Tempat WisataWisata Badung

60 Tempat Wisata di Bandung Terbaru Paling Hits yang Harus Dikunjungi

60 Daftar Wisata di Bandung yang Harus Dikunjungi – Indonesia memang memiliki berbagai macam keindahan alam. Pesona inilah yang menjadi lirikan wisatawan mancanegara untuk berkunjung dan menikmati sajian yang di beberapa tempat hanya dimiliki oleh Ibu Pertiwi. Perlahan, negeri ini mulai diakui keindahannya dengan menduduki peringkat atas di beberapa lembaga survey dunia tentang pariwisata.

Satu Kota diantara keindahan Nusantara diwakili oleh Bandung. Wilayah di Jawa Barat ini memang sudah dikenal glamor sejak zaman kolonial Belanda. Setiap sudut dan tempatnya memiliki pesona yang membuat siapa pun akan rindu untuk datang lagi dan lagi.

Daftar Tempat Wisata di Bandung

Penasaran dengan keindahan Bandung yang begitu popular di seluruh kalangan wisatawan. Di bawah ini, ada 60 daftar tempat wisata yang wajib anda kunjungi dan menjadi rekomendasi bagi wisatawan yang berkunjung ke Bandung,

1. Sendang Geulis Kahuripan

  • Alamat : Ganjarsari, Cikalong wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, 40556
  • HTM : Rp 10.000,-
  • Jam Buka : 07:00 – 18:00
  • Maps : Klik Disini

Saat pertama kali menginjakkan kaki disini, anda akan merasakan kesejukan luar biasa. Suasana tenang, nyaman, dan damai. Disini, anda akan disajikan dengan kolam air yang sangat jernih, dengan background perbukitan dan sawah-sawah yang mengesankan. Air yang jernih ini ternyata mempunyai berbagai macam khasiat lho.

Sumber Instagram @sg_kahuripan

Salah satunya Bagi kaum hawa yaitu untuk kecantikan. Banyak warga sekitar dan pengunjung yang percaya berkhasiat mempercantik dan bahkan mampu menghaluskan kulit tubuh agar awet muda.

Selain menjadi tempat untuk berenang, Sendang geulis kahuripan juga digunakan beberapa komunitas fotografi untuk mengambil gambar dan foto yang terlihat sangat mengesankan. Bila berkunjung ke tempat ini, disarankan untuk datang pada hari senin hingga kamis.

Atau lebih tepatnya pada hari-hari sepi. Lantaran kawasan ini tidak terlalu luas. Jika, datang pada hari libur atau week end, Sendang Geulis kahuripan akan dipenuhi oleh banyak pengunjung. Sehingga, kurang nyaman untuk menikmati semua sajian yang ada disini.

Menuju ke kawasan ini juga harus berhati-hati lantaran jalanan yang tidak beraturan dan kondisinya yang tidak terlalu mulus. Apalagi, saat musim penghujan jalan berlubang akan tertutup dengan air. Sehingga, perlu waspada tingkat tinggi.

2. Sanghyang Heuluet

  • Alamat : Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, 43283
  • HTM : Rp 10.000,-
  • Jam Buka : 08:00 – 16:00
  • Maps : Klik Disini

Pemadangan nan elok tersaji di depan mata saat anda berada di kawasan ini. Bebatuan, tebing yang indah, serta gemericik air sungai dan suasananya adem lantaran banyaknya pepohonan yang menjulang tinggi di kawasan ini. Nah, berada di sahyang heuluet berarti anda sedang berada di zaman purba yang merupakan cikal-bakal dari daerah Bandung.

Sumber Instagram @dekorasi 19

Kawasan ini adalah danau kecil yang mengalir dari atas sungai citarum purba. Selain menjadi kawasan danau purba, yang menarik di tempat ini adalah legenda dan mitos yang berkembang di kalangan masyarakat. Dimana, sahyang heuluet ini adalah tempat mandinya para bidadari.

Dari namanya sahyang memiliki arti sebagai sesuatu yang dianggap suci. Kemudian, nama heuluet sendiri memiliki arti sebagai jeda atau batas sesuatu atau waktu. Dengan pemandangan dan pesonanya yang esoktis membuat siapa pun yang berkunjung kesini dijamin enggak bisa move on. Ingin terus berlama-lama disini saja.

Apalagi, bila anda menikmati kawasan ini dengan berenang. Rasa airnya yang merasuk ke dalam kulit sungguh sangat menyegarkan. Cobalah untuk sesuatu yang berbeda dengan loncat dari bebatuan yang paling tinggi. Pasti sangat seru dan menyenangkan.

 3. Dusun Bambu

  • Alamat : Jl. Kolonel Masturi KM 11, Situ Lembang, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • HTM  : Rp 15.000,-
  • Jam Buka : 08:00 – 21:00
  • Maps : Klik Disini
  • No. Telp : 022 – 82782020

Ada beberapa alasan mengapa anda wajib mengunjungi tempat ini? Salah satunya adalah keindahan alam yang  berupa danau yang sangat mengesankan. Suasana dan nuansanya seperti di sebuah pedesaan yang sangat asri dan alami. Sehingga, anda akan dibuat terbuai dengan apa yang disajikan disini.

Sumber Instagram @dusun_bambu

Selain itu, anda juga bisa menikmati konsep restoran yang berbeda dari yang lainnya dengan menggunakan sarang burung sehingga akan menambah nafsu makan. Selain itu, kawasan ini menjadi tempat paling romantis di bandung. Sehingga, datang ke tempat ini wajib membawa pasangan.

Bagi yang membutuhkan penginapan mungkin tempat ini bisa juga dijadikan sebagai salah satu alternatif menginap paling menyenangkan. Dengan berbagai macam fasilitas yang disediakan disini, membuat anda wajib merasakan bermalam di kawasan yang sangat menyenangkan ini.

4. Tebing Citatah

  • Alamat : Citatah, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa barat, 40554
  • HTM : Rp 10.000,-
  • Jam Buka : 08:00 – 17:00
  • Maps : Klik Disini

 

Bandung memang menyediakan beberapa kawasan wisata yang cukup lengkap. Dimana, ada wahana wisata ekstrem yang bisa menantang diri sendiri. Seperti yang berada di tebing citatah ini. objek wisata berupa tebing dengan morphologi yang sebagian besar terbentuk dari kapur.

Sumber Instagram @nananius

Disini, anda bisa memanjat tebing dan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Memang sangat terjal, tetapi mampu memacu adrenalin anda yang haus akan tantangan. Disini, tidak hanya ada satu saja tetapi, ada beberapa lokasinya.

Dilihat dari sejarahnya, kawasan ini dahulunya adalah pertambangan kapur yang sangat aktif. Sayangnya, saat ini kawasan ini pun ditutup untuk aktifitas penambangan lantaran, merusak lingkungan wisata citatah

Saat berada diatas tebing, anda bisa menikmati bagaimana keindahan kawasan ini yang menakjubkan. Pesonanya memang mampu meluruhkan segala lelah, dan keringat saat mendaki ke atas.

Tidak hanya wisatawan nusantara saja, melainkan wisatawan mancanegara pun juga penasaran dengan tebing citatah ini. Segala peralatan disini sudah bagus dan memiliki tingkat keamanan super tinggi, sehingga anda tidak perlu takut untuk mendakinya.

5. Curug Bubrug

  • Alamat : Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, 40551
  • HTM : Rp 7.500,-
  • Jam Buka : 09:00 – 17:00
  • Maps : Klik Disini

Lokasi Curug Bubrug terletak di ketinggian 1.050 mdpl dengan tinggi curug mencapai 50 meter. Nama dari objek wisata ini diambil dari bahasa sunda dimana, dalam bahasa Indonesia bubrug mempunyai arti bertumpuk. Kawasan ini pun mempunyai kedalaman air kurang lebih 3 – 4 meter.

Sumber Instagram @_kopites_man

Lokasi ini terletak di dekat ciwangun indah camp yang sangat cocok bagi anda untuk selfie-selfie. Lebar curug ini kurang lebih 2 meter dengan debit air yang cukup melimpah. Sehingga, kawasan ini pun sangat cocok bagi anda yang ingin relaksasi dari kepenatan yang menumpuk.

 

6. Jembatan Kereta Api Sadu

  • Alamat : Jl. Raya Soreang Ciwidey, No.255, Sadu, Soreang, Bandung, Jawa Barat 40913
  • HTM : Free
  • Jam Buka : 24 jam
  • Maps : Klik Disini

 

Berwisata Bandung tidak harus mengunjungi kawasan alamnya yang memang mempesona. Anda juga bisa mengunjungi peninggalan masa lalu, yang saat ini bisa dibilang sangat instragamable. Seperti halnya, jembatan kereta api sadu ini. Rel kereta api yang sudah tidak aktif lagi ini seakan menjadi pemburu para fotografer yang ingin menghasilkan hasil gambar yang berbeda.

Sumber Instagram @adityapratama33

Jalur ini dahulunya ada jalur kereta api yang menghubungkan antara Bandung dan Ciwidey. Dimana, saat ini rel ini sedang menjadi bahan perbincangan untuk dihiduplan kembali. Disini, anda bisa menyaksikan betapa kesempurnaan Bandung melalui pesona alamnya.

Dipadukan dengan rel dan jembatan kuno, sehingga, menimbulkan sebuah gambar yang sangat esoktis. banyak komunitas fotografi mengunjungi jembatan yang usianya sudah sangat tua ini.

 

7. Gunung Manglayang

  • Alamat : Ciporeat, Cilengkrang, Bandung, Jawa Barat
  • HTM : Free
  • Jam Buka : 24 jam
  • Maps : Klik Disini

Gunung Manglayang terletak di antara dua kabupaten yaitu sumedang dan Bandung. Mempunyai tinggi kurang lebih 1.818 mdpl. Nah, perlu diketahui oleh anda semua bila, kawasan ini merupakan kawasan terindah diantara beberapa gunung yang ada di Bandung,

Sumber Instagram @wisatakabupatenbandung

Pesona alamnya yang berwarna hijau dan berpadu dengan birunya langit, membuat semua orang menyebutnya sebagai sebuah lukisan alam yang sempurna. Bagi kamu yang ingin mendaki gunung ini, jangan heran bila disini tidak mempunyai pos pendakian. Lantaran, kawasan ini masih belum terlalu dikenal oleh para pendaki dari mana pun.

8. Curug Cinulang

  • Alamat : Curug Cinulang, Cicalengka, Bandung, Jawa Barat
  • HTM  : Rp 5.000,-
  • Jam Buka : 08:00 – 17:00
  • Maps : Klik Disini

Curug ini mempunyai ketinggian 30 meter begitu menawan dan esoktis dengan pemandangan alam dan suasana yang sangat teduh. Berada disini, memang akan lupa diri dan lupa waktu.

Sumber Instagram @cuinulangwisatacurug

Sayangnya, curug ini bukan untuk sepasang kekasih. Lantaran, ada mitos yang menyebutkan bahwa, bila ada sepasang kekasih mengunjungi tempat ini maka perjalanan cinta mereka tidak akan bertahan lama.

Entah benar atau tidak mengenai mitos ini. tetapi, sudah banyak pasangan yang membuktikan sendiri kebenarannya. Tidak hanya berhenti sampai disitu, ada mitos lagi yang juga sangat dipercaya bila anda datang sendiri ke tempat ini, maka anda yang sedang sendiri akan segera mendapatkan jodoh.

 

9. Jalan Braga

  • Alamat : Jl. Braga, Sumur, Kota Bandung, Jawa barat,
  • HTM : Free
  • Jam Buka : 24 Jam
  • Maps : Klik Disini

Sejak zaman dahulu, kawasan jalan braga adalah tempat paling menarik untuk dikunjungi. Terletak di pusat kota, kawasan ini memang semakin berbinar dengan kawasan yang memang sudah di bentuk seperti eropa oleh pemerintahan kolonial Belanda ini. Berasal dari Jalan inilah, Bandung disebut sebagai kota kembang hingga saat ini.

Sumber Instagram @m3I.Photography

Di sini, anda akan menikmati sajian megah bangunan-bangunan tua masa lalu yang masih berdiri kokoh. Ada banyak brand-brand ternama dan toko-toko dengan kualitas mumpuni. Jalan Braga di Bandung ibarat kata seperti pergi ke Malioboro yang berada di Yogyakarta. Belum ke jogja kalau belum ke malioboro. Belum ke Bandung bila belum ke jalan braga.

 

10. Trans Studio Bandung

  • Alamat : Jl. Gatot Subroto No. 289, Cibangkong Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat, 40273
  • HTM : Mulai dari 180 ribu rupiah
  • Jam Buka : 10:00 – 19:00 (Weekday), 09:00 – 22:00 (Weekend)
  • Maps : Klik Disini

 

Siapa yang tidak mengenal Trans studio Bandung. Permainan indoor terbesar di kawasan asia tenggara ini menghadirkan beberapa permainan yang seru dan menegangkan. Adrenalin anda benar-benar akan terpacu. Seperti, giant swing, dan juga Yamaha coaster yang akan melaju dengan kecepatan 120km/jam.

Disini anda juga bisa menikmati petualangan dan penjelajahan khas alam afrika yang sangat menyenangkan. Rasakan pula teknologi baru sinema 4d yang sangat mengesankan dengan jagoan-jagoan superhero yang mempunyai semangat juang tingg. Mau, menguji rasa takutmu? Datang ke dunia lain, dan lihat apa yang akan anda lihat disana.

11. Situ Cisanti

  • Alamat : Kampung Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
  • HTM  : Rp 7.500,-
  • Jam Buka : 08:00 – 17:00
  • Maps : Klik Disini

Inilah dia suasana alam Kabupaten Bandung yang mengesankan. Hadir dengan 7 mata air membuat situ cisanti tidak boleh dilewatkan. Anda bisa bersantai-santai di pinggir danau sembari menghirup udaranya yang sangat segar. Saking indahnya, banyak sekali teman-teman komunitas fotografi yang datang untuk mengabadikan setiap momen di tempat ini.

Sumber Instagram @wisatakabupatenbandung

Tidak hanya itu saja, keindahan situ cisanti membuat beberapa pengunjung jatuh hati dan memilih tempat ini untuk prewedding mereka. Maklum saja, objek wisata ini secara geografis dikeliling oleh beberapa gunung seperti, Gunung wayang, Rakutak, Malabar, serta gunung kendang.

12. Babakan Silawangi

  • Alamat : Jl. Tamansari No 73 Lb, Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat, 40132
  • HTM  : Free
  • Jam Buka : 24 jam
  • Maps  : Klik Disini

 

Inilah dia, ruang terbuka hijau yang letaknya tidak jauh dari Kota Bandung. Saking segarnya udara yang dihasilkan, beberapa pengunjung pun memadati kawasan ini Apalagi, saat datang hari libur. Mereka berkunjung bersama dengan keluarga dan memancarkan rona kebahagiaan yang tidak ternilai.

Sumber Instagram @ nam.bar3

Luas kawasan ini kurang lebih 3,8 hektar. Dimana, hidup beberapa ekosistem seperti flora dan juga fauna. Kawasan ini adalah sebuah lembah yang dibentuk dari sungai cikapundung. Sehingga, banyak masyarakat Bandung yang menyebut objek wisata ini sebagai warisan alam yang patut dijaga.

Ada berbagai macam fasilitas yang disajikan di tempat ini. seperti forest walk yang cukup panjang. Sehingga, bisa digunakan sebagai kawasan jogging. Biasanya pula di hari minggu, anda akan menikmati lomba burung mulai dari suara hingga kandangnya. Menarik sekali bukan?

Tidak hanya lomba burung atau disebut dengan bird house. Tetapi, ada beberapa lomba yang diadakan disini. seperti kegiatan kesenian, dimana kegiatan ini selalu dilakukan rutin setiap bulan.

13. De Ranch Lembang

  • Alamat : Jl. Maribaya No. 17, Lembang, Bandung, Jawa Barat
  • HTM  : Rp 10.000,-
  • Jam Buka  : 09:00 – 17:00 (week day), 08:00 – 18:00 (Weekend)
  • Maps  : Klik Disini

 

Sebelum menjadi sebuah objek pariwisata, De Ranch Lembang adalah sebuah peternakan kuda biasa. Kemudian, pada 2007, peternakan ini pun berkembang menjadi sebuah objek wisata yang mengusung tema dan konsep yang berbeda. Dimana, konsep ini belum ada di kawasan bandung dan sekitarnya.

Sumber Instagram @rahmanex

Dengan area hijau nan luas membuat anda semakin betah dibuatnya. Apalagi, dengan suasana lembang yang memang sangat sejuk. Wahana permainan utama disini adalah naik kuda. Anda akan dipandu dengan para petugas untuk naik ke atas kuda, berkeliling De ranch.

Asiknya lagi, anda bisa menyewa baju koboy. Sehingga, terlihat totalitasnya menjadi koboy sehari di De Ranch. Bagi anda yang mungkin takut untuk naik kuda, anda bisa menikmati wahana delman yang disediakan pihak pengelola. Selain itu, fasilitas permainan air pun juga bisa dinikmati oleh Para pengunjung.

Tidak hanya itu saja, ada juga penjaja kuliner yang hadir dengan berbagai macam menu menarik bisa dipilih dan dinikmati. Terakhir, nikmati fasilitas permainan anak seperti perosotan, jungkat-jungkit, dan ayunan

14. Taman Film

  • Alamat : Jl. Layang Pasupati, Taman Sari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat, 40116
  • HTM : Free
  • Jam Buka : 24 jam
  • Maps : Klik Disini

 

Luas taman ini kurang lebih 1.300 meter persegi dengan kapasitas pengunjung kurang lebih 500 orang. Melengkapi fasilitas kekinian dari Taman ini hadir videotron raksasa dengan ukuran 4 x 8 meter. Disini pun juga dilengkapi dengan tempat duduk. Anda bisa duduk disini dan bercengkrama kesana-kemari bersama dengan teman atau sahabat.

Sumber Instagram @jelajahBandung

Kawasan Taman film memang berada di bawah jembatan layang. Sebelum menjadi kawasan yang esoktis ini. Tempat ini adalah sebuah kawasan kumuh yang tidak pernah di sentuh. Sehingga, merusak pemandangan dan mengganggu lingkungan. Apalagi, banyak cerita seram juga hadir di sekitar kawasan.

Namanya juga taman film, jadi anda bisa melihat berbagai macam film seperti film Indonesia, film barat, film korea, dan film india. Jadwal pemutarannya pada pukul 18:30 sampai 21:00 di setiap weekday. Dan pukul 17:00 sampai pukul 22:00.

15. Kawah Putih Ciwidey

  • Alamat : Sugihmukti, Pasir Jambu, Bandung, Jawa Barat
  • HTM : Rp 18.000,-
  • Jam Buka : 08:00 – 17:00
  • Maps : Klik Disini

 

Inilah dia gugusan dari Gunung Patuha dimana kawah putih hadir membentuk sebuah kawah yang cukup besar. Hadir dengan warna putih dan bau belerang yang begitu menyengat. Perpaduan pesona alam di sini membuat anda susah untuk diajak pulang, lantaran ada banyak spot foto menarik yang tidak boleh dilewatkan.

Sumber Instagram @kawahputih.bdg

Disarankan bagi anda yang membawa mobil untuk parkir di bawah dan naik ontang-anting. Angkutan ini digunakan khusus menuju ke kawah. Karena, bila naik ke atas tetap menggunakan mobil, maka anda akan dikenakan tarif parkir sebesar 150 ribu rupiah. harga yang cukup mahal bukan dibandingkan parkir di bawah yang hanya 6 ribu rupiah.

Naik ontang- anting pun juga tidak mahal hanya 13 ribu rupiah. Dengan naik ontang-anting, anda pun ikut membantu perekonomian warga sekitar yang memang menggantungkan hidup mereka melalui Kawah Putih.

16. Situ Cileunca

  • Alamat : Desa Wanasari, Kecamatan Pangelangan, Bandung, Jawa Barat
  • HTM  : Rp 2.500,-
  • Jam Buka : 08:00 – 17:00
  • Maps : Klik Disini

Tempat ini menyuguhkan keindahan alam kota Bandung yang sangat menyenangkan. Pepohonan hijau menjulang tinggi dan berjajar sehingga, semilir angin akan sangat terasa disini.

Sumber Instagram @sdalfacentauri

Situ Cileunca mempunyai jembatan yang cukup panjang terletak di tengah-tengah situ atau danau. Kawasan ini akan ramai dipenuhi oleh pengunjung bila datang sore hari. Karena, pesonanya memang luar biasa indahnya. Objek wisata yang memiliki luas 1400 hektar ini pun juga digunakan sebagai PLTA.

Pusing mau bawa oleh-oleh apa untuk orang rumah? Tenang, bawa saja buah strawberry yang sangat segar dan nikmat. Buah ini biasanya di petik pada pagi hari. Sehingga, tidak perlu takut bila buah yang punya rasa asam dan manis ini akan busuk.

 

17. Sunrise Point Cukul

  • Alamat : Jl. Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat, 40378
  • HTM  : Rp 5.000,-
  • Jam Buka  : 24 jam
  • Maps : Klik Disini

Inilah dia, tempat baru di Bandung yang mempunyai suhu, suasana, serta nuansa yang sangat mengesankan. View yang disajikan pun mengundang decak kagum sejak pertama kali menginjakkan kaki di sini. hingga, beranjak dari kawasan ini. Dengan ketinggian 1600 mdpl, membuat tempat ini wajib untuk dikunjungi.

Sumber Instagram @sunrisepointbandung

Keunggulan dari kawasan ini adalah pemandangan matahari terbit yang sangat mengesankan. Tidak hanya momen sunrise saja, anda juga bisa menikmati momen foto-foto spot selfie yang sudah disediakan di tempat ini.

Sayangnya, menuju ke kawasan ini pun perlu dengan keringat dan air mata, lantaran, dari tempat parkir menuju titik lokasi cukup jauh. Tetapi, jangan mengeluh dahulu karena, saat sampai disana. Semua rasa lelah dan keluh kesah itu akan sirna dengan sendirinya tergantikan dengan decak kagum tanpa henti.

 

18. Curug Dago

  • Alamat : Jl. Dago Pojok, Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat, 40135
  • HTM : Rp 15.000,-
  • Jam Buka : 08:00 – 17:00
  • Maps : Klik Disini

Curug ini mempunyai tinggi 800 mdpl, menariknya lagi anda bisa menyaksikan  bagaimana jejak peninggalan kerajaan Thailand. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya dua prasati batu tulis pada tahun 1818. Menuju ke titik lokasi pun tidak mudah, anda harus berjalan dari area parkir dengan melewati jembatan gantung dari sungai cikapundung.

Sumber Instagram @Kimung003

Kemudian, melewati pintu masuk dan berjalan lewat beberapa anak tangga yang terbuat dari beton. Disarankan untuk berhati-hati, karena jalannya pun terlalu licin  dan curam. Setelah menuruni anak tangga anda bisa berjalan kurang lebih 100 meter. Hingga, anda akan sampai di Curug Dago.

Menuju ke Curug Dago bisa juga melalui Terminal Dago. Masuk ke jalan setapak yang ukurannya satu meter. Kemudian, setelah setengah kilometer anda masuk ke jalan besar. Dimana, kondisi jalannya sudah cukup rapi dan dibuat dari beton. Lalu, parkirkan kendaraan anda di parkir taman budaya. Selanjutnya, lewati jalur anak tangga yang cukup curam dan licin.

19. Barusen Hills Ciwidey

  • Alamat : Gambung, Ciwidey, Cisondan, Pasir Jambu, Bandung, Jawa Barat
  • HTM  : Rp 20.000 (Weekday) Rp 25.000,- (Weekend)
  • Jam Buka : 08:00 – 17:00
  • Maps : Klik Disini

 

Inilah kawasan romantis di Bandung yang bisa anda kunjungi saat datang hari libur. Mengapa bisa di bilang romantis? Karena, tema yang disuguhkan disini adalah love. Hampir semua bentuknya di buta seperti jantung hati, agar kita senantiasa dalam bingkai cinta yang membuat bahagia.

Sumber Instagram @wisatakabupatenbandung

Hadir dengan berbagai macam warna dari bunga-bunga yang bermekaran. Sehingga, nuansa dan suasana yang ada disini terasa berbeda dengan kawasan wisata yang lain. Hadir pula sebuah danau yang tidak terlalu besar yang disebut dengan Barusen Lake. Dengan sebuah jalan menuju titik spot love yang berada di tengah-tengah danau tersebut anda bisa menyewa perahu agar nuansanya lebih romantis.

Titik ini menjadi titik favorit bagi seluruh pengunjung yang datang. Sehingga, jangan heran bila anda akan antri panjang disini. Selain itu, anda juga bisa menikmati landmark kota belanda berupa kincir angin. Fasilitas terakhir adalah kolam renang yang dilengkapi dengan ember tumpah, serta perosotan air.

20. Gunung Tangkuban Perahu

  • Alamat : Jl. Raya Tangkuban Perahu, Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
  • HTM  : Rp 20.000,- (weekday), Rp 35.000,- (Weekend)
  • Jam Buka : 07:00 – 17:00
  • Maps : Klik Disini

 

Siapa yang tidak mengenal Gunung ini, dimana sebuah legenda pun hadir dengan berbagai macam pesonanya. Kawasan ini masih tergolong sebagai gunung berapi aktif. Jadi, kawasan ini akan tutup bila gunung ini sedang bergejolak. Selain itu, anda pun bisa menikmati keindahan kawah yang mempesona.

Sumber Instagram @michaelwinata

Berada di ketinggian 2.084 mdpl, kawasan ini memiliki kawah yang berjumlah 9. Dimana, tiga diantaranya adalah kawah yang sering dikunjungi oleh wisatawan. nah, ketiga kawah ini pun usianya sudah mencapai puluhan ribu tahun yang lalu. Dimana, satu yang paling terkenal adalah kawah Ratu.

Dengan luas kurang lebih 8000 hektar. Bentuknya pun menyerupai sebuah mangkok besar yang sangat dalam. Disini, ada beberapa  penjual souvenir yang menarik dan juga warung-warung yang bisa digunakan untuk menikmati berbagai macam menu kuliner yang nikmat.

21. Bukit Senyum

  • Alamat : Ganjarsari, Cikalongwetan, kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, 40556
  • HTM : Rp 5.000,-
  • Jam Buka : 24 Jam
  • Maps : Klik Disini

Objek wisata ini berada dalam kawasan RPH Burangrang yang memiliki luas lahan 8,5 hektare. Ditanami pohon pinus kurang lebih 1500 pohon setiap satu hektarnya. Luas kawasan yang digunakan sebagai tempat wisata mencapai 5 hektar yang dirintis oleh penduduk sekitar pada bulan November 2016.

Sumber Instagram @discoverbandung

Awalnya, para penduduk menanam kopi untuk menyambung hidup mereka. Tetapi, tanaman kopi kurang berkembang lantaran, tidak mendapat sinar matahari yang cukup. Oleh karena itu, terjadi alih fungsi menjadi wana wisata bukit senyum yang diresmikan pada 19 April 2017.

Nama dari bukit senyum diambil karena, siapa pun yang datang ke tempat ini, melihat panorama alam perbukitan ini akan tersenyum. Oleh karena itu, diberi nama bukit senyum.

Berada di ketinggian 1,300 mdpl membuat kawasan ini mempunyai suhu dan suasana yang selalu dirindukan oleh para pengunjung. Disini, anda akan disuguhkan dengan berbagai macam permainan seperti outbond, flying fox, painball, dan archery war battle war.

22. Observatorium Boscha

  • Alamat : Peneropong Bintang, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
  • HTM : Rp 15.000,-
  • Jam Buka : 09:00 – 14:30 (Minggu dan Senin Tutup)
  • Maps  : Klik Disini

 

Masih ingat dengan film petualangan sherina? Film inilah yang memperkenalkan objek wisata observatorium boscha. Dimana, anda bisa melihat bagaimana Tuhan mencipatakan alam semesta ini begitu indah. Sayangnya, kawasan ini hanya membuka jadwal untuk kunjungan pariwisata satu bulan 4 kali.

Sumber Instagram @myjourney.nike

Hal yang menarik disini, anda akan dibawa untuk menikmati bagaimana cara kerja teleskop zeiss yang terletak di sebuah atap besar yang berbetuk kubah itu. Saat hendak dipakai kubah ini akan membuka dan anda siap meneropong bintang-bintang di langit.

Cobalah mengunjungi kawasan ini pada musim kemarau dan saat malam tiba. Karena, anda bisa berkesempatan untuk menikmati teleskop bemberg untuk melihat apa saja yang ada di langit sana. Bagaimana, tertarik untuk menikmati kawasan ini?  Simak dulu jadwalnya ya.

23. NuArt Sculpture

  • Alamat : Jl. Sura Duta Kencana II/11, Bandung, Jawa Barat
  • HTM  : Rp 50.000,-
  • Jam Buka : 09:00 – 18:00 (Weekday) 11:00 – 22:00 (Weekend)
  • Maps : Klik Disini

 

Tempat ini memang dikhususkan bagi kalian yang mempunyai jiwa seni yang tinggi. Lantaran disini, anda akan dimanjakan dengan berbagai macam kesenian patung, dan lukisan yang pastinya bakal menghadirkan decak kagum tanpa henti. Dari tangan-tangan kreatif seorang maestro seni kelahiran bali yang namanya sudah mendunia. Beliau adalah Nyoman Nuarta.

Sumber Instagram @Nuartpark

Kawasan ini pun dibuka sejak tahun 2000. Nyoman Nuarta adalah seorang seniman yang menghasilkan berbagai macam karya seni diakui oleh dunia. Tidak hanya itu pula, beliau juga mampu menyabet beberapa gelar dan penghargaan.  Nah, luas lahan kawasan ini kurang lebih 3 hektar.

Disini, ada sebuah patung legendaris yang filmnya pernah dibuat ke layar lebar pada tahun 2008. Patung tersebut adalah patung Drupadi. Dimana, patung ini menggambarkan adegan 3 makhluk, 2 manusia, dan  1 sosok wajah yang sangat menyeramkan dengan gigi tajam seperti wajah setan.

Disini, anda pun bisa menikmati berbagai macam menu kuliner yang sangat nikmat. Dimana,  menu andalannya adalah nasi campur dan Balinese bebek crispy yang dijamin menggoyang lidah.

24. Taman Bunga Cihideung

  • Alamat : Jalan Terusan Sersan Bajuri No.37, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559
  • HTM  : Free
  • Jam Buka : 24 Jam
  • Maps : Klik Disini

Disini, anda akan disuguhkan dengan berbagai macam tanaman hias dan aneka bunga yang indah. Nah, kawasan ini adalah pemasok atau penyedia  tanaman hias yang ada di Kota Bandung. Lantaran, tempat ini memang tumbuh tumbuhan yang sangat banyak dan sangat memukau.

Sumber Instagram @lapliep

Kawasan ini menempati luas lahan kurang lebih 50 hektar dimana, sebagian besar masyarakat sekitar berprofesi sebagai  petani tanaman hias dan penjual bunga yang ada di sepanjang jalan menuju ke tempat ini. di Taman ini pula anda juga bisa langsung membeli bunga-bunga yang ada disini dengan harga yang lebih murah daripada yang ada di pinggir jalan.

Dengan ketinggian 1.100 mdpl membuat tempat ini memiliki kesejukan yang luar biasa. Mata anda akan terasa di cuci sehingga menjadi fresh. Jangan lupa membawa kamera yang mumpuni, agar setiap momen di tempat ini bisa diabadikan ke dalam foto dan gambar.

 

25. The Lodge Maribaya

  • Alamat : Jl. Maribaya No.149/252, Rt.03/Rw.15, Babakan Gentong. Cibodas Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, 40391
  • HTM : Rp 20.000,- (Weekday), Rp 25.000,- (Week end), Rp 35.000 (Libur nasional)
  • Jam Buka : 09:00 – 17:00
  • Maps : Klik Disini

Kawasan ini berada di ketinggian 2.090 mdpl. Dengan luas kawasan mencapai 3 hektar. Dengan ketinggian ini, pasti anda sudah bisa bayangkan bukan? Bagaimana keindahan dan suasana sejuk yang ada disini. Keunggulan dari tempat ini adalah menyediakan berbagai macam spot foto yang bisa dimasukkan ke dalam galeri media sosial.

Sumber Instagram @fitriiadams

Hadir pula curug maribaya, yang merupakan air terjun dari sebuah sungai yang mengalir disini. Hanya saja, kondisi air terjun ini kotor dan kurang menarik untuk dijadikan sebagai spot foto seperti air terjun lainnya. Ada berbagai macam fasilitas dengan 6 wahana lama dan juga baru.

Seperti Sky Tree, Zip Bike, Sky Wing. Gantole, Hot Air Ballon, Bamboo Sky. Glamping, serta resto dan café yang sangat menarik untuk dinikmati. Hadir pula tempat outbond yang bisa digunakan untuk acara gathering dan outing. Rasakan keseruan maksimal bila mengunjungi tempat ini.

26. Taman Hutan raya IR. H, Juanda

  • Alamat : Komplek Taman Hutan Raya IR. Djuanda,
  • HTM : Rp 12.000,-
  • Jam Buka : 06:00 – 18:00
  • Maps : Klik Disini

Luas dari taman ini kurang lebih 590 hektar membentang mulai dari dago hingga ke wilayah maribaya. Lokasi ini terletak di atas ketinggian 770 hingga 1.330 mdpl. Hadir kurang dari 2500 jenis tanaman, terdiri dari 40 familia serta 112 species. Pertama kali  dirintis pembangunannya pada tahun 1960 oleh gubernur jawa barat.

Sumber Instagram @tahurairdjuanda

Sepanjang sejarahnya, kawasan ini pun berkembang dan mulai ditanami dengan berbagai macam tumbuhan dari berbagai daerah di nusantara. Cara yang dilakukan adalah bekerja sama dengan Kebun raya bogor. Sehingga, apa yang ditanam kawasan ini, di tempat ini pun juga di tanam jenis yang sama.

Menariknya lagi, anda bisa menikmati berbagai macam objek wisata yang ada di dalamya seperti, goa jepang, goa belanda, penangkaran rusa, curug omas, museum Ir. Djuanda serta taman bermain yang dijamin akan menghadirkan keseruan abadi.

27. Taman Begonia

  • Alamat : Jalan Raya Maribaya No. 120 A, Langensari Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • HTM  : Rp 10.000 + Rp 50.000 (Kamera SLR)
  • Jam Buka : 08:00 – 17:00
  • Maps : Klik Disini

 

Inilah kawasan di lembang yang mempunyai keindahan bunga begonia. Disini, anda juga bisa membeli bunga-bunga yang tampak segar dengan warna yang aduhai pula. Selain itu, anda juga bisa membeli aneka souvenir yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Sumber Instagram @wisata_bandung

Salah satu koleksi dari taman begonia adalah Bunga Begonia Balinea. Bunga ini berasal dari Bali yang super cantik. Bisa dijadikan sebagai salah satu spot foto yang tidak boleh dilewatkan. Uniknya lagi, bunga ini bisa tahan di semua cuaca baik musim penghujan dan kemarau.

Selain itu, anda juga bisa menikmati berbagai macam jenis bunga seperti Celosia, Geranium, Melampodium, Salvia, Cosmos, Gompherena, Impatiens, Diantus dan masih banyak lagi jenisnya. Berada di ketinggian 1200 mdpl, membuat suasana disini semakin berkesan dan menghadirkan rindu untuk kembali lagi ke tempat ini.

28. Curug Luhur Cibodas

  • Alamat : Jl. Barukisu, Kp. Ganop Suntenjaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
  • HTM  : Rp 5.000,-
  • Jam Buka : 24 Jam
  • Maps  : Klik Disini

 

Satu hal yang paling menarik disini adalah pemandangan dan pesonanya begitu mengesankan. Berasal dari pegunungan Bukit Tunggul yang memiliki hlir di sungai citarum hingga ke laut jawa.  Berada disini, anda harus sedikit berhati-hati lantaran ada beberapa kawasan yang cukup licin karena, ditumbuhi oleh beberapa lumut.

Sumber Instagram @rianramdani42

Tidak hanya air terjunnya saja yang esoktis. kawasan ini pun semakin menggemaskan dengan hadirnya hutan pinus dan pohon kopi. Di bawah terjunan air ini, anda bisa berenang dan merasakan bagaimana segarnya air yang dihasilkan.  Selain itu, anda juga bisa menikmati beberapa saung-saung yang biasanya, dijadikan sebagai spot foto.

29. Tebing Keraton

  • Alamat  : Ciharegem Puncak, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat
  • HTM : Rp 12.000,-
  • Jam Buka : 04:00 – 18:00
  • Maps  : Klik Disini

 

Saat ini nama tebing keraton masih menjadi perbincangan banyak nitizen. Dimana, kawasan ini memang mempunyai tempat yang instagramble. Bagi anda yang ingin mengusir penat dari berbagai macam tuntutan, anda bisa mengunjungi kawasan ini. Lihatlah pesona nan elok dari perbukitan yang hijau. Terkadang, hadir pula kabut-kabut tipis yang menambah tempat ini semakin mempesona.

Sumber Instagram @tebing_keraton.id

Menurut sejarah yang tercatat, dimana kawasan tebing keraton ini mulai tenar lantaran para pesepeda yang sering mengunjungi tempat ini. Menurut cerita, sebelum bernama tebing keraton, tempat ini bernama karang jontor. Bila dilihat secara mendalam, anda bisa menyaksikan bila objek wisata ini lebih mirip karang yang menjorok kedepan.

Suguhan pegunungan dan perumahan yang kecil nan imut menjadi sajian yang sayang bila dilewatkan. Apalagi, bila anda berkunjung sore hari. Suasananya akan terasa sangat berbeda, keindahan sesungguhnya kawasan ini akan terpancar melalui perubahan warna langit yang semakin oranye.

Selain itu, anda bisa melihat bagaimana siluet dari gunung tangkuban perahu. Jangan lupa pula untuk menikmati pemandangan matahari terbit disini. Pesonanya memang mampu membuat anda terbius. Semua perjuangan anda menuju ke kawasan ini saat pagi akan terbayarkan dengan sendirinya.

30. Curug Malela

  • Alamat : Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • HTM  : Rp 10.000,-
  • Jam Buka  : 24 Jam
  • Maps  : Klik Disini

Siapa yang tidak mengenal Wisata bandung terbaru di air terjun Niagara? Air terjun yang terkenal keindahannya di bandung dan menjadi air tejun terbesar di dunia ini hadir di Indonesia. Air Terjun tersebut berada di curug malela. Sekilas, anda akan bisa menikmati keindahan yang sempurna dengan aliran yang cukup deras.

Sumber Instagram @curugmalela.id

Di sini pula anda bisa menikmati kera ekor panjang yang biasanya meminum air di bawah air terjun. Tinggi curug ini sendiri mencapai 60 hingga 70 meter dengan lebarnya pun mencapai 70 meter. Tempat ini, memiliki kurang lebih 5 buah jalur air yang bisa dinikmati. Nah, Curug Malela ini merupakan curug paling atas diantara rangkaian curug yang ada di desa ciradas.

Keindahan dari Curug malela adalah alirannya yang sangat deras sehingga, menghadirkan nuansa seperti kabut-kabut tipis.  Serta menghadirkan suara yang menggelegar seperti sebuah alunan melodi musik yang membahana.

Di pinggir bagian kanan tebing sangat tinggi, sehingga menghadrikan warna putih yang mengarah ke air terjun. Perlu diketahui, bila jalanan menuju ke kawasan ini memang sedikit sulit lantaran kontur jalan disini adalah tanah, dan minim papan petunjuk. Jadi, bagi anda yang mempunyai mental baja serta berjiwa petualang, anda wajib menikmati objek wisata ini.

Sepanjang perjalanan anda akan menikmati berbagai macam pesona hutan pinus yang menenangkan hati. Selain itu, anda juga bisa menikmati sawah tadah hujan dan beberapa semak belukar yang tumbuh liar.

31. Dago Dream Park

  • Alamat : Jalan Dago Giri Km 2,2 Mekarwangi, Lembang, Pagerwangi, Kabupaten Bandung Barat 40135
  • HTM : Rp 20.000,-
  • Jam Buka : 09:00 – 17:00 ( Weekday), 08:00 – 18:00 (Weekend)
  • Maps : Klik Disini

 

Kawasan ini berada diatas Bandung dengan lahan seluas 11, 6 hektar yang hadir sejak bulan januari tahun 2016. Berjalannya waktu, kawasan ini pun berkembang hingga saat ini memiliki beberapa wahana yang menarik. Seperti halnya camping ground, dan beberapa aneka spot foto yang menggemaskan.

Sumber Instagram @dagodreampark

Seperti halnya, love seat dimana, anda bisa menikmati indahnya pemandangan alam berdua dengan sepasang kekasih, bisa diibaratkan dunia serasa milik berdua. Selanjutnya, ada Sky Tree dimana, anda bisa naik ke atas pohon dan menikmati sejuknya semilir angin dari sini.

Hadir pula up house, spot foto ini adalah rumah kecil dimana ada balon yang menghiasi atapnya. Anda seakan-akan di bawa menuju ke angkasa raya. Rasanya, seperti berada di film-film animasi Hollywood super keren. Selanjutnya, alladin carpet. Anda akan di bawa terbang bebas ke angkasa seperti halnya alladin yang naik permadani. Tetapi, untuk bisa menikmati spot ini berat badan anda maksimal 120 kg.

Ada juga Row A Boat, anda akan naik perahu kecil yang berisi 2 hingga 3 orang. Kemudian, berkeliling mengelilingi danau dengan mendayung. Menarik sekali bukan menikmati wahana ini bersama dengan keluarga. Lalu, hadir juga ular tangga, permainan ini akan mengunji mental dan ketangkasan anda dengan berbagai macam rintangan yang bisa dipilih.

Selanjutnya, hadir joglo terbalik semuanya akan serba terbalk. Tidak hanya tampak depan saja yang terbalik. Tetapi, anda juga bisa menikmati kondisi dalam joglo yang juga ikut terbalik.

32. Curug Cimahi

  • Alamat : Jl. Kolonel Masturi No. 325, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kertawangi, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • HTM : Rp 15.000,- (Weekday), Rp 17.000 (Week end)
  • Jam Buka : 08:00 – 20:00
  • Maps :  Klik Disini

 

Curug ini berada di ketinggian kurang lebih 1500 mdpl, mempunyai suhu kurang lebih 18 derajat hingga 22 derajat celcius. Keindahan sesungguhnya dari curug cimahi ada pada saat malam hari. Dimana, anda bisa menyaksikan air terjun ini berubah warna. Oleh karena itu, kawasan ini pun di sebut dengan curug pelangi.

Sumber Instagram @indoflashlightjabr

Di wisata bandung terbaik yang satu ini, anda bisa menikmati keindahan curug dari atas pohon yang sudah di bangun sebuah tempat bagi anda yang ingin duduk bersantai. Menuju ke titik lokasi curug ini, anda harus berjalan menuruni anak tangga dan membutuhkan waktu kurang lebih 15 sampai 20 menit.

Disini anda pun bisa melihat beberapa habitat monyet liar yang bergelantungan kesana-kemari. Tetapi, tetap hati-hati ya bila berhadapan dengan monyet-monyet ini. Lantaran, mereka akan nakal bila melihat ada berbagai macam makanan. Jadi, jangan sampai memancing mereka untuk bertarung dengan kalian ya.

33. Situ Patenggang

  • Alamat : Jalan Ciwidey – Rancabali, Kecamatan rancabali, kabupaten bandung, Jawa Barat 40973
  • HTM : Rp 20.500,-
  • Jam Buka : 08:00 – 20:00
  • Maps  : Klik Disini

Situ Patenggang adalah objek wisata di Bandung yang sangat esoktis dengan danaunya yang cukup luas. Disini, anda pun bisa menikmati sebuah legenda yang menarik yaitu cerita tentang raden santang dan dewi rengganis. Nama patenggang diambil dari nama pateang-teang yang artinya saling mencari.

Sumber Instagram @voyaged

Konon katanya keduanya bertemu di batu cinta yang ada di tengah-tengah situ patenggang. Nah, karena itulah ada sebuah mitos bila ada sepasang kekasih berkunjung ke tempat ini maka hubungan mereka akan langgeng. Menuju ke batu cinta bisa menyewa perahu yang ada disini. Atau anda juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau.

Menikmati kawasan ini pun juga bisa dengan duduk bersantai di pinggir danau sembari menikmati suhu udara yang dingin. Coba datang sedikit sore, sorotan sinar matahari akan tampak begitu indah. Nah, disini pula hadir glamping lake side yang cukup terkenal di bandung dan hadir pula pinisi resto yang menghadirkan berbagai macam sajian menu masakan yang super nikmat.

 

34. Kawah Rengganis Cibuni

  • Alamat : Komplek PTPN VIII, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
  • HTM  : Rp 5.000,-
  • Jam Buka  : 24 jam
  • Maps : Klik Disini

Sejarah panjang terjadi di kawasan ini. Dimana, sebelumnya kawah ini bernama rengganis. Lantaran, pemindahan pengelolaan maka nama ini diganti menjadi cibuni. Tetapi, nama rengganis sudah cukup popular sehingga, saat ini anda bisa mengenalnya dengan nama rengganis cibuni.

Sumber Instagram @wisatakabupatenbandung

Tempat ini memang berbeda dengan kawah putih dimana, anda bisa menikmati berbagai macam pepohonan yang rindang. Serta perbukitan hijau yang menyegarkan. Satu hal yang menarik disini adalah hadirnya geyser yang menyemburkan uap panas. Tidak hanya itu, kawah rengganis pun hadir dengan sumber mata air.

Nah, disini anda pun bisa menikmati geyser-geyser yang bisa dinikmati seperti halnya mandi sauna alam nan menggemaskan. Katanya nih, mandi disini juga bercampur dengan belerang yang konon katanya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kawah ini akan buka selama 24 jam. Jadi, anda yang akan berkunjung ke tempat ini pada malam hari bisa datang. Karena, ada banyak juga pengunjung yang datang kesini pada malam hari dan menikmati nuansa yang indah bersama dengan langit-langit yang dipenuhi dengan bintang-bintang nan mengesankan.

Di salah satu wisata bandung ini pun hadir dengan berbagai macam penginapan yang bisa dipilih dengan berbagai macam fasilitas dan harga yang mumpuni. Bila, anda sudah sampai di gerbang kawah rengganis anda akan harus berjalan kaki menuju ke titik lokasi 10 sampai 15 menit saja.

35. Pemandian Air Panas Cimanggu

  • Alamat : Jalan Raya Ciwidey – Rancabali KM. 12, Kecamatan Rancabali, Patengan, Bandung,  Jawa Barat 40973
  • HTM : Rp 16.000,- (weekday), Rp 23.000,- (weeend)
  • Jam Buka  :  24 jam
  • Maps  : Klik Disini

 

Inilah dia tempat pemandian air panas yang lain yang ada di Bandung yaitu, pemandian Cimanggu.  Disini, ada fasilitas kolam renang yang mempunyai suhu kurang lebih 40 sampai 60 derajat. Disini, ada 3 kolam yang bisa dinikmati dengan berbagai macam ukuran

Sumber Instagram @yadiswandi

Kolam ini pun juga bisa menikmati perosotan yang bisa dijadikan permainan anak-anak. Konon katanya, berendam di kawasan ini bisa menyembuhkan penyakit kulit dan juga kutu air. Bagi anda yang membutuhkan tempat pribadi dan terhindar dari keramaian, maka anda bisa menikmati fasilitas kamar rendam yang ada disini.

Bisa dibilang ini adalah fasilitas VIP yang dipilih. Tetapi, untuk menikmati fasilitas ini anda akan dikenakan harga 5 ribu rupiah per 15 menit. Fasilitas lain adalah hadirnya kolam pancing yang akan dikenakan biaya 25 ribu rupiah saja. Nah, bagi anda yang ingin membawa pulang ikan ini, maka anda wajib membayar 35 ribu rupiah.

Hadir pula di dalam salah satu wisata yang ada di banung ini dengan berbagai macam fasilitas lain seperti gazebo,  taman bermain, shelter yang bisa digunakan untuk berteduh. Serta ada beberapa warung makan yang menjual makanan dan juga minuman. Serta hadir pula beberapa pusat informasi.

36. Ranca Upas

  • Alamat : Jalan Ciwidey – Patengan KM 11, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat
  • HTM : Rp 10.000,-
  • Jam Buka : 24 jam
  • Maps : Klik Disini

Inilah tempat camping ground yang lainnya yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Nah, biasanya ada banyak sekali pengunjung yang menikmati kawasan ini. Ada juga berbagai macam peralatan camping yang sangat lengkap, seperti tenda, kayu bakar, matras dan lain sebagainya. Selain itu, di tempat ini pun hadir dengan penangkaran rusa. Anda bisa lebih mengenal hewan ini lebih dekat lagi.

Sumber Instagram @ranca_upas

Ada juga kolam renang yang wajib untuk dinikmati. Dimana, kolam ini pun hadir dengan air panas yang bisa membuat badan anda menjadi rileks. Dimana, air panas ini bersumber dari gunung patuha. Menikmati Ranca Upas juga bisa dengan outbond yang tersedia disini.

Wahana tersebut diantaranya adalah wing star, flying fox, advanture game, serta beberapa deretan wahana yang menarik untuk dinikmati. Coba pula menikmati permainan Paintball yang menyajikan berbagai macam keseruan dan kegembiraan.

37. Bukit Jamur

  • Alamat : Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung
  • HTM : Free
  • Jam Buka : 08:00 -17:00
  • Maps : Klik Disini

Saat anda memasuki kawasan ini, anda akan menikmati berbagai macam keindahan berupa pepohonan yang berbentuk seperti jamur. Pohon-pohon cemara ini memang terlihat sangat mengesankan. Di sini, biasanya akan hadir beberapa para komunitas fotografi yang memanfaatkan tempat ini untuk mengambil foto dan gambar.

Sumber Instagram @wildanradheya

Saking instagenicnya, anda bisa melihat beberapa pengunjung yang akan menikmati kawasan ini dengan foto prewedding. Tidak salah memang karena, anda bisa melihat bagaimana latar belakang gunung yang menakjubkan. Apalagi, rumput-rumput hijau yang menghiasi tempat ini menambah elegannya Bukit jamur.

Cobalah datang pada saat sore hari, anda bisa menyaksikan bagaimana perpaduan antara sinar oranye matahari dengan hijaunya pepohonan. Menghasilkan panorama yang tidak boleh dilewatkan.

38. Museum Geologi Bandung

  • Alamat : Jalan Diponegoro no. 57, Cihaur geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung Jawa Barat  40122
  • HTM  : 08:00 – 16:00 (jumat tutup)
  • Jam Buka : Rp 10.000,-
  • Maps  : Klik Disini

 

Bisa dibilang tempat ini adalah kawasan tertua di kota Bandung. Dimana, didirikan pada 16 mei 1928. Pernah mengalami beberapa pemugaran dengan biaya dari pemerintahan jepang. Setelah direnovasi kawasan ini yang sempat di tutup, di buka kembali pada 23 Agustus 2000 oleh presiden megawati.

Sumber Instagram @_erikamrgt

Disini anda bisa menikmati beberapa koleksi seperti fosil, bebatuan dan juga mineral. Di lantai 1 anda akan disuguhkan dengan beberapa animasi kegiatan geologi yang akan hadir dalam layar besar, hadir pula hipotesa bagaimana bumi ini terbentuk. Sistem tata surya dan masih banyak lagi pengetahuan yang disajikan.

Kemudian, naik keatas ke lantai dua anda akan menikmati bebatuan asal papua.  Miniatur pengeboran gas dan juga minyak bumi. Ada juga sumber daya mineral yang tersebar di seluruh Indonesia melalui sebuah gambar. Hadir pula beberapa informasi bagaimana cara mengolah dan memanfaatkan sumber daya air.

39. Kebun Binatang Bandung

  • Alamat : Jl. Kebun binatang No.6, Lb. Siliwangi, Coblong. Kota Bandung, Jawa Barat 40132
  • HTM : Rp 20.000,- dan Rp 15.000,- (anak diatas 3 tahun)
  • Jam Buka  : 08:00 – 16:00
  • Maps  : Klik Disini

 

Kebun binatang ini sudah hadir sejak tahun 1930. Luas area kawasan ini kurang lebih 14 hektar. Kebun binatang bandung mempunyai kurang lebih 213 jenis dimana 79 diantaranya adalah satwa langka. Nah, di kawasan ini anda bisa menikmati berbagai taman-taman dengan pepohonan yang rindang. Sehingga, setelah lelah berkeliling, anda bisa beristirahat disini.

Sumber Instagram @kebunbinatangbandung_official

Untuk menikmati kawasan ini anda bisa menggunakan perahu kolam. Dimana, anda bisa mengelilingi danau buatan yang bisa menikmati kawasan ini. Anda pun bisa juga beradegan romantis-romantisan bersama dengan kekasih atau bahkan istri tercinta. Selain itu, anda juga bisa menikmati wahana flying fox yang masih menjadi primadona.

Ada juga taman bermain yang bisa dinikmati oleh anak-anak. Tidak hanya itu, anda juga akan disuguhkan dengan panggung hiburan. Ada live music yang sengaja dihadirkan untuk meghibur para pengunjung.

40. Taman Kupu-Kupu Cihanjuang

  • Alamat : Jalan Cihanjuang, Cibaligo, Permai Raya No.58, Cihanjuang, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559
  • HTM : Rp 10.000,-
  • Jam Buka  : 24 jam
  • Maps   : Klik Disini

Luas kawasan ini adalah 1800 meter persegi, dimana anda bisa menyaksikan jaring kupu-kupu yang cukup besar. Jaring ini berfungsi agar kupu ini tidak terbang dan menghilang entah kemana. Ada kurang lebih 35 jenis kupu yang bisa anda nikmati. Nah, laus keseluruhan kawasan ini mencapai 1,7 hektar lho.

Sumber Instagram @Saepul_nurhaidayat

Disini, anda akan dipandu dengan instruktur yang sudah mengenal benar bagaimana kupu ini. Anda juga akan diberi tahu, jenis, serta kebiasan hewan yang indah ini. Informasi yang diberikan memang sangat penting bagi anak anda untuk pengetahuan yang mungkin jarang terdapat di buku pelajaran.

Menariknya lagi, kawasan ini mempunyai tempat wedding venue yang menghadirkan pesona pernikahan spektakuler. Menikmati momen bahagia disini memang tidak salah. Apalagi, menikah adalah momen seumur hidup yang akan dikenang hingga akhir hayat nanti.

 

41. Jendela Alam

  • Alamat : Komplek Graha Puspa, Jalan Sersan Bajuri Km. 4,5, Cihidueng, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, 40559
  • HTM  : –
  • Jam Buka  : 09:00 -16:00
  • Maps  : Klik Disini

 

Inilah tempat paling tepat untuk dikunjungi saat anda wisata di bandung untuk anda  dan sekeluarga. Karena, menghadirkan berbagai macam pesona nan esoktis. seperti jendela edukasi, dimana anda akan bisa menikmati tour sahabat alam. Jadi, anda bisa menikmati kawasan ini dengan berkeliling dengan bantuan guide yang handal.

Sumber Instagram @lienrosaliana

Anda bisa menikmati tanaman obat di area hidroponik, rumah jamur tiram, greenhouse tomat cherry, rumah kuda poni, kambing etawa, peterakan ayam arab, kelinci, rumah reptile dan rusa totol. Anda juga bisa menikmati berkebun. Bagaimana caranya menggunakan alat kebun,

Hadir juga kegiatan berburu harta karun. Anda bisa menikmati kegaiatan seperti skil mapping, team work, problem solving dan masih banyak lagi. nikmati pula bagaimana caranya memanen tomat cherry anda pun juga bisa memetiknya sendiri langsung dari kebunnya.

Nah, ada lagi yang bisa anda lakukan disalah satu wisata bandung ini yaitu panen telur, anda juga bisa mengambil langsung telur dari ayamnya. Tidak hanya itu saja, anda juga akan menikmati bagaimana caranya membuat yoghurt, cincau, serta telur asin. Jadi, jangan lewatkan segala keseruan disini.

42. Pesona Nirwana Water Park

  • Alamat : Kampung Legok Jeunjing, Desa Panyirapan, Soreang, Bandung, Jawa Barat, 40915
  • HTM  : Rp 40.000 (Weekday), Rp 60.000,- (Weekend)
  • Jam Buka  : 09:00 – 17:00
  • Maps  : Klik Disini

Memang menikmati hari libur bisa dengan apa saja. bermalas-malasan dirumah, olahraga, atau juga menikmati wahana air. Nah, sepertinya pesona nirwana waterpark mampu membuatmu beranjak dari tempat tidur dan menikmati segala fasilitas yang ada disini.

Sumber Instagram @bandungnet_

Seperti lazy river atau kolam arus. Anda akan diajak berkeliling ke seluruh penjuru kolam renang dengan bermalas-malasan duduk di atas ban. Arusnya pun cukup tenang, sehingga, bisa membuat anda tertidur.

Ada juga kiddy pool, dimana anda bisa menikmati seluncuran yang dikhususkan untuk anak-anak. Atau menikmati water slide dengan berbagai macam ukuran dan tipe luncur yang mampu menghadirkan kerinduan untuk datang ke tempat ini lagi.  fasilitas terakhir yang mungkin bisa anda nikmati adalah Jacuzzi.

Dimana, anda bisa berendam di dalam kolam hangat. Sangat baik, bagi anda yang mungkin membutuhkan ketenangan dan kedamaian. Karena, setelah berada disini, anda akan dibuat enggan untuk beranjak, Ingin berlama-lama dibandung juga.

 

43. Saung Angklung Udjo

  • Alamat : Jalan Padsuka No 118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa barat 40912
  • HTM  : Rp 60.000,- (Dewasa), Rp 40.000,- (anak)
  • Jam Buka : 08:00 – 22:00
  • Maps : Klik Disini

 

Jawa Barat dan Bandung adalah kawasan wisata yang khas dengan musik angklung nan merdu. Di saung angklung udjo ini, anda bisa menikmati berbagai macam kesenian tentang angklung yang menghasilkan nuansa merdu. Kawasan ini didirikan pada tahun 1966 dan menjadi wahana pertunjukkan yang sangat menyenangkan.

Sumber Instagram @angkulung udjo

Disini anda akan menikmati berbagai macam pertunjukan mulai dari pukul 15.30 hingga pukul 17.30.  pertunjukkan itu ada demonstrasi wayang golek dimana seperti kita ketahui bersama bila, wayang golek adalah wayang khas sunda, hadir dengan berbagai macam pesan-pesan mendidik yang patut diperdengarkan bagi siapa pun di segala macam usia.

Ada juga helaran, sebuah upacara tradisional khitan atau upacara panen padi. Upacara ini ditujukan untuk menghibur dan bersyukur kepada Tuhan. Selanjutnya adalah tari topeng, tarian khas Cirebon ini menggunakan topeng dan biasanya ditarikan oleh para perempuan.

Ada juga angklung orchestra, dimana pertunjukkan ini memang selalu ditunggu-tunggu oleh para pengunjung. Ada beberapa lagu yang dimainkan mulai dari balonku, twinkle-twinkle dan beberapa lagu terpopuler lainnya baik itu musik dangdut, juga musik pop yang sedang viral. Anda pun juga bisa menikmati bagaimana rasanya memainkan angklung dan menari bersama mengikuti irama musik.

44. Kampung Dago Pojok

  • Alamat : Jl. Dago Pojok No. 95, Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat,  40135
  • HTM : Free
  • Jam Buka  : 24 Jam (08:00 – 22:00 Operasional seni)
  • Maps  : Klik Disini

Kota Bandung memang memiliki beberapa tempat kreatif. Seperti halnya yang berada di Kampung Dago Pojok ini. Anda bisa menikmati berbagai macam kesenian yaitu dinding-dinding yang dihiasi dengan berbagai macam mural. Sehingga, bisa digunakan sebagai spot foto yang sangat menarik.

Sumber Instagram @gabgabryella

Disini anda bisa menikmati teknik lukisan yang membuat lukisan terlihat nyata yaitu augmented reality. Dimana, lukisan 3 dimensi ini memang lagi hits di berbagai kalangan. Pengunjung juga akan diajak untuk berpartisipasi dalam hal kesenian. Dengan belajar menggambar mural sendiri. Bagaimana, tertarik untuk menikmati kawasan ini?

45. Curug Tilu Leuwi Opat

  • Alamat : Jalan Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559
  • HTM   :  –
  • Jam Buka  : Sesuai kondisi cuaca Curug Tilu
  • Maps  : Klik Disini

Kawasan ini tidak terlalu jauh dari Dusun Bambu, jika anda menikmati fasilitas skywalk lutung kasarung anda bisa menikmati tempat ini. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan di curug yang selalu menghadirkan banyak pengunjung di berbagai waktu ini. pertama adalah outbond.

Sumber Instagram @raden_m_r

Anda bisa menikmati body rafting, flying fox, gebuk banal, high rope, jembatan dua tali, menangkap ikan, dan masih banyak lagi kegiatan yang bisa di lakukan. Baik sendiri atau pun rame-rame. Sebelum menikmati area outbond ini alangkah baiknya bila anda menikmati bagaimana trekking menuju ke curug tilu.

Anda harus menyiapkan fisik dan mental. Lantaran, trek yang harus dilalui adalah sungai dan juga jembatan kayu, naik turun serta sedikit berbatu. Untuk menikmati kawasan ini, anda bisa mengikuti selokan yang menjadi pemandu yang baik. Di beberapa trek anda akan melintasi pipa-pipa air.

Anda pun juga wajib melintasi jembatan irigasi kemudian, ikuti jalan setapak. Hingga sampai di titik lokasi. Tetapi, tetap hati-hati lantaran trek disini sedikit licin. Karena sedikit berlumut. Disarankan untuk mengunjungi curug ini di musim penghujan, karena, bila di musim kemarau anda akan melihat debit air yang kecil.

46. Tebing masigit

  • Alamat : Gunung Masigit, Citatah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • HTM : Free (Rp 250.000,- bagi yang ingin hammock)
  • Jam Buka : 08:00 – 17:00
  • Maps :Klik Disini

Mau mencoba sensasi yang berbeda, mungkin di tebing masigit adalah jawabannya. Dimana, anda bisa merasakan pengalaman jantung yang terus terpacu sejak awal. Seperti halnya tebing citatah, anda akan diajak untuk naik keatas tebing yang tinggi. Kemudian, disana anda bebas melakukan hal apa pun.

Sumber Instagram @explore.westjava

Tetapi, aktifitas yang paling seru adalah hammock. Anda akan ditantang untuk tidur diatas hammock dengan bawahnya adalah jurang yang begitu dalam. Angin yang berhembus kencang menambah adrenalin yang terus terpacu. Membayangkannya saja sudah menakutkan, apalagi bila melakukannya.

Untuk peralatan keamanan disini sudah cukup baik dan berstandar internasional. Sehingga, jangan khawatir terjadi apa-apa. Disarankan bagi anda yang memang takut ketinggian untuk mengurungkan niat mengalahkan diri sendiri. Karena, tebing di bandung ini memang sangat menggemaskan.

 

47. Stone Garden Geopark

  • Alamat : Gunung Masigit, Citatah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • HTM  : Rp 3.000,-
  • Jam Buka  : 06:00 – 18:00
  • Maps  : Klik Disini

Objek wisata ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tebing masigit. Menawarkan wahana yang bisa membuat jantung anda berdecak kencang. Dan, darah mengalir dengan sangat cepat. Hanya saja, track yang disajikan tidak terlalu ekstrem. Tetapi, anda tetap harus berhati-hati.

Sumber Instagram @ramdhanauthentic

Biasanya anda akan di sambut dengan burung-burung yang terbang kesana-kemari membentuk sebuah koloni. Untuk menikmati kawasan ini, disarankan sore hari. Lantaran, pemandangan disini akan lebih mempesona daripada bila anda berkunjung pada pagi hari.

Rasakan tampilan foto yang berbeda dengan perpaduan alam yang sempurna. Berupa tebing, warna langit yang berubah, dan juga sinar matahari yang tidak terlalu menyengat. Sehingga, menghadirkan sebuah nuansa dan suasana yang berbeda dari yang lainnya.

Disini, ada pula jembatan pelangi, dimana fungsi dari jembatan ini adalah penghubung antara tebing yang satu dengan yang lainnya. Tidak jauh dari stone garden anda bisa menikmati goa pawon yang tidak kalah esoktisnya dari tempat ini.

 

48. Desa Wisata Kampung Pasir Angling

  • Alamat : Desa Sunten Jaya, Kecamatan Cibodas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat,
  • HTM  : Free
  • Jam Buka  : 24 Jam
  • Maps  : Klik Disini

 

Keunggulan dari kawasan ini adalah pemandangan alam yang sangat mempesona dan tidak akan pernah ada habisnya untuk dinikmati. Asrinya pepohonan hijau akan terhampar di depan mata. Disini, anda juga bisa menikmati berbagai macam lukisan dinding yang sangat mengesankan. Bisa juga digunakan sebagai latar belakang foto yang lucu nan imut.

Sumber Instagram @Bandungtropic

Ada juga lukisan mural yang menceritakan beberapa kegiatan sehari-hari masyarakat di kampung ini. Anda pun bisa menikmati bagaimana mata pencaharian utama dari masyarakat yaitu berkebun dan berternak. Anda juga bisa menikmati berbagai macam kegiatan seperti kesenian alat petik suku sunda yaitu kecapi. Alunan musiknya begitu merdu dan mampu membuai siapa pun yang mendengarkannya.

Di salah satu wisata kampung di bandung ini juga bersembunyi sebuah curug yang memang belum terlalu dikenal. Namanya adalah curug bellarosa. Tetapi, keindahannya benar-benar menggemaskan. Disini, anda juga bisa camping di area yang sudah disediakan.

 

49. Rumah Halooween Bandung

  • Alamat : Jalan Raya Lemabang NO. 234, Gudang Kahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • HTM : Rp 25.000 (Anak) dan Rp 50.000,- (Dewasa)
  • Jam Buka  : 09:00 – 18:00
  • Maps   : Klik Disini

Dunia lain memang menakutkan tetapi, juga asik untuk diperbincangkan. Nah, di bandung selain trans studio Bandung, anda juga bisa menikmati dunia hantu dengan mengunjungi Rumah Halooween bandung. Konsep yang diusung adalah museum halloowen pertama di Indonesia.

Sumber Instagram @kristianbudimannehe

Ada beberapa kostum yang menyeramkan tersedia khusus untuk pengunjung yang siap merasakan aroma mistis dan ketakutan luar biasa. Ada juga efek-efek khusus yang ditujukan untuk mendapatkan nuansa seram yang terkesan alami. jadi, jangan heran bila saat anda mengunjungi kawasan ini teriakan-teriakan menakutkan akan terdengar.

Disarankan bagi anda yang memang mempunyai penyakit jantung untuk tidak masuk ke dalam. Karena, beberapa hal yang mengagetkan dan menakutkan bisa berpengaruh buruk kepada kesehatan anda. Jangan lupa pula membawa kamera yang mumpuni. Walaupun, tempat ini seram anda masih bisa juga mengambil hal-hal yang instagenic disini.

 

50. Bukit Gantole Cililin

  • Alamat : Desa Singajaya, Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat,Jawa Barat, 40562
  • HTM  : Rp 2.000,-
  • Jam Buka   : 24 Jam
  • Maps  :  Klik Disini

 

Siapa yang tidak mengenal olahraga gantole. Dimana, saat Asian games lalu, olahraga ini mampu menyabet beberapa gelar yang membuat bangga negara. Berada di ketinggian 1.063 mdpl, membuat angin yang berhembus cukup kencang.  Tempat gantole ini dibangun pada tahun 2010.

Sumber Instagram @alam.priangan

Di tempat ini anda akan di hibur dengan berbagai macam atlet paralayang yang sedang latihan. Mereka. Terlihat sangat menggemaskan. Sehingga, anda ingin menikmati olahraga yang mengesankan ini. Selain bisa menikmati olahraga, anda juga bisa menikmati pemandangan sekitar yang sangat mengesankan.

Perbukitan dan juga pesona alam bukit gantole ini memang bisa jadi juara. Apalagi, saat matahari hendak terbenam. Nuansanya langsung berubah menjadi sangat romantis. Bagi anda yang membawa pasangan kawasan ini adalah tempat yang tepat untuk foto berdua dengan gaya yang romantis.

51. Bandros City Tour

  • Alamat : Balaikota Bandung. Gasibu, Alun-Alun Bandung
  • HTM   : Rp 20.000,-
  • Jam Buka : 08:00 – 16:00
  • Maps : Klik Disini

 

Ingin berkeliling kota Bandung? Anda bisa menikmati fasilitas yang sedang digalakkan oleh pemerintah kota Bandung yaitu, Bandros city tour. Dengan bus bandros ini anda akan diajak berkeliling menyusuri setiap sudut kota bandung yang begitu mengesankan. Saat ini, Bandros hadir dengan beberapa warna. Dengan rute yang berbeda-beda. Anda pun bisa memilihnya.

Sumber Instagram @bandros_bikesshare

Warna Biru, anda akan di bawa berkeliling ke alun-alun kota bandung, Cibaduyut, Taman Leuwi Panjang, Museum Sri Baduga, Alun-Alun Regol, dan akan berakhir di kawasan buah batu sebelum kembali ke alun-alun. Warna kuning, di mulai dari lapangan gasibu, taman cibeunying, Taman superhero, Taman Foto, Gedung Merdeka, Alun-alun bandung, jalan braga dan kembali lagi ke lapangan gasibu.

Warna Ungu, anda akan diajak berkeliling ke gasibu, Taman Cikapayang, alun-alun ujung berung, museum geologi, pusdai dan kembali lagi ke gasibu. Warna hijau, perjalanan dari alun-alun bandung, Chinatown, Pasir kaliki, Alun-alun cisendo, RS. Hasan Sadikin, Paris Van Java Mall, Upi, Teras Cihampelas, Stasiun Bandung, Pasar Baru dan berakhir di alun-alun.

Warna Pink, akan menempuh perjalanan dari gasibu, Taman pasupati, ke ITB, kebun binatang, sabuga, Dago tea house, Forest Walk Baksil, Teras cikapundung, Teras Cihampelas,  Fly over pasupati dan berakhir di gasibu. Untuk warna hitam khusus tamu VIP dari pemerintahan Kota Bandung.

52. Bukit Moko

  • Alamat : Kampung Buntis Bongkor, Cimenyan, Bandung,
  • HTM  : Rp 15.000,-
  • Jam Buka  : 24 jam
  • Maps  : Klik Disini

 

Bagi warga Bandung Bukit moko adalah kawasan yang cukup ternama. Dimana, disini anda bisa melihat keindahan kota Bandung. Berada di ketinggian 1500 mdpl membuat kawasan ini wajib dikunjungi. Menghadirkan nuansa dan suasana yang mengesankan dan bikin rindu.

Sumber Instagram @wisatakabupatenbandung

Lampu-lampu kota yang bergemerlap terlihat seperti bintang-bintang kecil yang ada di langit. Pemandangan ini, terlihat sangat sempurna dan bikin geregetan, dengan kabut tipis-tipis, yang seakan menghiasi tempat ini.

Satu hal yang paling menarik disini adalah hutan pinusnya. Mereka memang akan terkesan melihat jajaran pinus berjajar. Bahkan, ada yang mengatakan bila hutan pinus disini mirip dengan yang ada di nami island yang terletak di korea selatan. Jadi, jangan sampai terlewatkan untuk mengabadikan setiap momen di tempat ini.

Jangan lupa pula untuk menikmati pesona matahari terbit yang sangat elok. Pesona golden sunrise benar-benar terkesan sehingga, akan sangat rugi bila tidak menyempatkan waktu untuk menikmati sunrise disini.

53. Rainbow garden

  • Alamat : Kawasan Floating Market, Jalan Grand Hotel No. 33 E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
  • HTM  : Rp 20.000,- (Floating market) + Rp 10.000,- (Rainbow garden)
  • Jam Buka : 09:00 – 19:00 (Weekday), 08:00 – 20:00 (Weekend)
  • Maps  : Klik Disini

 

Dari segi namanya saja, anda pasti sudah tahu bila kawasan ini mempunyai pemandangan seperti sebuah pelangi. Dimana, pelangi ini akan terhampar dengan beberapa bunga-bunga yang warna-warni. Kawasan ini didirikan pada bulan februari tahun 2017.

Sumber Instagram @rainbowgarden_lembang

Kawasan ini mempunyai sudut kemiringan 45 derajat. Sehingga, tidak heran bila beberapa bunga disini berbentuk terasiring.  Kawasan ini di dominasi dengan bunga lavender sehingga, menghasilkan keharuman yang alami pula. Nuansanya pun juga hampir sama seperti di negeri jepang yang banyak sekali menghadirkan berbagai macam warna bunga.

Ada kurang lebih 100 jenis tanaman yang bisa anda nikmati disini. Tanaman ini pun hasil dari swadaya para petani sekitar. Nah, jenis bunga yang bisa dinikmati adalah jenis bunga semua musim, baik musim penghujan dan musim kemarau. Sehingga, di butuhkan perawatan yang ekstra.

Uniknya lagi hampir semua tanaman ini bisa di makan lho. Hadir pula sarana spot foto yang memang bisa dijadikan sebagai latar belakang. Disini pula anda juga bisa menikmati berbagai macam sarana edukasi seperti miniature kereta api, taman kelinci, dan  melukis kendi.

54. Farmhouse Susu Lembang

  • Alamat : Jalan Raya Lembang No. 108, Gudang kahuripan, lembang, Kabupaten Bandung barat, Jawa Barat
  • HTM   : Rp 20.000,-
  • Jam Buka  : 09:00 – 21:00 (Weekday), 09:00 – 23:00 (Weekend)
  • Maps  : Klik Disini

 

Farmhouse susu lembang adalah kawasan yang paling terkenal di Bandung. Saking terkenalnya, kawasan ini pun selalu dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menikmati nikmatnya susu. Tempat ini pun memadukan berbagai macam konsep seperti kuliner, edukasi, sightseeing.

Sumber Instagram @farmhousesusulembang

Bila dikatakan susu murni yang ada di sini memang gratis. Karena, hanya dengan membayar tiket masuk. Tetapi, perlu diketahui biar pun gratis, kualitas susunya sangat nikmat. ada 3 pilihan rasa yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan. Nah, untuk memenuhi wisata kekinian, disini pun sudah hadir wahana gembok cinta yang dipercaya bisa mengikat kisah cinta mereka yang mengunjungi tempat ini.

Jangan lupa untuk menulis nama kalian dan gantungkan nama tersebut ke dalam sebuah gembok. Anda bisa membelinya disini atau juga membawa sendiri dari rumah. Disini, sudah banyak sekali kunci-kunci yang menghiasi. Sehingga, meghadirkan sebuah suasana nan berbeda.

Selain menikmati beberapa wahana ini anda pun juga bisa menikmati berbagai macam keindahan bangunan eropa yang sangat mengesankan. Demi sebuah totalitas, anda juga bisa menyewa beberapa baju yang sesuai dengan negaranya. Nikmati pula, makanan khas yang tersedia di stand kuliner yang sudah berdiri.

55. Kampoeng Tulip

  • Alamat : Jln Raya Pasir Pogor – Banyu Biru, Jl. Ciwastra, Mekarjaya, Rancasari, Kota Bandung, Jawa barat 40292
  • HTM   : Rp 10.000,-
  • Jam Buka    : 09:00 – 17:00
  • Maps     : Klik Disini

Disini, anda bisa menikmati berbagai macam spot foto dengan landmark-landmark yang menarik. Seperti halnya, miniatur kincir angin yang di bentuk sedemikian rupa dan disesuaikan dengan bentuk aslinya. Selain itu, anda juga bisa menikmati rumah-rumah khas belanda yang super kece. Spot paling favorit disini adalah taman tulip yang sangat mengesankan.

Sumber Instagram @una_raee

Anda akan dibuat untuk tidak beranjak dari tempat ini dan terus berdecak kagum dengan apa yang disajikan disini. Anda juga bisa menikmati area kolam yang akan hadir dengan ikan terapi. Rasakan nikmatnya kaki yang akan akan di patok ikan-ikan lucu ini.

 

56. Orchid Forest Cikole

  • Alamat : Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • HTM  :  Rp 30.000,- +Rp 50.000,- (Kamera DSLR)
  • Jam Buka  : 09:00 – 22:00
  • Maps   : Klik Disini

 

Inilah dia kawasan wisata Bandung yang sedang hangat-hangatnya menjadi perbincangan nitizen. Lantaran , kawasan ini baru saja didirikan yaitu 23 agustus 2018. Hal yang menarik disini yang bisa disampaikan pertama kali adalah nuansanya yang sangat instagenic. Sehingga, mengunjungi tempat ini wajib membawa kamera yang mumpuni.

Sumber Instagram @orchidforestcikole

Anda akan disuguhkan dengan konsep landscape yang sangat kreatif inilah karya anak muda yang kreatif dan sangat mengesakan. Selain itu, anda akan disuguhkan dengan 20 ribu pohon anggrek yang sangat menggoda hati. Sungguh, pesona anggrek memang mampu membuat siapa pun terkesan.

Anda pun juga akan disuguhkan dengan pesona flying fox yang bisa memacu adrenalin anda sekalian. Nikmati pula garden of light dimana, taman lampu  ini akan dikendalikan oleh sebuah sensor. Sehingga, anda wajib datang pada sore hingga malam hari untuk menikmati tempat ini.

Anda juga bisa menikmati kelinci-kelinci nan lucu dan juga menggemaskan. Selain itu, tempat disini sangat bersih dan bikin hati geregetan. Disini pun anda juga bisa menikmati area trekking yang luar biasa.

57. Situ Ciburuy

  • Alamat : Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • HTM  : Free
  • Jam Buka  : 24 Jam
  • Maps     : Klik Disini

Inilah dia situ yang mungkin bisa dijadikan sebagai surganya memancing. Sayangnya, memancing disini sangat sulit sehingga, anda perlu benar-benar bersabar bila berada di kawasan ini.  Disini pun ada mitos bila hadir ikan mas yang tubuhnya dipenuhi dengan lumut. Ukuran ikan mas ini sangat besar kurang lebih selebar pintu.

Sumber Instagram @infobandungbarat

Hamparan air disini memang sangat menyenangkan bagi anda yang membutuhkan tempat untuk bersantai dan menenangkan diri dari penat. Luas kawasan tempat ini kurang lebih 40 ha. Nah, biasanya situ ini pun anda akan melihat beberapa atlit dayung yang akan latihan tanpa kenal lelah.

 

58. Tebing Gunung Hawu

  • Alamat : Gunung hawu, Padalarang, Bandung
  • HTM : Free
  • Jam Buka : 24 jam
  • Maps   : Klik Disini

Satu lagi kawasan yang bisa memacu adrenalin anda yaitu, tebing gunung hawu yang sangat mengesankan. Disini, anda akan disajikan dengan puncak bukit kapur yang sangat mengesankan bila datang waktu sore.  Tempat ini mirip sekali dengan Natural bridge di Virginia.

Sumber Instagram @tebing_hawu

Disini pun anda bisa menikmati komunitas panjat tebing, Anda juga bisa menikmati bagaimana rasanya memanjat tebing ini. Disini, adalah kawasan paling tepat untuk menikmati matahari terbenam dengan menggunakan hammock yang mampu memacu detak jantung anda untuk berdebar kencang.

Selain itu, anda juga bisa menikmati area camping disin. Kemudian, esok harinya melihat bagaimana sang fajar yang terbit. Membawa harapan baru bagi anda yang sedang menikmatinya.

59. Chinatown Bandung

  • Alamat : Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Andir, bandung, Jawa Barat, 40182
  • HTM : Rp 10.000,- (Weekday) Rp 20.000,- (Weekend)
  • Jam Buka  : 10:00 – 21:00
  • Maps : Klik Disini

 

Kawasan ini adalah tempat yang dipenuhi oleh beberapa orang yang berketurunan tionghoa. Disini, anda akan disuguhkan dengan perkampungan negeri tionghoa zaman dahulu yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai spot pengambilan foto dan juga gambar.

Sumber Instagram @ChinatownBandung

Selain itu, anda juga akan disuguhkan dengan kelenteng yang sangat mempesona. Kelenteng ini bisa di bilang adalah ikon dari china town bandung yang konon umurnya 130 tahun. Anda bisa menjadikan tempat ini sebagian tempat liburan seru untuk keluarga. Selain itu, disini pula anda bisa totalitas dengan menyewa beberapa baju khas negeri tionghoa.

 

Kawasan ini pun akan sangat ramai bila perayaan imlek tiba. Hadir dengan berbagai macam pertunjukan yang menarik seperti barongsai dan lain sebagainya. Cobalah anda datang di malam hari rasakan pesona lampu lampion yang sangat mengesankan.

60. Gunung Putri

  • Alamat : Jl. Gunung Putri No. 184, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
  • HTM  : Rp 5.000,-
  • Jam Buka  : 24 jam
  • Maps   : Klik Disini

 

Inilah dia negeri di atas awan kota Bandung. Memiliki ketinggian kurang lebih 1,587 mdpl. Tempat ini biasanya digunakan untuk para pendaki pemula yang ingin belajar naik gunung. Membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk bisa sampai ke puncak. Uniknya disini, anda akan menemukan bangunan colonial belanda di puncaknya.

Sumber Instagram @billa__

Bangunan tersebut adalah benteng jayagiri atau benteng gunung putri. Hanya saja, kondisi tempat ini cukup memprihatinkan. Bila datang hari sabtu dan minggu, akan banyak para pendaki yang mencoba untuk menantang dirinya dan melihat berbagai macam keindahan dan pesona lautan awan yang luar biasa.

Bagaimana dengan berbagai kawasan wisata di tempat ini? menarik-menarik sekali bukan? Nah, kalau anda di suruh untuk memilih. Anda mau berkunjung ke mana? Atau mau semua tempat dikunjungi? Maklum saja, karena, Bandung memang sangat esoktis dan sayang untuk dilewatkan satu pun.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close