Tempat WisataTempat WisataWisata Semarang

70 Tempat Wisata di Semarang Terbaru, Paling Hits dan Biaya Masuk

70 Tempat Wisata di Semarang Terbaru, Paling Hits dan Biaya Masuk – Siapa yang tidak mengenal kota Semarang? Ibu Kota Jawa Tengah ini memang menghadirkan nuansa berbeda dalam dunia pariwisata Indonesia. Kawasan ini memang mempunyai pesona yang super lengkap seperti, sejarah, gunung, pantai, bukit, dan bangunan-bangunan lama hingga saat ini masih terawat dengan baik.

Kota yang di kenal dengan kuliner khas berupa lunpia ini awalnya kurang ramah akan dunia wisata. Tetapi, saat ini sudah banyak titik-titik selfie, serta kawasan wisata yang mulai di bangun untuk memeriahkan kota Semarang agar tidak tertinggal dengan kota lain yang sudah menghadirkan ikon-ikon Baru

Tempat Wisata di Semarang Terbaru

Mungkin, saat ini anda sudah mulai bertanya-tanya mana saja, tempat wisata yang wajib dikunjungi bila anda berada di Semarang? Baiklah, tidak perlu lama-lama lagi mari kita simak hasil penjelajahannya di bawah ini,

1. Masjid Agung Jawa Tengah

  • Alamat : Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari, Kota Semarang, 50166
  • HTM : Free
  • Jam Buka  : 24 Jam
  • Maps  : Klik Disini

Rekomendasi pertama adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Dimana, kawasan ini adalah ikon kota semarang, diantara ikon wisata yang hadir. Sisi menarik dari tempat ini adalah Al-Qur’an raksasa yang ukurannya mencapai 145 x 95 cm. Menurut sejarahnya, Al-Qur’an ini di tulis oleh kaligrafi hayatudin. Konon katanya membutuhkan waktu 3 tahun lho, untuk menulisnya.

Sumber Instagram @zeli_fransisca_

Keindahan kawasan ini pun hadir dengan menaranya yang super tinggi. Dimana, anda bisa melihat pemandangan kota semarang dan keseluruhan bangunan dari masjid agung ini. Sungguh sangat mengesankan dengan beberapa teropong yang bisa anda pergunakan untuk melihat lebih jelas keadaan Kota Lunpia ini.

2. Klenteng Sam Po Kong

  • Alamat  : Jalan Simongan No. 129, Bongsari, Kota Semarang
  • HTM   : Rp 8.000,- (Rp 28.000,- untuk tiket terusan)
  • Jam Buka  : 08:00 – 22:00
  • Maps : Klik Disini

Siapa yang tidak mengenal Sam Po Kong, klenteng dengan gaya dan arsitektur khas tionghoa ini menjadi andalan wisata bagi siapa saja yang mengunjungi Semarang. Keindahan bangunannya memang paling top. Apalagi, tempat ini sangat luas sehingga, anda akan merasakan seperti berada di negeri china.

Sumber Instagram @Shilvia_pm

Ada banyak sekali ornament dan dekorasi tambahan yang di tambahkan oleh masyarakat kong hu cu yang tinggal di sekitar klenteng. Kawasan ini sendiri terdiri dari beberapa bagian seperti, Klenteng Besar dan Goa Sam Po Kong yang merupakan bangunan utama di kawasan ini. Dimana, semua kegiatan sering dilakukan di tempat ini.

Termasuk pula event-event besar seperti festival sam po kong. Festval ini akan semakin ramai pada saat perayaan imlek. Dimana, sajian barongsai dan makanan khas tiong hoa akan disajikan khusus untuk wisatawan yang datang berkunjung. Klenteng ini dahulunya bernama gedung batu yang tak lepas dari kisah sejarah laksamana zeng.

3. Lawang Sewu

  • Alamat  : Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah, 50132
  • HTM   : Rp 10.000,-
  • Jam Buka  : 07:00 – 21:00
  • Maps  : Klik Disini
  • No. Telp   : 024 3542015

Lawang sewu, dimana dikenal dengan jumlah pintu seribu tetapi, pada kenyataannya tidak berjumlah seribu. Hanya saja, daun pintunya berjumlah lebih dari seribu. Gedung tua ini menjadi saksi dari pertempuran Angkatan Pemuda Kereta Api yang bertarung melawan jepang.

Sumber Instagram @adam9aluh

Konon menurut cerita yang beredar, gedung ini cukup angker. Sering terdengar suara-suara rintihan dan minta tolong. Maklum saja, dahulu kawasan ini juga pernah digunakan sebagai sebuah penjara serta menjadi saksi kekejaman tentara jepang terhadap rakyat Indonesia.

Tidak hanya itu saja, konon ada juga yang pernah melihat noni-noni belanda berjalan kesana-kemari. Dahulu, kawasan ini sering didatangi pengunjung pada malam hari, karena kondisinya yang sangat esoktis. Tetapi, tur malam itu pun dihapus lantaran banyak sekali yang mengalami kejadian gaib disini.

Walau angker, tempat ini memang sangat instagenic. Sehingga, tak heran ada beberapa pengunjung yang memilih tempat ini sebagai kawasan foto prewedding. Dengan hasil yang akan sangat mengesankan. Perlu diketahui, bila gedung ini adalah cikal bakal dari terbentuknya PT. KAI. Dimana, dahulu pernah digunakan sebagai kantor PJKA. Tempat wisata lawang sewu di semarang selengkapnya klik disini

 

4. Museum Ronggowarsito

  • Alamat  : Jalan Abdurrahman saleh No.1, Kalibanteng Kidul, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa tengah, 50149
  • HTM  : Rp 4.000,-
  • Jam Buka  : 08:00 – 15:00
  • Maps  : Klik Disini
  • No. Telp  : 024 7602389

 

Inilah dia museum terlengkap di kota semarang. Dimana, anda akan disuguhkan berbagai macam sejarah, alam, arkeologi, kebudayaan, era pembangunan, dan wawasan nusantara. Nah, nama museum ini diambil dari pujangga terkenal di Indonesia bernama ronggowarsito.

Sumber Instagram @islamnusantaracenter

Luas museum ini mencapai 1,8 hektare. Ada kurang lebih 59.802 koleksi yang dibagi kedalam 10 jenis. Museum ini pertama kali dirintis dan didirikan pada tahun, 1975. Kemudian, secara resmi dibuka oleh professor Dr. Fuad hasan pada Juli 1989.

5. Umbul Songo Kopeng

  • Alamat             : Kopeng, Getasan, Semarang, Jawa Tengah, 50774
  • HTM                : Free
  • Jam Buka         : 07:00 – 18:00
  • Maps               : Klik Disini

Dari sekian banyak nama air terjun, mungkin kawasan ini yang pamornya kurang begitu bersinar. Walaupun, letaknya diapit oleh dua gunung yang punya nama yaitu, Telomoyo dan Merbabu. Dengan tinggi 15 meter, dan debit air yang sangat deras. Membuat, warga menjadikan air terjun ini sebagai sumber air utama pada saat datang musim kemarau.

Sumber Instagram @miko_nugroho

Mencapai titik lokasi pun tidak semudah yang dibayangkan. Medan yang harus dilalui masih berupa tanah. Sehingga, cukup berat bila anda mengunjungi tempat ini pada musim penghujan. Tetapi, saat tiba di depan air terjun anda akan melihatnya tanpa berkedip.

Lantaran, suasananya yang sangat menyejukkan dan begitu asri. Air terjun ini sendiri berasal dari beberapa mata air disekitarnya seperti, tekelan, Contrem tayengan, Seloduwur dan juga kopeng. Ada juga yang bersumber dari peng jero dan kali sati. Tidak hanya air terjun saja yang bisa anda nikmati tetapi, hadir pula kolam renang yang super bersih. Dengan kesegaran air alami gunung telomoyo dan merbabu. Sungguh, berada disini bakal enggan untuk beranjak dan pastinya bakal lupa waktu.

 

6. Museum Mandala Bhakti

  • Alamat : Jl. Sugiyopranoto, Barusari, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50245
  • HTM : Free
  • Jam Buka : 08:00 – 18:00
  • Maps : Klik Disini

Mau melihat bagaimana para pejuang dalam memperjuangkan kemerdekaan negara ini? Anda bisa melihatnya di museum mandala bhakti ini. Dimana, anda akan disuguhkan dengan perjuangan lengkap tanpa ada yang ditutupi sedikit pun. Ada senjata, seragam, serta beberapa alat komunikasi, dokumentasi yang menjadi saksi.

Sumber Instagram @kimlana2811

Ada senjata-senjata yang sudah tidak digunakan dan masih digunakan oleh TNI hingga saat ini. senjata yang anda lihat ini asli, buka replika-replika. Mereka bisa mendapatkannya dari berbagai daerah yang dikumpulkan disini.

Ada ruang peristiwa, ruang laswi atau lascar wanita, lalu, ada juga ruang amunisi dan senjata. Ruang seragam angkatan darat dan granad. Total ruangan museum ini ada 30 ruangan dan mempunyai 2 lantai.

7. Semarang Contemporary Art Galery

  • Alamat : Jalan Taman Srigunting, No. 5-6 Letjen Suprapto, Tj. Mas, Kota Semarang, Jawa tengah, 50174
  • HTM  : Rp 10.000,-
  • Jam Buka : 06:00 – 16:30
  • Maps : Klik Disini
  • No. Telp   : 024 3552099

Disini, anda akan melihat galeri-galeri seni yang sangat fenomenal. Dengan ciri khas bangunan tua warna putih, membuat kawasan ini terkesan elegan. Desainnya pun dikemas secara minimalis. Dan didominasi dengan kayu-kayu yang membuat tempat ini terkesan alami dan klasik.

Sumber Instagram @semarang_gallery

Untuk polesan modernnya, tempat ini akan ditambah dengan rolling door berupa kaca. Ada berbagai macam lukisan yang bisa anda nikmati disini. karyanya pun sungguh mempesona dan mampu mengalihkan perhatianmu untuk sementara. Kawasan ini pun hadir dengan sebuah taman yang menambah keasrian kawasan ini.

Rasanya bukan sebuah objek wisata. Melainkan, sebuah rumah besar yang hadir dengan berbagai macam lukisan di setiap sudut. Berkeliling tempat ini tidak hanya dihibur dengan lukisannya saja. melainkan interior bangunannya yang juga bisa dijadikan bahan untuk anda mengambil foto dan gambar.

 

8. Kebun Binatang Mangkang

  • Alamat  : Mlaten, Wonosari, Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa tengah, 50185
  • HTM  : Rp 5.000,-
  • Jam Buka  : 08:00 – 17:00
  • Maps    : Klik Disini

Inilah dia taman satwa yang dimiliki oleh wilayah semarang, Dimana, anda bisa menikmati berbagai macam hewan-hewan yang unik dan seru. Berkawan dengan mereka serta naik ke punggung mereka. Tidak perlu takut, lantaran hewan-hewan ini sudah sangat bersahabat dengan anda semuanya.

Sumber Instagram @rohmat_kristianto

Luas kawasan ini kurang lebih 9 hektar dengan berbagai macam fasilitas yang bisa anda nikmati seperti bebek air, museum pesawat dan masih banyak lagi. Lahir pada tahun 2007 dengan nama awalnya adalah Trimojoyo. Disini anda akan berkenalan dengan kanguru, rusa tutul, Gajah sumatera, beruang, serta singa

9. Taman Srigunting

  • Alamat  : Jalan Letjen Suprapto, Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa tengah, 50174
  • HTM : free
  • Jam Buka : 24 jam
  • Maps : Klik Disini

 

Kawasan kota lama memang paling hits dengan berbagai macam objek yang hadir di area ini. Nah, disini anda bisa menikmati kawasan ini dengan duduk, nongkrong, dan makan-makanan yang enak dan lezat. Kawasan ini letaknya bersebelahan dengan gereja blenduk, sering sekali dimanfaatkan untuk para komunitas berkumpul dan bercengkrama.

Sumber Instagram @risdasamosir

Satu hal yang harus anda ketahui bila berada di tempat ini yaitu, kawasannya yang rindang dan asri dengan hadirnya pepohonan di sekitar taman. Kawasan ini sudah dilengkapi dengan fasilitas sampah yang dibedakan menjadi sampah organic dan non organic.

Kawasan ini pun sangat instagenic, sehingga anda akan melihat berbagai macam komunitas fotografi yang hadir untuk mengambil beberapa sudut gambar. Apalagi, saat datang sore beberapa orang akan datang menikmati waktu sorenya yang cukup panjang.

10. Kota Lama Semarang

  • Alamat : Bandarharjo, Semarang Utara, Kota Semarang, 50175
  • HTM  : Free
  • Jam Buka : 24 jam
  • Maps : Klik Disini

Inilah kawasan yang bisa dibilang paling esoktis di semarang. Dimana, anda akan disuguhkan dengan bangunan-bangunan lama yang sangat mengesankan dan bisa bikin geregetan. Ikon dari tempat ini adalah gereja blenduk yang memang instagramable. Nah, kawasan ini dijuluki sebagai little netherland.

Sumber Instagram @egimoto_

Apabila, anda berkeliling kawasan kota lama, bangunan khas eropa akan tersaji di depan mata. Dahulu, bangunan megah ini dihuni oleh orang-orang belanda yang memang terkenal kaya raya. Sehingga, tak heran bila apa yang anda lihat adalah bangunan yang mempunyai nilai jual sangat tinggi di zamannya.

Saat ini kawasan ini pun sudah tidak lagi berpenghuni dan menjadi bangunan bersejarah yang menyimpan banyak kenangan. Nah, untuk meningkatkan pariwisata di kawasan ini pemerintah kota semarang pun mengadakan berbagai macam festival kesenian. Serta mengundang berbagai artis nasional dan juga lokal semarang.

11. Simpang Lima

  • Alamat : Jl. Simpang Lima, Pleburan, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa tengah 50241
  • HTM : Free
  • Jam Buka : 24 Jam
  • Maps : Klik Disini

Siapa yang tidak mengenal simpang lima. Inilah yang jadi jantung dari kota semarang, Dimana, di tempat ini ada sebuah lapangan yang sangat luas. Tidak hanya itu, cobalah datang pada saat malam hari. Maka, anda akan melihat betapa eloknya objek wisata ini.

Sumber Instagram @caecilmoerti

Ada hotel dan pusat perbelanjaan yang berjajar mulai dari yang kelas elit hingga kelas sederhana.

Selain pusat perbelanjaan dan hotel. Anda pun juga bisa selfie-selfie ria di giant letter yang bertuliskan simpang lima sangat besar. Tidak hanya malam tetapi, pagi pun anda juga bisa menikmati berbagai macam menu kuliner khas semarang yang  rasanya sangat lezat dan menggoda.

Seperti di kawasan alun-alun lainnya bila, kawasan ini juga menghadirkan sepeda hias. Perbedaannya adalah tempat untuk berkeliling cukup luas daripada alun-alun yang ada di kota lainnya.

Bila datang hari sabtu dan minggu maka, anda akan menikmati berbagai macam anak muda yang berkumpul dan bercengkrama disini. Untuk menyewa sepeda ini anda akan ditarik sebesar 35 ribu hingga 50 ribu. Tergantung bagaimana cara anda menawarnya.

 

12. Mangrove Edupark

  • Alamat : Tugu, Tugurejo, Kota Semarang, Jawa Tengah, 50182
  • HTM  : Rp 5.000,-
  • Jam Buka : 08:00 – 17:00
  • Maps : Klik Disini

Semarang memang sedang mengembangkan pesona wisatanya salah satu adalah melalui hutan mangrove yang ada di kawasan pantai maron. Pembuatan mangrove ini berfungsi agar kawasan pantai tidak lagi terkena abrasi. Ada lintasan yang terbuat dari bambu di bangun khusus untuk para pengunjung. Dengan fasilitas ini pun anda bisa berjalan-jalan.

Sumber Instagram @rindra170

Nah, biasanya jembatan bambu ini digunakan para pengunjung untuk selfie-selfie lantaran kawasan ini memang sangat instgramable. Selain itu, anda bisa menikmati suhu udara yang begitu sejuk dan menyegarkan. Fasilitas lain yang dibangun adalah gazebo tingkat.

Ada dua tingkat di gazebo ini. Anda bisa menikmati bagaimana indahnya kawasan ini yang mempesona dengan pemandangan hijau-hijaunya. Bagi anda yang menyukai kegiatan memancing. Maka, anda bisa mengunjungi tambak bandeng yang ada di sekitar sehingga, tempat ini bisa digunakan untuk memancing.

 

13. Jungle Toon Waterpark

  • Alamat : Jalan Bukit Wahid Boulevard, Gedong Songo, Manyaran, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50261
  • HTM : Rp 20.000,- (Week Day) Rp 30.000,- (Week end)
  • Jam Buka  : 08:00 – 17:30
  • Maps  : Klik Disini

Inilah dia tempat wisata buatan yang kece di semarang. Wahana waterpark dengan berbagai macam wahana permainan air ini menjadi pilihan bagi sebagian pengunjung di semarang maupun luar kota semarang. Anda pun juga bisa menikmati wahana perosotan yang seru dan menyenangkan.

Sumber Instagram @bukitwahidregency

Ada dua kolam yang bisa dinikmati yaitu kolam anak dengan kedalaman 30 cm. dan kolam orang dewasa dengan kedalaman 1,5 meter. Disini, pun anda juga bisa menikmati kolam pijat yang memiliki semburan air yang biasa digunakan untuk relaksasi tubuh. Bagi anda yang tidak ingin basah-basah anda pun juga bisa duduk di kursi santai yang ada payung meja,

Permainan lainnya adalah kehadiran balon air dengan ukuran 2 meter. Nah, bola ini pun digerakkan diatas kolam sehingga anda seolah-olah berjalan diatas air. Selanjutnya adalah fasilitas gym dan arena fitness yang paling tepat bagi anda yang menginginkan senam aerobic. Terakhir adalah food court yang hadir dengan berbagai macam menu yang lezat nan menggoda.

14. Klenteng Tay KakSie

  • Alamat  : Jalan Gang Lombok No.62, Purwodinatan, Semarang Tengah, Jawa Tengah 50188
  • HTM  : Free
  • Jam Buka  : 07:00 -18:00
  • Maps  : Klik Disini

Inilah dia klenteng yang ada di semarang lainnya. Dimana, kawasan ini lebih tua daripada klenteng sam po kong.. Disinilah masyarakat semarang sering mengadakan perayaan imlek dan hari besar tiong hoa lainnya. Klenteng ini pun dibangun tahun 1746. Walaupun sudah tua. Namun, kawasan ini masih tetap esoktis dan mempesona.

Sumber Instagram @max_ncahyo

Bisa dibilang tempat wisata di semarang ini adalah rumah bagi belasan dewa dan dewi. Lantaran, ada banyak sekali patung yang melambangkan sosok-sosok penting dalam kepercayaan budha maupun tiong hoa.

Dilihat dari arsitekturnya, kawasan ini memang terlihat sangat menawan. Di atap bangunan utama. Ada patung-patung naga yang sedang berpose memperebutkan matahari. Mereka pun bisa dilambangkan sebagai pelindung dari pengaruh-pengaruh jahat.

 

15. Pagoda Avalokitesvara

  • Alamat  : Jalan Perintis kemerdekaan, Pudakpayung, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 520265
  • HTM  : Free
  • Jam Buka   : 07:00 – 21:00
  • Maps : Klik Disini
  • No. Telp : 024 7473590

 

Keindahan dari pagoda yang menjadi tempat wisata di semarang ini adalah hadirnya tingkatan dari setiap tingkat pagodanya. Desain dari arsitektur ini memang sangat indah serta mengesankan. Kawasan ini dikenal dengan nama kuil dewi kwan in. lantaran, adanya patung dewi kwan in yang akan menyambut anda bila berkunjung ke sini.

Sumber Instagram @bintanguya

Bagi anda yang memang percaya akan ramalan. Disini anda bisa melakukan ramalan tjiam shi. Selain itu, objek wisata ini juga melakukan ritual Tjiam shi. Ritual ini dipercaya umat budha untuk mengetahui nasib mereka. Tertarik sekali bukan, menikmati kawasan ini.

16. Air Terjun Semirang

  • Alamat  : Ungaran Barta, Semarang, Jawa Tengah, 50551
  • HTM : Rp 5.000,-
  • Jam Buka : 24 jam
  • Maps : Klik disini

 

Tempat wisata di semarang ini di kelola oleh perum perhutani memiliki luas kurang lebih 10 hektar dan tinggi air terjun mencapai 45 meter. Kawasan ini sangat cocok bagi anda yang menyukai tantangan lantaran track yang harus dilalui memang sangat berat, dan penuh dengan tantangan. Sehingga, keringat air mata akan keluar dengan sendirinya.

Sumber Instagram @rider_kurang_piknik

Menuju ke titik lokasi anda harus berjalan dari area pintu masuk kurang lebih 1 km. nah, sekedar informasi bila anda naik mobil. Maka, perjalanan anda akan ditambah 500 meter lagi. selama perjalanan anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang esoktis yaitu pepohonan yang menjulang tinggi dengan semilir angin berhembus sepoi-sepoi.

Anda juga akan ditemani dengan aliran sungai yang mengalir bagaikan sebuah melodi. Menariknya lagi, di sepanjang perjalanan ini, sudah ada tempat duduk yang bisa digunakan bagi anda yang mungkin lelah. Selain itu, anda pun juga bisa menikmati berbagai macam satwa langka seperti tupai atau bajing yang berekor panjang.

Bila anda datang pada hari biasa maka, anda bisa menikmati kawasan ini seperti air terjun pribadi. Lantaran, belum hadirnya pengunjung yang datang ke tempat ini. kecuali, hari sabtu dan juga minggu. Pengunjung memang berdatangan tetapi tidak terlalu banyak.

17. Curug Lawe

  • Alamat : Ungaran Barat, Desa Gonoharjo, Limbangan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 51383
  • HTM  :  Rp 5.000,-
  • Jam Buka : 06:00 – 15:00
  • Maps  : Klik Disini

 

Menikmati kawasan ini memang sangat menyenangkan. Lantaran, anda harus berjalan terlebih dahulu kurang lebih sejauh 1 km. Di sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan dengan pepohonan yang begitu mengesankan. Nuansanya, memang mampu membuat anda lupa akan segala aktifitas yang mungkin menjadi tuntutan.

Sumber Instagram @abbasw_

Menariknya dari track tempat wisata yang ada di semarang ini, anda akan disuguhkan dengan jembatan selfie yang bawahnya langsung jurang. Jembatan merah ini hanya bisa dilalui oleh 5 orang saja. Disini, anda juga bisa menyaksikan bagaimana pepohonan yang tinggi dan dihiasi dengan beberapa sandal jepit yang menjadi korban.

Dari pintu gerbang menuju ke titik lokasi membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Dengan bebatuan yang akan selalu menghiasi dari awal perjalanan hingga akhir. Siap-siap anda harus mengatur nafas yang panjang agar bisa sampai di air terjun yang terlihat mengesankan. Detail dari tempat wisata di semarang tentang curug lawe bisa klik disini

18. Curug Benowo

  • Alamat : Ungaran Barat, Desa Gonoharjo, Limbangan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 51383
  • HTM  : Rp 5.000,-
  • Jam Buka : 06:00 – 15:00
  • Maps  : Klik Disini

 

Letak lokasi kawasan ini berada di jalur yang sama saat anda menuju ke curug lawe. Perbedaannya adalah di sebuah persimpangan yang berjarak kurang lebih 500 meter. Bila anda belok ke kiri maka anda akan menuju ke curug lawe. Nah, jika ingin ke curug benowo maka anda wajib belok ke kanan.

Sumber Instagram @eriohprr_

Tempat wisata di semarang ini memang akan tutup pada pukul 3 sore. Karena, jalurnya cukup menggemaskan dan panjang. sehingga, perjalanan pulang pergi membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Jika, terlalu malam keluar dari tempat ini bisa saja tersesat karena sangat gelap.

19. Rawa Pening

  • Alamat : Jalan Lingkar Selatan Kilometer 3, Ambarawa Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah
  • HTM : Rp 3.500,-
  • Jam Buka : 08:00 – 21:00
  • Maps : Klik Disini

 

Sejak dahulu, kawasan ini memang dikenal dengan danaunya yang sangat mengesankan. Apalagi, bila anda melihat pesona sunsetnya. Sungguh mampu mengalihkan perhatian setiap pengunjung yang berkunjung ke tempat ini. Nah, pesona rawa pening yang ada di semarang ini seakan tidak akan pernah ada habisnya.

Sumber Instagram @hangout semarang

Dimana, pada saat musim kemarau. Anda bisa menikmati padang sabana yang sempat menjadi viral. Sabana ini terjadi karena, kondisi danau yang mengering akibat kemarau panjang yang terjadi. Saat cuaca cerah, anda bisa menikmati pemandangan gunung telomoyo, merbabu, serta ungaran dari kejauhan. Sungguh sangat mengesankan memang melihat semuanya dari titik ini.

20. Wana Wisata Penggaron

  • Alamat : Desa Susukan,Ungaran, semarang, Jawa tengah 50516
  • HTM : Rp 6.000,-
  • Jam Buka : 07:00 – 17:00
  • Maps  : Klik Disini

 

Berada di objek wisata ini memang paling mengesankan. Dimana, anda bisa menikmati segala aktifitas yang bisa dilakukan. Seperti, Jungle Trackking, Outbond Training, Olahraga, Latihan SAR, serta pramuka, rekreasi hingga sebuah penelitaian pun bisa dilakukan di sini.

Sumber Instagram @aditama_pp

Selain itu, anda juga bisa melakukan aktifitas prewedding lantaran kawasan ini memang memiliki spotgenic yang mengesankan. Luas dari kawasan ini kurang lebih 500 hektar. Biasanya, pada hari sabtu dan minggu kawasan ini akan dipenuhi dengan pengunjung yang ingin camping dan menikmati nuansa malamnya yang indah.

21. The Fountain Waterpark

  • Alamat : Jalan Bima Sakti Raya No 16A, Kelurahan Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah, 505019
  • HTM : Rp 15.000,-
  • Jam Buka : 06:00 -18:00
  • Maps : Klik Disini

Tempat ini memang paling menyenangkan lantaran, anda akan menyaksikan pemandangan alam nan elok. Sehingga, berenang di tempat ini memang paling menyenangkan. Puncak Ungaran, Telomoyo, serta Andong yang pesona telihat begitu indah dan bikin geregetan.

Sumber Instagram @ungaran_kotaku

Disini anda bisa menikmati beberapa kolam renang dengan kedalaman yang bisa dipilih mulai dari 30 cm, 50 cm, 1 m, dan 1,5 m. Anda juga bisa menikmati berbagai macam permainan seru dan mampu menghiburnya. Selain itu, anda juga bisa menikmati fasilitas outbond.

Anda juga akan disuguhkan dengan bangunan rumah adat khas jawa tengah yang elegan yaitu joglo. Nah, rumah adat ini pun di bangun khusus untuk anda yang ingin beristirahat dan berteduh. Anda juga bisa menikmati rerumputan yang bergoyang kesana-kemari saat ditiup angin.

Tidak hanya itu, pengunjung terutama anak-anak juga akan menikmati permainan ember tumpah. Satu yang paling meriah disini adalah kondisi dari kolam renang yang sangat bersih dan terawat sehingga, anda bisa tenang berenang dan berendam di sini, menikmati segarnya air kolam.

 

22. Umbul Sidomukti

  • Alamat : Desa Sidomukti – Jimbaran, Kecamatan Bandungan, kabupaten Semarang, Jawa tengah 50661.
  • HTM  : Rp 5.000,-
  • Jam Buka : 08:00 – 22:00
  • Maps  : Klik Disini

Inilah dia, kolam renang tertinggi di Indonesia dimana berada di ketinggian 1.100 mdpl. Kolam ini berasal dari sumber mata air alami yang tidak akan pernah habis walau terus digunakan. Menariknya, anda akan merasakan kesejukan dan dinginnya air. Tetapi, bila anda berkunjung pada siang hari, anda bisa merasakan bagaimana rasanya kesegaran itu membasuh tubuh anda.

Sumber Instagram @umbul.sidomukti

Mata air yang membuat anda menjadi segar ini bernama Ngetihan dan watu payung. umbul sidomukti ini sendiri terdiri d 4 tingkatan kolam. Nah, menariknya kawasan ini adalah anda bisa langsung menikmati air tawar yang disediakan tak jauh dari kolam.

Tidak hanya kolam renang saja. melainkan anda bisa juga menikmati berbagai macam permainan yang seru. Ada yang bisa memacu adrenalin dengan berjalan di bawah jurang dan kondisi jembatan bergoyang kesana-kemari, atau juga flying fox dengan kecepatan yang menggemaskan.

Jangan lupa untuk menikmati indahnya sang fajar yang terbit dan memberikan sebuah sinar harapan kepada mereka yang melihatnya. Terakhir, anda bisa menikmati area camping ground. Memang pemandangan langit malam dari sini sungguh sangat mengesankan apalagi, saat langit sangat cerah.

 

23. Candi Gedong Songo

  • Alamat : Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
  • HTM : Rp 10.000,-
  • Jam Buka : 06:30 – 18:00
  • Maps  : Klik Disini

 

Gedong Songo adalah nama sebuah candi yang harusnya berjumlah Sembilan. Tetapi, pada kenyataannya jumlah candi ini tidak ada 9. Mengunjungi tempat bersejarah ini memang mengasikkan. Anda akan dibuat berkellingi bukit yang berisi dengan berbagai candi. Tetapi, bila anda tidak mau lelah-lelah berjalan, disini sudah menyediakan fasilitas berupa kuda yang akan mengantar anda kemana pun.

Sumber Instagram @seputar semarang

Di sinilah tempat kawah belerang ungaran yang seakan bergemuruh. Dan disini, anda juga bisa menikmati pemandian air panas yang hanya membayar 5 ribu rupiah saja, anda sudah bisa menikmatinya. Tidak hanya kemegahan dan keindahan candinya saja. melainkan, anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan alamnya yang memang mengesankan.

Dari titik ini, juga digunakan sebagai titik pendakian. Sayangnya, kawasan ini bukanlah titik pendakian yang resmi. Sehingga, sangat disarnakan untuk tidak berjalan dari tempat ini. Di akhir perjalanan, anda akan disuguhkan dengan berbagai macam souvenir dan makanan khas yang bisa dipilih untuk buah tangan.

Jangan lupa berkunjung ke kawasan yang esoktis ini. karena, setelah berada disini dipastikan anda akan enggan untuk pulang. Suasana dan nuansanya sangat mempesona hati.Apalagi, dengan cerita legendanya mengenai dasamuka yang akan bangun ketika dasamuka mencium bau minuman keras

24. Kampung Kopi Banaran

  • Alamat : Jalan Raya Semarang – Bawen KM 1,5, Semarang, Jawa Tengah, 50661
  • HTM   : Rp 5.000,-
  • Jam Buka  : 07:00 – 21:00
  • Maps : Klik Disini

 

Bisa dibilang inilah dia kawasan agrowisata terlengkap di kota semarang. Letaknya yang cukup stategis membuat kawasan ini tidak pernah sepi oleh para pengunjung apalagi, pada saat datang waktu libur. Sejak dahulu kampung kopi ini hanya terkenal dengan pemandangan perkebunan kopi saja. Tetapi, tidak untuk saat ini.

Sumber Instagram @yudhantilestari

Kawasan ini sudah berkembang dengan baik untuk jadi sebuah kawasan pariwisata yang mengesankan dan bisa dijadikan daftar pariwisata anda. Ada restoran, café, ruang pertemuan serta taman kupu-kupu yang sangat instagramable. Sehingga, berkunjung ke tempat ini jangan lupa untuk membawa kamera DSLR yang mumpuni.

Selain itu, pengunjung juga akan disuguhkan dengan wahana permainan yaitu flying fox, panjat pinang,  mandi bola,  bermain tenis, berkuda, dan juga berenang. bagaimana aktifitas yang super lengkap bukan menikmati wahana kampung banaran ini. untuk bisa menikmati perkebunan anda bisa menyewa ATV yang disediakan khusus untuk anda.

Bagi anda yang memang menyukai kopi nusantara. Anda diberi kesempatan untuk menikmati kopi hasil dari kebun sendiri. Disini, sudah banyak para barista ahli yang siap untuk meracik kopi dan membuat anda terbuai dengan rasanya yang sangat berkesan di hati.

25. Desa Bejalen

  • Alamat : Desa Bejalen, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah
  • HTM : Free
  • Jam Buka : 24 Jam
  • Maps  : Klik Disini

 

Semarang memang mempunyai pariwisata yang sangat lengkap, salah satunya adalah kampung wisata desa bejalen. Kawasan ini sedang hits dengan nama kampung pelanginya. Disinilah surganya spot selfie yang bisa anda lakukan apalagi, di pinggir sungai yang mempunyai gambar-gambar nan mengesankan.

Sumber Instagram @desa_wisata_bejalen

Cobalah anda berkunjung ke desa ini pada pagi hari. Maka, anda bisa menikmati pemandangan desa yang sangat mengesankan. Warna-warninya memang bisa membuat anda terpukau. Hamparan sawah dan rawa pening yang memang esoktis sekali. Anda akan dibuat enggan berkedip saat melihat semua yang disajikan disini.

Saat datang senja cobalah datang kesini lagi dan nikmati nuansa baru dengan bersepeda keliling desa. Di sini, anda juga bisa menikmati matahari terbit di bukit yang berada di timur desa. Untuk bisa melihat keindahan ini, pengunjung pun bisa menginap di homestay salah satu warga yang disediakan khusus.

Satu lagi yang bisa anda nikmati disini yaitu menu kuliner yang sangat mengesankan dan menggoda. Cita rasa yang dihasilkan dari resep turun-temurun memang terlihat berbeda dengan makanan lainnya.

26. Museum Kereta Api Ambarawa

  • Alamat : Jalan Stasiun No.1, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah, 50614
  • HTM : Rp 10.000.-
  • Jam Buka  : 08:00 – 17:00
  • Maps  : Klik Disini
  • No. Telp : 0298-591035

 

Saat pertama kali menginjakkan kaki disini, anda akan disambut dengan pemandangan sebuah stasiun yang sudah tidak digunakan lagi. ya, stasiun ambarawa memang sudah lama ada. Dahulu, sebelum menjadi sebuah museum kawasan ini adalah stasiun dengan jalur kereta aktif .

Sumber Instagram @ambarawa_railways

Disini, anda akan menikmati sejarah panjang kereta api Indonesia. Selain itu, segala koleksi kereta dari masa kolonial belanda pun juga hadir disini. biasanya banyak para pengunjung yang memanfaatkan lokomotif tua ini sebagai tempat untuk selfie-selfie. Nah, sisi menariknya tempat ini adalah hadirnya kereta uap yang bahan bakarnya masih menggunakan kayu.

Tetapi, untuk berburu dan merasakan kereta kuno ini anda harus melakukan perjuangan yang sangat panjang. kapasitas penumpang disini memang sangat dibatasi. Sehingga, anda perlu datang pagi-pagi untuk membeli tiketnya yang harga 50 ribu rupiah dan hanya berjalan pada hari sabtu dan minggu serta hari libur saja.

27. Benteng Pendem

  • Alamat : Lodoyong, Ambarawa, Semarang, Jawa tengah 50611
  • HTM : Free
  • Jam Buka  : 08:30 – 16:30
  • Maps  : Klik Disini

Nama benteng ini adalah Fort willem I. kawasan ini memang terlihat sangat angker dan mengesankan. Menurut cerita sejarahnya, Benteng ini pun dibangun pada tahun 1834 dan pada akhirnya selesei pada tahun 1845. Banyak yang menyebutnya sebagai benteng pendem lantaran, kawasan ini memang terpendam terlalu dalam di dalam tanah.

Sumber Instagram @kefin_fm

Fungsi dari benteng ini memang berbeda-beda. Pada awalnya barak militer kemudian, digunakan sebagai gudang logistic. Pada tahun 1950 hingga 1985. Kemudian, digunakan pula sebagai penjara anak dan juga orang dewasa. Kawasan ini dibangun 2 lantai, dan digunakan sebagai pecinta fotografi untuk menghasilkan foto dan gambar yang mumpuni.

 

28. Goa Rong View

  • Alamat : Goa Rong, Lopait, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah, 50773
  • HTM : Rp 5.000,-
  • Jam Buka  : 07:00 – 18:00
  • Maps   : Klik Disini

 

Diantara semua kawasan perbukitan yang ada di semarang, mungkin tempat ini adalah kawasan yang menghadirkan sebuah rona romantis yang tidak akan pernah ternilai dengan apa pun.  Dari sini, anda akan disajikan dengan berbagai macam pemandangan gunung seperti ungaran, sumbing, sindoro, dan telomoyo yang seakan ingin menunjukkan bagaimana keindahan mereka yang sebenarnya.

Sumber Instagram @susi_ssnt95

Disini pula, sudah ramah dengan fasilitas untuk anak-anak dengan hadirnya ruang bermain.  Seperti, ayunan, perosotan, panjat tangga tali, dan masih banyak lagi yang bisa dimanfaatkan. Nah, diantara semua pemandangan tersebut, anda harus datang ke tempat ini saat matahari akan terbenam.

Sungguh pemandangannya sangat esoktis. seakan dunia ini akan teralihkan dengan apa yang ada di depan mata. sungguh, perpaduan antara gunung dan juga warna langit yang berubah ini sungguh sangat menggemaskan inilah alasan mengapa banyak pengunjung yang datang dan berkunjung pada saat sore hari. Aksesnya yang begitu mudah membuat banyak sekali pengunjung dari dalam kota atau luar kota yang datang ke sini.

29. Wisata Lereng Kelir

  • Alamat : Wonokasihan, Bedono, Jambu, Semarang, Jawa Tengah, 50663
  • HTM   : Rp 7.000,-
  • Jam Buka   : 05:00 – 21:00
  • Maps   : Klik Disini

 

Seperti keindahan wisata bukit pada umumnya, di lereng kelir anda bisa menikmati berbagai macam pemandangan yang sangat mengesankan. Disini, ada dua spot foto kece yang berada di puncaknya dimana, spot ini dibuat dengan memanfaatkan bambu yang dibuat menjorok ke pinggir tebing.

Sumber Instagram @wisatalerengkelir

Menariknya lagi, sebelum anda bisa menikmati pesona ini. pengunjung wajib hiking terlebih dahulu selama 2 jam. Jalur yang anda lalui memang sangat terjal sehingga, anda harus mengatur nafas dan berkeringat semangat tanpa lelah untuk bisa mencapai titik di atas.

Pada hari sabtu dan minggu, banyak sekali pengunjung yang datang untuk menikmati area camping yang sudah disediakan. Area camping ini bisa menampung kurang lebih 70 orang lho. Jadi, jangan sampai lewatkan pengalaman bermalam di kawasan ini.

30. Curug 7 Bidadari

  • Alamat : Keseneng, Sumowono, Semarang, Jawa tengah
  • HTM  : Rp 5.000,-
  • Jam Buka : 08:00 – 17:00
  • Maps : Klik Disini

 

Bila berkunjung kesini, anda tidak harus bersusah payah berjibaku dengan keringat seperti curug yang ada di semarang pada umumnya. Lantaran, curug ini berada di pemukiman perkampungan. Curug ini memiliki tiga tingkatan yang bisa dinikmati. Ketinggian air terjun ini mencapai 14 meter.

Sumber Instagram @kitasemarang

Dimana, terdapat tujuh aliran dan disetiap alirannya mempunyai tinggi 6 hingga 7 meter. Di setiap tingkatnya pun terdapat kolam air yang sangat jernih sehingga menggoda untuk terjun dan berenang kedalamnya. Konon katanya, berendam dan berenang di kolam ini bisa membuat awet muda lho. Penasaran dengan mitos ini? Datang saja langsung ke sini.

31. Grojogan Klenting Kuning

  • Alamat : Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono. Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
  • HTM  : Rp 5.000,-
  • Jam Buka  : 10:00 – 22:00
  • Maps    : Klik Disini

Kawasan ini jaraknya tidak terlalu jauh dengan Curug 7 Bidadari. Jadi, setelah mengunjungi curug, anda bisa kembali lagi ke  camp banter. Selanjutnya, belok kiri kearah menuju ke Boja. Setelah 5 menit berkendara anda akan tiba di titik lokasi. Menuju ke tempat ini tidak terlalu jauh. Hanya 50 meter saja dari area parkir.

Sumber Instagram @gklentingkuning

Kawasan ini merupakan air terjun mini yang mempunyai 2 aliran. Dengan tebing yang berwarna kuning. Ketinggiannya mencapai 6 meter untuk air terjun. Lalu, di air terjun yang kecil hanya mempunyai tinggi kurang lebih 3 meter saja.

Disini terdiiri dari 3 grojogan dimana, setiap namanya diambil dari nama saudara klenting kuning. Di curug paling besar disebut dengan klenting biru. Grojogan di bawah warung dinamakan klenting hijau.  Lalu, ada juga sebuah aliran grojogan yang memang susah untuk dicapai yang dinamakan klenting merah.

Ada fasilitas berupa pendopo yang tersedia di sekitar area grojogan. Dimana, pendopo ini bisa digunakan untuk berteduh dan menikmati air terjun dengan cara yang berbeda. Hadir pula fasilitas toilet tetapi, anda harus naik ke puncak bukit terlebih dahulu.

32. Gunung Ungaran

  • Alamat : Ungaran Barat, Semarang, Jawa tengah
  • HTM : Free
  • Jam Buka   : 24 jam
  • Maps    : Klik disini

 

Gunung ungaran memiliki tinggi 2.060 mdpl dimana kawasan ini sering menjadi tujuan utama bagi para pendaki yang ingin belajar untuk mendaki. Tidak terlalu tinggi memang tetapi, tantangannya cukup membuat anda bersemangat menuju ke atas puncak. Bila lancar, anda membutuhkan waktu kurang lebih 3 hingga 4 jam.

Sumber Instagram @awangnahardi

Nah, ada dua jalur resmi yang digunakan untuk mendaki kawasan ini. Pertama di jalur umbul sidomukti. Nah, biasanya jalur ini disebut dengan jalur base camp via mawar. Disini, menyediakan fasilitas camping ground yang sudah sangat ramah dengan warung makan. Sehingga, saat anda naik ke atas puncak, anda bisa membeli segala perbekalan di tempat ini.

Ada dua puncak yang ada di sini yaitu puncak botak dan juga ungaran. Dimana, tempat ini mempunyai pesona yang sangat esoktis. di jalur pendakian, anda bisa menemukan sungai-sungai yang menyegarkan jadi, bisa digunakan untuk cuci muka.

Pos kedua adalah kebun kopi dimana jlur yang dihadirkan sangat curam jadi siapkan benar-benar tenaga anda. Disarankan untuk tidak memforsir tenaga lantaran, menuju puncak anda harus melalui track yang sangat menggemaskan.

33. Taman Unyil

  • Alamat : Bandarjo, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah
  • HTM : Free
  • Jam Buka : 24 Jam
  • Maps  : Klik Disini

 

Nama lain dari taman ini adalah taman serasi ungaran. Di sini sudah hadir berbagai macam fasilitas yang sangat ramah dengan anak-anak seperti perosotan, jungkat-jungkit.

Sumber Instagram @abdmination

Serta beberapa miniatur rambu-rambu lalu lintas. Sehingga, bisa dijadikan sebuah pembelajaran bagi anak-anak untuk mematuhi peraturan rambu-rambu lalu lintas.

34. Air Terjun Kali Pancur

  • Alamat : Desa Nogosarem, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa tengah 50774
  • HTM : Rp 5.000,-
  • Jam Buka : 08:00 – 16:00
  • Maps   : Klik Disini

 

Air terjun ini berada di perbatasan antara salatiga dan kabupaten semarang. Bila anda ingin mengunjungi tempat ini, disarankan melalui kopeng yang mempunyai jarak tidak terlalu jauh. Keindahan dari kawasan ini adalah ketinggiannya yang kurang lebih 150 meter.

Sumber Instagram @airterjunkalipancur

Disini, anda juga bisa melihat relief bebatuan alam yang sangat mempesona dan bikin anda enggan untuk berkedip karena pesonanya. Menuju ke titik lokasi, anda harus menuruni anak tangga dengan pepohonan yang menjulang tinggi menemani perjalanan anda hingga sampai ke titik lokasi.

Tidak hanya air terjun saja, anda juga bisa menikmati berbagai panorama yang lainnya seperti batuan andesit yang memiliki ketinggian antara 20 hingga 100 meter. Sungguh mengesankan memang apa yang dihadirkan di tempat ini.

35. Pantai Marina

  • Alamat : Jalan Yos Sudarso, komplek PRPP, Tawangsari, Semarang, Jawa Tengah
  • HTM  : Rp 5.000,-
  • Jam Buka   : 24 jam
  • Maps   : Klik disini

Ada berbagai macam kegiatan yang bisa anda lakukan pada salah satu tempat wisata di semarang ini yaitu pantai marina yang menjadi kebanggaan warga semarang ini. Pertama adalah melihat sunset yang sangat esoktis. keindahannya memang mampu mengalihkan perhatian anda. Jika, anda beruntung maka anda bisa menyaksikan matahari tenggelam yang berwarna kuning seperti telur berwarna emas.

Sumber Instagram @seputarsemarang

Perlahan, matahari ini akan menghilang di garis cakrawala yang seakan terlihat secara nyata. Anda juga bisa hunting foto dengan spot perahu nan mengesankan.  Selain itu, menikmati pantai ini juga bisa dengan berenang atau bermain pasir. Dua kegiatan ini memang wajib dilakukan bagi anda. Belum melakukan dua kegiatan ini rasnya seperti belum ke pantai.

Selanjutnya, nikmati aneka kuliner yang lezat dan menggoda. Biasanya, tempat ini menyediakan menu seafood seperti udang, kepiting dan cumi dengan berbagai macam olahan makanan, dihadirkan dengan bumbu-bumbu khas yang sudah dibuat turun-temurun.

 

Mau menikmati area pantai? Anda bisa menyewa jasa kapal dan berkeliling ke seluruh kawasan. Untuk menyewanya tidak terlalu mahal hanya 5 ribu rupiah saja lho. Anda bisa puas menikmati semilir angin pantai yang sangat sejuk.

36. Water Blaster Graha Candi Golf

  • Alamat : Jalan Bukit Cinta Golf No.1. Langli, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, 50255
  • HTM  : Rp 60.000,- (week day), Rp 80.000 (Week end)
  • Jam Buka  : 10:00 – 17:30 (Senin – sabtu), 07:00 – 17: 30 (minggu dan hari libur)
  • Maps   : Klik disini

 

Bermain air adalah satu hal yang paling menyenangkan. Sepertinya, berkunjung ke salah satu tempat wisata di semarang yaitu water blaster menjadi salah satu alternatifnya. Di semarang hadir water blaster yang mempunyai wahana permainan seru dan mampu menghadirkan keceriaan. Anda bisa meluncur dengan papan seluncur yang cukup panjang.

Sumber Instagram @waterblasterid

Selain itu, tingginya papan seluncur menjadi daya tarik tersendiri bagi anda yang menyukai tantangan dan merasakan bagaimana jantung berdetak kencang. Selama meluncur anda akan disuguhkan pesona ikan paus yang digunakan sebagai air mancurnya.

Tinggi papan seluncur ini mencapai 23 meter dan 25 meter dengan panjang lintasan mencapai 230 meter dan 15 meter. Bisa dibayangkan bukan, bagaimana keseruan ini akan terjadi. Anda bisa pilih sendiri mana yang akan menjadi tempat berseluncur.

Selain itu, anda juga bisa menikmati wahana lazy river. Bermalas-malasan disini memang paling direkomendasikan karena, suhu udaranya yang sangat menyenangkan. Sejuk, teduh dan damai sekali.

37. Bukit Cinta Ungaran

  • Alamat : Kebondowo, Banyubiru, semarang, Jawa tengah 50664
  • HTM   : Rp 6.000,- (senin- jumat) Rp 7.500 (Sabtu dan minggu)
  • Jam Buka : 08:00 -18:00
  • Maps  : Klik Disini

Satu alasan mengapa anda tidak boleh melewatkan kawasan ini adalah pemandangan yang mempesona dan mampu mencuri hati anda. Pesona rawa pening dan bukit brawijaya membentang luas di depan mata. sungguh keindahan yang sempurna dan tidak bisa didustakan oleh apa pun.

Sumber Instagram @so_fyan

Area bukit cinta berada di area rawa pening. Ada gardu pandang yang cukup mengesankan bisa dilihat dan dinikmati. Kawasan ini pun juga dikelilingi dengan pohon cemara yang sangat teduh meneduhkan. Dan bisa dijadikan sebagai salah satu spot selfie yang tidak boleh dilewatkan.

 

38. Watu Gunung

  • Alamat : Jalan Srikandi Raya No. 1,  Desa Lerep, Ungaran Barat, Semarang, Jawa tengah 50519
  • HTM : Rp 20.000,-
  • Jam Buka : 08:00 – 16:00
  • Maps  : Klik Disini

Inilah dia pesona wisata yang berkonsep kolam renang alami yang paling cocok untuk dikunjungi oleh keluarga. Disini, hadir pepohonan, danau, serta sungai buatan yang sangat mengesankan. Anda pun bisa mengambil beberapa spot foto yang mengesankan. Di danau buatannya, anda bisa melihat beberapa ikan-ikan hias yang imut-imut.

Sumber Instagram @watugunung_lerep_ungaran

Tidak hanya sampai disitu, anda juga bisa menikmati rumah joglo yang lengkap dengan peralatan gamelan jawanya. Saking instagenicnya, banyak pengunjung yang menggunakan tempat ini sebagai salah satu tempat untuk prewedding. Puas mengelilingi kawasan ini dan puas pula berenang di kolam buatannya. Saat nya untuk berkunjung ke gazebo-gzebo yang dihadirkan bagi anda yang ingin menikmati berbagai macam sajian menu kuliner nan nikmat.

Bagi anda yang hobi memancing, tempat ini pun juga menghadirkan arena memancing. Bila, tidak punya alat pancing anda juga bisa menyewanya disini dengan harga yang bersahabat di kantong.

39. Setya Aji Flower Farm

  • Alamat : Dusun Ngasem, Desa Jetis, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • HTM  : Rp 7.500,-
  • Jam Buka   : 08:00 – 17:00
  • Maps   : Klik Disini

 

Inilah sisi romantis yang bisa dihadirkan di salah satu tempat wisata di semarang. Dimana, hadir dengan berbagai macam bunga krisan yang esoktis dan mengesankan. Warna-warni bunganya memang bisa dijadikan sebagai salah satu spot foto. Anda juga bisa melihat bagaimana caranya merawat serta menanam pohon krisan ini.

Sumber Instagram @deavy.ds

Ada fasilitas gardu pandang yang berjumlah 3 tempat. Dari gardu pandang ini anda bisa menikmati pemandangan megahnya gunung ungaran, dan rawa pening yang terlihat di depan mata. Sungguh, pesona yang tidak akan terlupakan dan bikin rindu untuk datang kembali ke tempat ini.

40. Puri Maerokoco

  • Alamat : Jalan Yos Sudarso, Tawangsari. Semarang Barat, Jawa Tengah, 50144
  • HTM : Rp 10.000,-
  • Jam Buka : 08:00 – 18:00
  • Maps   : Klik Disini
  • No. Telp : 024 7606286

 

Bisa dibilang inilah wisata taman mininya  jawa tengah. Ada kurang lebih 35 rumah adat dari berbagai kabupaten yang hadir disini. Selain itu hadir juga berbagai macam hasil industri dari berbagai macam daerah. Luas kawasan ini mencapai 23, 84 hektar. Dan dibangun pada tahun 1980 oleh gubernur jawa tengah pada waktu itu.

Sumber Instagram @galerijogja

Puri maerokoco juga menghadirkan kawasan hutan mangrove yang begitu tenang dan teduh. Apalagi, bila anda datang pada sore hari. Kawasan ini sangat mengesankan dan bisa bikin geregetan. Anda juga bisa menikmati yang namanya café angkringan, dimana angkringan ini berada di tengah danau sungguh suasananya mampu menambah nafsu makan anda.

Jangan lewatkan pula untuk menikmati wahana flying fox yang mampu membuat jantung anda berdetak sangat kencang. Sarana edukasi di wilayah semarang yang wajib anda kunjungi bila, anda sedang berada di wilayah ini. Puri maerokoco juga biasa digunakan sebagai tempat untuk prewedding.

41. Bantir Hills

  • Alamat : Desa Losari, Kecamatan suwono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • HTM  : Rp 5.000,-
  • Jam Buka   : 08:00 – 18:00
  • Maps   : Klik Disini

 

Bantir Hills adalah kawasan tempat wisata di semarang yang menyajikan berbagai macam panorama alam yang indahnya maksimal. Gunung, Pepohonan, Sawah, serta pemukiman penduduk menjadi suguhan yang tidak boleh untuk dilewatkan. Pesona lainnya dari bantir hills adalah hutan pinusnya yang tampak kokoh melindungi anda dari teriknya sinar matahari yang seakan menyerang.

Sumber Instagram @selebgramsemarang

Kawasan ini berada di kurang lebih 1000 mdpl, dengan rata-rata suhunya mencapai 15 hingga 25 derajat celcius. Disini pun hadir dengan gazebo, rumah pohon, jembatan hutan, serta gardu pandang. Nah, dari gunung ini pun anda bisa menikmati gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo serta Gajah yang bakal membuai anda semuanya.

42. Eling Bening

  • Alamat  : Jalan sarjono, Bawen, Semarang, Jawa Tengah 50661
  • HTM  : Rp 15.000,- (Week day), Rp 20.000,- (Week end)
  • Jam Buka : 08:00 – 17:00 (Week day) 07:00 – 17:00 (Week end)
  • Maps : Klik Disini

 

Objek wisata di semarang ini menyajikan segala kebutuhan untuk berwisata secara lengkap. Tidak hanya bisa digunakan untuk foto-foto dengan berbagai macam pesona dan pemandangannya. Tetapi, anda juga bisa menikmati berbagai macam menu kuliner yang nikmat dan lezat.

Sumber Instagram @eling_bening

Lahannya yang cukup luas membuat kawasan ini menghadirkan fasilitas kolam renang dengan nuansa air yang sangat menyegarkan. Cobalah berkunjung pada sore hari. Dimana, anda bisa menemukan sebuah pemandangan nan elok. Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk membawa kamera yang mumpuni.

Bila, anda belum bisa move on dari kawasan ini. Anda bisa menikmati berbagai macam penginapan yang hadir disini. harganya pun tidak terlalu mahal, sesuai dengan fasilitas dan harga yang ditawarkan.

43. Hutan Pinus Kayon

  • Alamat : Butuh, Getasan, Semarang, Jawa Tengah
  • HTM    : Free
  • Jam Buka  : 24 Jam
  • Maps   : Klik Disini

 

Hutan pinus adalah tempat yang menghadirkan pepohonan pinus yang tinggi dan mempunyai suhu yang sangat menyegarkan. Nah, bila di jogja hadir dengan hutan pinus mangunan. Maka, di Semarang pun juga tidak mau kalah hadir dengan hutan pinus kayon.

Sumber Instagram @mayaraadhi

Uniknya dari pohon pinus ini, anda bisa menikmatinya dengan pohon yang bentuknya bisa untuk duduk. Pada saat cuaca cerah. Anda bisa menikmati pemandangan sempurna antara langit biru dan pinus-pinus yang mengesankan. Jadi, jangan sampai terlewatkan untuk berkunjung ke tempat ini ya.

44. Bukit VW

  • Alamat  : Jalan Sambiroto Raya, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah
  • HTM  : Free
  • Jam Buka : 08:00 – 18:00
  • Maps   : Klik Disini

Barang rongsok memang terkesan murahan, tetapi bila dikemas dengan baik maka akan terlihat sangat mengesankan. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya bukit VW.

Sumber Instagram @akh_afwi

Dimana, anda akan disuguhkan dengan pesona mobil-mobil tua nan mengesankan. Di salah satu tempat wisata di semarang ini, anda akan melihat mobil retro Volkswagen tahun 70an yang masih seksi untuk dijadikan latar belakang.

 

45. Waduk Jatibarang dan Goa Kreo

  • Alamat  : Jalan Jatibarang, Kedungpane, Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah 50219
  • HTM  : Rp 5.000,-
  • Jam Buka : 05:00 – 18:00
  • Maps  :Klik Disini

 

Siapa yang tidak mengenal waduk jatibarang. Waduk yang menjadi kebanggaan rakyat semarang ini menjadi zona pariwisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. keindahan tempat wisata di semarag ini memang mampu membius anda yang datang. Masih berada di satu kawasan ini, anda juga bisa menikmati Goa Kreo.

Sumber Instagram @seputarsemarang

Goa ini adalah petilasan sunan kalijaga yang pada zamannya sedang mencari kayu untuk membangun masjid demak. Arti dari kreo ini adalah penjaga dimana, anda bisa melihat beberapa kera-kera ekor panjang yang menjadi penjaga kawasan ini.

Di dalam goa ini anda bisa menikmati kesegaran air terjun. Tetapi, anda wajib menuruni tangga yang cukup banyak. Uniknya lagi, air terjun ini tidak akan pernah kering bila datang musim kemarau. Hanya saja, debit airnya yang cukup kecil.

46. Saloka Theme Park

  • Alamat : Jalan Fatmawati No. 154, Gumuksari, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa tengah
  • HTM : Rp 120.000 (Week day), Rp 150.000 (Week end)
  • Jam Buka  : 10:00 – 18:00 (Week day), 10:00 – 20:00 (Week end)
  • Maps  : Klik disini

Akhir-akhir ini, pasti anda sudah mendengar kawasan baru yang berada di kabupaten semarang. Namanya adalah saloka theme park. menghadirkan berbagai macam wahanan yang menarik dan esoktis menjadikan anda wajib untuk mengunjungi kawasan ini.

Sumber Instagram @agendasolo

Wahana pertama adalah cakrawala, dimana, anda bisa menikmati biang lala yang tidak terlalu tinggi memang. Tetapi, menjadi permainan yang wajib bila anda ingin menikmati pemandangan yang sangat mengesankan. Tidak hanya bermain saja, anda juga akan disuguhkan dengan ilmu pengetahuan.

Satu diantaranya adalah ilmu galileo. Mau bermain air? Santai, ada wahana permainan semprat-semprot yang bisa meghadirkan keseruan maksimal. Mau memacu jantung anda? Bisa memanfaatkan permainan roller coaster mini. Atau anda juga bisa menikmati bengak-bengok disco yang pastinya, suara anda akan serak sesaat karena terus-terusan berteriak.

47. Ayana gedong Songo

  • Alamat : Kawasan wisata Candi gedong Songo, Krajan, banyukuning, Bandungan, semarang, Jawa Tengah
  • HTM : Rp 20.000,-
  • Jam Buka : 07:00 – 17:00
  • Maps  : Klik Disini

Candi Gedong songo memang kawasan yang mengesankan. Nah, selain pemandangan candinya. Anda juga bisa menikmati wahana spot baru yaitu ayana gedong songo. Tempatnya sangat unik dan mengesankan sehingga, bisa dijadikan sebagai salah satu spot foto.

Sumber Instagram @semarangexplore

Kurang lebih ada 35 spot foto yang bisa anda nikmati disini. Salah satu yang bisa anda nikmati adalah balon udara. Banyak pengunjung yang selalu datang dan pergi untuk menikmati wahana baru yang hanya ada di kawasan ini saja. Selain itu, anda juga bisa duduk di danau buatan yang ditengahnya ada sebuah sofa empuk.

Selanjutnya, anda juga bisa menikmati bunga-bunga yang bermekaran. Biasanya, bunga ini akan ramai bila pada sore hari. Hadir pula kursi santai yang menghadap langsung kearah pegunungan. Sungguh, kawasan yang elok dan tidak terhindarkan keindahannya.  Ada juga tenda gelembung yang dilengkapi dengan boneka-boneka imut nan lucu lho.

Terakhir anda bisa menikmati fasilitas hammock dan lukisan-lukisan yang mengesankan. Jangan heran bila setiap hari sabtu dan minggu, kawasan ini akan banyak sekali pengunjung untuk menikmati segala keindahan disini spot-spot selfie disini.

48. Taman Tabanas

  • Alamat : Jalan Setia budi No. 12, Ngesrep, Banyumanik, Semarang, Jawa tengah 50261
  • HTM  : Free
  • Jam Buka   : 24 Jam
  • Maps : Klik Disini

 

Keindahan dari kawasan ini adalah hadirnya sebuah bukit yang bisa digunakan untuk menikmati kerlap-kerlipnya kota semarang.

Sumber Instagram @hannakeluargacinta232

Selain itu, tempat wisata di semarang ini juga menghadirkan restoran dan café yang menyediakan berbagai macam menu makanan nikmat dan lezat. Nama lain dari taman tabanas adalah Gardu pandang gombel yang asyik untuk dinikmati setiap malam.

49. Kampung Wisata Taman Lele

  • Alamat : Jalan Siliwangi, Kelurahan Tambakaji, Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50185
  • HTM    : Rp 5.000,-
  • Jam Buka  : 08:00 – 16:00
  • Maps    : Klik Disini

Luas dari tempat wisata di semarang ini mencapai 2 hektar. Memiliki aneka permainan yang sangat menyenangkan seperti becak air, taman nan asri, aneka satwa serta kolam permainan yang menghadirkan keseruan. Disini pun hadir dengan danau buatan yang sekelilingnya dipenuhi dengan pepohonan tinggi mengesankan.

Sumber Instagram @trip_semarang

Satwa-satwa yang hadir disini adalah burung merak, ular phyton, buaya, iguana, kelinci serta burung cendrawasih. Berada di taman ini membuat anda pasti lupa waktu, karena berbagai macam pesona yang dihadirkan sungguh membuat anda tergiur.

50. Pantai Tirang

  • Alamat  : Tambakrejo, Tugu, Semarang, Jawa Tengah 50182
  • HTM     : Rp 5.000,-
  • Jam Buka  : 24 Jam
  • Maps   : Klik Disini

Inilah dia salah satu tempat wisata di semarang yang berbeda dengan pantai lainnya. Kawasan yang memang kurang esoktis tetapi, memiliki berbagai macam aktifitas nan mengesankan. Pantai ini adalah surganya bagi anda yang suka memancing. Lantaran ada beberapa ikan yang lucu nan menggemaskan siap untuk dipancing.

Sumber Instagram @sipits

Jenis ikan tersebut adalah ikan kakap putih, ikan mujair, rusah-ruhas, Sembilan, ikedokan, serta ikan blanak. Tetapi, ada dua ikan yang tidak boleh dipancing yaitu udang dan bandeng karena,  sudah ditanam pembibitan untuk para warga.

Disini, anda bisa menikmati pemandangan nan elok pada sore hari. Ya, matahari terbenam dengan landasan pacu yang ada di sekitar kawasan ini. anda bisa menikmati pemandangan pesawat yang datang dan pergi. Pesona ini akan semakin esoktis bila matahari sudah berada di bawah.

Untuk mencegah abrasi yang semakin menggila. Disini, sudah hadir dengan panorama mangrove dan tambak yang tampak mengesankan. Tidak hanya itu saja, anda pun juga bisa menikmati pasir nan halus dan lembut. Duduk di tengahnya memang menghadirkan rona yang berbeda. Apalagi, menikmati hembusan angin yang sepoi-sepoi.

Sayangnya, di sekitar pantai pun menghadirkan sampah-sampah yang bertebaran. Sepertinya, kawasan pantai tirang memang belum diperhatikan dengan baik. Sehingga, belum ada petugas yang membersihkan tempat ini. Disarankan, bagi anda untuk membawa sampah yang anda hasilkan sendiri.

Karena, kebersihan pantai adalah mampu menghadirkan keindahan yang luar biasa menarik. diantara, berbagai pesona di pantai.

 

51. Banjir Kanal Barat (Fountain Bridge)

  • Alamat : Jalan Gedung Batu Timur, No. 203 G, Ngemplak, Simongan, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50148
  • HTM  :  Free
  • Jam Buka  : 24 jam
  • Maps   : Klik Disini

 

Siapa yang tidak mengenal banjir kanal barat, kawasan yang mempunyai standar internasional ini memang sangat mengesankan. Ada berbagai macam wahana permainan dan keindahan hadir di kawasan ini. ada bridge fountain dan air mancur menari yang bisa dinikmati pada hari sabtu dan minggu.

Sumber Instagram @billa.dia

Selain itu, anda juga bisa menikmati becak air untuk berkeliling sungai. Cobalah pada saat malam hari. Nuansanya sangat romantis hadir dengan gemerlap lampu yang warna-warni. Jangan lupa mengunjungi tempat wisata di semarang ini bila anda mengunjungi kota semarang.

52. Kolam Renang Tirto Argo Siwarak

  • Alamat  : Jalan Tirto argo, Rt.04/Rw. 08. Nyatnyono, Ungaran Barat, Jawa tengah 50551
  • HTM  : Selasa- rabu Tutup Kamis – Senin Rp 15.000,-
  • Jam Buka   : 07:30 – 17:30
  • Maps    : Klik Disini

 

Wahana waterpark selanjutnya hadir di kolam renang tirto argo siwarak. Dimana, disini ada kurang lebih 4 kolam renang. Satu kolam untuk dewasa, satu untuk anak dan dua khusus untuk keluarga. Nah, di kolam dewasa hadir dengan papan seluncur cukup tinggi. Bagi anda yang ingin memacu adrenalin, bisa menikmati wahana ini.

Sumber Instagram @ungarancoret

Selain itu, di wahana kolam anak ada perosotan spiral mini, perosotan lurus, perosotan lebar, kemudian ember tumpah. Di area ini pula hadir dengan warung-warung yang menjual banyak sekali aneka menu makanan. Harganya tidak terlalu mahal dan mampu menggoyang lidah tanpa henti.

53. Taman Wisata Tinjomoyo

  • Alamat  : Tinjomoyo, Banyumanik, Kota semarang, Jawa tengah, 50262
  • HTM     : Rp 5.000,-
  • Jam Buka    : 07:00 – 18:00
  • Maps   : Klik Disini

 

Tinjomoyo dahulu adalah juga tempat wisata kebun binatang yang saat ini pun sudah dipindah ke wilayah mangkang. Kebun binatang ini dipindah karena, dahulu sempat terjadi banjir besar sehingga jembatan yang ada di sini putus. Nah, hadirnya kembali jembatan ini membuat kawasan hutan ini seperti hidup kembali.

Sumber Instagram @asrinaafi_19

Disini, anda juga bisa menikmati berbagai macam wahana seperti outbond yang sering kali digelar di tempat ini. Biasanya banyak dari komunitas yang mengunjungi kawasan ini dan menikmati wahana permainan outbond yang disediakan. tidak hanya hutan wisata saja melainkan, hadir pula pasar tinjomoyo yang transaksinya tidak menggunakan uang kekinian.

Tetapi, menggunakan uang digital yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Jadi, saat anda mengunjungi tempat ini. Anda wajib untuk menukar uang anda terlebih dahulu ke uang digital. Kemudian, anda tinggal membayar apa yang akan anda beli dengan teknik scan.

Suasana disini pun dibuat sangat tradisonal, menghadirkan rona semarang masa lalu dengan menghadirkan berbagai macam menu kuliner dari arab, semarang, china, dan juga india. Dengan luas kawasan yang mencapai 57 hektar.

54. Taman Indonesia Kaya

  • Alamat : Jalan Menteri Supeno, Mugassari, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa tengah 50249
  • HTM : Free
  • Jam Buka : 24 jam
  • Maps   : Klik Disini

Sebelum menjadi taman Indonesia kaya, tempat wisata di semarang ini sebelumnya bernama taman menteri supeno yang hadir dengan nuansa sedikit kumuh dan kotor. Selain itu, setiap sore, ada beberapa anak muda yang datang untuk menikmati sore dengan bermain skate board.

Sumber Instagram @tamanindonesia_kaya

Kemudian, tempat ini pun dirubah dan dijadikan sebagai panggung pertama di jawa tengah. Luas kawasan ini mencapai 5.000 meter persegi. Ada 2 panggung budaya yang bisa digunakan untuk melihat aksi yang menggemaskan. Bila malam hari anda juga bisa menikmati air mancur yang akan selaras dengan alunan musik perjuangan nan merdu.

Menikmati alunan ini bisa anda nikmati setiap hari pada jam 7 malam hingga 9 malam. anda juga bisa menikmati kawasan seni amphitheater yang mampu menampung kurang lebih 1.000 orang. Dibangunnya taman ini juga untuk melestarikan budaya jawa serta menarik para pengunjung untuk datang kesini.

 

55. Taman Pandanaran

  • Alamat : Jalan Pandanaran, Mugassari. Semarang Selatan, Kota Semarang Jawa tengah 50249
  • HTM  : Free
  • Jam Buka  : 24 jam
  • Maps    : Klik Disini

 

Inilah dia ikon baru pariwisata kota semarang yang hadir dengan nuansa taman nan teduh dan tenang. Hadir dengan patung kepala naga. Sebelum menjadi taman kawasan ini dahulunya adalah sebuah spbu yang sudah tidak digunakan lagi. Kawasan ini merupakan perpaduan antara 3 etnis yaitu arab, tionghoa, dan jawa.

Sumber Instagram @lowridersemarang

Berada disini, anda pun tidak perlu membawa air minum karena, sudah tersedia air minum yang bisa langsung diminum. Air ini bebas dan aman dari berbagai macam kuman serta bakteri. Sehingga, anda bisa tenang untuk meminum kesegarannya.

56. Watu Gajah Park

  • Alamat   : Desa Wringin Putih, Kecamatan Bergas, kabupaten Semarang, jawa tengah
  • HTM   : Rp 10.000,-
  • Jam Buka : 10:00 – 18:00
  • Maps   : Klik disini

 

Mungkin sebagian besar dari anda kurang begitu paham dan mengenal tentang wisata watu gajah park yang ada di semarang ini. maklum saja, kawasan ini memang baru dibangun dan coba dipublikasikan ke semua orang. Kawasan ini mempunyai air terjun buatan dan sangkar burung raksasa nan mengesankan. Selain sangkarnya, anda juga bisa menikmati burung-burung dari berbagai jenis.

Sumber Instagram @watugajahpark

Ada juga area taman dengan jajaran bunga berwarna-warni yang dipersiapkan untuk anda. Saat ini kawasan ini memang belum selesei. Tetapi, anda bisa menikmati berbagai macam spot foto nan mengesankan. Menariknya lagi, anda akan disuguhkan dengan patung dinosaurus yang terbuat dari jagung-jagung yang disusun rapi.

57. Curug Gending Asmoro

  • Alamat  : Tompo Gunung Kalongan, Ungaran Timur, Semarang, Jawa tengah 50519
  • HTM   : Rp 5.000,-
  • Jam Buka  : 08:00 – 17:00
  • Maps  : Klik Disini

 

tempat wisata yang satu ini memang paling esoktis dimana, ungaran timur memang terkenal dengan perumahan sementara untuk kawasan cueug hanya hadir di ungaran barat. Nah, untuk menambah daya tariknya objek wisata ini pun hadir dengan sebuah jembatan bambu yang hadir di sepanjang sungai yang ada disini. Biasanya, jembatan nan esoktis ini digunakan untuk spot foto yang menarik dengan latar belakang air terjun nan cantik.

Sumber Instagram @curug_gending_asmoro

Nama dari gending asmoro ini karena, sering terdengarnya gamelan yang berbunyi dengan sendirinya padahal tidak ada gamelan satu pun. sehingga, nama gending asmoro disematkan disini. Selain itu, konon katanya dahulu ada sebuah pertunjukan wayang kulit disekitar curug.

Gamelan yang digunakan adalah gamelan gaib yang harus menjalani berbagai macam ritual. Kawasan ini menjadi hits dikalangan wisatawan semarang lantaran pesona dan pemandangannya yang mengagumkan.

58. Brown Canyon

  • Alamat : Rowosari, Tembalang, Kota Semarang Jawa tengah, 50279
  • HTM  : Free
  • Jam Buka : 24 Jam
  • Maps    : Klik Disini

 

Dari namanya saja pasti anda sudah bisa mengira bila ini merupakan replika dari green canyon yang ada di amerika. Padahal sebelum menjadi sebuah kawasan wisata, tempat wisata di semarang ini adalah kawasan pertambangan yang sangat aktif hingga saat ini. Bagi anda yang ingin menikmati kawasan ini anda harus sedikit berhati-hati karena, jalanan yang harus dihadapi berdebu dan tidak terlalu bagus.

Sumber Instagram @infiatravel

Tidak hanya itu saja, saat anda berunjung di saat yang tidak tepat. Anda harus bersebelahan dengan truk-truk besar yang membawa tambang-tambang ini. Disarankan untuk datang pada sore hari saat aktifitas pertambangan sudah selesei agar puas melihat sajian alam di depan mata.

59. Taman Kasmaran semarang

  • Alamat  : Jalan DR. Sutomo, Randusari, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • HTM   : 24 jam
  • Jam Buka   : Free
  • Maps    : Klik Disini

 

Inilah dia tempat spot foto terbaru yang menjadi tempat wisata di semarang.  Disini, anda akan disuguhkan dengan latar belakang kampung pelangi yang sangat mengesankan.

Sumber Instagram @nana.cleopatra

Disebut sebagai kasmaran agar anda yang berkunjung kesini selalu diselimuti kasmaran. Hanya saja, pemandangan kampung pelangi sedikit tertutup dengan payung meja yang ada.

60. Cemoro Sewu, banyu biru

  • Alamat  : Dusun Jingkol. Sepakung, Banyu Biru, Semarang, Jawa Tengah, 50664
  • HTM     : Rp 5.000,-
  • Jam Buka   : 06:00 – 18:00
  • Maps      : Klik Disini

Cemoro sewu memang mengesankan tetapi, sayangnya ini bukanlah cemoro sewu yang ada di karanganyar. Tetapi, cemoro sewu yang ada di semarang hadir dengan pemandangan dan pesona luar biasa indahnya. Anda bisa dibuat tidak bisa move on dari kawasan ini.

Sumber Instagram @dimazz_febryan

Hijaunya pepohonan yang menjulang di cemoro sewu banyu biru serta sawah-sawah yang indah memang terlihat menggoda untuk dikunjungi. Suasana alam dan nuansanya memang terlihat berbeda dari kawasan objek wisata lainnya. Bila cuaca sangat cerah, anda bisa menikmati perpaduan sempurna antara gunung ungaran dan juga merbabu.

Tetapi, bila sedang tidak baik anda bisa menikmati kabut-kabut tipis yang tidak kalah eloknya. Tidak jauh dari kawasan ini anda bisa menikmati curug macan hanya saja, lokasinya cukup terpencil sehingga, dibutuhkan kesabaran ekstra agar bisa menikmatinya.

 

61. Pantai Baruna

  • Alamat  : Pelabuhan Tanjung Mas, Tanjung Beringin, Semarang Utara, Jawa tengah
  • HTM   : Rp 5.000,-
  • Jam Buka  : 05:00 – 22:00
  • Maps    : Klik Disini

 

Bila dilihat dari gambarnya, anda akan menikmati pesonanya seperti pantai glagah yang ada di semarang. satu alasan mengapa anda wajib mengunjungi kawasan ini adalah pesona sunsetnya yang tidak bisa dilupakan. Sayangnya jalan menuju ke kawasan ini belum diperhatikan dengan baik.

Sumber Instagram @seputar semarang

Bila datang disaat musim penghujan jalanan akan sangat licin. Tetapi, bila anda datang dimusim kemarau. Anda wajib membawa masker karena, kawasan ini akan berdebu dengan jalanan yang cukup terjal dan buruk. Tidak hanya sunsetnya yang menggoda, anda juga bisa menikmati padang ilalang yang luas nan mengesankan.

Tidak jauh dari pantai baruna hadir pabrik semen sehingga, jangan heran bila anda akan bertemu dengan truk-truk semen yang sangat banyak. Jadi, perlu berhati-hati ya mengunjungi kawasan ini.

62. Pantai Cipta

  • Alamat  : Jalan Kawasan Cipta, Bandarharjo, semarang Utara, Kota semarang, Jawa Tengah.
  • HTM  : Rp 5.000,-
  • Jam Buka   : 24 jam
  • Maps   : Klik Disini

Disini anda akan disuguhkan dengan nuansa pantai yang sangat mengesankan. Selain itu, pesona sunset ini juga menjadi alasan wajib mengapa anda harus mengunjungi pantai cipta ini.

Sumber Instagram @ipunkecil.motret

di salah satu tempat wisata ini pun anda juga bisa menikmati arena pemancingan dengan ikan barracuda sebagai target utamanya.

 

63. Taman Siranda

  • Alamat : Jalan Nasional No. 14, lempongsari, Gajah Mungkur, Kota semarang, Jawa Tengah 50231
  • HTM  : Free
  • Jam Buka : 24 Jam
  • Maps  : Klik Disini

 

Tempat wisata di semarang ini berada di area paling atas bukit kencana jaya. Memiliki view yang sangat bagus dan menggemaskan. Nah, dari taman ini anda juga bisa menikmati brown canyon yang menggelitik hati. Suasananya memang sangat sejuk dan teduh.

Sumber Instagram @arfiansentiantoro

Tidak hanya pemandangannya saja kawasan ini, juga hadir dengan area tempat makan yang menyajikan menu kuliner nan nikmat.

64. Curug Tejo Asmoro

  • Alamat   : Ngamplak, Susukan, ungaran Timur, Semarang, Jawa tengah
  • HTM :  Free
  • Jam Buka : 24 jam
  • Maps   : Klik Disini

 

Banyak yang belum mengetahui tentang keberadaan curug ini. Maklum saja, kawasan tejoasmoro memang agak sulit untuk dijangkau. Anda harus banyak bertanya dengan berbagai penduduk sekitar untuk mengarahkan kendaraan anda menuju ke titik ini.

Sumber Instagram @husenmarshall

salah satu tempat wisata di semarang ini yang bernama curug tejo asmoro memang sangat mengesankan walau curugnya tidak terlalu tinggi.

65. Curug Indrokilo

  • Alamat  : Indrakila, Lerep, Ungaran Barta, Semarang, Jawa tengah
  • HTM   : Free
  • Jam Buka      : 24 jam
  • Maps   : Klik Disini

 

Satu lagi curug yang keberadaannya masih belum banyak pengunjung yang tahu. menuju ke kawasan ini anda wajib bertanya kepada para warga. Karena, papan petunjuk tidak ada satu pun tersedia.

Sumber Instagram @swandanayoga

Hanya ada papan petunjuk menuju ke gunung ungaran. Tetapi, apa yang anda usahakan tidaklah sia-sia karena curug yang akan anda nikmati begitu indah.

66. Curug Gamelan

  • Alamat : Brangkulon, Lebak, Bringin, Semarang, Jawa Tengah
  • HTM    : Rp 5.000,-
  • Jam Buka  : 24 jam
  • Maps   : Klik Disini

 

Curug gamelan adalah tempat wisata di semarang yang sangat menarik untuk dikunjungi. Hadir dengan berbagai mitos yang berbunyi seperti gamelan membuat, kawasan ini semakin menarik untuk dikunjungi. Pesonanya hadir dengan bebatuan yang bertumpuk-tumpuk dan mengalirkan air dari atas hingga ke bawah.

Sumber Instagram @maaaaasber

Menuju ke curug ini memang sedikit membutuhkan tenaga. Tetapi, pesonanya sangat mengesankan jadi, jangan lupa membawa kamera mumpuni agar setiap momen bisa diabdikan dalam foto dan gambar.

67. Ngasem Flower park

  • Alamat   : Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
  • HTM    : Rp 5.000,-
  • Jam Buka : 08:00 – 17:00
  • Maps  :Klik Disini

 

Sebelum menjadi objek wisata kawasan ini pun hadir sebagai sebuah lahan kosong. Lahan ini dimanfaatkan oleh tiga keluarga yang diasingkan dan diusir dari kampung. Semakin kesini, kawasan ini semakin dikembangkan sehingga, menjadi sebuah panorama wisata yang mengesankan.

Sumber Instagram @ngasem park

Untuk menambah ketertarikan pengunjung ke tempat ini, hadir rumah hobbit yang dibentuk mirip dengah aslinya. Selain itu, ada berbagai macam spot selfie yang bisa dijadikan tempat bagi anda yang doyan berpose di depan kamera dan yang hobi bermain dengan media sosial.

68. Curug Tirtowening

  • Alamat  : Munding, Bergas, Semarang, Jawa Tengah
  • HTM  : Rp 5.000,-
  • Jam Buka   : 24 Jam
  • Maps   : Klik Disini

Curug Tirtawening adalah kawasan air terjun yang ada di kaki gunung ungaran. Objek wisata ini memang kurang begitu terkenal. Di sekitar kawasan ini ada pemandangan alam yang hijau nan menawan, selain itu, ada juga tanaman pangan, buah-buahan, berbagai macam sayuran dan masih banyak lagi. pemandangan ini hadir lantaran mata pencaharian warga sekitar adalah petani sayuran.

Sumber Instagram @cahyobudy

Menuju ke curug ini memang harus berhubungan dengan warga sekitar. Apalagi, masyarakat desa sangat ramah, santun dan bersahaja. Sehingga, anda akan merasakan orang-orang yang ada disini seperti saudara anda sendiri. Air di grojoan ini memang tidak terlalu deras dan tidak begitu tinggi hanya 7 meter. Sehingga, banyak warga yang menyebutnya sebagai air terjun mini.

69. Lembah Kalipancur

  • Alamat  : Jalan Raya Kali pancur, Manyaran, Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • HTM   : Free
  • Jam Buka  : 09:00 – 17:00
  • Maps  : Klik Disini

Lembah kalipancur adalah tempat paling berkesan untuk memanfaatkan hari libur bersama keluarga. Tempat wisata di semarang ini menempati luas lahan sekitar 7 hektar dengan pemandangan berupa sawah. Tidak hanya itu saja, pemandangan bukit serta danau buatan pun hadir disini. selain itu ada beberapa fasilitas menarik yang bisa dinikmati.

Sumber Instagram @sianto2092

Seperti halnya kolam renang dan sepeda air, Kandang rusa, aeroplane café yang menghadirkan menu makanan dan nuansa makan di dalam pesawat. Kemudian, ada juga kandang sapi dan kambing. Tidak hanya itu saja anda juga bisa menikmati pesona kampung western seperti jepang dan juga texas.

Ada juga kampung bali, pemancingan, serta rumah adat yang sangat mengesankan. Tempat ini paling tepat dikunjungi bagi keluarga, pelajar dan mahasiswa yang sedang melakukan studi pembelajaran.

 

70. Curug Tirtowati

  • Alamat  : Munding, Bergas, Semarang, Jawa Tengah
  • HTM   : Rp 5.000,-
  • Jam Buka  : 24 Jam
  • Maps    : Klik Disini

Menuju ke Curug ini memang membutuhkan kehati-hatian karena, kondisi curug yang terdapat turunan nan tajam. Selain itu, jalan menuju ke tempat ini cukup terjal. Tinggi air terjun mencapai 9 meter. Debit air nya lebih deras dibandingkan dengan Curug tirtowening.

Sumber Instagram @stephanstephan2

Berada di titik ini anda harus sedikit berhati-hati karena, tempat ini ada beberapa pohon bambu yang tumbuh sangat rindang. Pepohonan ini pun mampu mengundang beberapa hewan seperti ular yang menyukai kawasan seperti ini. kawasan ini memang jarang sekali dijamah oleh wisatawan jadi, keasriannya masih sangat terjaga.

 

Bagaimana dengan apa yang disajikan diatas? keren-keren sekali bukan tempat wisata di semarang terbaru yang coba disuguhkan Kota semarang untuk anda? Jadi, sudah pantas belum nih, kalau semarang dijadikan sebagai salah satu daftar berikutnya untuk menikmati liburan?

Related Articles

2 Comments

  1. info tempat wisata di semarang paling lengkap yang pernah saya baca, ada maps dan biaya masuknya yang memberikan manfaat bagi saya saat wisata di semarang. good job gan hehe thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button