Tempat WisataTempat WisataWisata Jawa TimurWisata Madiun

18 Daftar Tempat Wisata di Madiun Jawa Timur Harus Kamu Kunjungi

18 Daftar Tempat Wisata di Madiun Jawa Timur Harus Kamu Kunjungi – Madiun adalah Kota atau kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur Pulau Jawa. Sebelum membahas keindahan wisata kota Madiun lebih baik kita harus tau sejarah nama kota Madiun dulu.

Sejarah kota atau kabupaten Madiun, berdiri pada tanggal paro terang, bulan Muharam, tahun 1568 Masehi tepatnya jatuh hari Karnis Kilwon tanggal 18 Juli 1568 / Jumat Legi tanggal 15 Suro 1487 . Sejarah berawal pada masa kesultanan Demak, yang ditandai dengan perkawinan putra mahkota Demak Pangeran Surya Patiunus dengan Raden Ayu Retno Lembah putri dari Pangeran Adipati Gugur yang berkuasa di Ngurawan Dolopo. Pusat pemerintahan dipindahkan dari Ngurawan ke desa Sogaten dengan nama baru Purabaya (sekarang Madiun). Pangeran Surya Patiunus menduduki kesultanan hingga tahun 1521 dan diteruskan oleh Kyai Rekso Gati.

Pangeran Timoer dilantik menjadi Supati di Purabaya tanggal 18 Jull 1568 berpusat di desa Sogaten. Sejak saat itu secara yuridis formal Kabupaten Purabaya menjadi suatu wilayah pemerintahan di bawah seorang Bupati dan berakhirlah pemerintahan pengawasan di Purabaya yang dipegang oleh Kyai Rekso Gati atas nama Demak dari tahun 1518 – 1568. Selebihnya bisa anda lihat di >> Asal Usul Kota Madiun atau Kota Sadis.

Di Madiun Lagi Hits Wisata Alam seperti pantai dan air terjun, Wisata Anak seperti pemandian atau wahana permainan anak, Wisata Edukasi seperti bisnis bisnis lokal yang inspiratif, Wisata Sejarah seperti candi atau bendungan. Sekali lagi saya katakan bahwa memang kota Madiun kaya sekali akan Destinasi wisatanya yang indah dan alami.

Jika anda mendengar kota Madiun kota ini sangat identik dengan sejarah yang menjadikan ciri khas keindahan wisata kota Madiun tersebut. Bahkan saking indahnya wisata di Madiun mampu menarik para selebritis untuk menggunjungi keindahan wisata Madiun yang sudah terekspose di dalam dan di luar negeri. Suasana Alam Kota Madiun bisa di bilang masih belum banyak di eksplorasi oleh para ahli, sehingga masih banyak kekayaan alam yang masih tersembunyi.

Yang mau lihat Daftar tempat wisata di kota Madiun yang lagi hits lengkap sambil jalan santai, ini ada destinasi wisata baru di Madiun . Asyiknya tuh terasa seperti di kampung pelosok Nusantara beneran. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal, pengrajin dan musisi tradisional. Bagusnya lagi semua dibungkus dalam kronologi sejarah masa lalu hingga masa depan. Jadi bangga deh menjadi penduduk asli indonesia yang punya kebudayaan yang kaya begini. Kayaknya kita diingatkan kalau Indonesia akan cepat maju jika berani mengembangkan kebudayaan sendiri.

Madiun merupakan destinasi wisata dunia yang di akui memiliki keindahan alam dan budayanya yang unik. keindahan pantai pantai di Madiun pun menjadi air terjun terindah di indonesia bahkan di dunia seperti berikut ini : Gunung Wilis Madiun, Air Terjun Seweru Madiun, Air Terjun Krecekan Denu Madiun dan lainnya . Biasanya para wisatawan berkunjung itu ingin melihat keindahan objek wisata air terjun sangat ramai di penuhi para wisatawan lokal dan mancanegara terutama pantai yang terdapat di kota Madiun.

Selain pantai di kota Madiun terkenal akan sungai dan air terjunnya yang bagai oase di padang pasir bagaimana bisa kalian tidak makin cinta dengan negeri yang kaya akan keindahan alam ini. Sudah sewajibnya kita bersyukur akan nikmat keindahan wisata alam kota Madiun diantara air yang jernih beserta udaranya segar belum tercemar yang mampu menghilangkan rasa lelah setelah sibuknya aktivitas sehari hari. Inilah wisata kota Madiun yang wajib kita jaga dan lestarikan keindahannya.

1. Pesona Keindahan Wisata Gunung Wilis Madiun

Wisata Gunung Wilis Madiun merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Madiun juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Madiun juga terkenal akan Wisata Gunung Wilis Madiun yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Gunung Wilis adalah sebuah gunung non-aktif yang terletak di Pulau Jawa. Gunung Wilis memiliki ketinggian 2.169 meter diatas permukaan laut (mdpl). Obyek wisata Gunung Wilis yang paling banyak adalah air terjun yang tersembunyi, Ada sebagian telah di kelola dan masih banyak yang masih alami dan belum terjamah tangan manusia.

Gunung Wilis memang belum memiliki jalur pendakian resmi sehingga belum banyak lokasi yang terjamah wisatawan termasuk para pendaki gunung. “Gunung Wilis memang tergolong masih cukup perawan. Tidak ada pengelolaan khusus [pendakian] karena beberapa tempat di Gunung Wilis masuk wilayah [milik] Perum Perhutani. Kondisi hutan di Gunung Wilis masih rimba atau alas liar dan satwa liarnya, disepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang sangat indah, melewati perbukitan, air terjun serta lembah.

2. Pesona Keindahan Wisata Air Terjun Seweru Madiun

https://ihategreenjello.com/2016/10/pesona-keindahan-wisata-air-terjun_46.html

Wisata Air Terjun Seweru Madiun adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Kare, Kecamatan Kare, Madiun, Jawa Timur, Indonesia. Wisata Air Terjun Seweru Madiun adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Air Terjun Seweru Madiun memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Madiun tidak mengunjungi wisata Air Terjun Seweru Madiun yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Kota Madiun juga terkenal akan Wisata Air Terjun Seweru Madiun yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Sumber mata air yang mengalir ke air terjun ini berasal dari bawah gunung dan muncul di atas pohon yang rindang, dan berlokasi di desa Kare, satu wilayah perkebunan kopi di Kabupaten Madiun. Air terjun Seweru memiliki ketinggian sekitar 400 M dari permukaan laut. Keindahan Air Terjun Seweru atau Serondo atau Selampir ini semakin elok dengan disertai dengan pemandangan hutan wisata disekitarnya. Ada juga obyek wisata agro yang bisa dikunjungi dengan beberapa tanaman perkebunan seperti; apel, Jeruk, bunga taman dan kebun cengkeh.

3. Pesona Keindahan Wisata Air Terjun Krecekan Denu Madiun

https://ihategreenjello.com/2016/10/pesona-keindahan-wisata-air-terjun_88.html

Wisata Air Terjun Krecekan Denu Madiun adalah salah satu tempat wisata yang berada di Dusun Gilingan, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia. Wisata Air Terjun Krecekan Denu Madiun adalah tempat wisata yang sangan menarik perhatian wisatawan, biasanya mereka datang pada hari biasa maupun hari liburan.

Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Wisata Air Terjun Krecekan Denu Madiun memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Madiun tidak mengunjungi wisata Air Terjun Krecekan Denu Madiun yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Air Terjun Krecekan Denu Madiun sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan wisata Air Terjun Krecekan Denu Madiun ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Air Terjun Krecekan Denu di kota Madiun.

4. Pesona Keindahan Wisata Air Terjun Banyulawe Dong Madiun

https://ihategreenjello.com/2016/10/pesona-keindahan-wisata-air-terjun_77.html

Wisata Air Terjun Banyuwale Madiun sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan wisata Air Terjun Banyuwale Madiun ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Air Terjun Banyuwale di kota Madiun.

Wisata Air Terjun Banyuwale Madiun merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Air Terjun Banyuwale Madiun juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Madiun juga terkenal akan Wisata Air Terjun Banyuwale Madiun yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Air terjun yang berada tepat di balik lereng pegunungan wilis ini menawarkan suasana sejuk khas pegunungan yang bakal buat kamu rileks sejadi – jadinya. Air terjun ini sudah sering dikunjungi bahkan di sekitar kawasan air terjun juga sudah di dirikan warung-warung yang menjajakan makanan.

Untuk menikmati kesegaran air terjun Banyuwale para pengunjung harus menyusuri jalan setapak untuk menuju lokasi tersebut. Selain itu pemandangan yang sangatlah indah udara yang sejuk mampu membuat anda akan terpesona disana. Air terjun yang sederhana dipenuhi dengan dedaunan disekitar air terjun membuat keindahan dilokasi tersebut sangatlah mempesona.

5. Pesona Keindahan Wisata Air Terjun Kucur Madiun

https://ihategreenjello.com/2016/10/pesona-keindahan-wisata-air-terjun_17.html

Wisata Air Terjun Kucur Madiun merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Air Terjun Kucur Madiun juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Madiun juga terkenal akan Wisata Air Terjun Kucur Madiun yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Air Terjun memiliki nama yang cukup unik yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta petualang. Air terjun ini sangatlah mempesona anda bisa menikmati perjalanan anda dengan melewati sebuah pedesaan yang masih sangat asri. Tempat wisata ini mengajak pengunjungnya bisa kembali menikmati suasana alam perdesaan. Ditempat ini juga terdapat mata air alami yang berasal dari pegunungan wilis.

Untukk bisa menikmati keindahan dari pesona alam yang disajikan Air terjun Kucur dengan melewati jalan setapak dan pemandangan yang sangat indah. Hamparan sawah sungai dan kebun menjadi latar belakang perbukitan serta gunung wilis yang menjulang tinggi akan membuat keindahan semakin menakjubkan.

6. Pesona Keindahan Wisata Wisata Alam Grape Madiun

https://ihategreenjello.com/2016/10/pesona-keindahan-wisata-alam-grape.html

Wisata Alam Grape Madiun adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Indonesia. Wisata Alam Grape Madiun adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Grape merupakan tempat wisata hutan di Kabupaten Madiun. Lokasi taman rekreasi ini berada di tepi hutan jati yang merupakan wilayah KPH Madiun dengan luas area sekitar 1,5 hektar. Grape adalah salah satu objek wisata yang bernuansa alami dan sejuk.. Tempat ini sangat cocok untuk memulihkan hati dan jiwa dan refreshing dari hiruk pikuk kehidupan kota.

Disana juga terdapat sungai yang mengalir jernih yang bersumber langsung dari mata air pegunungan Dungus. Terdapat juga aula pertemuan dan taman bermain anak. Keindahan yang diberikan di wisata ini akan membuat para pengunjung betah untuk berlama – lama disini.

7. Pesona Keindahan Wisata Waduk Bening Widas Madiun

https://ihategreenjello.com/2016/10/pesona-keindahan-wisata-waduk-bening_18.html

Wisata Waduk Bening Widas Madiun adalah salah satu tempat wisata yang berada di Dusun Petung, Desa Pajaran, Kecamatan Sadaran, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Indonesia. Wisata Waduk Bening Widas Madiun adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Wisata Waduk Bening Widas Madiun merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Waduk Bening Widas Madiun juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Madiun juga terkenal akan wisata Waduk Bening Widas Madiun yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Waduk ini merupakan bagian dari Daerah Aliran Sungai Brantas dan bagian dari pengelolaan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH). Dengan suasana alam yang masih alami dan areal yang luas, Bendungan Bening kerap kali diadakan kegiatan Pramuka karena memang lokasi di Bendungan Bening cukup representatif untuk melakukan kegiatan perkemahan.

Selain berfungsi sebagai bendungan untuk keperluan Pembangkit Listrik Tenaga Air, bendungan ini juga berfungsi sebagai obyek wisata. Di sini, pengunjung bisa menikmati waktu dengan memancing, canoing, dan berkemah.

8. Pesona Keindahan Wisata Waduk Kedungbrubus Madiun

https://ihategreenjello.com/2016/10/pesona-keindahan-wisata-waduk.html

Wisata Waduk Kedungbrubus Madiun merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Madiun juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Madiun juga terkenal akan Wisata Waduk Kedungbrubus Madiun yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Waduk Kedungbrubus adalah sebuah bendungan yang membendung aliran sungai Kedungbrubus yang mempunyai debit air melimpah di musim penghujan. Saat ini Waduk Kedungbrubus mulai difungsikan secara maksimal baik sebagai sarana irigasi maupun objek wisata yang memikat. Akses jalan menuju Waduk Kedungbrubus sudah cukup baik, dan dapat ditempuh melalui jalur sama melewati Waduk Notopuro. Pengunjung akan disuguhi pemandangan hutan jati sepanjang 4 km sebelum memasuki areal Waduk Kedungbrubus.

Di sekitar Waduk Kedungbrubus banyak sekali ditemukan fosil purba. Tiap hari, tempat ini ramai dikunjungi oleh para penghobi memancing, terutama pada malam atau hari libur. Para pengunjung juga bisa menikmati keindahan sekitar waduk tersebut apalagi disana juga terdapat warung-warung yang telah menyediakan ikan bakar yang cukup segar tersebut.

9. Pesona Keindahan Taman Umbul Madiun

https://ihategreenjello.com/2016/10/pesona-keindahan-taman-wisata-umbul.html

Taman Wisata Umbul Madiun merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Taman Wisata Umbul Madiun juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Madiun juga terkenal akan Taman Wisata Umbul Madiun yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Taman wisata ini sudah dikenal warga Madiun karena taman wisata Umbul merupakan tempat rekreasi peninggalan penjajahan Belanda. Disana terdapat beberapa peninggalan kebudayaan Hindu dan Budha yang berupa patung sapi dan sumber air belerang. Di mana saat ini di Umbul telah terdapat wahana kolam renang, “out bond”, taman bermain, pendopo untuk beristirahat, dan kebun binatang kecil atau “mini zoo” dengan koleksi satwa yang cukup banyak.

Sejumlah koleksi satwa yang ada di kebun binatang kecil Umbul, di antaranya, kera Jawa, kelinci, ular sanca, burung merak, rusa tutul, buaya, dan masih banyak lagi. Taman Wisata Umbul Madiun atau Madiun Umbul Square bisa menjadi tempat berwisata yang lebih baik dari tempat tujuan wisata lainnya di sekitar Madiun. Karena jika anda berada disana tidak akan pernah membosankan, banyak hal hal unik yang berada di taman wisata umbul tersebut.

10. Pesona Keindahan Wisata Situs Bersejarah Nglambangan Madiun

https://ihategreenjello.com/2016/10/pesona-keindahan-wisata-situs_18.html

Wisata Situs Bersejarah Nglambangan Madiun adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa Nglambangan, kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Indonesia. Wisata Situs Bersejarah Nglambangan Madiun adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Situs Bersejarah Nglambangan Madiun memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Madiun tidak mengunjungi wisata Situs Bersejarah Nglambangan Madiun yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Situs Bersejarah Nglambangan Madiun sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan wisata Situs Bersejarah Nglambangan Madiun ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Situs Bersejarah Nglambangan di kota Madiun.

Halaman 1 2 3 4 5

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button