Tips

Wajib Diketahui nih, 7 Hal Unik dari Kota Batam

Heloo Kali ini Ihategreenjello akan memberikan informasi nih tentang 7 Hal Unik dari Kota Batam. Nah, Siapa yang tak kenal Batam? Singapura-nya Indonesia ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Ada yang menjadikan Batam sebagai tempat tujuan mengejar karir, dan ada pula yang mengejar Batam sebagai tempat berbelanja. Iyalah begitu, sebab Batam memang menjanjikan di dua hal tersebut.

Batam masuk ke dalam kota dengan Upah Mininum Regional (UMR) yang besar dan Batam juga termasuk ke jajaran surganya belanja. Di Batam berbagai merk barang terkenal ada. Dan katanya, harganya jauh lebih murah daripada di ibukota.

Selain 2 hal tersebut, ada banyak sebenarnya hal unik dari Batam. Apa sajakah itu? Berikut ini di antaranya.

Baca juga : 80 Tempat Wisata di Surabaya

1. Punya Siaran Televisi Tiga Negara

7 Hal Unik Kota Batam

Ini unik banget. Di Batam, antena televisi mampu mampu menangkap siaran televisi dari negara luar, yaitu Malaysia dan Singapura. Ditambah dengan frekuensi gelombang televisi Indonesia, jadilah di sana kita mampu menonton acara dari 3 negara: Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Tanpa alat khusus seperti parabola.

Baca Juga : 75 Tempat Wisata di Bali

2. Punya Infrastruktur Canggih dan Modern

Jika Anda ke Batam, Anda akan terpukau dengan pemandangannya. Jalanan yang bagus dan rapi, serta jembatan yang megah akan terlihat di sana. Jangan harap aanda akan melihat kabel-kabel yang berseliweran ke sana ke mari di jalan protokolnya. Pemerintah di sana mengatur sedemikian rupa agar kabel listrik atau kabel apa pun ditanam.

7 Hal Unik Kota Batam

Dan tidak menghalangi pemandangan langitnya. Pembangunan infrastruktur di sana pun terus mengalami perbaikan. Bahkan runway alias landasan pacu Bandara Hang Nadim Batam itu merupakan yang terpanjang se-Asia Tenggara. Panjangnya sendiri mencapai 4.025 meter.

Baca Juga : 80 Tempat Wisata di Batu Malang

3. Surganya Tempat Belanja

Seperti yang sudah disinggung di awal, Batam merupakan surganya tukang belanja. Berbagai barang branded ada di sana. Dari mulai produk elektronik, fashion, dan lain-lainnya itu ada. Hal ini bisa demikian sebab di Batam itu ditetapkan sebagai kawasan perdagangan yang bebas pajak. Ekspor dan impor berbagai barang dan apa pun yang melibatkan pelabuhan tidak dikenakan pajak. Jadinya ya, harga barang-barang menjadi lebih murah.

7 Hal Unik Kota Batam

Akan tetapi dalam berbelanja di sana, kita tetap harus hati-hati. Selain barang original, terdapat juga barang-barang dari pasar gelap. Atau bahkan barang rekondisi. Animo masyarakat akan barang-barang murah yang tinggi membuat banyak orang memanfaatkan hal tersebut.

Baca Juga : 70 Tempat Wisata di Semarang

4. Kota dengan Banyak Pelabuhan

7 Hal Unik Kota Batam

Batam memang hanya sebuah kota kecil yang berukuran 3.990 km persegi saja. Akan tetapi Batam adalah kota yang strategis, sebab Batam merupakan gerbang utama perdagangan internasional ke Indonesia. Pasca dilakukannya penandatanganan perjanjian kerjasama perdagangan bebas. Jadinya, di Batam ada banyak pelabuhan internasional. Bahkan merupakan yang terbanyak di Indonesia.

Baca Juga : 60 Tempat Wisata di Bandung

5. Punya 6 Jembatan Penyambung Pulau

Jika ditanya, apa hal pertama yang terbayangkan dari kota Batam? Yang pernah ke sana pasti akan menjawab jembatannya. Ya, sebab jembatan, bagi Batam merupakan sebuah ikon. Ada 6 jembatan yang ikonik ini. Keenamnya merupakan penghubung antar-pulau.

7 Hal Unik Kota Batam

Ada Jembatan Tengku Fisabilillah yang panjangnya 642 meter. Jembatan ini menghubungkan Pulau Batam dan Pulau Tonton. Ada jembatan Nara Singa yang panjangnya 420 meter. Jembatan ini menghubungkan Pulau Tonton dan Pulau Nipah Ada jembatan bernama Raja Ali Haji yang panjangnya 270 meter. Jembatan ini menghubungkan Pulau Nipah dan Pulau Setokok. Ada  jembatan Sultan Zainal Abidin yang panjangnya 365 meter. Jembatan ini menghubungkan Pulau Setokok dan Pulau Rempang. Ada juga jembatan Tuanku Tambusai yang panjangnya 385 meter. Jembatan ini menghubungkan Pulau Rempang dan Pulau Galang. Yang terakhir, ada jembatan Raja Kecik yang panjangnya 180 meter. Jembatan ini Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.

Baca Juga : 100 Tempat Wisata di Jogja

6. Ada Infinite Studios Terbesar di Indonesia

7 Hal Unik Kota Batam

Batam mempunyai studio film terbesar di Indonesia. Namanya Infinite Studios. Sebuah studio fil yang menyewakan tempatnya untuk syuting film. Tak hanya studio indoor, Infinite Studios ini juga menyediakan tempat syuting outdoor. Sudah banyak lho film luar negeri yang ikut syuting di studio ini, bahkan film Hollywood. Dan ya, di studio ini diproduksi juga banyak jenis film animasi.

7. Makanan Unik Khas Batam

Setiap kota di Indonesia itu pasti punya makanan yang khas. Begitu pula dengan Batam. Kota yang satu ini kulinernya uniknya merupakan olhan seafood serta makanan-makanan khas melayu. Misalnya saja sop ikan Batam. Mi Lendir juga terkenal di Batam. Makanan yang satu ini berasal dari tanah Melayu.

7 Hal Unik Kota Batam

Itu dia 7 hal unik yang dimiliki kota Batam. Semuanya menjadi daya tarik bagi kota ini. Tak heran jika Batam benar-benar menjadi kota tujuan dari banyak orang dengan berbagai keperluan. Anda juga berencana menyambangi kota Batam dalam waktu dekat? Coba cek harga tiket pesawat di Traveloka. Dijamin deh bakal dapat tiket dengan harga yang terjangkau. Dengan waktu yang mungkin pas dengan rencana keberangkatan.

Jangan khawatir dengan transportasi Anda ke Bandara Hang Nadim dari tempat tujuan. Ada Taxi Blue Bird ke Bandara yang bisa mengantar Anda. Dan sebaliknya juga dari Bandara ke tempat tujuan. Taxinya nyaman dengan tarif yang sudah jelas.

Oh ya, jangan lupa juga untuk selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Di mana pun Anda berada. Supaya Anda sekeluarga selalu sehat, perjalanan ke mana pun menjadi aman dan nyaman.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button