Tempat WisataTempat WisataWisata BaliWisata Karangasem

61 Destinasi Wisata Terindah Di Karangasem Bali yang Terbaru dan Populer

61 Daftar Tempat Wisata di Karangasem Bali Harus Kamu Kunjungi – Karangasem adalah Kota atau kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur Pulau Jawa. Sebelum membahas keindahan wisata kota Karangasem lebih baik kita harus tau sejarah nama kota Karangasem dulu.

Sejarah kota atau kabupaten Karangasem. Nama ‘Karangasem’ sebenarnya berasal dari kata ‘Karang Semadi’.Beberapa catatan yang memuat asal muasal nama Karangasem adalah sepertiyang diungkapkan dalam Prasasti Sading C yang terdapat di Geria Mandara,Munggu, Badung. Lebih lanjut diungkapkan bahwa Gunung Lempuyang yangmenjulang anggun di timur laut Amlapura, pada mulanya bernama AdriKarang yang berarti Gunung Karang.

SejarahKerajaan Karangasem tidaklah bisa dilepaskan dengan Kerajaan Gelgelterutama pada masa puncak kebesaran di masa pemerintahan DalemWaturenggong diperkirakan abad XV. Dalam sejarah, kerajaan Gelgelpertama diperintah oleh putra Brahmana Pendeta Dang Hyang Kepakisanbernama Kresna Wang Bang Kepakisan yang diberi jabatan sebagai adipatioleh Patih Gajah Mada.

Di Karangasem Lagi Hits Wisata Alam seperti pantai dan air terjun, Wisata Anak seperti pemandian atau wahana permainan anak, Wisata Edukasi seperti bisnis bisnis lokal yang inspiratif, Wisata Sejarah seperti candi atau bendungan. Sekali lagi saya katakan bahwa memang kota Karangasem kaya sekali akan Destinasi wisatanya yang indah dan alami.

Jika anda mendengar kota Karangasem kota ini sangat identik dengan Kebudayaan yang menjadikan ciri khas keindahan wisata kota Karangasem tersebut. Bahkan saking indahnya wisata di Karangasem mampu menarik para selebritis untuk menggunjungi keindahan wisata Karangasem yang sudah terekspose di dalam dan di luar negeri. Suasana Alam Kota Karangasem bisa di bilang masih belum banyak di eksplorasi oleh para ahli, sehingga masih banyak kekayaan alam yang masih tersembunyi.

Yang mau lihat Daftar tempat wisata di kota Karangasem yang lagi hits lengkap sambil jalan santai, ini ada destinasi wisata baru di Karangasem. Asyiknya tuh terasa seperti di kampung pelosok Nusantara beneran. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal, pengrajin dan musisi tradisional. Bagusnya lagi semua dibungkus dalam kronologi sejarah masa lalu hingga masa depan. Jadi bangga deh menjadi penduduk asli indonesia yang punya kebudayaan yang kaya begini. Kayaknya kita diingatkan kalau Indonesia akan cepat maju jika berani mengembangkan kebudayaan sendiri.

Karangasem merupakan destinasi wisata dunia yang di akui memiliki keindahan alam dan budayanya yang unik. keindahan pantai pantai di Karangasempun menjadi pantai terindah di indonesia bahkan di dunia seperti berikut ini : Wisata Pantai Balina di Buitan Karangasem Bali, Wisata Pantai Wates di Manggis Karangasem Bali dan lainnya. Biasanya para wisatawan berkunjung itu ingin melihat keindahan objek wisata pantai dan ingin mengabadikan keindahan sunrise dan sunset. Tak heran objek wisata pantai sangat ramai di penuhi para wisatawan lokal dan mancanegara terutama pantai yang terdapat di kota Karangasem.

Selain pantai di kota Karangasem terkenal akan sungai dan air terjunnya yang bagai oase di padang pasir bagaimana bisa kalian tidak makin cinta dengan negeri yang kaya akan keindahan alam ini. Sudah sewajibnya kita bersyukur akan nikmat keindahan wisata alam kota Karangasem diantara air yang jernih beserta udaranya segar belum tercemar yang mampu menghilangkan rasa lelah setelah sibuknya aktivitas sehari hari. Inilah wisata kota Karangasem yang wajib kita jaga dan lestarikan keindahannya.

1. Pesona Keindahan Wisata Air Terjun Telaga Waja di Rendang Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-air-terjun_52.html

Wisata Air Terjun Telaga Waja di Rendang Karangasem Bali merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karenapesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata AirTerjun Telaga Waja di .. Karangasem Bali juga sangat ramah tamahterhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Karangasem jugaterkenal akan Wisata Air Terjun Telaga Waja di Rendang Karangasem Bali yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Air Terjun Telaga Waja di Rendang KarangasemBali terletak di Sungai telaga Waja. Untuk menuju kawasan ini ada duaalternatif yang bisa anda tempuh. Alternatif pertama dengan caramelakukan kegiatan rafting. Jika anda melakukan kegiatan rafting disungai Telaga Waja maka anda secara tidak langsung akan bertemu denganair terjun ini. Alternatif yang kedua, yaitu dengan melewati hamparanpersawahan yang bernama Bodog.

Setelah sampai di lokasi, anda akan melihat pemandangan yang WOW.Anda akan berdecak kagum melihatnya, hampir sama seperti sungai Amazondengan sungainya yang mengalir dengan derasnya. Kemudian menuruni sebuahlereng dengan kemiringan yang cukup curam. Jadi harus berhati-hatidalam menuruni lereng ini. Di pertengahan lereng ini kami menemukansebuah mata air yang sangat jernih.

2. Pesona Keindahan Wisata Bukit Asmara di Sidemen Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-bukit-asmara-di.html

Wisata Bukit Asmara di Sidemen Karangasem Bali sangat cocok untukkegiatan rekreasi menikmati pemandangan yang indah, cocok untuk kegiatanfoto-foto maupun sekedar melepaskan lelah. Bukit Asmara sangat indahbila anda mengunjunginya pada pagi hari ataupun sore hari.

Kadang-kadang turis asing juga menyempatkan diri untuk berhentisejenak untuk melakukan kegiatan foto-foto di tempat ini. Tempat inimerupakan jalur akses Klungkung-Besakih-Kintamani. Dari sini akanterlihat kota kecamatan sidemen, sawah-sawah menghijau yangberundak-undak, pengunungan yang membentang sepanjang kecamatan Sidemen,sungai, dan pada pagi hari anda akan disuguhkan pemadangan matahariterbit yang mengagumkan.

Bisa melihat gunung agung yang menjulang tinggi nan indah. Jika andamemerlukan kuliner, di sepanjang jalur ini juga di sedikan warung makanataupun restoran yang menyajikan berbagai menu makanan. Jangan andakhawatir dengan pungutan apapun, karena di tempat ini tidak dipungutbiaya apaun (gratis).

3. Pesona Keindahan Wisata Air Terjun Yeh Poh di Manggis Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-air-terjun-yeh_28.html

Wisata Air Terjun Yeh Poh di Manggis Karangasem Bali merupakan tempatwisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak adaduanya. Penduduk lokal daerah Wisata Air Terjun Yeh Poh di ManggisKarangasem Bali juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupunwisatawan asing. Kota Karangasem juga terkenal akan Wisata Air TerjunYeh Poh di Manggis Karangasem Bali yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Air Terjun Yeh Poh di Manggis Karangasem Bali mempunyai ketinggian kira kira cuma 15 meter saja. Buat menujukesana mesti berlangsung kaki melintasi hutan, jalanan yang menanjakbersama dibawahnya jurang yg lumayan curam. Anda harus melangkah sebanyak kurang lebih 250 langkah dari Air TerjunYeh Labuh agar sampai di air terjun indah ini. Tentunya tidak bisadengan hanya berjalan biasa. Caranya adalah dengan memanjat danberpegangan pada batu dan akar pohon yang ada di tebing.

Untukyang dulunya pernah ikut panjat tebing, ilmu itu akan sangat berguna disini. Hati-hati tebing terkadang licin. Bisa terjerembab ke bawah kalautidak berhati-hati. Maka itu tempat ini tidak direkomendasikanuntuk yang belum kuat tantangan. Sampai di atas Anda pasti akan takjubkarena dapat melihat pemandangan indah hutan kelapa dan juga pantai.

4. Pesona Keindahan Wisata Masjid Baiturrahman di Bebandem Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-masjid.html

Wisata Masjid Baiturrahman di Bebandem Karangasem Bali merupakan tempatwisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak adaduanya. Penduduk lokal daerah Wisata Masjid Baiturrahman di BebandemKarangasem Bali juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupunwisatawan asing.

Pada masjid Baiturrahman terdapat kekunaan arkeologi berupa kolam airyang mengelilingi bangunan masjid. Kolam merupakan simbol pembersihandiri (untuk jiwa dan raga) sebelum memasuki bangunan masjid. Sehinggapembangunan kolam sering fungsinya digabungkan dengan tempat berwudlu.Dalam mitos Hindu, bangunan disimbolkan sebagai gunung kehidupan(girimandala) dan kolam disimbolkan sebagai lautan (samudramantana).

Bentuk bangunan masjid berdenah bujur sangkar dengan atap tumpangtiga. Atap tumpang merupakan ciri khas masjid lama yang berkembang dinusantara, dan merupakan adopsi dari bangunan tradisional. Atap tumpangjuga sudah digunakan masyarakat Hindu untuk bangunan meru di pura padamasa sebelumnya. Dinding masjid dibuat dari tembok dengan pintu danjendela yang besar dan banyak sehingga pengaruh arsitektur Belandaterlihat pada bagian ini.

5. Pesona Keindahan Wisata Pura Bukit Gumang di Sengkidu Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-pura-bukit.html

Wisata Pura Bukit Gumang di Sengkidu Karangasem Bali merupakan tempatwisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak adaduanya. Penduduk lokal daerah Wisata Pura Bukit Gumang di SengkiduKarangasem Bali juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupunwisatawan asing. Kota Karangasem juga terkenal akan Wisata Pura BukitGumang di Sengkidu Karangasem Bali yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Pura Ukir Gumang sekarang lebih dikenal dengan nama Pura Bukit Gumangyang terletak di bagian Barat desa Bugbug, menjadi bagian dari salahsatu kahyangan jagat di Bali, dibangun saat kerajaan Sri Masula Masuli.Pasangan raja kakak beradik yang dikawinkan ini konon lahir dari buahkelapa, setelah melalui proses penyucian dan melakukan tapa brata merekadinobatkan menjadi raja dan ratu.

Kawasan pura Bukit Gumang, menjaditempat menarik untuk rekreasi, jika anda ingin melihat keindahan pagimaka akan terlihat pemandangan spektakuler matahari terbit dari kawasanbukit ini, dari jalan raya butuh beberapa menit ke puncak untuk mencaripoint yang tepat, dari sini juga anda akan bisa menyaksikan hamparanpersawahan dengan latar belakang bukit di sebelah timurnya.

6. Pesona Keindahan Wisata Air Terjun Jagasatru di Selat Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-air-terjun_28.html

Wisata Air terjun Jagasatru di Selat Karangasem Bali memiliki keindahanyang potesnsi wisata cukup besar untuk dijadikan sebagai tujuanpopuler. Keindahan yang ditawarkan oleh objek wisata air terjunJagasatru inisanggup membius para pengunjung untuk betah bertahan lebih lama.Ketinggian air terjun Jagasatru ini cukup fantastis sekitar 40meter dari atas permukaan tanah. Bahkan keindahannya bisa disejajarkandengan air terjun Gitgit di kawasan wisata Bali Utara.

Lokasinya tersembunyi dan sulit untuk dijangkau, ini yangmenyebabkannya masih sepi pengunjung dan mungkin juga promosi yangkurang atau tour guide enggan mempromosikannya karena akses ke lokasicukup susah. Air terjun Jagasatru terbentuk alami, sehinggakeberadaanya sudah cukup lama, dan sudah terkenal di kalangan wargalokal, nama air terjun ini sudah mulai dikenal kalangan luar termasukjuga wisatawan.

Air terjun inimemang indah dan tersembunyi diapit oleh dua tebing tinggi, ditumbuhioleh pepohonan dan rimbunan pohon perdu, suasananya tenang dan damai. Auraspiritual cukup kental, mungkin karena jauh dari pemukiman dan diapittebing dan dikelilingi pepohonan, membuatnya cocok juga untuk meditasi,merenung dan mengagumi keindahan ciptaan-Nya, bisa lebih dekat denganalam.

7. Pesona Keindahan Wisata Gunung Dwangga di Sidemen Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-gunung-dwangga.html

Wisata Gunung Dwangga di Sidemen Karangasem Bali adalah salah satutempat wisata yang berada di Desa Sidemen, Kecamatan Sidemen, KabupatenKarangasem, Bali, Indonesia. Wisata Gunung Dwangga di Sidemen KarangasemBali adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasamaupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasiyang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Gunung Dwangga di Sidemen Karangasem Bali memiliki pesonakeindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jikaanda berada di kota Karangasem tidak mengunjungi Wisata Gunung Dwanggadi Sidemen Karangasem Bali yang mempunyai keindahan yang tiada duanyatersebut.

Wisata Gunung Dwangga di Sidemen Karangasem Bali sangat cocok untukmengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang sepertilibur nasional, ataupun hari libur lainnya. Keindahan Wisata GunungDwangga di Sidemen Karangasem Bali ini sangatlah baik bagi anda semuayang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempatWisata Gunung Dwangga di kota Karangasem.

8. Pesona Keindahan Wisata Air Terjun Tibu Kresek di Selumbung Kaler Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-air-terjun-tibu.html

Wisata Air Terjun Tibu Kresek di Selumbung Kaler Karangasem Balimerupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesonakeindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Air TerjunTibu Kresek di Selumbung Kaler Karangasem Bali juga sangat ramah tamahterhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Karangasem jugaterkenal akan Wisata Air Terjun Tibu Kresek di Selumbung KalerKarangasem Bali yang sangat menarik untu dikunjungi.

Keindahan tersembunyi yang disuguhkan oleh Wisata Air Terjun Tibu Kresek mungkin cukup asing di telinga anda, memang belum begitubanyak orang mengetahui keberadaan tempat ini. Kehadiran jejaring sosialcukup berperan aktif untuk menyebarkan informasi, tidak lagi ada tempattersembunyi di Bali yang tidak diketahui oleh publik,

Diharapkan seperti itulah Wisata Air Terjun Tibu Kresek di Selumbung Kaler Karangasem Bali ini, walaupun sementarabelum banyak dikenal orang, namun ke depan agar lebih dikenal lagi danada sarana pendukung yang memadai. Wisata Air Terjun Tibu Kresek di Selumbung Kaler Karangasem Bali merupakan tingkatan tempatpertama (paling bawah) yang anda akan jumpai.

9. Pesona Keindahan Wisata Pantai Balina di Buitan Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-pantai-balina.html

Wisata Pantai Balina di Buitan Karangasem Bali merupakan tempat wisatayang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya.Penduduk lokal daerah Wisata Pantai Balina di Buitan Karangasem Balijuga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.Kota Karangasem juga terkenal akan Wisata Pantai Balina di BuitanKarangasem Bali yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Pantai Balina di Buitan Karangasem Bali ini menghadap ke Selatanterletak satu jalur dengan pantai Candidasa. Jika anda datang di WisataPantai Balina di Buitan Karangasem Bali, anda bisa hanya sekedarjalan-jalan, duduk santai sambil menikmatialam pantai, berenang, snorkeling bahkan diving. Pemandangan bawahlautnya lumayan bagus, jika anda senang mengeksplorasi keindahan sertamenyaksikan pemandangan bawah laut.

Tidak kalah menariknya bisa anda temukan seputaranBalina yaitu Odyssey Submarine,sebuah kapal selam berkapasitas 36 orang, memungkinkan anda melihatbiota bawah laut sampai kedalaman 35 meter, menarik dan unik, menjaditujuan favorit bagi wisatawan domestik.

10. Pesona Keindahan Wisata Rumah coklat di Jasri Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-rumah-coklat-di.html

Wisata Rumah coklat di Jasri Karangasem Bali merupakan tempat wisatayang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya.Penduduk lokal daerah Wisata Rumah coklat di Jasri Karangasem Bali jugasangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. KotaKarangasem juga terkenal akan Wisata Rumah coklat di Jasri KarangasemBali yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Rumah coklat di Jasri Karangasem Bali juga dikenal dengan nama Charlie Chocolate Factory, lokasinya strategis dipinggir pantai Jasri, memiliki sejumlah wahana seperti ayunan yangdiikatkan pada pohon kelapa, perahu kayu yang menyerupai bentuk aslinya,sehingga sangat ideal untuk pasangan muda-mudi, menikmati suasana baru,sambil nongkrong menyaksikan keindahan alam pantai dan laut ditemanioleh secangkir coklat hangat.

Jika anda mendengar kata rumah coklat, pasti pikiran anda kebayangdengan wujud coklat, namun tidak serta merta demikian jika andamenyambangi rumah coklat ini, sama sekali tidak tidak ada pohon coklat,atau ciri-ciri yang menandakan tempat ini memproduksi coklat, Ciri khas pada Rumah Coklat Karangasem ini hampir tidak adamenandakan tentang produksi coklat, hanya ata bangunan yang berwarnacoklat dan tampil unik dan ikonik.

11. Pesona Keindahan Wisata Telaga Waja Rafting di Rendang Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-telaga-waja.html

Wisata Telaga Waja Rafting di Rendang Karangasem Bali untuk aktivitas Bali rafting, memiliki karakterberbeda dengan sungai lain di Bali. Untuk menyusuri trek rafting di sungai Telaga Waja Karangasem,diperlukan waktu sekitar 2 jam sampai 2,5 jam. Sungai Telaga Waja Balimemiliki air yang jernih dengan arus sungai mengalir sangat deras. Jadisungai Telaga Waja Karangasem sangat cocok untuk anda yang inginaktivitas arung jeram di Bali.

Wisata Telaga Waja Rafting di Rendang Karangasem Bali memiliki jalur turunan yang tingginyahampir 5 meter, dengan kemiringan sekitar 50 derajat. Menuruni turunansungai ini, dengan anda berada di atas perahu karet adalah bagianterseru dari aktivitas arung jeram di sungai Telaga Waja Bali. Keselamatan dan kenyamanan peserta Telaga Waja rafting di Bali,sangat diutamakan oleh setiap perusahaan/operator penyedia aktivitasrafting Telaga Waja.

Karena keamanan peserta Bali rafting TelagaWaja adalah penentu utama keberhasilan perusahaan Bali rafting TelagaWaja.Maka setiap perusahaan harus mengikuti prosedur dan standar keamananaktivitas arung jeram. Selain itu, perusahaan/operator rafting harusmemperhatikan debit air sungai, layak atau tidak untuk aktivitasrafting.

12. Pesona Keindahan Wisata Desa Iseh di Sidemen Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-desa-iseh-di.html

Wisata Desa Iseh di Sidemen Karangasem Balimenawarkan keindahan alam dengan latar belakang Gunung Agung yangmenjulang tinggi. Apalagi sungai yang mengalir di desa ini sangat jernihdengan bentuk yang berliku-liku. Desa Iseh merupakan sebuah desa yangberada di dataran pegunungan, sehingga suhu udara pada siang hari sangatsejuk. Sawah-sawah di desa ini bentuknya berundak-undak atau terasering sehingga menambah nilai plus desa ini.

Pemandangan alam gunung dengan persawahan yangmempesona sehingga menimbulkan rasa ketenangan dan kedamaian sertamembuat kawasan wisata Iseh sering dikunjungi wisatawan untuk datang danmenginap lebih lama. Keindahan desa Iseh sudah terkenal sejak sebelumkemerdekaan bangsa Indonesia, berkat jasa seorang pelukis kebangsaanJerman yang bernama Walter Spies dan seorang kebangsaan Swiss yangbernama Theo Meier.

Berkat jasa kedua pelukis tersebut keindahan alamdesa iseh bisa terkenal hingga ke mancanegara. Mereka menuangkankreatifitas mereka dalam bentuk lukisan yang menggambarkan pemandangandesa Iseh dan kehidupan masyarakatannya. Di sepanjang jalan di desa Isehini kita akan banyak menemukan tanaman perkebunan penduduk sekitar yangmayoritas bekerja sebagai petani.

13. Pesona Keindahan Wisata Bukit Putung di Selat Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-bukit-putung-di.html

Wisata Bukit Putung di Selat Karangasem Bali merupakan tempat wisatayang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya.Penduduk lokal daerah Wisata Bukit Putung di Selat Karangasem Bali jugasangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. KotaKarangasem juga terkenal akan Wisata Bukit Putung di Selat KarangasemBali yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Bukit Putung di Selat Karangasem Bali ini mempunyai keindahanalam yang mengagumkan dan memukai mata pengunjung. Keindahan alam disini merupakan kombinasi antara pegunungan yang hijau dengan laut yangbiru dari kejauhan. Karena objek wisata bukit putung berada di daerahpegunungan maka di sini terdapat berbagai pohon yang menghijau, pakisaji, pohon kelapa dan perkebunan salak milik warga setempat.

Wisata Bukit Putung di Selat Karangasem memiliki keindahan laut dangaris pantai dengan dermaga, perahu tradisional nelayan Bali sedangberlayar sedang menangkap ikan, dan petak-petak sawah milik penduduk dikecamatan Manggis. Selain itu, kelihatan juga gugusan pulau Nusa Penidayang berada di tengah lautan Indonesia. Dengan susana seperti itu tentumembuat pengunjung betah berlama-lama menikmati panorama di tempatwisata Bukit Putung ini.

14. Pesona Keindahan Wisata Pura Besakih di Rendang Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-pura-besakih-di.html

Wisata Pura Besakih di Rendang Karangasem Bali merupakan tempat wisatayang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya.Pura Besakih adalah tempat persembahyangan agama Hindu di Bali.Selain itu di dalam area Pura ini, tidak hanya terdapat satu Pura,tetapi banyak Pura. Karena begitu banyaknya terdapat Pura dalam satuwilayah, maka Pura Besakih Bali adalah Pura terbesar di Indonesia. PuraBesakih Bali juga sering disebut dengan nama Pura Agung Besakih.

Wisata Pura Besakih di Rendang Karangasem Bali terdapat pintugerbang yang sangat besar. Gerbang inilah pintu masuk ke areal pusatPura Penataran Agung Besakih. Orang Bali biasa menyebutdengan nama Pelinggih dan merupakan pusat dari Pura ini. Pembangun Pura Besakihadalah seorang tokoh agama Hindu dari India yang telah lama menetap dipulau Jawa, nama beliau adalah Rsi Markandeya.

Konon dikala itu belum terdapat selat Bali seperti sekarang, karenapulau Jawa dan pulau Bali masih menjadi satu dan belum terpisahkan olehlautan. Karena saking panjangnya pulau yang kita sebut sekarang dengansebutan pulau Jawa dan pulau Bali, maka pulau ini diberi nama pulau Dawa yang artinya pulau panjang.

15. Pesona Keindahan Wisata Bukit Jambul di Rendang Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-bukit-jambul-di.html

Wisata Bukit Jambul di Rendang Karangasem Bali merupakan tempat wisatayang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya.Penduduk lokal daerah Wisata Bukit Jambul di Rendang Karangasem Balijuga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.Kota Karangasem juga terkenal akan Wisata Bukit Jambul di RendangKarangasem Bali yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Nama Bukit Jambul pertama kali diberikan pada saat invasi Belanda ke Indonesiaoleh seorang wisatawan yang melihat sebuah bukit tinggi berdiri di sebelahselatan jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Klungkung dan Besakih. Dipuncak bukit terdapat sebuah pura yang disebut Pura Pucak Sari yang dikelilingioleh pepohonan besar. Sementara, di bawah kompleks pura terdapat panoramapersawahan yang memukai. Ini membuat pepohonan terlihat seperti jambul.

Wisata Bukit Jambul di Rendang Karangasem Bali memang mengagumkan karena menyuguhkankeindahan dengan perpaduan serta kombinasi harmonis antara perbukitan,persawahan, lembah, dan panorama laut indah terpampang dari kejauhan.Dari ketinggian bukit kita bisa menyaksikan keindahan alam di bawahnya.

16. Pesona Keindahan Wisata Air Terjun Tibu Tengah di Manggis Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-air-terjun-tibu_29.html

Wisata Air Terjun Tibu Tengah di Manggis Karangasem Bali adalah salahsatu tempat wisata yang berada di Desa Selumbung Kaler, KecamatanManggis, Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Wisata Air Terjun TibuTengah di Manggis Karangasem Bali adalah tempat wisata yang ramai denganwisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indahdan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita seharihari.

Wisata Air Terjun Tibu Tengah di Manggis Karangasem Bali memiliki pesonakeindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkanjika anda berada di kota Karangasem tidak mengunjungi Wisata Air TerjunTibu Tengah di Manggis Karangasem Bali yang mempunyai keindahan yangtiada duanya tersebut.

Wisata Air Terjun Tibu Tengah di Manggis Karangasem Bali sangat cocokuntuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjangseperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya. Keindahan WisataAir Terjun Tibu Tengah di Manggis Karangasem Bali ini sangatlah baikbagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapatmengunjungi tempat Wisata Air Terjun Tibu Tengah di Manggis KarangasemBali di kota Karangasem.

17. Pesona Keindahan Wisata Air Terjun Yeh Labuh di Manggis Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-air-terjun-yeh.html

Wisata Air Terjun Yeh Labuh di Manggis Karangasem Bali memilikiKeindahan tersembunyi yang mungkin cukup asing di telinga anda, memangbelum begitubanyak orang mengetahui keberadaan tempat ini. Kehadiran jejaring sosialcukup berperan aktif untuk menyebarkan informasi, tidak lagi ada tempattersembunyi di Bali yang tidak diketahui oleh publik.

Wisata Air Terjun Yeh Labuh di Manggis Karangasem Bali menyuguhkan pemandangan indah, alamnya masihperawan dan belum terjamah, walaupun debit airnya tidak begitu besar,namun suasananya memberikan nuansa berbeda, pepohonan tumbuh subursehingga kawasan sekitarnya terasa sejuk, damai dan tenang karena sepipengunjung, bebatuan alam di sepanjang aliran sungai terlihat berpaduserasi dengan keindahan yang ditawarkan.

Air terjun Yeh Labuh ini memiliki dua buah air terjun bertingkat,tempat pertama (paling bawah) yang kita jumpai adalah air terjun TibuKresek dan berikutnya jika anda beranjak naik sekitar 10 menitan makatibalah anda di air terjun Tibu Tengah, kedua air terjun inilahdinamakan air terjun Yeh Labuh. Pada bagian atas inilah memilikiketinggian sekitar 35 meter, sedikit lebih rendah dari air terjunJagasatru di Selat Karangasem yang memiliki ketinggian 40 meter.

18. Pesona Keindahan Wisata Banjar Bukit Tabuan di Seraya Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-banjar-bukit.html

Wisata Banjar Bukit Tabuan di Seraya Karangasem Bali merupakan tempatwisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak adaduanya. Penduduk lokal daerah Wisata Banjar Bukit Tabuan di SerayaKarangasem Bali juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupunwisatawan asing. Kota Karangasem Bali juga terkenal akan Wisata BanjarBukit Tabuan di Seraya Karangasem Bali yang sangiat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Banjar Bukit Tabuan di Seraya Karangasem Bali berada Di atasPegunungan Seraya. Banjar Bukit Tabuan yang terletak di Desa Bukit,Karangasem, Bali ini merupakan sebuah banjar yang dihuni sebanyak 97kepala keluarga (KK). Mata pencaharian penduduk sebagai buruh petani dankebun, sehingga mayoritas warga bertumpu pada hasil pertanian.

Wilayah banjar ini sekarang dikenal karena keindahan alamnya, yang belumdikelola secara optimal. Pengunjung yang datang melihat keindahan alambelum dikenai retribusi. Hal ini karena waktu tempuh cukup lama danmedan yang dilalui cukup terjal. Setelah keindahan alamnya makindikenal, pengunjung luar daerah pun terus berdatangan menuju BanjarBukit Tabuan, Desa Bukit.

19. Pesona Keindahan Wisata Cepik Sidemen di Sidemen Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-cepik-sidemen.html

Wisata Cepik Sidemen di Sidemen Karangasem Bali merupakan tempat wisatayang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya.Penduduk lokal daerah Wisata Cepik Sidemen di Sidemen Karangasem Balijuga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.Kota Karangasem juga terkenal akan Wisata Cepik Sidemen di SidemenKarangasem Bali yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Cepik merupakan nama sebuah daerah yang berada di sebelah timur dariTukad Yeh unda. Wisata Cepik Sidemen di Sidemen Karangasem Bali memilikiakan dimanjakan dengan pemandangan alam pegunungan di sebelah barat,utara dan timur. Di sebelah barat ada persawahan dengan batas sebuahperbukitan yang bernama Bukit Buluh atau Bukit Sangkan Gunung dansebelah utara ada hamparan sawah yang luas dengan Gunung Agung sebagailatar belakangnya.

Sedangkan sebelah timur merupakan gugus pegunungan Gunung Dwangga.Sebelah selatan kita bisa memandang laut selatan di kabupaten Klungkung.Wisata Cepik Sidemen di Sidemen Karangasem Bali ini anda juga bisamelihat aktivitas para petani yang sibuk menggarap lahan sawahnyaseperti menanam padi, membajak sawah, dan lain sebagainya.

20. Pesona Keindahan Wisata Pantai Wates di Manggis Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-pantai-wates-di.html

Wisata Pantai Wates di Manggis Karangasem Bali merupakan salah satutempat wisata pantai yang berada di perbatasan kabupaten Klungkungdengan kabupaten Karangasem. Pantai ini bernama Pantai Wates karenaberada diperbatasan. Kata “wates” merupakan bahasa Bali yang artinyabatas. Jadi, jika Anda tidak sedang terburu-buru, tak ada salahnya untukmampir sejenak melepas lelah, sambil menikmati kelapa muda segar dipantai ini.

Di pinggir Pantai Wates terdapat puluhan warung sederhana yang dikelolaoleh masyarakat setempat yang menjual bakso, kopi, mie instan, es kelapamuda, dan minuman dingin lainnya. Warung-warung ini menghadap lautlepas sehingga kita bisa melihat langsung pemandangan laut selatan Balibiru, sehingga tempat ini sangat pas untuk menyaksikan keindahan lautlepas dengan deburan ombaknya serta Pulau Nusa Penida dan Pulau NusaLembongan di kejauhan.

Jika Anda ingin lebih dekat menyaksikan deburan ombak Pantai Wates, Andabisa langsung ke pantai dari tempat duduk Anda yang jaraknya hanyabeberapa meter saja. Anda bisa merasakan pasir hitamnya pantai ini danjuga deburan ombaknya secara langsung di depan Anda.

21. Pesona Keindahan Wisata Jembatan Kuning Yeh Unda di Sidemen Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-jembatan-kuning.html

Wisata Jembatan Kuning Yeh Unda di Sidemen Karangasem Bali ini diberinama jembatan Kuning Yeh Unda karena jembatan ini berwarna kuning danberada di atas Tukad Yeh Unda. Tidak seperti jembatan pada umumnyamenggunakan beton, jembatan kuning ini dibangun dengan menggunakansebuah tali besi yang digantung dan yang menjadi jalannya terbuat darikayu. Karena jembatan ini dibuat dengan cara digantung maka jembatan inisering diberi nama Jembatan Gantung Yeh Unda.

Wisata Jembatan Kuning Yeh Unda di Sidemen Karangasem Bali ini tidakbisa dilalui oleh kendaraan roda empat dan hanya bisa dilalui olehkendaraan roda dua saja, itu pun hanya satu jalur saja. Jika ada sepedamotor akan melintas ke timur maka sepeda motor yang akan melintas kebarat harus menunggu supaya sepeda motor yang dari barat sudah sampai disebelah timur sungai Yeh Unda.

Selain untuk pengguna sepeda motor, jembatan ini digunakan untuk pejalankaki oleh warga setempat jika ingin menuju desa sidemen tanpa harusbasah-basahan melewati sungai. Di mana ditengah-tengah jembatan kitabisa melihat aliran sungai Tukad Yeh Unda yang jernih pada musim kemaraudengan backgrundnya gunung agung yang menjulang tinggi.

22. Pesona Keindahan Wisata Air Terjun Tibumati di Manggis Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-air-terjun_51.html

Wisata Air Terjun Tibumati di Manggis Karangasem Bali merupakan tempatwisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak adaduanya. Penduduk lokal daerah Wisata Air Terjun Tibumati di ManggisKarangasem Bali juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupunwisatawan asing. Kota Karangasem juga terkenal akan Wisata Air TerjunTibumati di Manggis Karangasem Bali yang sangat menarik untukdikunjungi.

Di Kabupaten Manggis terdapat air terjun tersembunyi yaitu Air TerjunTibu Mati. Wisata Air Terjun Tibumati di Manggis Karangasem Bali inimemang tidak tinggi namun memiliki kolam kecil yang dialiri air sepertijacuzzi. Namun sayangnya warga belum ada yang mengelola objek wisataini. namun sudah banyak yang berkunjung anak muda yang menyukai alam dandiposting ke instragam.

Untuk mencapainya anda perlu bertanyadengan warga sekitar karena kurangnya petunjuk untuk menuju Objek wisataini. Namun setelah sampai di sanan anda akan terpukau melihat keindahansekitar air terjunn Tibumati dengan suasana yang sangat sepi dan asri.

23. Pesona Keindahan Wisata Bukit Nampo Sibetan di Bebandem Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-bukit-nampo.html

Wisata Bukit Nampo Sibetan di Bebandem Karangasem Bali merupakan tempatwisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak adaduanya. Penduduk lokal daerah Wisata Bukit Nampo Sibetan di BebandemKarangasem Bali juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupunwisatawan asing. Kota Karangasem juga terkenal akan Wisata Bukit NampoSibetan di Bebandem Karangasem Bali yang sangat menarik untukdikunjungi.

Wisata Bukit Nampo Sibetan di Bebandem Karangasem Bali ini punya satutempat yang disebut sebagai Bukit Surga yang dipersiapkan sebagai ikonbaru desa wisata di Sibetan. Desa Sibetan kini sedang seriusmempersiapkan diri untuk mematangkan desa wisata berbasis perkebunansalak. Tetapi, juga menawarkan keindahan alam dengan andalan kondisiwilayah yang berbukit-bukit nan hijau.

Bukit Nampo dengan ikon Bukit Surga punya modal yang kuat untuk membuatgaung Desa Wisata Sibetan menjadi lebih besar dan menarik sebagai tempatwisata alternatif di Karangasem. Wisata Bukit Nampo Sibetan di BebandemKarangasem Bali berada di ketinggian 400-600 meter di atas permukaanlaut dengan temperatur rata-rata 20-30 derajat Celsius. Curah hujan1.567 mm-2.000 mm per tahun.

24. Pesona Keindahan Wisata Dermaga Tanah Ampo di Manggis Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-dermaga-tanah.html

Wisata Dermaga Tanah Ampo di Manggis Karangasem Bali atau dikenal dengan Labuhan Amuk, awalnya memangsempat terkenal, karena pembangunan dermaga yang diperuntukkan untukkapal pesiar dunia, namun karena pengerjaaanya tidak kelar, nama pantaitersebut meredup. Namun demikian keindahan yang disuguhkan menjadi lebihalami dan tenang, tidak banyak pengunjung yang menyinggahi kawasan ini.

Tempat dari dermaga kapal cruise internasional ini memang indah,hamparan pantai terbentang luas dengan latar belakang bukit hijau,berpadu serasi menyuguhkan panorama alam yang masih asri dan alami,seandainya pembangunan dermaga cruise tersebut bisa kelar, wisatawanyang datang dan berlabuh ke Bali, mendapatkan sambutan pemandanganistimewa alam pantai dan pedesaan dengan kearifan lokal yangmengesankan.

Potensi wisata yang tersimpan di Wisata Dermaga Tanah Ampo di Manggis Karangasem Bali cukup menjanjikan,pantainya bersih, menyuguhkan keindahan pemandangan alam laut dengangulungan ombak yang cukup besar, bisa sebagai tempat berselancar, bahkankeindahan alam lautnya sangat beragam, terumbu karang masih berkembangdengan baik, sehingga bisa menjadi berbagai habitat ikan.

25. Pesona Keindahan Wisata Pantai Jasri di Subagan Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-pantai-jasri-di.html

Wisata Pantai Jasri di Subagan Karangasem Bali adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Subagan, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia.Wisata Pantai Jasri di Subagan Karangasem Bali adalah tempat wisatayang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempatini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda denganaktivitas kita sehari hari.

Wisata Pantai Jasri di Subagan Karangasem Bali memiliki pesona keindahanyang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika andaberada di kota Karangasem tidak mengunjungi Wisata Pantai Jasri diSubagan Karangasem Bali yang mempunyai keindahan yang tiada duanyatersebut.

Wisata Pantai Jasri di Subagan Karangasem Bali sangat cocok untukmengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang sepertilibur nasional, ataupun hari libur lainnya. Keindahan Wisata PantaiJasri di Subagan Karangasem Bali ini sangatlah baik bagi anda semua yangberada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempatWisata Pantai Jasri di kota Karangasem.

26. Pesona Keindahan Wisata Bendungan Yeh Unda Hulu di Sidemen Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-bendungan-yeh.html

Wisata Bendungan Yeh Unda Hulu di Sidemen Karangasem Bali merupakantempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidakada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Bendungan Yeh Unda Hulu diSidemen Karangasem Bali juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokalmaupun wisatawan asing. Kota Karangasem juga terkenal akan WisataBendungan Yeh Unda Hulu di Sidemen Karangasem Bali yang sangat menarikuntuk dikunjungi.

Wisata Bendungan Yeh Unda Hulu di Sidemen Karangasem Bali berfungsiuntuk membagi air sungai Yeh Unda sehingga airnya sampai ke persawahanmilik petani walaupun lahan mereka jauh di atas permukaan sungai. Namunlama kelamaan, karena keindahan panoramanya, bendungan ini juga memilikifungsi sebagai tempat wisata yang patut dikunjungi.

Wisata Bendungan Yeh Unda Hulu di Sidemen Karangasem Bali terletak diDesa Sinduwati, kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali.Waktu tempuh jika berangkat dari kota Semarapura (ibu kota KabupatenKlungkung) kurang lebih 30 menit. Pengunjung tidak dipungut biaya samasekali alias gratis.

27. Pesona Keindahan Wisata Pantai Labuan Jelung di Tianyar Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-pantai-labuan.html

Wisata Pantai Labuan Jelung di Tianyar Karangasem Bali merupakan tempatwisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak adaduanya. Penduduk lokal daerah Wisata Pantai Labuan Jelung di TianyarKarangasem Bali juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupunwisatawan asing. Kota Karangasem juga terkenal akan Wisata Pantai LabuanJelung di Tianyar Karangasem Bali yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Pantai Labuan Jelung di TianyarKarangasem Bali merupakan sebuah pantai yang terkenal dengan pelabuhanperahu kecil. Makajangan heran jika Anda akan melihat begitu banyak perahu yangsedang dijemur di tepi pantai. Ditepi pantai ini ada kerikil dan batu cadas, namun bicarasoal panoramanya sungguh sangat menakjubkan.

Karakter sebagai salah satupantai terindah di Bali ada di Wisata Pantai Labuan Jelung di TianyarKarangasem Bali ini. Keindahan Pantai Ujung akan terlihat terutamaketika senja menjelang.Sehingga tak mengherankan kalau senja menjelang pantai ini akan ramaidikunjungi wisatawan untuk sekedar melepas lelah dan membeli ikan segartangkapan nelayan.

28. Pesona Keindahan Wisata Pantai Ujung di Tumbu Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-pantai-ujung-di.html

Wisata Pantai Ujung di Tumbu Karangasem Bali merupakan tempat wisatayang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya.Penduduk lokal daerah Wisata Pantai Ujung di Tumbu Karangasem Bali jugasangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. KotaKarangasem juga terkenal akan Wisata Pantai Ujung di Tumbu KarangasemBali yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Pantai Ujung di Tumbu Karangasem Bali ini mungkin belum seterkenal pantai-pantai lainnya di Karangasem,namun bukan berarti pantai ini jarang dikunjungi para wisatawan.Nyatanya banyak wisatawan baik asing maupun domestik yang berkunjungkesini. Pantai ini hanya memiliki kerikil dan batu cadas, namun bicarasoal panoramanya sungguh sangat menakjubkan. Karakter sebagai salah satupantai terindah di Bali ada di Pantai Ujung ini.

Keindahan Pantai Ujung akan terlihat terutama ketika senja menjelang.Sehingga tak mengherankan kalau senja menjelang pantai ini akan ramaidikunjungi wisatawan untuk sekedar melepas lelah dan membeli ikan segartangkapan nelayan. Di pantai ini banyak perahu nelayan bersandar ditepian, suatu hal yang menandakan bahwa pantai ini merupakan pantainelayan untuk mencari ikan.

29. Pesona Keindahan Wisata Kulier Khas Karangasem Sate Lilit di Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-wisata-kulier-khas-karangasem.html

Wisata Kulier Khas Karangasem Sate Lilit di Karangasem Bali merupakanwisata kuliner yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidakada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Kulier Khas Karangasem SateLilit di Karangasem Bali juga sangat ramah tamah terhadap wisatawanlokal maupun wisatawan asing.

Wisata Kulier Khas Karangasem Sate Lilit di Karangasem Bali adalahmakanan berupa sate yang tidak selalu dagingnya disayat ataudipotong-potong lalu ditusuk sebelum dibakar. Makanan ini juga merupakan santapan khas Kabupaten Karangasem. Bahan dasar sate iniadalah ikan laut berukuran besarnya seperti tuna.Daging ikan inidilembutkan dan diberi bumbu, santan, serta parutan kelapa.

Ketika bumbu sudah menyatu dengan ikan, sate mulai bisa dibentuk denganmengepal daging ikan memanjang di tusuk sate. Sate lilit dibakar dansiap dinikmati bersama sepiring tupat, semangkuk sup ikan, dan plecingkangkung. Rasanya sedikit pedas dan aroma khasnya ketika dibakar .Kekhasan ulenan sate lilit adalah ulekan bumbu-bumbu yang terdiri darikunyit, kencur, pala, gula aren, sereh, dan minyak kelapa. Selesaidiuleni, paling baik daging ikan didiamkan sampai bumbu benar-benarmenyatu.

30. Wisata Kulier Khas Karangasem Nasi Sela di Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-wisata-kulier-khas-karangasem_30.html

Wisata Kulier Khas Karangasem Nasi Sela di Karangasem Bali adalah makanan khas Kabupaten Karangasem, Bali yang berisicampuran nasi putih dan cacahan ubi berukuran kecil-kecil. pada tahun1970-an Nasi Sela sempet populer dan menjadi makanan pokok masyarakatsetempat karena pada saat itu beras sangat langka di Bali, hal tersebutmenyebabkan sela (ketela/ubi) menjadi alternatif bahan campuran nasi,gaplek atau bahan makanan lain untuk menambah volume.

Sekarang, makanan jenis inimenjadi kelangenan yang asyik. Apalagi beberapa warung di Bali kinimenyajikannya dengan pasangan yang serasi, seperti yang disuguhkan distand kuliner Kabupaten Karangasem di arena Pesta Kesenian Bali (PKB)2009. Di stan ini, nasi séla yang mulanya merupakan makanan “pertahanandi masa krisis”, menjadi hidangan yang begitu memanjakan selera.

Nasi séladisuguhkan dengan lauk ayam betutu, urab sayur kacang panjang berisitimun dan kacang merah, pindang tongkol, pesan celengis, sambel matah,sambal teri, dan sate kulit ayam. Semuanya diolah dengan bumbu khasBali yang didominasi rasa terasi dan bebungkilan (kencur, laos, kunyit,jahe, bawang putih). Rasa bumbu yangmenyatu dengan sayur, ikan dan daging membuat rasa ubi yang tercampurdalam nasi luluh.

31. Pesona Keindahan Wisata Pantai Pasih Kelod di Manggis Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindaham-wisata-pantai-pasih.html

Wisata Pantai Pasih Kelod di Manggis Karangasem Bali merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karenapesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah WisataPantai Pasih Kelod di Manggis Karangasem Bali juga sangat ramah tamahterhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Karangasem jugaterkenal akan Wisata Pantai Pasih Kelod di Manggis Karangasem Bali yangsangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Pantai Pasih Kelod di ManggisKarangasem Bali atau Pantai Bugbug berada di Desa Bugbug dan berada disebelah barat dari objek wisata bukit asah. Oleh warga lokal pantai inidiberi nama Pantai Pasih Kelod. Dari jalan utama (jalan Raya Bugbug)hanya berjarak 1,8 km untuk menuju pantai ini. Wisata Pantai Pasih Kelod di ManggisKarangasem Bali memiliki akan keindahannya, sehingga tidak mengherankanhampir tiap hari ada saja wisatawan asing yang lalu lalang di pantaiini. Wisata Pantai Pasih Kelod di Manggis Karangasem Bali ini sangatmudah diakses karena berada di pinggir jalan utama.

32. Pesona Keindahan Wisata White Sand Beach di Manggis Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-white-sand.html

Wisata White Sand Beach di Manggis Karangasem Bali merupakan tempatwisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak adaduanya. Penduduk lokal daerah Wisata White Sand Beach di ManggisKarangasem Bali juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupunwisatawan asing. Kota Karangasem juga terkenal akan Wisata White SandBeach di Manggis Karangasem Bali yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata White Sand Beach di Manggis Karangasem Bali terletak di KabupatenKarangasem tepatnya di desa Perasi. Kenapa Pantai ini di namakan PantaiPasir Putih, karena hanya pantai ini yang satu-satunya pasirnyaberwarna putih, lokasi pantainya akan terlihat seperti teluk karena diapit oleh dua bukit yang langsung menjulur ke tengah laut. SehinggaPantai ini hanya mempunyai panjang 3 Km. Sebelah barat bukit dan sebelahtimur bukit Pasirnya sudah berwarna hitam.

Apa kelebihan dari tempat ini. Pantai ini jauh dari keramaian lalulintasjalan, karena pantai ini terletak 2 Km dari Jalan besar yangmenghubungkan Karangasem – Denpasar. Sehingga suasana damai sangatterasa, tidak jauh dari bibir pantai banyak sekali Pulau-pulau kecilyang tidak berpenghunni, disini sangat cocok bagi yang punya hobi:Snorkeling, Diving, dan Memancing.

33. Pesona Keindahan Wisata Rumah Bambu Pengalon di Manggis Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-rumah-bambu.html

Wisata Rumah Bambu Pengalon di Manggis Karangasem Bali merupakan tempatwisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak adaduanya. Penduduk lokal daerah Wisata Rumah Bambu Pengalon di ManggisKarangasem Bali juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupunwisatawan asing.

Wisata Rumah Bambu Pengalon di Manggis Karangasem Bali adalah sebuahmahakarya arsitektur dari bambu yang benar-benar indah. Awalnya, RumahBambu Pengalon ini direncanakan akan menjadi tempat diadakannya festivalmusik Bali Unite, namun karena terganjal perizinan akhirnya proyektersebut mangkrak. Meskipun demikian, hingga kini rumah bambu ini sudah telanjur terkenal di kalangan para wisatawan.

Apalagi pemandangan di sekitarnya sangat indah, ditambah dengan adanyadanau kecil yang bening dan cantik. Rumah Bambu Pengalon adalah sebuahtempat yang menjadikanbatang-batang bambu yang tersusun rapi, sehingga terbentuk bangun ruangyang indah dan unik, akan terlihat begitu menarik dan akan menjadiobjek wisata baru di Bali. Namun demikian walaupun belum bukadan masih proses pengerjaan, banyak warga yang berkunjung ke tempatini, untuk menyaksikan keunikannya.

34. Pesona Keindahan Wisata Pantai Sosro di Subagan Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-pantai-sosro-di.html

Wisata Pantai Sosro di Subagan Karangasem Bali merupakan tempat wisatayang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya.Penduduk lokal daerah Wisata Pantai Sosro di Subagan Karangasem Balijuga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.Kota Karangasem juga terkenal akan Wisata Pantai Sosro di SubaganKarangasem Bali yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Pantai Sosro di Subagan Karangasem Bali merpakan Wisata murah,Bahkan tanpa biaya, dengan pemandangan laut, serta deburan ombak yangmembawa kesejukan Jiwa. Ada ayunan, ada cafe berbentuk deck kapal yangmasih proses pengerjaan, terdapat rumah-rumah unik.

Wisata Pantai Sosro di Subagan Karangasem Bali merupakan tempat wisatayang juga berada di kawasan Bali Timur tepatnya di desa Jasri, kabupatenKarangasem. Wisata Pantai Sosro di Subagan Karangasem Bali inimenyuguhkan pemandangan lautan yang tenang dan di pesisir pantainyabanyak tumbuh pohon kelapa sehingga memberikan kesan ketenangan, dankerindangan. memiliki kontur pantai yang berbatuan. Tak jauh dari pantaiJasri terdapat salah satu objek wisata yang bernama sering disebutRumah Chocolate.

35. Pesona Keindahan Wisata Pura Dalem Puri di Rendang Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-pura-dalem-puri.html

Wisata Pura Dalem Puri di Rendang Karangasem Bali merupakan tempatwisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak adaduanya. Penduduk lokal daerah Wisata Pura Dalem Puri di RendangKarangasem Bali juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupunwisatawan asing. Kota Karangasem juga terkenal akan Wisata Pura DalemPuri di Rendang Karangasem Bali yang menarik untuk dikunjungi.

Wisata Pura Dalem Puri di Rendang Karangasem Bali ini distanakan BhatariDurga. Dahulu Pura Dalem Puri ini disebut Pura Dalem Kedewatan. UmatHindu seusai mengadakan Upakara Pitra Yadnya, yaitu ngaben dan Memukuratau Ngeroras biasanya ke pura ini untuk mendak dan Nuntun Sang Pitarauntuk distanakan di Sanggah atau Pemerajan masing-masing.

Di sebelah Pura Dalem Puri terdapat suatu tanah lapang yang agak luasyang disebut Tegal Penangsaran, ditunggui sebuah Pelinggih Tugu kecil disebelah timur. Piodalan di pura ini pada hari Buda Keliwon Ugu, sedangsetiap tahun pada sasih Kepitu penanggal 1, 3 atau 5 diselenggarakanupakara Yadnya Ngusaba Kepitu.

36. Pesona Keindahan Wisata Warung Sunset Point di Abang Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-warung-sunset.html

Wisata Warung Sunset Point di Abang Karangasem Bali merupakan tempatwisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak adaduanya. Penduduk lokal daerah Wisata Warung Sunset Point di AbangKarangasem Bali juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupunwisatawan asing. Kota Karangasem juga terkenal akan Wisata Warung SunsetPoint di Abang Karangasem Bali yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Warung Sunset Point di Abang Karangasem Bali sangat cocok untukmenikmati sunset yang begitu indah. Wisata Warung Sunset Point di AbangKarangasem Bali merupakan tempat wisata yang terkenal dengan pantaisunset. Karena Wisata Warung Sunset Point di Abang Karangasem Balisangat bagus untuk melihat panorama mancanegara.

Jika Anda lapar, tak perlu takut. Karena di sepanjang pantai banyaktersedia restoran-restoran yang menyediakan makanan yang cukup banyak.Jika Anda berwisata di Karangasem saat liburan, jangan lupa untuk mampirdi warung yang sangat menarik wisatawan asing. Wisata Warung Sunset Point di Abang Karangasem Bali sangat ramai oleh pengunjung yang ingin menikmati suasanapantai.

37. Pesona Keindahan Wisata Pantai Bias Tugel di Manggis Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-pantai-bias.html

Wisata Pantai Bias Tugel di Manggis Karangasem Bali meruapakan wisata pantai pasir putih yang memilikilokasi tersembunyi, jarang ada pengunjung. Pantai Bias Tugel di Balidapat memenuhi kriteria anda. Kata Bias berarti pasir, sedangkan tugel artinya terpotong. Jadipantai Bias Tugel memiliki arti pantai yang pasirnya terpotong. Hal inikarena areal pantai yang tidak begitu luas dibagian kanan dan kirinyadiapit oleh batu karang yang lumayan besar.

Pantai ini tergolong pantaikecil yang memiliki pasir putih dan dapat kami kategorikan sebagai salahsatu pantai indah di Bali. Lumayan memeras keringat sepanjang perjalanan. Namun tidakmengecewakan, si cantik yang tersembunyi menyambut anda. Hamparan pantaiberpasir putih dengan air laut yang jernih membiru di depan mata.

Batu karang yang menjulang tinggi dibagian kanan dan kiri pantaimembuat tempat ini terasing dari pantai di sebelahnya. Sangat cocokuntuk liburan keluarga bagi yang membawa anak-anak. Orang tua akan mudahmengawasi anak-anaknya jika bermain pasir, karena pengunjung disekitarpantai tergolong sepi. Sebagian besar yang datang adalah mereka yanghobi selancar dan snorkeling.

38. Pesona Keindahan Wisata Pura Candidasa di Manggis Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-pura-candidasa.html

Wisata Pura Candidasa di Manggis Karangasem Bali merupakan tempat wisatayang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya.Wisata Pura Candidasa di Manggis Karangasem Bali menghadap ke samuderadan tepat bersebrangan dengan Lotus Lagoon sebuah danau buatan yangterletak di tengah-tengah objek wisata Candidasa, sebenarnya asal-muasalnama Candidasa ini yang sebelumnya bernama Teluk Kehen diambil darinama Pura yang ada di sini. Kahyangan ini menjadi terkenal baik di dalammaupun di luar negeri.

Orang mulai penasaran dengan ingin mengetahui keberadaan pura ini dengandatang langsung sembahyang, dan ingin mengetahui sejarahnya berikutstatus dan fungsinya. Pura Candidasa dibangun pada tahun saka 1112 (1190M) pada jaman bertahtanya Raja Jayapangus Arkajalancana di Bali. Puraini merupakan lambang penyatuan paham Siwa dan Bhuda di bali, sehinggadi dalam pura bisa kita temukan 2 pelinggih.

Yang satu merupakan pemujaan Siwa dalam bentuk wujud Lingga Yoni danyang satunya lagi sebagai pemujaan Buddha dalam wujud Hariti, sebuahpatung yang menggendong 10 anak, tidak jarang pasangan suami istri yangyang tidak mempunyai keterunan memohon keturunan di sini. Pura inimerupakan penyungsungan umum sebagai tempat suci untuk memuliakan danmemuja Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

39. Pesona Keindahan Wisata Blue Lagoon Beach di Manggis Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-blue-lagoon.html

Wisata Blue Lagoon Beach di Manggis Karangasem Bali adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia.Wisata Blue Lagoon Beach di Manggis Karangasem Bali adalah tempatwisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda denganaktivitas kita sehari hari.

Wisata Blue Lagoon Beach di Manggis Karangasem Bali memiliki pesonakeindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jikaanda berada di kota Karangasem tidak mengunjungi Wisata Blue LagoonBeach di Manggis Karangasem Bali yang mempunyai keindahan yang tiadaduanya tersebut.

Wisata Blue Lagoon Beach di Manggis Karangasem Bali sangat cocok untukmengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang sepertilibur nasional, ataupun hari libur lainnya. Keindahan Wisata BlueLagoon Beach di Manggis Karangasem Bali ini sangatlah baik bagi andasemua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungitempat Wisata Blue Lagoon Beach di kota Karangasem.

40. Pesona Keindahan Wisata Pura Silayukti di Manggis Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-pura-silayukti.html

Wisata Pura Silayukti di Manggis Karangasem Bali merupakan tempat wisatayang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya.Wisata Pura Silayukti di Manggis Karangasem Bali menyuguhkan pemandanganalam laut,sehingga kawasan ini selain asri juga tenang, cocok untuk melakukanperenungan ataupun samadi.

Kata Silayukti berasal dari kata “sila” yang artinya dasar dan“yukti” berarti benar kalau digabungkan menjadi dasar dari kebenaran,sehingga bagi anda yang bersembahyang di tempat suci ini, benar-benarmemegang teguh kebenaran, sesuai dengan ajaran agama. Pujawali ataupunodalan di Pura Silayukti setiap 6 bulan sekali (setiap 210 hari).

Pura Silayukti memiliki hubungan erat dengan keberadaanMpu Kuturan di Bali. Banyak umat Hindu yang berdatangan pada pujawalitersebut terkadang para pemedek harus memanfaatkan parkiran dermagaPadang Bai untuk parkir mobil. Mpu Kuturan memang tokoh spiritual Hindu pada abad ke-11 yang sangatberjasa, selalu mementingkan orang banyak dan berbuat tanpa pamerih,beliau adalah Mpu Kuturan, memiliki keyakinan penuh adanya hukum karma.

41. Pesona Keindahan Wisata Kuliner Khas Karangasem Plecing Tlengis di Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-wisata-kuliner-khas-karangasem.html

Wisata Kulier Khas Karangasem Plecing Tlengis di Karangasem Balimerupaan Bahan utama dalam pembuatan “plecing telengis” yakni sayurkangkung dan telengis. Terkadang juga di isi dengan sayur kecambahkacang hijau atau toge. Jadi untuk membuat plecing telengis harusmembuat telengis terlebih dahulu. Pertama kelapa diparut hingga lembut,kemudian parutan kelapa tersebut di campur dengan air dan diremas-remashingga menjadi putih pekat.

Air yang putih pekat tersebut disaring dan dipisahkan dengan ampasnyasehingga terbentuk santan kelapa. Nah santan kelapa inilah yang dimasakdengan api besar sehingga santan tersebut berubah menjadi minyak kelapa(lengis tandusan). Jika minyak dan airnya diambil maka akan tersisaampasnya yang putih. Nah ampasnya itu disebut dengan telengis. Jika kitacicipi, telengis rasanya manis namun terasa berminyak.

Dengan menambahkan bumbu pada telengis tersebut maka terciptalah bumbuplecing yang khas. Adapun bumbu campuran dari telengis tersebut yaknicabe rawit, bawang putih, bawang merah, dan jeruk limau. Bumbu telengistersebut nantinya dicampurkan dengan kangkung yang sudah direbus. Letakkan sambal plecing di atas kangkung yang sudah di rebus suwir-suwirdan beri air perasan jeruk limau, aduk rata dan siap disajikan

42. Pesona Keindahan Wisata Pura Lempuyang di Bunutan Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-pura-lempuyang.html

Wisata Pura Lempuyang di Bunutan Karangasem Bali atau yang juga dikenaldengan nama Pura Penataran Agung Lempuyang yang letaknya yang ada diBukit Bangle, maka pengunjung wajib menaiki tangga untuk dapat mencapailokasi ini. Dari kejauhan, ada pemandangan menyejukkan nan cantik untukdinikmati sampai puas. Ada dua tingkat yang di dalam Pura ini; padatingkat pertama, pengunjung akan menemukan Bale Wantilan.

Sementara itu di tingkat kedua ada lebih banyak yang akan bisadinikmati, seperti halnya pusat Pura yaitu pelinggih Catu, pelinggihLimas Sari, dan pelinggih Manjangan Saluang; di bagian tengahnya kitaakan menangkap adanya Padma Kembar, pelinggih Gedong, Padma Ngelayangdan Padmasana. Ketika beralih ke bagian timur pada Pura ini, makawisatawan akan disuguhkan dengan Bale Puwedangan, pelinggih Ratu Ngurah,pelinggih Betel, pelinggih Gedong Sari, dua pelinggih Gegitan sertaBale Puwedangan.

Pengunjung bisa masuk secara cuma-cuma bila datang dengan jalan kaki,namun bila membawa kendaraan beroda 4, maka harus merogoh kocek Rp 5ribu untuk parkir. Bagi warga Hindu bersembahyang ke Pura LempuyangLuhur akan menjadiperjalanan spiritual yang cukup menantang, selain mendekatkan dirikehadapan IdaSang Hyang Widi, bisa mengenal alam lebih dekat berbagai jenis tanamantumbuh subur di kawasan ini.

43. Pesona Keindahan Wisata Pura Pasar Agung di Selat Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-pura-pasar.html

Keberadaan pura Pasar Agung di punggung Gunung Agungyang merupakan gunung tertinggi di Bali. Tergolong gunung berapi yangmasih aktif. Masyarakat Hindu di pulau Dewata ini yakin bahwa stanaTuhan adalah tempat yang paling tinggi, itu sebabnya puncak-puncaktertinggi seperti Gunung Agung ini disucikan dan disakralkan.

Wisata Pura Pasar Agung di Selat Karangasem Bali menjadi objek wisata di Baliyang paling menakjubkan, dari ketinggian puncak 1 anda bisamengarahkan pemandangan 360 derajat, menyaksikan keindahan pulau Balidengan sempurna, apalagi saat sang surya mulai menampakkan diri dariufuk timur, akan menjadi pengalaman tour di Bali dan wisatapetualangan yang paling sensasional, dan untuk mulai mendaki denganjalur paling cepat adalah dari Pura Pasar Agung.

Nama lengkapnya Pura pasar Agung Giri Tolangkir, keberadaannya berkaitanerat dengan Pura Besakih. Seperti diketahui setiap gunung ada puranya,dan untuk pura GunungAgung sendiri adalah pura Pasar Agung, diyakini pula sebagai pura pasaruntuk seluruh Dewa Kahyangan. Merupakan Pura Kahyangan Jagat memiliki 2buah pelataran, selain pura pasar Agung juga terdapat pura Melantingyang merupakan tempat persembahyangan pertama.

44. Pesona Keindahan Wisata Pantai Labuhan Amuk di Manggis Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/01/pesona-keindahan-wisata-pantai-labuhan.html

Wisata Pantai Labuhan Amuk di Manggis Karangasem Bali merupakan tempatwisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak adaduanya. Penduduk lokal daerah Wisata Pantai Labuhan Amuk di ManggisKarangasem Bali juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupunwisatawan asing.

Wisata Pantai Labuhan Amuk di Manggis Karangasem Bali memiliki segudangaktivitas seru yang tidak akan membuat pengunjungnya merasakan bosansedetik pun. Baik itu jalan-jalan, selancar atau berenang, semuanya bisadinikmati ketika berada di Amuk Bay Bali. Untuk wisatawan yang lebihsuka berlibur di pantai yang sepi, Pantai Labuhan Amuk tentunya adalahyang paling pas untuk disambangi.

Perpaduan pasir hitam dan pasir putih di tempat ini berikut jugapemandangan perahu tradisional nelayan yang warna-warni berjejer, sertaterminal transit minyak PT. Pertamina adalah yang akan dapat tertangkapoleh perhatian Anda selama berada di lokasi ini. Walaupun sepi, tetapada sejumlah warung makan yang bisa didatangi ketika merasa dahaga danlapar.

45. Pesona Keindahan Wisata Taman Soekasada Ujung di Tumbu Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/02/pesona-keindahan-wisata-taman-soekasada.html

Wisata Taman Soekasada Ujung di Tumbu Karangasem Bali atau sering disebut dengan nama TamanSukasada, salah satu tempat wisata di Bali timur yang sangat jarang diketahui oleh wisatawan domestik.Taman Ujung Karangasem, salah satu tempat favorit calon pengantinuntuk melakukan foto pre wedding. Baik calon pengantin orang Bali ataudari daerah lain di Indonesia. Malahan Taman Ujung Karangasem Bali, lebih terkenal sebagi tempat prewedding dibandingkan sebagai objek wisata di Bali.

Yang membangun taman Ujung Soekasada adalah raja karangasem,bernama I Gusti Bagus Jelantik. Memiliki gelar dengan nama, AgungAnglurah Ketut Karangasem. Taman Ujung Soekasada dibangun pada tahun 1901 dengan nama kolamDirah, artinya kolam tempat pembuangan, bagi orang yang menguasai ilmuhitam.

Kemudian pada tahun 1909, raja Karangasem memerintahkan seorangarsitektur Belanda, bernama Van Den Hentz dan arsitektur orang Tiongkok,bernama Loto Ang, untuk mengembangkan kolam Dirah, menjadi tempatperistirahatan Raja Karangasem. Pembangunan dari taman Ujung Soekasada,juga di bantu oleh arsitektur orang Bali dari Kerajaan Karangasem.

46. Pesona Keindahan Wisata Tenun Ikat Bali Arta Nadi di Sidemen Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/02/pesona-keindahan-wisata-tenun-ikat-bali.html

Wisata Tenun Ikat Bali Arta Nadi di Sidemen Karangasem Bali merupakantempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidakada duanya. Wisata Tenun Ikat Bali Arta Nadi di Sidemen Karangasem Balimerupakan sebuah ruang terbuka, dengan bengkel pembuatan tenun ikatberada padabagian sebelah kiri, toko sebelah kanan, sedangkan tempat desain danpewarnaan ada pada bagian ujung.Suasana di kompleks Tenun IkatBali Arta Nadi cukup nyaman.

Di toko Tenun Ikat Bali Arta Nadi pembelibisa memilih kain yang sudah jadi dan siap untuk dibawa jika ada yangcocok soal desain dan harganya. Dua orang pengrajin wanita Tenun Ikat Bali Arta Nadi tampak tengahbekerja pada sebuah mesin tenun ikat tradisional, ditingkah bunyi papansaling beradu menghentak secara berirama.

Pekerjaan menenun perlubanyak kesabaran karena membutuhkan waktu lama, setidaknya satu bulanuntuk tenun ikat biasa, karenanya pengrajin tenun ikat kebanyakanwanita. Katakanlah sebuah kain tenundijual dengan harga Rp.350.000, dikerjakan selama satu bulan, maka bisadibayangkan betapa kecil penghasilan pengrajinnya dalam sebulan itu.

47. Pesona Keindahan Wisata Bukit Asah di Manggis Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/02/pesona-keindahan-wisata-bukit-asah-di.html

Wisata Bukit Asah di Manggis Karangasem Bali merupakan tempat wisatayang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya.Wisata Bukit Asah di Manggis Karangasem Bali menjadi beberapa bagiankata. Kata bukit melambangkan sebuah dataran tinggi atau gundukan tanahmenyerupai gunung. Sedangkan kata ‘asah’ merupakan Bahasa Bali yangartinya Datar. Jadi merupakan sebuah dataran yang agak tinggi dengankontur tanah yang relatif datar.

Tapi jika dilihat langsungdi lokasi, Objek wisata ini merupakan objek wisata paduan antara bukittebing dan juga pantai. Di bagian atas tebing memang datarannya terlihatagak datar tapi tidak terlalu datar layaknya lapangan sepak bola.

Dibawah tebing anda akan melihat hamparan biru laut Bali yang mengirimkansemilir angin sepoi-sepoi menuju ke daratan. Anda bisa menikmatiindahnya lautan yang sangat menakjubkan dengan pulau-pulau kecil yangada di tengahnya dan juga tebing-tebing yang menjulang tinggi nanperkasa.Wisata Bukit Asah di Manggis Karangasem Bali memiliki pemandangan begitu eksotis, indah dan mengagumkan.

48. Pesona Keindahan Wisata Kampung Muslim Kecicang Islam di Bebandem Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/02/pesona-keindahan-wisata-kampung-muslim.html

Wisata Kampung Muslim Kecicang Islam di Bebandem Karangasem Bali iniadalah kampung Islam terbesar di Kabupaten Karangasem, Bali denganpenduduk mencapai 3.402 kepala keluarga. Penduduk Kampung Kecicangmempercayai bahwa leluhur mereka berasal dari penduduk kawasan TohpatiBuda Keling. Setelah raja mereka meninggal, raja baru memindahkanpenduduknya dari Tohpati ke Kecicang dengan cara membuka hutan.

NamaKecicang sendiri diambil dari nama bunga berwarna putih yang biasadimasak oleh masyarakat setempat. Berbeda dari mayoritaspenduduk Bali yang beragama Hindu, seluruh warga Kampung Kecicangmenganut Islam. Nuansa Islami pun begitu kentara di kampung yangsebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai pedagang danpetani itu. Salah satu bukti nyata eksistensi Islam di Kampung Kecicangadalah keberadaan Masjid Baiturrahman.

Masjid yang telah berdiri sejakakhir abad 17 itu tak sekadar menjadi tempat ibadah, tapi juga menjadiikon dan identitas Muslim Kecicang.Selain masjid, nuansa Islamdi kampung ini dapat dirasakan melalui beragam tradisi kearifan lokalyang masih dilestarikan oleh masyarakatnya. Warga Kecicang memilikitari-tarian khas bernama Tari Rudat yang merupakan akulturasi budayaBali dan Timur Tengah.

49. Pesona Keindahan Wisata Gunung Agung di Kubu Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/02/pesona-keindahan-wisata-gunung-agung-di.html

Wisata Gunung Agung di Kubu Karangasem Bali merupakan tempat wisata yangharus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya.Penduduk lokal daerah Wisata Gunung Agung di Kubu Karangasem Bali jugasangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. KotaKarangasem juga terkenal akan Wisata Gunung Agung di Kubu KarangasemBali yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Bagi pecinta alam petualangan wisata trekking di Bali menjadi salah satu idaman, seperti mendaki menuju ke puncak Gunung Agung,akan memberikan banyak pengalaman berharga. Kegiatan ini memangdisukai oleh kalangan wisatawan asing maupun domestik. Pendakian kegunung tertinggi di Bali ini dengan start point di pura Pasar Agung,perjalanan melalui desa Sebudi Selat.

Dari sini anda bisa mendakidengan tujuan puncak 1 yang berada di ketinggian 3.031 meter di ataspermukaan laut atau bisa ke juga ke puncak 2 di ketinggian 2.000meter. Yang perlu diperhatikan adalah kesiapan fisik dan mental,stamina memang harus benar-benar fit. Wisata trekking ke Gunung Agung tentu menjadi momen yang spesialbagi wisatawan, gunung ini masih aktif, terakhir meletus di tahun 1963,dipercaya menjadi tempat sakral dan disucikan di Bali.

50. Pesona Keindahan Wisata Pantai Virgin ( Pantai Perasi ) di Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/02/pesona-keindahan-wisata-pantai-virgin.html

Wisata Pantai Virgin ( Pantai Perasi ) di Karangasem Bali adalah salahsatu tempat wisata yang berada di Jalan Raya Bugbug, Desa Sengkidu,Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. WisataPantai Virgin ( Pantai Perasi ) di Karangasem Bali adalah tempat wisatayang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempatini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda denganaktivitas kita sehari hari.

Wisata Pantai Virgin ( Pantai Perasi ) di Karangasem Bali memilikipesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat disayangkan jika anda berada di kota Karangasem tidak mengunjungi WisataPantai Virgin ( Pantai Perasi ) di Karangasem Bali yang mempunyaikeindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Pantai Virgin ( Pantai Perasi ) di Karangasem Bali sangat cocokuntuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjangseperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya. Keindahan WisataPantai Virgin ( Pantai Perasi ) di Karangasem Bali ini sangatlah baikbagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapatmengunjungi tempat Wisata Pantai Virgin ( Pantai Perasi ) di kotaKarangasem.

51. Pesona Keindahan Wisata Candi Dasa di Manggis Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/02/pesona-keindahan-wisata-candi-dasa-di.html

Wisata Candi Dasa di Manggis Karangasem Bali merupakan tempat wisatayang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya.Penduduk lokal daerah Wisata Candi Dasa di Manggis Karangasem Bali jugasangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. KotaKarangasem juga terkenal akan Wisata Candi Dasa di Manggis KarangasemBali yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Candi Dasa di Manggis Karangasem Bali terletak di Teluk Amuk yang

merupakan salah satu tempat terkenal untuk menyelam. Wisata Candi Dasamenjadi salah satu tempat peristirahatan yang menyediakansejumlah tempat menginap, hotel dan fasilitas pendukunglainnya. Wisata Candi Dasa memang menyuguhkan banyak hal, terutamawilayah pesisirnya yang bisa untuk bersantai, nuansa alam pantaiCandidasa di Karangasem ini tenang.

Wisata Candi Dasa di Manggis Karangasem Bali memili pantai yangmenyuguhkan pemandangan pesisir yang sangat indah menawan. Selainfasilitas penginapan terdapat sejumlahrestaurant, spa, pusat layanan informasi wisata seperti tour, sewa mobildi Bali, layanan snorkeling maupun diving. Untuk wisata baharinyamemang yang paling ideal adalah snorkeling dan diving, keindahan alambawah lautnya sanggup membuat anda betah tinggal lebih lama diCandidasa.

52. Pesona Keindahan Wisata Tenganan Pegringsingan di Manggis Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/02/pesona-keindahan-wisata-tenganan.html
Wisata Tenganan Pegringsingan di Manggis Karangasem Bali merupakansebuah desa tradisional Bali, yang terletak di Kabupaten Karangasem,wilayahpaling Timur Pulau Dewata. Di tengahmeluasnya modernisasi perkembangan internet yang menjangkau semuapelosok serta industri pariwisata yang membawa budaya dan peradabanberbeda, masyarakat Tenganan tetap bertahan dengan segala identitasnyauntuk mempertahankan budaya-budaya kuno warisan leluhurnya.
DesaTenganan juga disebut sebagai penduduk Bali Aga atau penduduk asli daripulau Bali. Sangat unik dan menarik memang, padamasa modernisasi yang tidak terbendung, warga desa Tenganan masihmemegang teguh segala warisan budaya pendahulunya. Itu sebabnya padajaman modern sekarang ini keberadaan Tenganan menjadi desa yang unik danmenyimpan berbagai budaya serta seni yang tak ternilai harganya.
Memang sejarahnya keberadaan desa Tengananini sudah ada sebelum invansi kerajaan majapahit, desa-desa seperti initidak terlalu banyak mendapat pengaruh luar, dengan konsisten sertasecara turun temurun tetap mempertahankan awig-awig (aturan) mereka,diwariskan secara turun temurun oleh leluhurnya, rumah adat tetapdipertahankan seperti aslinya sehingga tetap kelihatan eksotik dan unik.

53. Pesona Keindahan Wisata Yeh Malet di Manggis Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/02/pesona-keindahan-wisata-yeh-malet-di.html

Wisata Yeh Malet di Manggis Karangasem Bali memiliki kawasan yangterdapat jukung nelayan yang bersandar di tepian pantai. Jukung-jukungnelayan yang berjejer dengan rapi di pinggir pantai akan menambahkeindahan pantai ini. Terkadang terlihat para nelayan yang mempersiapkanalat-alat nelayannya seperti membuat jaring.

Bagi yang suka dengan pemandangan matahari terbit, pantai Yeh Maletsangat cocok digunakan untuk menyalurkan perburuan Anda untuk melihatfenomena sunrise di pagi hari. Tidak hanya keindahan sang surya yangakan muncul dari balik cakrawala, kita juga akan disuguhkan denganaktivitas penduduk setempat menebar jaring di tengah laut. Selain itu,pantai ini sangat cocok digunakan untuk memancing karena di pantai inibanyak terdapat spot-spot untuk memancing.

Daya tarik lain yangdimiliki tempat wisata pantai Yeh Malet yakni aktivitas penduduk setematdalam membuat garam tradisional. Meskipun jumlahnya sudah agakberkurang, namun sampai saat ini kegiatan ini masih dijumpai. Kita bisamelihat atau bertanya langsung kepada penduduk setempat bagaimana caraatau proses pembuatan garam secara tradisional.

54. Pesona Keindahan Wisata Pantai Tapak Lawang di Kubu Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/02/pesona-keindahan-wisata-pantai-tapak.html

Wisata Pantai Tapak Lawang di Kubu Karangasem Bali merupakan tempatwisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak adaduanya. Penduduk lokal daerah Wisata Pantai Tapak Lawang di KubuKarangasem Bali juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupunwisatawan asing. Kota Karangasem juga terkenal akan Wisata Pantai TapakLawang di Kubu Karangasem Bali yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Pantai Tapak Lawang di Kubu Karangasem Bali memiliki pemandangan alam yang indah, sepertipemandangan laut yang akan menyuguhkan kedamaian dan ketenangan batin.Salah satu tempat yang bisa direkomendasikan untuk bisa anda kunjungiadalah objek wisata pantai Tapak Lawang. Suasananya tenang, nuansanyadamai, sepi dari pengunjung, menyuguhkan pemandangan laut indah,sehingga bisa mengobati semua rasa jenuh dalam pikiran anda.

Berbatasanlangsung dengan tebing-tebing landai dari bukit kecil di sekitarnya,seolah tersembunyi dari keramaian, batu karang hitam adalah ciri khasbatu pegunungan yang berada di wilayah Timur Bali ini, batu karangtersebut bisa anda temukan di sini, sehingga menyuguhkan keindahanalami, menambah keasriannya, anda yang suka berphoto dengan suasana alampantai berbeda, maka Tapak Lawang ini bisa sebagai alternatifnya.

55. Pesona Keindahan Wisata Puri Agung Karangasem di Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/02/pesona-keindahan-wisata-puri-agung.html

Wisata Puri Agung Karangasem di Karangasem Bali merupakan tempat wisatayang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Pada jamannya Raja Karangasem sangat terkenal, sisa peninggalan sejarahmasih diwariskan berupa sebuah komplek Puri Agung Karangasem,bangunannya terlihat megah, sehingga masih terkesan keagungannya sampaisekarang.

Bangunan kuno ini menyimpan banyak nilai sejarah, terjagalestari oleh pengurus puri. Dibangunpada abad ke 19, oleh raja pertama Kerajaan Karangasem yaitu A.A GedeJelantik. Bangunan puri ini terletak di atas lahan seluas 2 hektar.

Wisata Puri Agung Karangasem di Karangasem Bali Dibuka untuk umum, bisa jadi destinasi wisata sejarah, menarik dan patasuntuk diketahui, pengunjung yang berkunjung ke sini dikenakan sumbangansukarela, anda bisa bebas melihat kemegahan dalam puri sertaberkeliling di areal cukup luas ini. Selain nilai sejarah, kemegahan serta keunikan sebuah bangunan kuno,nilai seni yang terdapat pada bagian bangunan tersebut begitu menarik.

56. Pesona Keindahan Wisata Tirta Gangga di Abang Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/02/pesona-keindahan-wisata-tirta-gangga-di.html

Wisata Tirta Gangga di Abang Karangasem Bali memiliki tiga hal utama yaitu Karangasem, kebun,kolam air dan patung. Lokasi dari taman Tirta Gangga Karangasem, beradadi tengah areal persawahan dan air yang ada di taman ini berasal darimata air Rejasa. Luas area dari taman Tirtagangga 1,2 hektar, yang memanjang danmembentang dari arah timur ke barat. Terdapat tiga tingkatan bangunan ditaman Tirtagangga Bali.

Di bangunan tertinggi terdapat mata air yangberada di bawah pohon beringin. Bangunan level kedua, terdapat kolamrenang dan bangunan yang paling bawah terdapat kolam hias dengan airmancur. Wisatawan akan melihat adalah hamparan kolam air dan terdapat satu buah candiyang menjulang tinggi di bagian kanan. Didalam kolam air tersebut,wisatawan dapat melihat ikan hias dan dasar dari kolam.

Air di taman inisangat jernih dan sejuk, karena air kolam berasal dari mata air bukandari air olahan. Mata air di taman Tirtagangga oleh masyarakat lokaldianggap sebagai air suci. Digunakan dalam upacara keagamaaan di daerahsekitar taman Tirtagangga. Mata Air Rejasa memiliki jumlah air yang sangat besar, jernih danmenyejukkan. Sepertiga dari pasokan mata air Rejasa di kirim ke rumahpenduduk di Kota Amlapura (ibu kota Karangasem).

57. Pesona Keindahan Wisata Padangbai di Manggis Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/02/pesona-keindahan-wisata-padangbai-di.html

Wisata Padangbai di Manggis Karangasem Bali adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Padangbai , Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia.Wisata Padangbai di Manggis Karangasem Bali adalah tempat wisata yangramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat inisangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitaskita sehari hari.

Wisata Padangbai di Manggis Karangasem Bali memiliki pesona keindahanyang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika andaberada di kota Karangasem tidak mengunjungi Wisata Padangbai di ManggisKarangasem Bali yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Padangbai di Manggis Karangasem Bali sangat cocok untuk mengisikegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti liburnasional, ataupun hari libur lainnya. Keindahan Wisata Padangbai diManggis Karangasem Bali ini sangatlah baik bagi anda semua yang beradadi dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat WisataPadangbai di kota Karangasem.

58. Pesona Keindahan Wisat Rumah Pohon di Kubu Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/02/pesona-keindahan-wisat-rumah-pohon-di.html

Wisat Rumah Pohon di Kubu Karangasem Bali merupakan tempatpesanggrahan pribadi, yang diperuntukkan untuk mendapatkan keheningan,kedamaian di tengah alam pegunungan dan hamparan pemandangan indah.Sebenarnya pemilik enggan untuk membuka kawasan ini untuk umum, tapikarena terlalu banyaknya pengunjung terutama saat liburan dan akhirpekan, maka terpaksa dibuka juga dengan harga tiket masuk Rp10.000/orang.

Berawal dari sebuah kunjungan sejumlah orang yang ingin menikmatinuansa yang bukan mainstream, dan kemudian mengunggah pengalaman wisatamereka ke Rumah Pohon Karangasem di media sosial seperti di instagram dan facebook, dengan panorama berbeda, cukup unik dan spesial tentumengundang perhatian bagi banyak orang. Sehingga tempat ini menjaditerkenal, bagi kalangan remaja dan kaum muda.

Tempat ini hanya memiliki dua buah rumah pohon, yang luasnya sekitar 9meter persegi yang bisa menampung maksimal 4-6 orang, bahkan yangsatunya lebih kecil lagi, jika banyak pengunjung anda perlu antre agarbisa berada di atas pohon dan menikmati alam sekitarnya dengan lebihleluasa, untuk itu disarankan berkunjung pada hari-hari biasa saja.Untuk menaiki rumah pohon tersebut anda harus melewati jembatan gantung,terasa unik dan menarik.

59. Pesona Keindahan Agrowisata Abian Salak di Sibetan Karangasem Bali

Agrowisata Abian Salak di Sibetan Karangasem Bali merupakan tempatwisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak adaduanya. Penduduk lokal daerah Agrowisata Abian Salak di SibetanKarangasem Bali juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupunwisatawan asing.

Sibetan adalah nama sebuah desa di Kecamatan Bebandem yang memilikipotensi alam pertanian khas di Kabupaten Karangasem yang terkenal dengantanaman salak. Hampir seluruh penduduk di desa ini menjadi petani salakyang tersebar merata di sisi kanan dan kiri sepanjang jalan desa danjalan raya utama. Buah salak yang dihasilkan oleh desa ini sangat terkenal sebagai salakBali yang memiliki citarasa tersendiri dan berbeda dari buah sejenisdari daerah lain di Indonesia.

Oleh karena itulah maka desa inidikembangkan sebagai obyek agrowisata tanaman salak. Hawa yang sejuk memberikan nilaitambah bagi keberadaan obyek ini dimana pengelolaannya dilakukan olehwarga setempat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata DukuhLestari. Terdapat 15 jenis varietas salak yang tumbuh di Desa Sibetan, beberapadi antaranya merupakan produk unggul, seperti salak nenas dan salak gulapasir yang rasanya sangat manis, segar serta daging buah yang tebal.

60. Wisata Pantai Jemeluk di Abang Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/02/pesona-keindahan-wisata-pantai-jemeluk.html

Wisata Pantai Jemeluk di Abang Karangasem Bali merupakan tempat wisatayang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya.Penduduk lokal daerah Wisata Pantai Jemeluk di Abang Karangasem Balijuga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.Kota Karangasem juga terkenal akan Wisata Pantai Jemeluk di AbangKarangasem Bali yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Pantai Jemeluk di Abang Karangasem Bali ini menjadi favoritkalangan wisatawan yang hobi dengan pariwisata tirta atau air sepertiberenang, snorkeling atau diving.Yang menjadi daya tarik di daerah Jemeluk ialah keindahanbawah lautnya yang super indah. Airnya juga sangat jernih dan tenangdengan hamparan batu karang yang begitu menawan sehingga banyak sekaliragam jenis ikan laut tropis yang hidup disini.

Wisata Pantai Jemeluk di Abang Karangasem Bali masih tergolong sepi dan tampak alami. Selainkeindahan lautnya yang bisa dinikmati, di Jemeluk juga bisamenyaksikan pembuatan garam tradisional yang dilakukan oleh penduduksekitar. Di samping itu pemandangan alam di sini sangat mempesona biladilihat dari tempat ketinggian dimana di atas Jemeluk akantampak gunung Agung di kejauhan, perbukitan dengan lembah dan jurangnyaserta hamparan laut yang luas membiru dan perahu-perahu nelayan (jukung).

61. Pesona Keindahan Wisata Pantai Tulamben di Kubu Karangasem Bali

https://ihategreenjello.com/2017/02/pesona-keindahan-wisata-pantai-tulamben.html

Wisata Pantai Tulamben di Kubu Karangasem Bali merupkan objekwisata yang terkenal dengan site diving terbaik, tempat lokasi terumbukarang, ikan, dan bangkai kapal (wreck) membuatnya jadi tempat menyelamterfavorit, Menjadi salah satu tempat diunggulkan dengan keindahanbawah lautnya. Tulamben ini juga sudah tersedia insfratuktur sertafasilitas pendukungindustri pariwisata baik itu hotel, restaurant, beragam pusat informasimenyelam, layanan sewa mobil di Balidan layanan tour. J

Wisata Pantai Tulamben di Kubu Karangasem Bali ini anda bisa menyaksikanpanorama bawah laut seperti eksotisme ikan-ikanberenang berseliweran, menggoda setiap mata pengunjungnya, warna-warniterumbu karang, tentu saja menjadi pemandangan langka serta menarikuntuk dilihat. Tujuan untuk wisata di Bali , terutama untuk rekreasiunderwater diving tujuan utamanya adalah bangkai kapal (wreck point).Kita tinggal berenang lebih ke tengah.

Sambil mengamati baik-baik kebawah permukaan air. Kita akan bisa melihat buritan kapal tenggelamakibat ditembak terpedo milik Jepang pada perang dunia I tersebut. Bagianpaling atas kapal ini hanya sedalam tiga meter dari permukaan.Kedalamannya hanya maksmimal 30 meter.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button