Tempat WisataTempat WisataWisata Jawa TimurWisata Pacitan

23 Destinasi Wisata di Pacitan Yang luar Biasa Indah

23 Daftar Tempat Wisata di Pacitan Jawa Timur Harus Kamu Kunjungi – Pacitan adalah Kota atau kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur Pulau Jawa. Sebelum membahas keindahan wisata kota Pacitan lebih baik kita harus tau sejarah nama kota Pacitan dulu.

Sejarah kota atau kabupaten Pacitan yaitu adanya wilayah Pacitan berawal dari satu kerajaan terbesar di wilayah nusantara, yaitu kerajaan Majapahit yang pada waktu itu dipimpin oleh Raja Brawijaya V. Sebenarnya juga Pacitan bukan bagian dari ekspansi kekuasaan Kerajaan Majapahit, akan tetapi keberadaan Pacitan adalah murni dari babad alas atau dibukanya wilayah baru yang berupa hutan belantara yang terletak di pesisir selatan Jawa.

Hal ini cukup menjadi alasan yang logis mengingat Pacitan pada waktu itu hanya sebuah hutan belantara, bukan tempat yang ‘menggiurkan’ bagi kerajaan Majapahit untuk melakukan ekspansi kekuasaannya. Raja Brawijaya V pada waktu itu memiliki putra bungsu bernama Bathara Katong yang pada akhirnya melakukan ekspansi kekuasaannya diwilayah Ponorogo. 

Di Pacitan Lagi Hits Wisata Alam seperti pantai dan air terjun, Wisata Anak seperti pemandian atau wahana permainan anak, Wisata Edukasi seperti bisnis bisnis lokal yang inspiratif, Wisata Sejarah seperti candi atau bendungan. Sekali lagi saya katakan bahwa memang kota Pacitan kaya sekali akan Destinasi wisatanya yang indah dan alami.

Jika anda mendengar kota Pacitan kota ini sangat identik dengan wisata yang menjadikan ciri khas keindahan kota Pacitan tersebut. Bahkan saking indahnya wisata di Pacitan mampu menarik para selebritis untuk menggunjungi keindahan wisata Pacitan yang sudah terekspose di dalam dan di luar negeri. Suasana Alam Kota Pacitan bisa di bilang masih belum banyak di eksplorasi oleh para ahli, sehingga masih banyak kekayaan alam yang masih tersembunyi.

Yang mau lihat Daftar tempat wisata di kota Pacitan yang lagi hits lengkap sambil jalan santai, ini ada destinasi wisata baru di Pacitan. Asyiknya tuh terasa seperti di kampung pelosok Nusantara beneran. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal, pengrajin dan musisi tradisional. Bagusnya lagi semua dibungkus dalam kronologi sejarah masa lalu hingga masa depan. Jadi bangga deh menjadi penduduk asli indonesia yang punya kebudayaan yang kaya begini. Kayaknya kita diingatkan kalau Indonesia akan cepat maju jika berani mengembangkan kebudayaan sendiri.

Pacitan merupakan destinasi wisata dunia yang di akui memiliki keindahan alam dan budayanya yang unik. keindahan pantai pantai di Pacitanpun menjadi pantai terindah di indonesia bahkan di dunia seperti berikut ini : Wisata Pantai Srau di Pacitan, Wisata Pantai Klayar di Pacitan, Wisata Watu Karung di Pacitan dan lainnya . Biasanya para wisatawan berkunjung itu ingin melihat keindahan objek wisata pantai dan ingin mengabadikan keindahan sunrise dan sunset. Tak heran objek wisata pantai sangat ramai di penuhi para wisatawan lokal dan mancanegara terutama pantai yang terdapat di kota Pacitan.

Selain pantai di kota Pacitan terkenal akan sungai dan air terjunnya yang bagai oase di padang pasir bagaimana bisa kalian tidak makin cinta dengan negeri yang kaya akan keindahan alam ini. Sudah sewajibnya kita bersyukur akan nikmat keindahan wisata alam kota Pacitan diantara air yang jernih beserta udaranya segar belum tercemar yang mampu menghilangkan rasa lelah setelah sibuknya aktivitas sehari hari. Inilah wisata kota Pacitan yang wajib kita jaga dan lestarikan keindahannya.

1. Pesona Keindahan Wisata Pantai Srau di Pacitan 

Wisata Pantai Srau di Pacitan adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Wisata Pantai Srau di Pacitan adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Pantai Srau di Pacitan memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Pacitan tidak mengunjungi wisata Pantai Srau di Pacitan yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Pantai Srau sangat tepat untuk menjadi pilihan. Meskipun sangat cantik, masih banyak wisatawan yang belum mengenal objek wisata ini. Oleh sebab itu, suasana di pantai ini tidak seramai tempat-tempat wisata biasanya.

Sentuhan alami juga masih sangat kental di tempat ini. Keasrian Pantai Srau hingga kini masih tetap terjaga dengan baik. Sayangnya, Pantai Srau belum memiliki tempat-tempat penginapan resmi. Jika Anda berniat untuk menyaksikan matahari terbit dan sekaligus matahari terbenam, solusinya ialah dengan menginap di rumah-rumah warga sekitar pantai.

2. Pesona Keindahan Wisata Pantai Klayar di Pacitan

Wisata Pantai Klayar di Pacitan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Pantai Klayar di Pacitan juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Pacitan juga terkenal akan Wisata Pantai Klayar di Pacitan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Pantai Klayar Pacitan menyimpan sejumlah keindahan alam yang mengagumkan. Anda dapat menemukan pesona dan keunikannya pada hamparan pasir yang putih, adanya karang raksasa laksana Sphinx, air mancur alami hingga setinggi 10 meter, serta bebatuan karang dengan bentuk yang unik dan suguhan seruling samudera.

Perjalanan menuju wisata Klayar memanglah tidak mudah,Anda juga harus melewati jalanan yang berkelok-kelok dan naik turun, sebuah hal yang menuntut Anda lebih berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan. Tetapi setiba di pantai, Anda akan disuguhkan pemandangan pantai yang indah. Setiba di pantai Klayar, Anda dapat melihat dua karang setinggi pohon kelapa di sisi timur pantai. Karang inilah yang menjadi icon pantai Klayar Pacitan. Pada bagian belakang karang tersebut, terdapat karang lain yang menahan terjangan ombak laut selatan.

3. Pesona Keindahan Wisata Watu Karung di Pacitan

 Wisata Watu Karung di Pacitan adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia.. Wisata Watu Karung di Pacitan adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Watu Karung di Pacitan memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Pacitan tidak mengunjungi wisata Watu Karung di Pacitan yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Watu Karung di Pacitan sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan wisata Watu Karung di Pacitan ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Watu Karung di kota Pacitan.

Watu Karu merupakan sebuah wisata pantai yang berada di Pacitan. Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang sangat elok dan alami. Tak kalah dengan pantai yang termasyur di Bali atau Lombok. Pantai Watu Karung memiliki hamparan pasir putih yang memanjang. Lain itu, landscape perbukitan di sekitar pantai juga sangat menunjang untuk tempat peristirahatan.

4. Pesona Keindahan Wisata Pantai Banyu Tibo di Pacitan

Wisata Pantai Banyu Tibo di Pacitan adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Wisata Pantai Banyu Tibo di Pacitan adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Pantai Banyu Tibo di Pacitan memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Pacitab tidak mengunjungi wisata Pantai Banyu Tibo di Pacitan yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Air Terjun Banyu Tibo ini berada di pinggir pantai dimana aliran air Banyu Tibo langsung terjun ke pantai Selatan.

Nama Banyu Tibo adalah nama yang diberikan oleh masyarakat sekitar dimana air terjun tersebut berada. Arti Banyu Tibo menurut bahasa jawa adalah air yang jatuh.  Sumber mata air ini berasal dari mata air bawah tanah dari pegunungan karst yang berada di sebelah utara. Air terjun Banyu Tibo berasal dari sebuah sungai kecil yang  jernih dan tidak pernah kering walaupun di musim kemarau. Aliran air  inilah yang berakhir dengan terjun dan menyatu dengan debur ombak laut selatan disebuah teluk kecil yg dikelilingi batu karang.

5. Pesona Keindahan Wisata Sungai Maron di Pacitan

 Wisata Sungai Maron di Pacitan sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan wisata Sungai Maron di Pacitan ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Sungai Maron di kota Pacitan.

Wisata Sungai Maron di Pacitan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Sungai Maron di Pacitan juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Pacitan juga terkenal akan Wisata Sungai Maron di Pacitan yang sangat menarik untuk di kunjungi.

Sungai Maron Pacitan adalah sebuah wisata susur sungai dengan panorama alam yang sangat alami. Air sungai ini sangat jernih dan banyak ditumbuhi pohon kelapa di sisi sungai. Kedalaman Sungai mencapai 20 meter, untuk bagian yang paling dalam.

Karena kejernihan airnya, tidak sedikit warga setempat yang memanfaatkannya sebagai kebutuhan sehari hari.  Sungai ini dipenuhi dengan ikan kakap merah. Suasana di area sungai sangat tenang dan sejuk. Panorama pepohonan hijau di sisi sungai membuat wisata ini berasa menyusuri sungai Amazon.

6. Pesona Keindahan Wisata Monumen Jendral Sudirman di Pacitan 

Wisata Monumen Jendral Sudirman di Pacitan memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Pacitan tidak mengunjungi wisata Monumen Jendral Sudirman di Pacitan yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Monumen Jendral Sudirman di Pacitan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Pacitan juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Pacitan juga terkenal akan Wisata Monumen Jendral Sudirman di Pacitan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Monumen Jendral Sudirman merupakan sebuah monumen yang dibangun untuk mengenang dan menjadi saksi gigihnya perjuangan salah satu Jendral Besar Indonesia yaitu Jendral Sudirman. Disana anda akan disuguhi dengan melihat patung Jenderal Sudirman setinggi 8 meter kokoh tegak berdiri.  Selain monumen, terdapat juga sebuah rumah yang dahulu menjadi markas sang  jendral saat melakukan perjuangan gerilya melawan penjajah. Rumah ini dahulu ditempati beliau selama 107 hari, sejak 1 April 1949 s/d 7 Juli 1949.

7. Pesona Keindahan Wisata Pemandian Banyu Anget di Pacitan

Wisata Pemandian Banyu Anget di Pacitan adalah salah satu tempat wisata yang berada di  Jl. Arjosari-Banyu Anget, Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Wisata Pemandian Banyu Anget di Pacitan adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Wisata Pemandian Banyu Anget di Pacitan memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Pacitan tidak mengunjungi wisata Pemandian Banyu Anget di Pacitan yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Pemandian Banyu Anget di Pacitan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Pemandian Banyu Anget di Pacitan juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Pacitan juga terkenal akan Wisata Pemandian Banyu Anget di Pacitan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Pemandian Air Hangat Tirto Husodo atau yang sering di sebut Banyu Anget (dalam bahasa jawa) memiliki keindahan alam yang cukup menarik. Bukit dan gunung yang ada di sekitar kolam renang akan menambah suasana  sejuk , nyaman dan sejenak menghilangkan penat yang ada dalam pikiran. 

8. Pesona Keindahan Wisata Kuliner Nasi Tiwul di Pacitan

Wisata Kuliner Nasi Tiwul di Pacitan adalah salah satu tempat wisata yang berada di Pantai Teleng Ria, di Jalan Solo-Pacitan km 5. Wisata Kuliner Nasi Tiwul di Pacitan adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Wisata Kuliner Nasi Tiwul di Pacitan memiliki pesona keunikan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Tiwul merupakan menu makanan pengganti nasi, yang terbuat daru singkong yang dikupas, kemudian dikeringkan hingga menjadi gaplek. Gaple di buat menjadi tepung gaplek kemudian diberi sedikit air dan di buat menjadi butiran-butiran kecil, kemudian butiran tepung dikukus. Setelah beberapa menit nasi tiwul siap dimakan. 

Untuk sayurnya,  potongan ikan segar dimasak dengan kuah santan yang pedas. Menu pelengkap sayur kalakan adalah sambal terong atau lalapan lengkap dengan sambal mentahnya, serta berbagai jenis ikan goreng udang sebagai lauknya. Tak lengkap kalau habis makan tidak minum, di rumah makan ini disediakan es kelapa muda yang sangat segar.

9. Pesona Keindahan Wisata Pantai Teleng Ria di Pacitan

Wisata Pantai Teleng Ria di Pacitan adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Teleng, Kelurahan Sidoharjo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Wisata Pantai Teleng Ria di Pacitan adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Pantai Teleng Ria di Pacitan memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Pacitan tidak mengunjungi wisata  Pantai Teleng Ria di Pacitan yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Keberadaan pantai Teleng Ria ini diapit oleh pegunungan Limo. Tatkala Anda berada di pantai tersebut, Anda dapat menyaksikan tebing-tebing tinggi membentuk pola huruf U yang berdiri mengelilingi pantai, seolah melindungi pantai. Aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Pantai Teleng Ria Pacitan, di antaranya berenang, jalan-jalan. Sebagian pengunjung pantai tak jarang melakukan olahraga di pantai ini, mulai dari jogging, bermain voli pantai, sepakbola, dan bersepeda.

Pantai Teleng Ria Pacitan mencatatkan kunjungan yang paling ramai terutama saat akhir pekan dan masa-masa liburan. Saat memasuki lokasi pantai ini, Anda akan dihadapkan dengan pasir putih kecoklatan serta usapan panas matahari yang tidak begitu menyengat kulit.

10. Pesona Keindahan Wisata Pantai Pidakan di Pacitan

Wisata Pantai Pidakan di Pacitan memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Pacitan tidak mengunjungi wisata Pantai Pidakan di Pacitan yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Pantai Pidakan di Pacitan sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan wisata Pantai Pidakan di Pacitan ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Pantai Pidakan di kota Pacitan.

Wisata Pantai Pidakan Pacitan bisa dikatakan sebagai pantai yang masih natural, karena memang belum adanya campur tangan manusia didalamnya, alias belum ada pengelolaan pantai yang modern, pun demikian dengan pemandangannya pun masih alami. Hal yang sangat unik dan yang membedakan pantai ini dengan pantai-pantai lain yang berada di Pacitan.

Halaman : 1 2 3 4 5

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button