Tempat WisataTempat WisataWisata BadungWisata Bali

Destinasti Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali

Keindahan Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali

Informasi Umum

Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali adalah salah satu tempat wisata yang berada di  Desa Kapal, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Baliadalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Badung tidak mengunjungi Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya.  Keindahan Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Objek Wisata Perang Ketupat di kota Badung.

Lokasi

Dimana lokasi Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali ? seperti yang tertulis di atas lokasi terletak di  Desa Kapal, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Tetapi jika anda masih bingung di mana lokasi atau letak Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali saya sarankan anda mencari dengan mengetik Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali di search google maps saja. Di Google maps sudah tertandai dimana lokasi yang anda cari tersebut.

Daya Tarik

Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali ini
adalah warisan leluhur dari abad ke-13 Masehi, yang terjaga lestari
sampai sekarang dirayakan sekali dalam setahun. Tujuan dilaksanakan
upacara ini sebagai makna ucapan terima kasih kepada Tuhan atas hasil
panen yang diberikan dan terhindar dari kekeringan dan juga atas
limpahan rezeki.

Desa Kapal sendiri merupakan wilayah Kecamatan
Mengwi, kabupaten Badung. Tradisi perang ketupat ini berlangsung sekitar
30 menit saja. Sebelum
upacara Perang Ketupat ini digelar, warga desa kapal melakukan upacara
persembahyangan bersama di pura setempat, dipimpin oleh seorang
rohaniawan (pemangku), selesai persembahyangan, Pemangku memercikkan air
suci (tirta) kepada warga, agar selama prosesi berlangsung, tidak ada
gangguan dan berjalan lancar.

Warga yang telah siap dengan amunisi
masing-masing berupa ketupat, dikumpulkan dari warga desa siap untuk
bertempur melawan musuh. Dalam tradisi Perang Ketupat, mereka dibagi menjadi 2 kelompok,
ratusan warga akan saling berhadap-hadapan di jalan raya Kapal depan
pura, masing-masing menenteng sejumlah ketupat, terlihat seperti sebuah
tawuran masal, pada saat prosesi ini berlangsung, arus lalu lintas
akan dialihkan ke tempat lain untuk menghindari kemacetan.
 Saat
prosesi berlangsung perang ketupat ini berlangsung, sorak sorai
peserta dan penonton terlihat begitu seru, banyak warga yang terkena
lemparan, namun tidak ada kata dendam diantara mereka. Setelah selesai
mereka saling bercerita, tertawa dengan suka cita dan saling berjabat
tangan, tanpa ada rasa permusuhan. Begitu antusiasnya warga melakukan
budaya ataupun tradisi yang diwariskan oleh nenek moyang mereka,
sehingga lestari sampai sekarang ini.

Fasilitas

Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali bisa dibilang sebuah wisata Tradisi yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

– Area Parkir kendaraan

– Tempat ibadah umat hindu

– Kamar mandi / MCK

– Tempat Istirahat

– Rumah  makan

– dan masih banyak lainya

Transportasi

Bagi wisatawan asal kota Badung sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali. Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri, tentu mereka bingung dan takut kesasar. Tapi jangan khawatir bagi wisatawan luar kota Badung saya mempunyai solusinya agar anda semua tidak kesasar.

Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum.

Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di terminal bus kota Mengwi. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju Desa kapal hingga sampai di lokasi Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung tersebut.

Saran dan Tips

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali, yaitu pantaulah cuacanya terlebih dahulu supaya tidak menghalangi liburannya. Anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan seperti membawa bekal, air minum dan lainnya. Serta beberapa barang tambahan seperti  kamera karena anda pasti ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman – teman anda.

Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, tissue basah, obat-obatan, antiseptik). Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati – hati.

Peta Lokasi

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali yang dapat saya informasikan di web https://ihategreenjello.com. Semoga bisa menginspirasi anda semua untuk mencoba berwisata ke Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali. Sebagai referensi inilah kumpulan wisata wisata terindah di kota Badung, Bali. Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk anda semua.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *