

  • Alamat: Jalan Raya Penestanan No.8, Desa Campuhan, Sayan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
  • HTM: Rp 30.000,-
  • Jam Operasional: 09:00 – 17:00
  • Maps: Klik Disini
  • No. Telp: 0361 975502

Museum memang tempat paling membosankan untuk dikunjungi. Tetapi, tidak untuk Museum Blanco Reniassance Museum ini. Tempat ini memiliki galeri seni dan beberapa koleksi yang mampu memanjakan mata. Lukisan favorit disini adalah wanita bali nan mengesankan.

 

Sumber Instagram @alexbalitour

 

Pada saat anda masuk ke museum ini, anda akan di sambut dengan halaman berumput serta taman nan luas. Sungguh, keindahan nan elok dan mempesona. Bangunan ini pun tampak megah dengan kombinasi arsitektur antara bali dan spanyol. Saat memasuki tempat wisata di Bali ini, anda akan menemukan karya-karya blanco nan mengesankan.

Nah, di area taman ini anda bisa menikmati beberapa burung-burung beo yang bisa anda nikmati dan bisa diajak foto selfie bersama. Menariknya lagi, anda pun bisa menyaksikan beberapa lukisan yang sangat vulgar. Sehingga, tidak terlalu baik untuk anak-anak.

 

40. Kebun Raya Bedugul

  • Alamat: Jalan Kebun Raya, Candikuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 82191
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 09:00 -19:00
  • Maps: Klik Disini

 

Luas kebun raya bedugul kurang lebih 15,75 ha. Dengan udara nan sejuk dan nuansa yang begitu mengesankan. Sehingga, anda yang mengunjungi tempat ini akan merasakan bagaimana rindu itu perlahan merasuk ke dalam hati. Menariknya lagi, kebun raya bedugul merupakan kebun raya pertama yang di bangun oleh rakyat Indonesia sendiri.

 

Sumber Instagram @dayatpesenk

 

Kebun ini digunakan sebagai tempat konservasi, lokasi penelitian. Bagi tumbuh-tumbuhan dan hewan langka. Sehingga, anda bisa menikmati tempat ini untuk rekreasi serta sarana belajar.

Disini pula disediakan mobil bagi anda yang ingin berkeliling dengan mobil seharga 11 ribu rupiah saja. Selain itu, di sekitar kebun anda juga akan disuguhkan dengah patung besar khas bali. Biasanya patung ini pun juga digunakan sebagai foto latar belakang.

 

41. Arung Jeram Sungai Ayung

  • Alamat: Jalan Raya Ubud, Ubud, Gianyar, Bali
  • HTM:  Mulai dari Rp 275.000,-
  • Jam Operasional: 07:00 – 22:00
  • Maps: Klik Disini

 

Menikmati Bali tidak hanya dengan kebut-kebutan di pantai saja. Melainkan anda juga bisa memacu adrenalin anda dengan Arung jeram. Sebelum anda melakukan olah raga ini, anda akan dipandu oleh beberapa instruktur. Semua peralatan keselamatan pun juga di pakai sesuai dengan petunjuk.

 

Sumber Instagram @sewamotorbali

 

Nah, untuk peralatannya anda tidak usah khawatir lantaran mempunyai standar yang sangat tinggi. Sehingga, semua fasilitas disini pasti akan aman. Biasanya, perahu karet ini akan berisi 4 hingga 6 orang. Dan satu perahu karet ini akan ada 1 instruktur. Anda akan menempuh waktu kurang lebih 2 jam dengan jarak 12 km.

Menariknya lagi, sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan dengan uiran-ukiran unik nan menggoda mata. Dinding-dinding seni ukiran ini merupakan ciri khas dari sungai arung jeram ayung. Nah, setelah puas menjelajahi sungai anda bisa makan dengan berbagai macam menu makanan nan lezat dan nikmat.

 

42. Tari Kecak uluwatu

  • Alamat: Jalan Raya Uluwatu, Desa Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
  • HTM: Rp 100.000,-
  • Jam Operasional: 17:30 – 19:30
  • Maps: Klik Disini

 

Tari kecak adalah tari khas Bali yang bisa anda nikmati. Ada banyak pertunjukan kesenian ini di Bali. Tetapi, diantara tempat tersebut, Pura Uluwatu adalah pertunjukkan paling bagus dan menawan. Disarankan anda untuk datang pada pukul 3 sore. Karena, tiket go-show biasanya di buka pada pukul 4 sore.

 

Sumber Instagram @eloviie.id

 

Sehingga, saat loket ini buka, anda bisa melihat bagaimana antrian wisatawan yang ingin melihat pertunjukan spektakuler ini. Selain itu, anda pun bisa menikmati pertunjukan matahari terbenam. Sungguh, pesona yang tidak boleh anda lewatkan bila berada di kawasan uluwatu.

Sebelum menikmati tarian ini. Alangkah baiknya, anda untuk menikmati pura luhur uluwatu. Dengan harga tiket masuknya adalah 20 ribu rupiah.

 

43. Pasar Sukowati Bali

  • Alamat: Jalan Raya Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 10:00 – 17:00 (Pasar Seni), 08:00 – 15:00 (Pasar Lokal)
  • Maps: Klik Disini

 

Mau cari berbagai macam souvenir dan berbagai baju, serta souvenir khas Bali. Maka, di pasar sukowati inilah jawabannya. Tempat wisata di Bali ini menghadirkan berbagai jenis barang seni.

 

Sumber Instagram @infowisatabali

 

Anda bisa menikmati dan menawarnya agar mendapatkan harga yang paling murah. Selain itu, anda juga bisa menikmati berbagai macam foto dan gambar untuk mengisi galeri media sosial anda.

 

44. Pantai Padang-Padang

  • Alamat: Pantai Padang-Padang, Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali,
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

 

Masih ingat dengan tempat wisata di Bali ini? Pantai Padang-padang memang terkenal saat tempat ini dijadikan sebagai lokasi syuting film eat, pray, and love. Nah, keindahan alam di tempat ini memang sangat esoktis dan bisa dijadikan sebagai latar belakang foto dan gambar.

 

Sumber Instagram @balipedia

 

Seperti batu karang yang menjulang kokoh di tepi tebing. Menuju ke kawasan ini pun anda wajib untuk berhati-hati dan mengeluarkan keringat yang cukup banyak. Lantaran, anda harus menuruni anak tangga. Selain itu, kera-kera nakal akan berkeliaran kesana-kemari dan melirik anda. Apalagi, bila membawa tas berisi makanan.

Ombak di tempat ini pun cukup menggemaskan, dan sangat baik bagi anda yang ingin berolahraga surfing. Ada tenaga profesional yang akan menemani anda dalam belajar dan juga bermain olahraga ini. Lapar dengan berbagai macam aktifitas disini? langsung saja, menuju ke restoran yang sudah tersedia dengan berbagai macam menu makanan.

Aktifitas terakhir adalah berenang dan bermain pasir. Menikmati pantai memang paling cocok dengan kedua aktifitas ini. Tetapi, tetap harus berhati-hati ya, mengingat ombak yang menggemaskan di tempat ini.

 

45. Desa Jatiluwih

  • Alamat: Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali
  • HTM: Rp 15.000,-
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

 

Bagi wisatawan yang ada di Bali, pasti setuju bila Desa Jatiluwih mempunyai pesona dan pemandangan nan mengesankan. Nama Jatiluwih sendiri terdiri dari 2 kata. Jati dan luwih. Nah, bila kedua kata ini digabungkan mempunyai makna sesuatu yang benar-benar indah. Sehingga, tidak heran bila banyak pengunjung yang akan terkesan dengan apa yang ada disini.

 

Sumber Instagram @otakutravelers

 

Pesona sawah terasiring memang menjadi sajian utama yang tidak boleh anda lewatkan. Apalagi, bila sawah ini memasuki masa panen. Hijaunya sangat mengesankan nan menawan hati. Luasnya mencapai 53.000 hektar dan menariknya lagi tempat ini sudah ditetapkan Unesco sebagai warisan dunia.

Lokasi sawah ini berada di ketinggian 700 mdpl. Pesona lainnya adalah air terjun yeh ho. Pengunjung akan dibuat enggan untuk berkedip. Tidak hanya itu, bila tidak hati-hati anda bisa lupa waktu. Terakhir hadir dengan pura Taksu Agung yang sering digunakan sebagai tempat pemujaan taksu.

 

46. Pantai Petitenget

  • Alamat: Br, Batbelig, Desa Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Tempat wisata di Bali ini anda bisa menikmati berbagai macam keindahan. Diantaranya adalah berjemur di area pasirnya. Karena, matahari di pantai petitenget ini akan hadir sepanjang hari dan sepanjang masa. Tidak hanya itu saja, ombak yang menggulung tempat ini memang sangat mengesankan.

 

Sumber Instagram @ad.setya

 

Sehingga, anda pun bisa menikmati olahraga surfing. Nah, tidak hanya itu saja, pemandangan indah matahari terbenam pun sangat mengesankan. Banyak yang datang ke tempat ini untuk menikmati pesona yang membuat anda enggan untuk berkedip.

Selain itu, menikmati kegiatan nelayan pun bisa dinikmati. Banyak sekali nelayan-nelayan berlalu-lalang kesana-kemari. Pemandangan inilah yang membuat tempat wisata di Bali ini tampak lebih menawan dari beberapa pantai di Bali.

 

47. Air Terjun Nungnung

  • Alamat: Desa Pelaga Petang, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 08:00 – 18:00
  • Maps: Klik Disini

Air terjun ini merupakan pesona Bali selanjutnya. Apalagi, pada saat hari besar tempat wisata di Bali ini akan dikunjungi oleh banyak pengunjung. Air terjun nungnung berada di ketinggian 900 mdpl. Sedangkan, tinggi air terjunnya ini sendiri kurang lebih 50 meter. Disini, anda tidak akan hanya menikmati air saja melainkan, hadir dengan pepohonan hijau yang tampak kokoh menjulang.

 

Sumber Instagram @Thebaliguideline

 

Menuju ke tempat ini anda wajib berjalan kurang lebih 1 km dengan track yang sangat menggoda dan mengesankan. Memang cukup berat dan akan menguras banyak sekali keringat. Tetapi, bila nada sudah sampai di titik lokasi, maka semua rasa itu akan luruh seketika.

Cobalah melakukan atraksi yang sangat mengesankan dimana, anda bisa terjun dari atas air terjun nungnung. Terjun menuju ke kolam yang bawahnya memang sangat menyegarkan. Jadi, jangan sampai melewatkan kegiatan yang sangat seru ini ya.

 

48. Istana Tampaksiring

  • Alamat: Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
  • HTM: Rp 30.000,-
  • Jam Operasional:  08:00 – 17:00
  • Maps: Klik Disini

 

Istana ini merupakan satu diantara istana kepresidenan yang dimiliki oleh Indonesia. Tidak hanya istana saja, disini anda bisa menikmati sebuah pura bernama tirta empul. Menariknya lagi, anda bisa menikmati mata air alami yang keluar dari dalam pura. Banyak pengunjung yang mengambil air ini dan merasakan bagaimana kesegarannya.

 

Sumber Instagram @iqbal_amruloh

 

Kurang lebih ada 26 pancuran yang bisa anda nimati disini. Nah, pancuran ini dibagi menjadi 3 kolam. Paling barat anda akan disajikan dengan 13 pancuran. Tengah 8 pancuran, dan timur ada 5 pancuran. Pada saat mengunjungi tempat wisata di Bali ini. anda diwajibkan menggunakan kain poleng.

Luas tempat ini sendiri kurang lebih 19 hektar. Dimana, dahulu presiden pertama RI menginginkan sebuah istana yang mempunyai suasana tenang, damai, dan mengesankan. Sehingga, dipilihlah kawasan pulau dewata Bali sebagai tempat berdirinya, istana kepresidenan.

 

49. Air Terjun Tegunungan

  • Alamat: Jalan Ir. Sutami, kemenuh, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali, 80581
  • HTM: Rp 15.000,-
  • Jam Operasional: 06:30 – 18:30
  • Maps: Klik Disini

Bagi wisatawan mancanegara nama air terjun tegunungan memang tidak asing lagi. mereka benar-benar menyukai tempat ini. Lantaram, mempunyai kondisi alam dan pemandangan nan mempesona. Tidak hanya pemandangan nan mengesankan, anda juga akan disuguhkan dengan berbagai warung-warung penjual souvenir.

 

Sumber Instagram @exploredolan

 

Sebelum sampai di titik lokasi, anda pun di tuntut untuk menuruni anak tangga. Nah, dari sini pesona air terjun akan terlihat sangat mengesankan. Dimana, air ini diapit dengan pepohonan nan rindang. Sehingga, menghadirkan rona nan berbeda. Tinggi air terjun ini kurang lebih 4 meter.

Walaupun, tidak tinggi. Namun, debit air di sini sangat deras. Sehingga, tidak akan rugi mengunjungi tempat ini. Di dasar air terjunnya, anda akan disuguhkan dengan kolam kecil. Kolam inilah yang biasanya digunakan untuk berendam dan juga berenang, mencari kesegaran khas air terjun.

Sayangnya, pada saat musim penghujan tiba, anda sangat disarankan untuk tidak bermain di kolam ini. Karena, debit air sangat deras, kedalaman kolam pun juga akan meningkat. Bila, tidak berhati-hati anda bisa tenggelam. Jangan lupa pula untuk menikmati pura serta pancoran air yang masih dalam satu area tegenungan.

 

50. Pantai Jungut Batu

  • Alamat: Pulau Lembongan, Desa Jungut Batu, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

 

Menuju ke tempat wisata di Bali ini anda wajib menyewa perahu dari dermaga pantai sanur. Dengan menggunakan kapal boat membutuhkan waktu kurang lebih 30 hingga 45 menit lamanya. Tergantung dari ombak yang sedang menghampiri. Anda bisa menikmati warung makanan nan menarik dengan berbagai macam menu kuliner nikmat.

 

Sumber Instagram @simitzli

 

Menu makanan ini berupa seafood dari nelayan yang menangkap ikan di laut. Rasanya begitu segar dengan berbagai macam olahan nikmat. melihat pemandangan berupa kapal yang mondar-mandir memang sangat mengesankan. Nah, bila ingin bermain-main di pantai. Anda bisa berjalan ke sisi timur.

Ada banyak pengunjung yang menikmati tempat ini dengan berjemur, berenang, snorkeling, bermain voli pantai, bermain sepak bola, memancing dan yang paling wajib adalah melihat bagaimana indahnya matahari terbenam. Perlu diakui, matahari disini memang bikin hati meleleh. Apalagi, bila anda membawa kekasih hati. Nuansa romantis akan tersaji dengan sendirinya.

 

51. Air Terjun Tukad Cepung

  • Alamat: Jalan Tembuku, Dusun Penida Kelod, Tembuku, Bangli, Bali
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 18:00
  • Maps: Klik Disini

 

Mengunjungi tempat wisata di Bali ini memang tidak rugi. Karena, konon katanya anda bisa menikmati tempat pengkulatan atau juga penyucian diri. Nama, tempat ini adalah Petirtaan Nawa Tirta. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa menikmati bagaimana indahnya pesona alam tukad cepung yang memang mengesankan.

 

Sumber Instagram @infiatravel

 

Spot-spot menarik ini memang bisa membuat anda lupa waktu dan lupa diri dengan berbagai macam pose dan gaya. Konon katanya, tukad cepung sangat baik bagi anda yang membutuhkan tempat untuk mencari inspirasi dan meluruhkan segala beban serta tekanan yang ada.

Suara gemericik airnya memang mampu merelaksasi tubuh. Cobalah untuk menghirup udara disini pasti kesegarannya akan sangat terasa. Jangan terkejut juga, bila banyak wisatawan akan berada di bawah air terjun dan menikmati kesegarannya. Dingin memang, tapi membuat tubuh seperti terlahir kembali.

Menariknya lagi, kontur jalan menuju ke tukad cepung memang mengesankan. Anda akan disuguhkan dengan pinggiran sungai dan tebing yang menyerupai goa. Sehingga, anda harus menyelinap masuk kedalamnya. Sedikit memaksakan diri memang. Tetapi, setelah sampai di titik lokasi, semuanya akan hilang dengan sendirinya.

 

52. Antugan Jehem

  • Alamat: Banjar Antugam, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Bangli, Bali.
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 17:00
  • Maps: Klik Disini
Sumber Instagram @jahhbotraveller

 

 

Tempat wisata di bali ini adalah sebuah anjungan yang bisa dinikmati melihat berbagai macam pemandangan perbukitan hijau nan mengesankan. Untuk bisa menikmati anjungan ini hanya maksimal 5 orang saja. sehingga, anda harus bersabar bila ingin menikmati tempat nan mengesankan ini.

 

53. Air Terjun Tibumana

  • Alamat: Desa Apuan, Apuan susut, Kabupaten Bangli, Bali, 80661
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 18:00
  • Maps: Klik Disni

 

Banyak warga sekitar lebih mengenal tempat ini dengan nama air terjun kembar. Karena, setelah anda mencapai kawasan ini, dua air terjun akan menyambut mereka yang ingin menikmatinya. Letaknya keduanya memang berdampingan dengan tinggi mencapai 20 meter.

 

Sumber Instagram @tothedgetraveler

 

Sisi menarik dari tempat ini adalah salah satu air terkadang berhenti untuk turun. Tidak hanya itu saja, debit air keduanya pun terlihat berbeda. Kadang satu deras dan satunya terkesan kecil. Hal ini terjadi lantaran deras tidaknya sungai yang menjadi mata air dari tibumana ini.

Selain suhu dan airnya yang dingin nan menyegarkan. Anda juga akan disuguhkan dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Disini, pohon hujan tropis akan tersaji di depan mata. sungguh, pemandangan nan mengesankan.

Nah, keindahan tempat wisata di bali ini ternyata menyimpan sebuah misteri. Dimana, di antara derasnya terjunan ini. konon katanya, ada sebuah gua yang tersembunyi. Goa ini menurut kepercayaan merupakan jalan pintas menuju ke pura Goa Raja Besakih. Menariknya lagi, banyak warga yang belum bisa membuktikan hal tersebut lantaran takut akan kondisinya yang gelap gulita.

 

54. Air Terjun Kroya

  • Alamat: Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali
  • HTM: Rp 70.000,-
  • Jam Operasional: 07:00 – 17:00
  • Maps: Klik Disini

 

Pasti anda akan terkejut melihat harga tilet masuk tempat ini. Maklum saja, harga selangit tersebut lantaran, anda wajib menggunakan jasa guide untuk menyusuri setiap keindahan tempat ini. berada di ketinggian 1000 mdpl, membuat air terjun kroya ini mempunyai suhu nan menawan hati.

 

Sumber Instagram @warawiriindonesia

 

Menariknya lagi, belum banyak wisatawan mancanegara dan nusantara yang mengunjungi tempat ini. sehingga,  bila berkunjung ke tempat ini seperti sebuah surga milik sendiri. Banyak wisatawan yang sudah kesini akan kembali mengunjungi tempat ini. Karena, nuansa yang dihadirkan mampu menghadirkan rindu.

Uniknya lagi, anda bisa bermain perosotan di air terjun ini. lantaran, terdapat sebuah batu yang membentuk arena perosotan. Batu ini konon terbentuk secara alami. Banyak pengunjung memanfaatkan arena ini dan tanpa henti melakukan aktifitas seru yang mampu menghadirkan keceriaan maksimal ini.

Masih kurang puas? Tenang, anda juga bisa melakukan aktifitas cukup ekstrem. Di sekitar air terjun terdapat sebuah tebing yang cukup tinggi. Anda bisa memanfaatkan tebing ini untuk terjun ke bawah. Rasanya memang menakutkan tetapi, setelah melakukan pasti anda akan ketagihan.

 

55. Gunung Abang

  • Alamat: Abangsongan, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
  • HTM: Rp 15.000,-
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Gunung ini memiliki ketinggian 2.153 mdpl. Bagi para pendaki di Bali. Tempat ini memang sangat menggemaskan dan mengesankan. Lantaran, anda akan dituntut untuk mendaki dengan cerdas. Bagaimana cara mengatur tenaga dan nafas agar bisa sampai di puncak. Medan dan rutenya cukup sulit. Tetapi, mampu menghadirkan kesan berarti bila sudah sampai di atas.

 

Sumber Instagram @arie.ilyas

 

Undakannya cukup tinggi dan licin selain itu, ada banyak sekali semak belukar dan padang rumput bergoyang. Biasanya para pendaki akan mulai mendaki melihat sunrise pada pukul 3 pagi. Perjalanannya membutuhkan waktu 2 hingg 3 jam. Rasakan sendiri bagaimana pengalaman menarik menyusuri Gunung Abang dan melihat sang fajar yang terkadang malu menampakkan sinarnya.

 

56. Pantai Jasri

  • Alamat: Subagan, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps:Klik Disni

 

Bisa dibilang inilah pantai nan unik. Mempunyai 3 bagian berbeda dengan ciri khas berbeda pula. Ada Pantai Jasri Timur. Disini, aksesnya sangat mudah dan biasa digunakan sebagai tempat ritual keagamaan.

 

Sumber Instagram @aryadiantara

 

Kemudian, Pantai Menteng, pantai yang digunakan para nelayan untuk bersandar dan mencari ikan. Serta pantai dalem jasri, biasanya para pengunjung mengunjungi tempat ini. lantaran mempunyai pemandangan yang paling indah diantara ketiganya.

 

57. Jembatan Kuning

  • Alamat: Nusa Penida Kabupaten Klungkung, Bali
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

Ini bukanlah jembatan baru. Sempat di bangun pada tahun 1966 dan roboh pada tahun 2016. Saat ini di bangun kembali dengan lebar mencapai 1,8 meter. Hanya kendaraan bermotor yang dizinkan untuk melintasi jembatan ini.

 

Sumber Instagram @travelcouple.co

 

Keunikan dari tempat wisata di Bali ini adalah anda bisa menyaksikan secara langsung nelayan dalam mencari ikan. Selain itu, pesona air laut nan jernih membuat kebanyakan wisatawan akan berhenti sejenak dan mengabadikan setiap momen yang ada. Berada disini harus sabar, lantaran banyak sekali yang ingin mengabadikannya.

 

58. Tirta Gangga

  • Alamat: Ababi, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali
  • HTM: Rp 5.000,- (Rp 6.000 jika ingin berenang)
  • Jam Operasional: 06:30 – 18:00
  • Maps: Klik Disini

 

Tempat wisata di Bali ini berupa kolam air, kebun, dan patung yang seakan menjadi penghias yang sempurna. Luas tirta gangga kurang lebih 1,2 hektar. Dimana, salah satu mata airnya berada di sebuah pohon beringin.

 

Sumber Instagram @elmundoesmejorcontigo

 

Disini, anda bisa menikmati tiga bangunan bertingkat. Paling atas adalah sumber mata air, tingkatan kedua adalah kolam renang. Sementara, tingkatan paling bawah adalah kolam hias dan air mancur.

 

59. Pantai Karma Kandara

  • Alamat: Jalan Villa Kandara Ungasan, Kuta Selatan, kabupaten Badung, Bali
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

 

Nama dari pantai ini diambil dari nama sebuah villa yang letaknya berada di depan pantai. Nah, untuk bisa pergi ke tempat wisata di bali ini ada diwajibkan untuk menuruni anak tangga yang super banyak dan super melelahkan.

 

Sumber Instagram @gameta.holiday

 

Tetapi, bagi anda yang tidak ingin berolahraga dan berkeringat, sudah tersedia sarana lift yang akan mengantar anda langsung ke objek wisata ini. Hanya saja, anda wajib membayar 250 ribu rupiah. Lengkap dengan fasilitas makan di hotel. Bagaimana, tertarik untuk mencoba mengunjungi tempat ini?

 

60. Taman Safari Bali

  • Alamat: Jl. Bypass prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Km 19,8, Serongga, kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80551
  • HTM:  mulai dari Rp 115.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 21:00
  • Maps: Klik Disini

 

Mau melihat secara langsung bagaimana hewan hidup secara alami? mungkin tempat ini adalah salah satu jawabannya. Anda diperbolehkan naik mobil dan melihat langsung bagimana hewan-hewan ada di depan mata tanpa adanya kerangkeng atau jaring. Tak jarang pula macan akan bersandar di depan kaca mobil anda. bila ingin aman, anda wajib mematuhi segala peraturan di tempat ini.

 

Sumber Instagram @marga.retta

 

Selain itu, anda juga bisa menikmati berbagai macam pertunjukan dari hewan-hewan ini. jangan lupa juga pertunjukan malamnya yang tidak kalah menariknya  dengan siang hari.

 

61. Tegalalang Rice Terrace

  • Alamat: Jl. Raya Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

 

Di tempat ini anda wajib membawa kamera nan mumpuni. Lantaran, tegalalang rice mempunyai pemandangan nan indah. Anda akan di buat enggan berkedip dengan sawah terasiring nan menawan.

 

Sumber Instagram @thetravelguidelines

 

Sungguh lukisan alam nan sempurna yang tidak akan pernah bisa terdustakan. Apalagi, saat sawah ini berwarna hijau, rasanya seperti berada di alam mimpi saja.

 

62. Pasar Tradisional ubud

  • Alamat: Jalan Raya Ubud No.35, Ubud, Bali
  • HTM: Free
  • Jam Operasional:04:00 – 18:00
  • Maps: Klik Disini

 

Mau mencari barang dagangan dengan kualitas bagus tetapi harga murah? mungkin, pasar tradisional ubud adalah solusinya. Disini, barang-barang kebutuhan dan keinginan anda di jual dengan harga yang wajar. Nah, tinggal bagaimana cara anda untuk menawarnya sehingga mendapatkan harga yang murah.

 

Sumber Instagram @teresiaasih

 

Memang sih, pedagang disini agak sulit untuk di rayu tetapi, bukan tidak mungkin anda bisa mendapatkan harga nan mengesankan. Menariknya lagi, sebagian pedagang disini memproduksi sendiri barang dagangannya.

Di sini anda bisa mencari cincin, kaos, kalung, patung, ukiran khas Bali dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk lebih teliti dahulu sebelum membeli karena, bila ada barang rusak tetapi, sudah terlanjur bayar biasanya para pedagang enggan untuk dikembalikan atau ditukar.

 

63. Air Terjun Gitgit

  • Alamat: Jalan Raya Bedugul – singaraja, Desa Gunung Luwih Gigit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali, 81161
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

 

Anda seorang petualang? Suka akan tantangan yang sesungguhnya? Mungkin air terjun gigit menjadi salah satu daya tarik bila anda berada di Bali khususnya Buleleng. Track yang dilalui memang bikin hati geregtan. Tetapi, jangan bersedih dahulu di sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan dengan pepohonan yang menjulang tinggi.

 

Sumber Instagram @zulfiqar.fh

 

Setibanya di titik lokasi, anda akan disuguhkan dengan keindahan bebatuan yang berjajar kesan-kemari. Jadi, anda harus sedikit berhati-hati lantaran bebatuan ini pun licin dan ada beberapa yang tajam. Sehingga, bila terjatuh ada kemungkinan resiko cidera.

Nah, keunikan dan juga keunggulan dari tempat ini adalah jumlah air terjun. Bila di tempat lain hanya bisa melihat satu atau maksimal dua. di sini anda akan disuguhkan dengan 4 panorama nan mengesankan. Dan semuanya mempunyai pesona nan elegan. Sehingga, susah untuk beranjak cepat dari sini.

 

64. Puncak wanagiri

  • Alamat: Jalan Raya Wanagiri, Pancasari, Sukasada, kabupaten Buleleng, Bali, 81161
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Pesona dari Puncak Wanagiri memang sangat mengesankan. Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam pesona indah nan esoktis seperti pemandangan danau. Dengan gardu pandang yang sengaja disediakan khusus untuk anda. Dari sini anda bisa melihat pesona bali khususnya buleleng. Apalagi, bila langit sedang cerah. Semuanya seperti sebuah lukisan.

 

Sumber Instagram @langkah_kaki

 

Nah, spot foto yang bisa anda nikmati adalah perahu titanic. Dimana, tempat ini sebenarnya adalah sebuah tempat yang terbuat dari bambu dan di bentuk seperti sebuah kapal. Nah, biasanya, berada disini, banyak pengunjung yang akan meniru adegan titanic. Oleh karena itu disebut dengan kapal titanic.

Selanjutnya adalah ayunan. Di puncak wanagiri terdapat sebuah pohon nan besar dan kokoh. Nah, disinilah letak ayunan berada. Anda bisa foto atau memainkan ayunan ini dengan jantung yang tidak akan berhenti berdebar.

Kemudian, hadir juga sarang telur dan kupu-kupu. Kedua tempat ini juga menjadi salah satu titik menarik bagi mereka yang ingin datang dengan selfie. Terakhir adalah sarang heo. Dimana, anda bisa bergelantungan di atas pohon dan duduk tanpa harus takut dengan paparan sinar matahari. Bagaimana dengan spot foto disini? unik dan kreatif bukan?

 

65. Air Terjun Cinta Wanagiri

  • Alamat: Jl. Raya Wanagiri, Wanagiri, Sukasada, Kabupaten Buleleng. Bali
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 07:00 – 17:00
  • Maps: Klik Disini

 

Bisa di bilang tempat wisata di Bali ini cukup unik. Lantaran, tempat ini mempunyai keindahan air terjun nan mempesona. Hanya saja, bukan air terjunnya yang terkenal. Tetapi, beberapa spot yang ada disekitarnya yang cukup ternama. Saat ini sedang menjadi perbincangan di kalangan nitizen.

 

Sumber Instagram @wanagiri_hidden_hill

 

Satu spot foto paling terkenal adalah sangkar burung dimana, anda bisa mengambil latar belakang foto dan gambar dari air terjun. Melihat dari segi spotnya mungkin akan ada pikiran buruk mengenai keamanan spot ini. tetapi, apa yang ada disini tetap aman terkendali lho.

 

66. Munduk Asri Payangan

  • Alamat: Kerta, Payangan, Gianyar, Bali
  • HTM: Rp 15.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 18:00
  • Maps: Klik Disini

 

Ikon wisata ini adalah sebuah pohon besar yang menjulang tinggi. Dimana, akarnya pun menjalar besar keman-mana. Berada di sekitar tempat ini anda akan merasakan bagaimana kesejukan dan ketenangan maksimal. Setelah berjalan melewati akar ini, anda akan disuguhkan dengan jembatan bambu.

 

Sumber Instagram @ryulinina

 

Setelah melewati sebuah jembatan, anda harus turun menuruni anak tangga. Menariknya lagi, anak tangga disini merupakan hasil dari pahatan masyarakat lokal. Setelah sampai di atas anda akan disuguhkan dengan perpaduan sempurna antara akar terowongan, TV area, serta pemandangan nan mengesankan.

 

67. Rumah Bambu Pengalon

  • Alamat: Br. Pengalon, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali
  • HTM: Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 16:00
  • Maps: Klik Disini

 

Menginjakkan kaki disini, anda akan langsung disuguhkan dengan pemandangan nan mempesona sebuah rumah yang terbentuk dari bambu. Rumah ini terbentuk seperti sebuah kubah, anda bisa berkeliling dan mengambil beberapa spot menarik. Selain itu, anda juga bisa menikmati berbagai macam bahan baku yang sangat ramah dengan lingkungan.

 

Sumber Instagram @ridwannfaizal

 

Luas tempat wisata di Bali ini mencapai 16 hektar. Terpisah oleh sebuah sungai. Sehingga, ada sebuah jembatan yang terbuat dari kayu pula terhampar disini. Hanya saja, saat ini objek wisata ini kurang begitu popular, sehingga sedikit tergerus dengan objek wisata baru lainnya.

 

68. Air Terjun Banyumala

  • Alamat: Desa Wanagiri, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali, 81161
  • HTM:  Rp 10.000,-
  • Jam Operasional: 08:00 – 17:00
  • Maps:Klik Disini

 

Tempat wisata di bali ini memiliki 3 aliran air terjun. Nah, diantara ketiganya yang terbesar adalah yang ada di tengah. Tidak hanya menikmati pesona ini saja, anda juga bisa memanfaatkan sebuah kolam yang terbentuk secara alami. tetapi, harus sedikit berhati-hati lantaran, memiliki kedalaman kurang lebih 2 meter.

 

Sumber Instagram @bayusimpson

 

Luas areal kolam renang alami ini mencapai 20 meter persegi sehingga, mampu menampung banyak pengunjung yang ingin menikmati fasilitas ini. Daya tarik lain dari tempat ini adalah suasananya yang memang sangat mengesankan. Paling tepat bagi anda yang ingin meluruhkan segala beban dan penat yang menumpuk.

 

69. Desa Tenganan

  • Alamat: Desa Tenganan, Karangasem, Bali
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Mata pencaharian penduduk desa tenganan adalah petani padi. Tetapi, ada juga yang menjadi seorang pengrajin. Seperti, anyaman bambu, ukiran, lukisan serta kain tenun. Keunikan lain dari tempat ini adalah bangunan penduduknya yang masih terkesan tradisional.

 

Sumber Instagram @yoexplore

 

Selain itu, anda juga bisa menikmati acara perang pandan. Dimana, para penduduk desa akan saling bertempur dengan sayatan dari duri daun pandan. Bila berkunjung ke tempat ini jangan lupa untuk membeli kain tenun yang bernama gringsing nah, kain tenun ini sangat disukai oleh wisatawan mancanegara.

 

70. Goa Gala-Gala

  • Alamat: Pulau Lembongan, Jungut batu, Nusapenida. Kabupaten Klungkung, Bali 80771
  • HTM: Rp 25.000,-
  • Jam Operasional: 09:00 – 18:00
  • Maps: Klik Disini

 

Tempat ini merupakan batuan kapur yang dihancurkan dengan cara cukup unik. Lapisan tanahnya merupakan batuan kapur yang dihancurkan. Walaupun, berada di dalam tanah, Namun, tempat ini memiliki sirkulasi udara yang cukup baik. Tempat wisata di bali ini memiliki 3 pintu masuk.

 

Sumber Instagram @karyawisataindonesia

 

Memiliki kedalaman 7 meter, dengan ketinggian kurang dari 1 sampai 2 meter. Menariknya di berbagai tempat ini ada beberapa lorong yang ukuran sedikit pendek sehingga, wajib menunduk untuk bisa melewatinya.  Disini terdapat berbagai macam ruangan seperti ruang dapur, ruang tidur, dan ruang makan.

 

71. Agrowisata Balipulina

  • Alamat: Banjar Pujung Kelod, Desa Sebatu, kecamatan Tegalalang. Kabupaten ubud, Bali
  • Jam Operasional: 08:00 – 19:00
  • Maps: Klik Disini

 

Anda pecinta kopi? Mau menikmati sajian kopi termahal di dunia? Mungkin dengan berkunjung ke Agrowisata Balipulina adalah jawabannya. Produksi kopi yang dihasilkan adalah jenis kopi luwak. Seperti diketahui bila kopi luwak adalah kopi dengan cita rasa tinggi. Harga secangkir kopi disini adalah 50 ribu rupiah.

 

Sumber Instagram @balipulina

 

Selain menikmati sajian kopi, anda juga bisa menikmati panggung kayu yang bisa dijadikan sebagai spot foto dengan latar belakang perkebunan. Tetapi, anda harus sedikit berhati-hati bila berada di sini. Lantaran, tempat wisata di bali ini berada di ketinggian.

 

72. Bukit Guungan Candidasa

  • Alamat: Jalan Raya Candidasa, Manggis, Kabupaten karangasem, Bali.
  • HTM: Rp 5.000,-
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Inilah dia perbukitan dengan pemandangan alam nan mempesona. View lautan birunya memang tampak mengesankan. Nah, anda bisa menikmati kesempurnaan dari tempat ini apabila berkunjung pada pagi atau juga sore hari. Dimana, rona langit ini akan tampak sempurna.

 

Sumber Instagram @ayupradnyani12

 

Disarankan bagi para pengunjung untuk membawa perbekalan di tempat ini seperti camilan dan air minum. Karena, warung-warung disini memang belum terlalu ramah. tempat wisata di bali ini pun juga menyediakan sarana untuk camping. Hanya saja, wajib lapor terlebih dahulu.

 

73. Air Terjun Wanaayu

  • Alamat: Dusun Runuh Kubu, Desa Padang Bulia, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Maps: Klik Disini

 

Bagi anda yang ingin menikmati suasana alam nan asri mungkin, air terjun ini bisa dijadikan salah satu daftar pilihan. Dimana, suhu dan nuansanya memang mampu membuai setiap pengunjung yang datang kemari. Anda bisa melakukan aktifitas berenang dan juga berendam dan menikmati dinginnya air pegunungan.

 

Sumber Instagram @liburanbali

 

Nah, pada musim kemarau anda akan melihat debit air lebih kecil. Bila di musim penghujan debit air ini akan sangat deras. Menuju ke titik lokasi, anda harus sedikit berhati-hati lantaran tempat ini memiliki kontur jalanan sedikit curam dan licin. Anak tangga dan semak belukar adalah sajian utama menuju ke air terjun wanaayu.

 

74. Air Terjun Munduk

  • Alamat: Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng
  • HTM: Free
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

 

Sekitar area air terjun anda akan menikmati sajian pepohonan cengkeh, coklat dan juga kopi yang terlihat mengesankan. Air terjun yang memiliki ketinggian 20 meter ini memiliki lingkar yang cukup lebar. Tidak hanya tanaman kopi dan cengkeh saja. melainkan, anda bisa menikmati vegetasi hutan tumbuhan tropis.

 

Sumber Instagram @Stefan_bathony

 

Menariknya lagi, air terjun ini pun mengandung belerang dan sulfur sehingga sangat baik untuk kulit. Jangan lewatkan menikmati tempat wisata di Bali ini dengan berenang dan juga berendam.

 

75. Bukit Mende

  • Alamat: Desa Subaya, Kintamani, Bangli, Bali
  • HTM: Rp 20.000,-
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Maps: Klik Disini

Bentangan alam tempat wisata di Bali ini memang sangat menggemaskan. Pemandangan perbukitan nan hijau memang sangat menggemaskan. Tidak hanya itu, anda juga bisa menikmati pesona kabut tipis nan asik. Rasakan juga pengalaman menarik matahari tenggelam di tempat ini. sungguh, langit sore yang bisa bikin geregetan

 

Sumber Instagram @tontresnavenda

 

Akhirnya usai sudah perjalanan kita mengenai tempat wisata di bali ini. Ternyata, Bali tidak hanya Pantai Kuta, Pantai Sanur, dan juga Pandawa saja, masih banyak keindahan tersembunyi yang namanya belum mencuat ke permukaan. Bagaimana dengan rekomendasi wisata nan memukau ini? Kalau anda, mau pilih yang mana?

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button